Mau Coba Cara Mencerahkan Wajah dengan Bahan Murah?

cara mencerahkan wajah

Hal pertama apa yang Anda cari saat berselancar di dunia maya? Kami menebak, “cara mencerahkan wajah secara alami”, apakah Anda? Jangan mencari referensi yang lain, karena Skin.co.id memberikan tips unik untuk Anda yang bingung mencari cara mencerahkan wajah dengan bahan alami.

Siapa yang tidak ingin memilih wajah yang sehat, bersih, dan cerah alami? Pastinya semua kaum hawa di dunia menginginkannya. Apa yang biasa Anda lakukan? Konsumsi vitamin, membeli produk perawatan kulit, hingga pergi ke pusat kecantikan untuk mendapatkan cara mencerahkan wajah secara alami?

Boleh saja Anda melakukan berbagai perawatan wajah diluaran sana, namun apakah Anda sudah tahu keamanannya? Hasilnya mungkin bisa didapat dalam sekejap, tapi ada yang malah menimbulkan masalah kulit baru, atau bahkan lebih serius setelah pemakaian produk dihentikan.

cara mencerahkan wajah

Nah, sebagai alternatif Anda bisa mencoba bahan-bahan alami untuk cara mencerahkan wajah. Selain lebih aman dan lembut dibanding produk-produk berbahan kimia, Anda bisa menemukan berbagai komposisi perawatan wajah yang umumnya tersedia di dapur rumah dengna berbagai manfaat yang bisa untuk cara mencerahkan wajah.

Intip 5 cara mencerahkan wajah dengan menggunakan bahan alami berikut ini:

1. Bersihkan Kulit Secara Menyeluruh

Kebersihan wajah adalah kunci dari cara mencerahkan wajah. Dengan langkah yang tepat, proses ini dapat membersihkan berbagai macam kotoran pada wajah, seperti: minyak penyumbat pori, debu polusi, radikal bebas, dan bekas make up.

Pastikan untuk memilih produk berbahan alami yang lembut untuk wajah. Selain lebih praktis, produk yang tepat dapat membersihkan kulit secara lebih menyeluruh, sekaligus merawat tekstur alami kulit.

Apakah Anda sering terlupa membersihkan wajah saat pagi hari atau malam hari? Padahal membersihkan wajah bisa juga jadi cra detox wajah. Jadi bersihkan wajah Anda 2x dalam sehari, bisa saat pagi hari setelah selesai mandi, dan sebelum Anda tidur.

2. Setelah itu Angkat Sel Kulit Mati

Setelah wajah bersih menyeluruh, penting untuk melakukan tahap pengelupasan kulit mati minimal satu minggu sekali, atau sesuai dengan kebutuhan Anda. Berbagai kotoran seperti sisa make up, komedo, dan sel kulit mati wajib dibersihkan untuk memberikan tempat bagi sel kulit baru yang lebih sehat.

Anda bisa menumukan bahan-bahan alami yang pas untuk melakukan proses ini. Anda bisa menggunakan kombinasi antara madu, jeruk nipis, dan gula sebagai exfoliant agent yang ampuh untuk mengangkat sel kulit mati.

Jeruk nipis memiliki kandungan asam sitrat yang berperan sebagai zat pencerah wajah. Sedangkan madu memiliki zat anti-microbial serta dapat menjaga kelembapan dan elasitas kulit. Campurkan seluruh bahan, lalu pijat pada wajah terutama pada area yang terasa kasar. Bilas bersih dan rasakan kulit yang terasa halus seketika.

Lakukan ini minimal satu minggu sekali sebagai cara mencerahkan wajah secara alami.

3. Nutrisi Tambahan untuk Kulit Cantik Anda

Setelah semua kotoran dan sel kulit mati sudah dibuang dengan tuntas, kini berbagai nutrisi dan vitamin yang bermanfaat bisa diserap sempurna oleh wajah Anda. Masker wajah merupakan cara paling efektif untuk memberikan nutrisi, sekaligus membuat kulit jadi lebih relaks sehingga digunakan sebagai cara mencerahkan wajah.

Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mencampurkan pisang yang dihaluskan, madu, dan sedikit susu segar untuk masker wajah dengan harga yang terjangkau!

Kandungan potassium dan asam amino pada pisang bisa memberikan kelembapan, sekaligus meremajakan kembali kulit yang lelah. Campuran susu yang mengandung asam laktat dapat membantu dalam proses mencerahkan kulit secara efektif.

Lakukan perawatan dengan masker wajah minimal satu minggu sekali. Diamkan pada wajah minimal 15 menit, atau sedikit lebih lama untuk relaksasi maksimal, dan akhiri dengan bilasan air dingin untuk menutup pori.

4. Segarnya Wajah dengan Toner Alami

Proses pembersihan dan perawatan selesai, saatnya mengunci pori-pori dengan menggunakan toner berbahan alami. Tahap ini akan sekaligus menuntaskan dan memastikan kebersihan kulit dari berbagai residu yang mungkin tertinggal pada wajah. Anda bisa membuat toner buatan sendiri dengan mudah dan murah.

Cukup campurkan cuka apel dan air bersih dengan perbandingan 1:2. Cuka apel memiliki kandungan asam maleat sebagai zat pengangkat sel kulit mati alami, sekaligus anti-bakteri yang ampuh untuk membersihkan kulit. Buat toner ini dalam jumlah sedang, kemudian simpan dalam botol plastik bersih untuk kamu gunakan sehari-hari.

5. Jaga Kelembapan Wajah

Kunci seluruh manfaat perawatan kulit dengan menggunakan pelembap. Dengan langkah terakhir ini, kelembapan kulit akan terjaga sehingga sangat wajib diaplikasikan sebagai cara mencerahkan wajah.

Pilih pelembap dengan kandungan bahan alami dan pastinya cocok untuk kulit wanita Indonesia. Pilihlah pelembab yang mengandung bahan-bahan yang telah dipercaya secara turun temurun, Anda bisa pilih formula yang paling sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

Khususnya untuk Anda yang mempunyai kulit kering, jangan sampai lupa tahap ini ya setiap hari. Kulit membutuhkan kelembapan agar tidak  breakout. Anda bisa menggunakan serum, sunscreen ataupun moisturizer setiap pagi dan malam agar kelembapan kulit Anda tetap terjaga.

 

Kebiasaan Sepele yang Bisa Mencerahkan Wajah

cara mencerahakan wajah

Tanpa ragu, bisa dibilang kulit cerah adalah skin goal banyak wanita. Selain bebas jerawat, kulit cerah tentu terlihat lebih sehat dan segar; mau pakai makeup atau tidak, kulit terlihat flawless, dan yang paling penting adalah membuat nyaman pemiliknya.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan sebagai cara mencerahkan wajah. Mulai dari menggunakan bahan-bahan alami hingga rutin melakukan berbagai treatment di klinik kecantikan. Meski begitu, bukan berarti untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah dan bersinar butuh biaya mahal ataupun banyak.

Contohnya saja, hal-hal berikut ini dapat dengan mudahnya kita lakukan di rumah:

1. Miliki Waktu Tidur yang Berkualitas

 Selain dapat mengembalikan kebugaran tubuh, memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas ternyata juga dapat menjaga kesehatan serta membuat kulit cerah.

Menurut penelitian para ahli, saat kebutuhan tidur kita tidak terpenuhi, kinerja kerja jantung akan terganggu sehingga menyebabkan darah sulit terdistribusi dengan baik ke seluruh tubuh. Hal ini tentu akan menimbulkan efek buruk bagi sel-sel yang ada di tubuh, termasuk sel kulit yang jadi kekurangan nutrisi. Sebagai dampaknya, kulit kita pun akan terlihat lebih kusam dan kering.

Namun sebaliknya, jika kebutuhan tidur kita tercukupi, jantung dapat bekerja lebih optimal sehingga kulit pun akan terlihat lebih cerah dan sehat karena aliran darah ke seluruh tubuh dapat terdistribusi dengan baik.

2. Rutin Konumsi Superfood

 Superfood merupakan kelompok makanan yang kaya akan nutrisi sehingga sangat baik dan bermanfaat apabila dikonsumsi setiap hari. Tak hanya mengurangi risiko terkena berbagai macam penyakit, mengonsumsi superfood juga dipercaya dapat menjaga kondisi kesehatan kulit, lho! Beberapa di antaranya seperti memperlambat tanda-tanda penuaan, menjaga kekenyalan, serta sebagai cara mencerahkan wajah.

Nah, cara mencerahkan wajah yang mudah dan alami, rutinlah mengonsumsi superfood yang mengandung vitamin C, seperti kiwi, brokoli, kale, dan delima.

3. Jangan Lupa Konsumsi Probiotik

 Bukan rahasia lagi kalau probiotik memiliki manfaat yang baik untuk pencernaan. Jika pencernaan Anda sehat, maka hal itu akan terpancar dari wajah. Anda bisa mengonsumsi probiotik dalam bentuk suplemen, minuman, atau yang lebih enak lagi, frozen yoghurt. Dijamin, perut sehat, kulit Anda juga akan jadi lebih cantik.

4. Makanan dengan Kandungan Alkali juga Penting!

 Anda juga bisa melakukan detox melalui diet, lho! Eits, ini bukan diet yang harus mengurangi makanan, melainkan diharuskan mengonsumsi makanan yang mengandung alkali tinggi seperti brokoli, pisang, semangka ataupun buah pir. Alkalin ditubuh dapat membantu menguatkan tulang dan tentunya bisa digunakan untuk cara mencerahkan wajah.

5. Perbanyak Minum Air Putih

Salah satu cara yang cukup popular untuk detox dan mengeluarkan racun-racun ditubuh adalah dengan mengonsumsi air yang cukup untuk tubuh. Tidak bisa dipungkiri lagi, dengan mengkonsumsi air yang cukup, metabolisme tubuh Anda menjadi baik dan kulit pun akan terlihat cerah.

 

Makanan Penuh Nutrisi Penunjang Kulit Cerah Anda

cara mencerahkan wajah

Wanita mana yang tidak mendambakan kulit putih serta bersinar. Berbagai usaha pun dilakukan wanita untuk cara mencerahkan wajah. Nah, selain metode-metode instan yang dipertanyakan efek sampingnya, ada satu cara sehat untuk merawat kulit wajah Anda yaitu dengan mengonsumsi buah-buahan.

Mengonsumsi buah-buahan memang merupakan suatu keharusan bagi kita untuk memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh. Selain itu, menurut para ahli, mengonsumsi buah-buahan ternyata juga dapat sebagai cara mencerahkan wajah Anda.

Nah, apa saja kira-kira buah-buahan yang mampu membuat kulit cerah?

1. Melon

Melon termasuk buah yang mudah didapatkan. Aroma dan rasanya khas. Setiap orang pasti pernah menikmatinya. Nah, mengapa mengonsumsi melon ini efektif untuk cara mencerahkan wajah?

Ternyata, kandungan air yang melimpah pada buah melon dapat mencegah tubuh dan kulit Anda dari dehidrasi. Jadi, dengan mengonsumsi buah ini, akan membuat kulit Anda nampak lebih segar dan tidak kering. Selain itu, ada juga kandungan asam folat yang berperan meregenerasi sel kulit Anda sehingga kulit akan menjadi lebih sehat dan tentunya nampak cerah.

Buat Anda yang menginginkan cara mencerahkan wajah, pastikan mengganti konsumsi buah dengan buah melon.

2. Pepaya

Hampir setiap orang mengonsumsi buah pepaya untuk melancarkan pencernaan usus besar. Namun, siapa sangka jika mengonsumsi buah pepaya juga mampu sebagai cara mencerahkan wajah.

Bagaimana bisa? Tentu saja bisa. Hal ini dikarenakan dalam buah pepaya terdapat suatu enzim yang mampu memberi kelembapan kulit. Selain itu, buah pepaya juga mampu melembutkan kulit. Jadi, dengan mengonsumsi buah pepaya rutin setiap hari, akan membantu kulit jadi lebih halus dan lembut secara alami.

3. Apel

Selain kaya akan vitamin, apel kaya akan kandungan serat. Nah, serat inilah yang akan membantu kulit jadi lebih cerah. Serat ini juga mampu menghilangkan jerawat yang ada pada wajah.

Caranya, apel dapat dengan dikonsumsi langsung ataupun dalam bentuk jus. Bisa juga dibuat masker wajah. Dengan menggunakan masker wajah apel tiap dua kali seminggu akan menghasilkan kulit wajah yang baik.

4. Tomat

Tomat sering dikonsumsi masyarakat karena kaya kandungan vitamin C. Bagaimana peran tomat ini dalam kesehatan kulit? Nah, ternyata dengan mengonsumsi tomat mampu menyamarkan noda bekas jerawat, komedo, serta mengurangi risiko kulit kering.

5. Jeruk

Jeruk juga sumber vitamin C. Dengan mengonsumsi buah jeruk akan membantu kulit menjadi lebih halus dan berkilau seperti bayi. Caranya, dapat dikonsumsi langsung maupun dibuat jus.

Mudah bukan cara mencerahkan wajah secara alami dari bahan-bahan murah?

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *