Mau Tetap Langsing? Ikuti Cara Olah Makanan Sehat Ala Wanita Jepang

makanan sehat

“Kenapa sih wanita Jepang itu selalu tampak lebih muda dari usainya? Kira-kira makanan sehat apa ya yang selalu dikonsumsi?”

Benar, wanita Jepang sangat terkenal akan awet muda, langsing, dan sehat. Semua kalangan mengakui akan kecantikan dari wanita Jepang ini. Selain menjaga gaya hidup sehari-harinya, wanita Jepang juga sangat menjaga makanan sehat yang masuk ke tubuhnya. Makanan sehat yang jadi obat mujarab bagi wanita Jepang ini juga didukung dengan pola masak yang wajib Anda coba, seperti:

1. Memiliki Metode Khusus untuk Memasak

Secara tradisional orang jepang memasak makanan sehat dengan cara merebus, memanggang, atau mengukus. Selain itu, menggoreng pun di panci special dengan sedikit minyak. Sayuran pun diiris, sehingga terlihat lebih lezat dan matang dengan cepat.

Keuntungan dari metode ini adalah kandungan gizi makanan akan lebih terjaga. Wanita Jepang sangat berhati-hati dengan bumbu. Mereka akan menghindari makanan yang padat akan bumbu, tapi tidak membuat makanan sehat tersebut tetap ada rasa. Hal ini dilakukan untuk menghindari sakit perut, hati, dan ginjal yang terasa terbakar.

2. Tentunya Melakukan Diet Seimbang

Anda mengira bahwa wanita Jepang hanya makan makanan sehat seperti sushi saja sangat diet? Yang ada malah, wanita Jepang ini makan makanan sehat lebih beragam. Dalam menu makanan sehat wanita Jepang, lebih memilih ikan, rumput laut, sayuran, nasi, buah, dan tidak ketinggalan teh hijau.

Wanita Jepang melakukan diet dengan seimbang dengan makan makanan sehat dan rendah kalori. Perubahan musim juga menentukan makanan apa yang akan mereka makan. Orang Jepang tradisional memilih untuk memakan daging, ikan dan sup panas pada saat musim dingin. Sedangkan pada saat musim panas mereka lebih suka makanan laut, ramen dingin dan salad.

3. Lebih Memilih Makanan yang Segar

Semua wanita Jepang suka menyantap makanan yang segar. Karena di Jepang sendiri kaya akan hasil lautnya, kebiasaannya juga lebih banyak menggunakan makanan sehat dan segar, seperti sushi, ikan laut, cumi, rumput laut, hingga kerang segar.

4. Roti? Lebih Baik Memilih Nasi!

Budaya makanan pokok orang Jepang lebih mirip Indonesia ketimbang negara barat, yakni mereka lebih memilih menyantap nasi ketimbang roti. Nasi merupakan bagian penting saat makan. Sehingga, tidak adanya makanan bertepung membantu mereka tetap ramping.

5. Sarapan Pagi itu Penting

Sering melupakan sarapan agar berat badan turun? Hmm, wanita Jepang justru melakukan hal yang sebaliknya. Mereka selalu menerapkan kebiasaan makan pagi sebelum beraktivitas seharian. Mereka percaya, sarapan akan memberi nutrisi yang bagus dan membuat Anda berpikir dengan lebih baik. Di antara tiga kali jam makan dalam satu hari, sarapan adalah yang paling penting bagi orang Jepang.

Sarapan merupakan makan yang paling besar di Jepang. Menu utama yang selalu ada saat mereka sarapan biasanya nasi, ikan, telur, sup miso, hidangan dari kedelai hijau, rumput laut dan teh.

6. Budaya Menyantap Makanan

Di Jepang, makan bukanlah suatu kebiasaan melainkan kebudayaan. Jadi, tidaklah salah jika mereka sangat menjaga makanannya layaknya budaya agar tetap bersih dan sehat. Wanita Jepang (terutama yang tumbuh dalam lingkungan tradisi yang kental) menganut prinsip makan yang tidak berlebihan dan harus perlahan agar terlihat sopan.

Kebiasaan menyantap makana sehat secara sedikit demi sedikit ini akan membuat mereka mengunyah makanan lebih lama, sehingga perut akan terasa lebih cepat kenyang. Porsi yang masuk pun sangat terjaga. Jadi, tidak mengherankan kan kalau banyak wanita Jepang memiliki tubuh langsing.

7. Hidangan Pencuci Mulut yang Tak Manis

Bagi wanita Jepang, hidangan penutup tidaklah wajib. Namun, untuk beberapa acara makanan, hidangan penutup menjadi menu yang harus disajikan. Biasanya hidangan penutup terkenal dengan kadar gulanya yang tinggi sehingga membuat rasanya makin nikmat.

Berbeda dengan hidangan penutup di Jepang. Kue-kue tradisional yang disajikan biasanya diolah dari beras. Es krim yang disantap juga terbuat dari mochi (tepung beras) dengan kandungan lemak dan gula yang rendah sehingga cocok untuk diet.

 

List Makanan Sehat Ala Wanita Jepang, Cobah Ah!

makanan sehat

Jepang dikenal sebagai negara yang memiliki pola hidup sehat. Bahkan, Jepang memiliki harapan hidup yang tinggi. Tentu kesehaan tersebut tidak lepas dari makanan sehat yang baik bagi kesehatan. Apa saja makanan sehat ala Jepang tersebut? Ini dia daftar makanan sehat ala wanita Jepang:

1. Matcha

Siapa yang tak kenal dengan minuman yang satu ini, ya matcha. Begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatka. Seperti, memiliki tingkat oksidan yang tinggi yang bisa memerangi radikal bebas dalam tubuh. selain itu, matcha juga bisa menurunkan resiko penuaan dini.

2. Rumput Laut

Makanan sehat seperti rumput laut ini mengandung antioksidan tinggi yang bisa mencegah sel-sel kanker tumbuh dalam tubuh. Selain itu, kandungan yodium di dalamnya bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Kandungan klorofil di dalamnya juga dapat membantu proses detoksifikasi.

3. Ikan

Makanan sehat berikutnya adalah ikan. Manfaat ikan sangat banyak, salah satunya mengandung omega 3 yang berfungsi bagi otak, kekebalan tubuh dan mencegah penyakit kardiovaskular.

4. Miso Soup

Berkat kandungan kedelai, makanana sehat seperti miso soup Jepang ini mengandung asam amino esensial yang membantu pembentukan protein sebagai bahan dasar pembentukan sel, otot dan sistem kekebalan tubuh.

5. Acar Sayur

Makanan sehat layaknya acar sayur bagus untuk mengontrol gula darah dan mengontrol kadar kolestrol dalam tubuh. Selain itu, acar sayur juga baik untuk mencegah sembelit maupun susah buang air besar.

 

9 Gaya Hidup Orang Jepang yang Menyehatkan

makanan sehat

Tidak hanya melulu dari makanan sehat saja yang harus diperhatikan, tapi juga gaya hidup sehat yang di terapkan orang Jepang, seperti:

1. Membatasi yang Manis

Gaya hidup orang Jepang yang membuat mereka terus sehat adalah mereka membatasi makanan dan minuman manis. Orang Jepang hanya mengkonsumsi 48,8 gram gula per hari dan lebih memilih buah-buahan atau teh hijau sebagai makanan penutup sehingga dapat terhindar dari penyakit diabetes dan obesitas.

2. Konsumsi Rumput Laut

Rumput laut adalah salah satu makanan yang memiliki zat antioksidan tinggi. Selain itu, rumput laut bermanfaat menghambat penyerapan lemak dalam tubuh meningkatkan pengolahan lemak dalam tubuh hingga 4 kali lipat, maka cocok buat Anda yang ingin menurunkan berat badan.

3. Tidak Menunggu Kenyang

Orang Jepang mempunyai prinsip “Hara hachi bu” yang artinya “Makanlah sampai perutmu penuh 8/10 bagian”. Makan dengan perlahan juga akan membuat makanan lebih mudah dicerna. Kebiasaan inilah yang membuat orang Jepang memiliki berat badan ideal dan sehat. Ingin memiliki berat badan ideal? Anda harus coba gaya hidup yang satu ini, ladies!

4. Selalu Konsumsi Ikan

Orang Jepang mengkonsumsi ikan 100 gram per hari. Kandungan asam lemak omega 3 pada ikan sangat bermanfaat untuk kesehatan otak dan jantung.

5. Selalu Berjalan Kaki

Inilah salah satu kebiasaan orang Jepang yang masih ada sampai saat ini. Berjalan kaki setiap pergi kemana saja, entah itu ke sekolah, kantor ataupun hanya sekedar ke taman. Tentu sudah tahu kan ladies manfaat berjalan kaki untuk kesehatan?

6. Selalu Mengonsumsi Sayuran dan Istirahat Cukup

Hampir dalam seluruh menu makanan Jepang pasti menyisipkan sayuran di dalamnya. Selain memakan sayuran, orang Jepang juga selalu menyempatkan waktu untuk beristirahat, tidak membuang-buang waktu untuk sekedar bermain setelah seharian beraktivitas. Gaya hidup orang Jepang inilah yang terus membuat kesehatan dan kebugaran mereka terjaga.

7. Makan ‘Bakteri’ dan Tofu

Orang Jepang sangat menyukai yogurt, acar dan tofu atau tahu sebagai menu tambahan makan siang. Bakteri baik pada yogurt dan acar memiliki manfaat positif untuk kesehatan pencernaan. Kandungan isoflavon dalam tofu sangat baik untuk hormon dan mencegah penyakit osteoporosis saat wanita memasuki masa menopause.

8. Karbohidrat Bukan Hanya Dari Nasi

Gaya hidup orang Jepang yang selanjutnya adalah dengan mengonsumsi karbohidrat bukan hanya dari nasi. Tidak hanya mengonsumsi nasi, orang Jepang juga memiliki banyak sumber karbohidrat lain seperti kentang, ubi, udon (mie dari beras), soba (mie dari tepung gandum) dan sereal.

9. Mengolah Makanan Sebentar Saja

Mengolah makanan dalam waktu yang singkat dapat mempertahankan gizi yang terdapat di dalam bahan masakan agar tidak hilang dan meminimalkan terbentuknya radikal bebas dari proses memasak. Hal ini membuat kualitas makanan terjaga dengan baik.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *