Mau Awet Muda? 9 Gaya Hidup Sehat Orang Jepang yang Wajib Ditiru

gaya hidup sehat

Saat terlintas nama Jepang dibenak Anda, apa yang pertama kali menggambarkan Negeri Sakura ini? Yap, gaya hidup sehat yang patut kita tiru! Dibilang juga Negara yang memiliki tingkat disiplin tinggi, tidak heran juga Jepang adalah salah satu negera paling maju.

Bicara soal gaya hidup sehat, Jepang mempunyai beberapa gaya hidup sehat yang sangat menarik untuk Anda tiru nih, Ladies. Dilansir dari celotehwanita.com, tingkat obesitas di Jepang hanya 3,5% dari total penduduk. Tingkat kanker payudara, kanker prostat, dan penyakit mematikan No. 1 seperti jantung pun, rendah.

Tahukah Anda, bonus dari menerapkan gaya hidup sehat ini adalah bisa awet muda seperti kebanyakan orang Jepang! Hemm… ladies tentu mau kan awet muda seperti wanita-wanita Jepang? Jadi, yuk simak apa saja gaya hidup sehat ala orang Jepang:

1. Selalu Konsumsi Ikan

Orang Jepang, mengonsumsi ikan 100 gram setiap hari-nya. Kandungan asam lemak omega 3 pada ikan sangat bermanfaat untuk kesehatan otak dan jantung. Biasanya orang Jepang memasaknya dengan cara dikukus, tentu ini jauh lebih sehat daripada cara masak lainnya.

2. Konsumsi Rumput Laut

Sudah bukan rahasia lagi kalau rumput laut jadi santapan wajib bagi orang Jepang. Pasalnya rumput laut adalah salah satu makanan yang memiliki zat antioksidan tinggi. selain itu, rumput laut juga bermanfaat menghambat penyerapan lemak dalam tubuh, juga meningkatkan pengolahan lemak dalam tubuh hingga 4 kali lipat! Jadi cocok sekali buat Anda yang ingin menurunkan berat badan.

3. Membatasi yang Manis

Gaya hidup orangJepang yang membuat mereka terus sehat adalah mereka membatasi makanan dan minuman manis. Orang Jepang hanya mengonsumsi 48,8 gram gula per hari. Orang Jepang lebih memilih buah-buahan atau teh hijau sebagai makanan penutup, sehingga dapat terhindar dari penyakit diabetes dan obesitas.

4. Selalu Konsumsi Sayuran dan Istirahat Cukup

Hampir dalam seluruh menu makanan Jepang pasti menyisipkan sayuran di dalamnya. Selain memakan sayuran, orang Jepang juga selalu menyempatkan waktu untuk beristirahat, tidak membuang-buang waktu untuk sekadar bermain setelah seharian beraktivitas. gaya hidup sehat orang Jepang inilah yang terus membuat kesehatan dan kebugaran mereka terjaga.

5. Makan ‘Bakteri’ dan Tofu

Orang Jepang sangat menyukai yoghurt, acar, dan tofu (tahu) sebagai menu tambahan makan siang. Bakteri baik pada yoghurt dan acar memiliki manfaat positif untuk kesehatan pencernaan. Kandungan isoflavon dalam tofu sangat baik untuk hormone dan mencegah penyakit osteoporosis saat wanita memamsukin masa menopause.

6. Karbohidrat Bukan Hanya dari Nasi

Gaya hidup sehat orang Jepang yang selanjutnya adalah dengan mengonsumsi karbohidrat bukan hanya dari nasi. Tidak hanya mengonsumsi nasi, orang Jepang juga memiliki banyak sumber karbohidrat lain seperti kentang, ubi, udon (mie dari beras), soba (mie dari tepung gandum), dan sereal.

7. Mengelola Makanan Sebentar Saja

Mengeloh makanan dalam waktu yang singkat dapat mempertahankan gizi yang terdapat di dalam bahan masakan agar tidak hilang dan meminimalkan terbentuknya radikal bebas dari proses memasak. Hal ini membuat kualitas makanan terjadi dengan baik.

8. Tidak Menunggu Kenyang

Orang Jepang mempunyai prinsip “Hara Hachi Bu” yang artinya “Makanlah sampai perutmu penuh 8/10 bagian”. Makan dengan perlahan juga akan membuat makanan lebih mudah dicerna. Kebiasaan inilah yang membuat orang Jepang memiliki berat badan ideal dan sehat. Ingin memiliki berat badan ideal? Anda harus coba gaya hidup sehat yang satu ini, ladies!

9. Selalu Berjalan Kaki

Inilah salah satu kebiasaan orang Jepang yang masih ada sampai saat ini. Berjalan kaki setiap pergi kemana saja, entah itu ke sekolah, kantor, ataupun hanya sekadar ke taman. Tentu sudah tahu kan ladies manfaat dari berjalan kaki untuk kesehatan?

 

Imbangi Gaya Hidup Sehat dengan Pola Makan Sehat

gaya hidup sehat

Nah kalau bicara tenang wanita Jepang, sangat terkenal akan awet muda, langsing, dan sehat. Semua kalangan mengakui akan kecantikan dari wanita Jepang ini. Selain menjaga gaya hidup sehari-harinya, wanita Jepang juga sangat menjaga makanan sehat yang masuk ke tubuhnya. Makanan sehat yang jadi obat mujarab bagi wanita Jepang ini juga didukung dengan pola makan yang wajib Anda coba, seperti:

1. Memiliki Metode Khusus untuk Memasak

Secara tradisional orang jepang memasak makanan sehat dengan cara merebus, memanggang, atau mengukus. Selain itu, menggoreng pun di panci special dengan sedikit minyak. Sayuran pun diiris, sehingga terlihat lebih lezat dan matang dengan cepat.

Keuntungan dari metode ini adalah kandungan gizi makanan akan lebih terjaga. Wanita Jepang sangat berhati-hati dengan bumbu. Mereka akan menghindari makanan yang padat akan bumbu, tapi tidak membuat makanan sehat tersebut tetap ada rasa. Hal ini dilakukan untuk menghindari sakit perut, hati, dan ginjal yang terasa terbakar.

2. Tentunya Melakukan Diet Seimbang

Anda mengira bahwa wanita Jepang hanya makan makanan sehat seperti sushi saja sangat diet? Yang ada malah, wanita Jepang ini makan makanan sehat lebih beragam. Dalam menu makanan sehat wanita Jepang, lebih memilih ikan, rumput laut, sayuran, nasi, buah, dan tidak ketinggalan teh hijau.

Wanita Jepang melakukan diet dengan seimbang dengan makan makanan sehat dan rendah kalori. Perubahan musim juga menentukan makanan apa yang akan mereka makan. Orang Jepang tradisional memilih untuk memakan daging, ikan dan sup panas pada saat musim dingin. Sedangkan pada saat musim panas mereka lebih suka makanan laut, ramen dingin dan salad.

3. Lebih Memilih Makanan yang Segar

Semua wanita Jepang suka menyantap makanan yang segar. Karena di Jepang sendiri kaya akan hasil lautnya, kebiasaannya juga lebih banyak menggunakan makanan sehat dan segar, seperti sushi, ikan laut, cumi, rumput laut, hingga kerang segar.

4. Roti? Lebih Baik Memilih Nasi!

Budaya makanan pokok orang Jepang lebih mirip Indonesia ketimbang negara barat, yakni mereka lebih memilih menyantap nasi ketimbang roti. Nasi merupakan bagian penting saat makan. Sehingga, tidak adanya makanan bertepung membantu mereka tetap ramping.

5. Sarapan Pagi itu Penting

Sering melupakan sarapan agar berat badan turun? Hmm, wanita Jepang justru melakukan hal yang sebaliknya. Mereka selalu menerapkan kebiasaan makan pagi sebelum beraktivitas seharian. Mereka percaya, sarapan akan memberi nutrisi yang bagus dan membuat Anda berpikir dengan lebih baik. Di antara tiga kali jam makan dalam satu hari, sarapan adalah yang paling penting bagi orang Jepang.

Sarapan merupakan makan yang paling besar di Jepang. Menu utama yang selalu ada saat mereka sarapan biasanya nasi, ikan, telur, sup miso, hidangan dari kedelai hijau, rumput laut dan teh.

6. Budaya Menyantap Makanan

Di Jepang, makan bukanlah suatu kebiasaan melainkan kebudayaan. Jadi, tidaklah salah jika mereka sangat menjaga makanannya layaknya budaya agar tetap bersih dan sehat. Wanita Jepang (terutama yang tumbuh dalam lingkungan tradisi yang kental) menganut prinsip makan yang tidak berlebihan dan harus perlahan agar terlihat sopan.

Kebiasaan menyantap makana sehat secara sedikit demi sedikit ini akan membuat mereka mengunyah makanan lebih lama, sehingga perut akan terasa lebih cepat kenyang. Porsi yang masuk pun sangat terjaga. Jadi, tidak mengherankan kan kalau banyak wanita Jepang memiliki tubuh langsing.

7. Hidangan Pencuci Mulut yang Tak Manis

Bagi wanita Jepang, hidangan penutup tidaklah wajib. Namun, untuk beberapa acara makanan, hidangan penutup menjadi menu yang harus disajikan. Biasanya hidangan penutup terkenal dengan kadar gulanya yang tinggi sehingga membuat rasanya makin nikmat.

Berbeda dengan hidangan penutup di Jepang. Kue-kue tradisional yang disajikan biasanya diolah dari beras. Es krim yang disantap juga terbuat dari mochi (tepung beras) dengan kandungan lemak dan gula yang rendah sehingga cocok untuk diet.

 

Orang Jepang Itu Makanannya …

gaya hidup sehat

Selain punya gaya hidup sehat dan pola memasak yang sehat, ada beberapa makanan yang harus ada di menu makan orang Jepang. Mungkin dari makanan ini juga yang membuat orang Jepang bisa mempunyai umur yang panjang dan awet muda. Dilansar dalam laman merdeka.com ada enam jenis makanan yang membuat orang Jepang awet muda dan sehat. Apa saja makanan yang wajib bagi orang Jepang?

1. Teh atau Teh Hijau

Orang Jepang suka minum teh. Baik itu teh melati atau teh hijau. Mereka tidak menambahkan susu atau gula, sehingga teh yang dikonsumsi sehat. Teh hijau mengandung antioksidan untuk melindungi sel-sel tubuh serta membuat Anda merasa lebih kenyang.

2. Ikan

Warga Jepang juga gemar menyantap ikan, baik itu yang sudah matang atau masih mentah. Selain kaya protein, ikan juga memiliki asam lemak omega 3 yang membuat kulit Anda makin berkilau.

3. Kedelai

Tahu dan natto menjadi makanan pokok warga Jepang. Protein dalam kedelai sangat tinggi selain itu kandungan lemaknya sangat rendah dan bernutrisi bagi tubuh.

4. Tepung Soba

Orang Jepang menambahkan banyak tepung soba yang sangat membantu dalam proses pencernaan. Mie yang terbuat dari tepung soba lebih cepat dicerna dibandingkan dari tepung terigu.

5. Sayur-sayuran

Mereka juga sangat menyukai sayur, hampir di setiap menu masakan Jepang selalu ada sayur seperti rebung, lobak, jamur, paprika, kedelai dan masih banyak lagi.

6. Beras

Beras tidak buruk bagi kesehatan Anda bila dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Makan khas Jepang menggunakan beras sebagai bahan baku dan masih merupakan salah satu diet yang paling sehat di sana. Beras kaya karbohidrat dan membantu mengisi perut Anda.

Jadi, kapan Anda menerapkan gaya hidup sehat ala orang Jepang?

 

BACA JUGA: Daftar Makanan Sehat yang Bikin Anda Jauh Lebih Awet Muda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *