Manfaat Yoghurt Bagi Kulit Anda

skin.co.id Manfaat Yoghurt Bagi Kulit Anda

Yoghurt merupakan makanan yang lezat dan sehat karena dipenuhi oleh multi-vitamin yang sangat penting. Yoghurt berwarna putih krem ini tidak hanya bisa dimakan, tetapi makanan ini dikenal juga bermanfaat bagi kulit, rambut, dan kesehatan Anda. Yoghurt mengandung asam laktat yang sangat tinggi sehingga orang India kuno pada zaman dahulu sering memanfaatkan bahan ini untuk menghilangkan jerawat.

Ketika dioleskan pada kulit, yoghurt akan membantu melembabkan, melawan, merawat, dan mencegah penuaan dini, meredakan kulit terbakar, dan mengurangi perubahan warna kulit. Kebanyakan orang tidak menyadari banyaknya manfaat yoghurt bagi kulit. Berikut ini 4 kandungan utama pada yoghurt yang membantu meremajakan kulit dan membuatnya sehat dan bercahaya:

Seng Atau Zinc

Dalam 100 gram yoghurt, ada sekitar 1 mg seng. Mineral ini terkenal karena sifat anti peradangan, menjadi zat yang melawan dan memfasilitasi sel reproduksi dan pertumbuhan jaringan di kulit. Zinc juga membantu mengontrol sebum yang diproduksi oleh kelenjar sebasea, sehingga menyembuhkan jerawat.

Kalsium

Kita semua tahu bahwa yoghurt tinggi dan sarat akan kalsium. Anda juga perlu tahu bahwa mayoritas jaringan epidermis kulit Anda terdiri dari kalsium. Secara tidak langsung dengan melengkapi kebutuhan kalsium, Anda juga secara otomatis akan membantu meremajakan kulit dan mencegahnya dari kekeringan dan dehidrasi.

Vitamin B

Yoghurt kaya akan vitamin B2, B5, dan B12. Vitamin B2 atau riboflavin merupakan vitamin yang membantu Anda mendapatkan kulit bersinar dan sehat. Riboflavin membantu menjaga agar kulit tetap terhidrasi, melindungi sel-sel kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, membantu dalam regenerasi dan pertumbuhan sel yang berperan dalam pembuatan lemak sehat. Satu cangkir riboflavin dapat memenuhi 20%-30% dari jumlah harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

Asam Laktat

Asam laktat merupakan salah satu nutrisi utama dalam yoghurt dan menjadi bahan utama dalam beberapa produk perawatan kulit. Asam laktat adalah bahan pengelupas dan pelembab alami kulit. Zat ini juga bekerja sebagai agen anti penuaan kulit dengan mengurangi penampakan keriput dan garis-garis halus di wajah.

Memijatkan yoghurt dengan lembut pada kulit akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati, menyamarkan garis-garis halus, mengencangkan pori-pori, menghidrasi kulit, dan membuatnya bersinar. Ketika Anda membeli yoghurt untuk perawatan kulit jangan lupa untuk memeriksa label dan memastikan bahwa yoghurt yang Anda beli merupakan yoghurt tanpa gula. Varian rasa yoghurt yang tersedia di pasaran dapat menyebabkan iritasi, ruam , dan dapat memperburuk kondisi jerawat Anda. Simak beberapa manfaat yoghurt untuk kulit dan dapatkan resep masker alaminya:

Pelembab Alami dan Pemutih Wajah

skin.co.id Manfaat Yoghurt Bagi Kulit Anda

Saat kulit terasa kusam dan lelah, Anda tidak perlu khawatir. Terapkan yoghurt alami pada wajah Anda melalui gerakan melingkar. Adanya asam laktat pada yoghurt akan membantu melembabkan kulit sehingga mengurangi tampilannya yang lelah. Asam laktat juga membantu menghambat produksi enzim yang disebut tyrosinase. Enzim ini bertanggung jawab untuk memproduksi melanin yang bisa menyebabkan kulit Anda lebih gelap. Dengan terhambatnya produksi melanin, maka warna kulit Anda akan terlihat lebih cerah.

  • Pijat lembut yoghurt pada kulit Anda yang lelah dan kusam. Kemudian diamkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air hangat.
  • Siapkan yoghurt, kacang, dan kulit jeruk. Giling bahan secara bersama-sama kemudian terapkan pada wajah dan biarkan selama 15 menit sebelum dibilas. Jika Anda memiliki kulit kering, tambahkan madu untuk memberikan kelembaban ekstra.
  • Anda juga bisa membuat masker dengan 4 sendok makan yoghurt, 1 sendok makan cocoa powder, dan 1 sendok makan madu. Oleskan pada wajah selama 20 menit kemudian

Scrub Penghilang Sel-sel Kulit Mati

Selain sebagai pelembab,yoghurt juga merupakan scrub yang menghidrasi dan mengangkat sel-sel kulit mati. Hal ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki kulit sensitif dan kering.

  • Anda bisa membuat scrub alami dengan mencampurkan 2 sendok makan yoghurt dan 1 sendok makan gandum. Anda bisa mengelupasi kulit dengan memijatkan campuran ini secara lembut dengan gerakan melingkar.
  • Jika Anda memiliki komedo, campurkan tepung beras dan yoghurt sehingga membentuk pasta yang kasar. Gosokkan ke kulit dengan gerakan melingkar kemudian bilas dengan air dingin.
  • Untuk membuat kulit lebih bersinar, Anda bisa mencampurkan kulit jeruk yang kering dan yoghurt.

skin.co.id Manfaat Yoghurt Bagi Kulit Anda

Melawan dan Menghilangkan Jerawat

Jika Anda menggunakan masker yoghurt setiap hari, Anda akan membantu kulit untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Zinc yang ada di dalamnya membantu mengurangi peradangan kulit dan mengurangi jumlah minyak yang diproduksi oleh kelenjar sebasea. Probiotik di dalam yoghurt akan menghancurkan bakteri. Anda bisa memasukkan yoghurt ke dalam diet harian Anda untuk menyembuhkan jerawat.

  • Terapkan krim yoghurt pada wajah dan bilas setelah 30 menit dengan air bersih.
  • Campurkan kunyit bubuk, gula, bubuk cendana, dan yoghurt. Setelah bahan tercampur dan membentuk pasta, pijatkan dengan halus dan bilas dengan air dingin setelah 15 menit.

BACA JUGA: Minyak Peppermint Untuk Melawan Jerawat

Mengurangi Noda Akibat Jerawat, Berjemur, Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Seng yang ada pada yoghurt akan membantu meringankan noda gelap atau lingkaran hitam di bawah mata, bekas luka, dan mencerahkan warna kulit.

  • Jika Anda memiliki noda akibat jerawat atau gigitan serangga, redakan dengan yoghurt yang diencerkan dengan air. Bahan ini tidak hanya akan mendinginkan area kulit tapi juga bisa membantu memudarkan noda tersebut.
  • Paparan sinar matahari secara teratur bisa meninggalkan tampilan kecokelatan pada wajah. Untuk menyingkirkannya, buatlah pasta dengan menggunakan tepung 1 gram,yoghurt dan air jeruk nipis. Oleskan pasta pada area yang Anda inginkan selama 15 menit kemudian cuci dengan air hangat. Atau, tambahkan beberapa tetes minyak esensial chamomile pada yoghurt dan terapkan campurannya pada kulit selama 15 menit sebelum dibilas.
  • Untuk menghilangkan lingkaran hitam di bawah area mata, oleskan yoghurt secara tipis dan diamkan selama 15 menit. Lap yoghurt yang berlebihan dengan bola kapas dan Anda bisa menggunakannya saat tidur. Ulangi rutinitas ini selama seminggu untuk melihat perbedaan yang cukup besar.
  • Untuk menghilangkan perubahan warna kulit, campurkan 2 sendok makan yoghurt dengan beberapa tetes jus lemon. Terapkan dan diamkan pada kulit selama 30 menit sebelum dibilas. Yoghurt mengandung sifat pemutih ringan yang membantu memperlancar perubahan warna kulit bila diterapkan secara teratur.

Mencegah Penuaan Dini

Yoghurt efektif melawan radikal bebas karena mengandung antioksidan dengan sifat anti penuaan yang menunda munculnya garis-garis halus dan kerutan di wajah. Asam laktat dalam yoghurt membantu mencegah penuaan dini pada kulit.

  • Untuk mencegah keriput, buatlah masker wajah dengan campuran 1 sendok makan minyak zaitun dan 3 sendok makan yoghurt. Oleskan campuran ini selama 30 menit dan lakukan setidaknya 3 kali dalam seminggu.
  • Hancurkan pisang, alpukat, dan yoghurt bersama-sama hingga membentuk pasta. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit kemudian bilas.
  • Anda juga bisa mencegah penuaan dengan mencampurkan yoghurt dengan mentimun parut. Oleskan campuran ini pada wajah selama 15 menit dan bilas dengan air dingin. Mentimun akan memberikan efek dingin pada kulit sekaligus mengencangkan pori-porinya.

BACA JUGA: Manfaat Anggur Untuk Cegah Keriput

Meredakan Infeksi Kulit

Asam laktat yang dimiliki yoghurt memiliki sifat anti jamur dan bakteri. Infeksi jamur pada kulit dapat disembuhkan dengan menerapkan yoghurt dalam jumlah sedikit. Oleskan yoghurt 4 hingga 5 kali sehari untuk dapatkan hasil terbaik.

Meredakan Luka Bakar Akibat Sinar Matahari

skin.co.id Manfaat Yoghurt Bagi Kulit Anda

Zinc atau seng yang terkandung dalam yoghurt adalah kunci utama meredakan luka bakar. Seng ini akan membantu Anda mengurangi rasa gatal dan terbakar yang dihasilkan oleh sinar matahari. Seng ini juga akan meredakan kemerahan dan peradangan serta membantu menjaga menyeimbangkan kadar minyak alami kulit Anda. Selain itu, zinc juga akan membantu meminimalisir efek sinar UVB terhadap produksi melanin.

Dengan banyaknya manfaat yoghurt bagi kulit, Anda tidak memiliki alasan untuk tidak memakainya dalam rutinitas perawatan kulit. Yoghurt tidak memiliki efek samping dan dapat membantu menghaluskan dan meremajakan kulit Anda.

Cukup gunakan masker luar biasa ini dan nikmati berbagai manfaatnya.  Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *