Memutihkan Wajah Tanpa Makeup

skin.co.id Memutihkan Wajah Tanpa Makeup

Sebagian besar orang memiliki dua hingga tiga masalah kulit. Kusam, kering, dan warna kulit yang tidak merata sering menjadi masalah untuk mendapatkan kulit putih. Tentu, facial secara teratur dapat membuat kulit Anda lebih bercahaya, tetapi apakah Anda memiliki biaya dan waktu yang cukup? Kadang banyak pula orang yang ingin terlihat memiliki kulit putih dengan menggunakan makeup. Mencari makeup terbaik untuk mencerahkan warna kulit bukanlah sesuatu yang salah, akan tetapi Anda tentu tahu bahwa hal ini bukanlah hal yang bersifat permanen untuk memutihkan wajah. Sebenarnya banyak sekali cara memutihkan wajah tanpa harus menghabiskan uang untuk membeli makeup yang mahal. Ingin putihkan wajah secara alami? Berikut beberapa cara memutihkan wajah tanpa makeup:

Selalu Memakai SPF

skin.co.id Memutihkan Wajah Tanpa Makeup

Matahari tidak hanya meningkatkan risiko kanker kulit, tapi juga dapat mengacaukan warna kulit Anda. Paparan sinar matahari yang terlalu sering akan meninggalkan bekas dan bintik-bintik noda atau jerawat dan melasma. Hal inilah yang berkontribusi terhadap lahirnya masalah hiperpigmentasi yang mungkin akan Anda alami beberapa tahun ke depan.

Sembilan puluh persen munculnya tanda-tanda penuaan kulit yang terlihat berasal dari paparan sinar UV matahari.

Jadi, selain keriput dan berbagai kerusakan akibat sinar matahari memicu timbulnya bintik-bintik noda dan jerawat, serta warna kulit yang tidak merata akan muncul perlahan dari waktu ke waktu. Mujurnya, Anda bisa menangkal masalah ini dengan memakai pelembab yang mengandung tabir surya. Gunakan tabir surya dengan SPF 30 ke atas yang mengandung titanium dioxide dan zinc oxide untuk mendapatkan perlindungan UVA dengan spektrum yang luas. Anda juga perlu mencari tabir surya sesuai jenis kulit yang Anda miliki untuk mendapatkan wajah putih berseri.

Eksfoliasi

skin.co.id Memutihkan Wajah Tanpa Makeup

Dalam jangka waktu kurang lebih satu bulan hingga lebih, kulit akan beregenerasi secara alami. Dalam proses regenerasi ini, kulit akan meninggalkan sel-sel kulit yang mati dan sel-sel kulit yang baru akan tumbuh. Namun, proses ini tidak selalu berjalan dengan mulus sehingga kadang Anda perlu melakukan satu pertolongan untuk kulit dengan eksfoliasi atau proses pengelupasan. Seorang profesor klinis dermatologi di Yale University mengatakan bahwa ketika sel-sel kulit yang mati menumpuk dan tidak terkelupas dengan sempurna, maka kulit akan terlihat kusam.

Proses eksfoliasi merupakan salah satu upaya untuk memutihkan kulit Anda. Pilihlah produk yang mengandung asam salisilat atau asam glikolat. Kedua bahan tersebut selain membantu membersihkan pori-pori, mereka juga akan mengurangi daya rekat dan ikatan antara sel-sel kulit mati. Anda bisa melakukan aktivitas ini sekali hingga dua kali dalam seminggu.

Berhenti Menggunakan Produk Yang Keras

Membersihkan wajah memang menjadi sebuah rutinitas harian dalam perawatan kulit Anda. Namun, sabun batangan dan sabun pembasmi jerawat sering kali mengandung deterjen yang tinggi sehingga bisa menghilangkan minyak alami, seramida, dan asam lemak pada kulit. Tanpa ketiga kandungan kulit ini wajah Anda akan kehilangan kelembaban dan kesehatannya.

Oleh karena itu, beralihlah ke pembersih yang lembut. Sebuah pembersih wajah yang ringan dan dengan pH yang normal akan membantu membersihkan wajah Anda dari kotoran dan makeup tanpa meninggalkan rasa kering dan ketat di wajah. Dan jika Anda memiliki kulit berminyak dan berjerawat, gel pembersih bisa menjadi salah satu alternatif untuk merawat jerawat Anda.
BACA JUGA: Mengapa Sabun Batang Buruk Untuk Kulit Anda?

Tidur Yang Cukup

skin.co.id Memutihkan Wajah Tanpa Makeup

Lingkaran hitam di mata bukanlah satu-satunya tanda bahwa Anda kurang tidur. Saat tubuh Anda lelah, kulit akan terlihat pucat, kusam, dan tidak segar. Tidur malam yang cukup akan menurunkan hormon kortisol yang menyebabkan tubuh Anda stres. Jika Anda mengalami kekurangan waktu tidur atau tetap terjaga sepanjang malam, hormon kortisol Anda akan tetap tinggi. Hal ini akan mempengaruhi sirkulasi darah dan mengurangi suplai darah pada kulit Anda sehingga tak heran jika kulit Anda terlihat lesu dan tidak segar.

Kortisol juga dapat merusak kolagen dan elastin kulit. Padahal Anda tahu bahwa kolagen dan elastin berperan sebagai protein dalam kulit yang membuat kulit Anda tetap kenyal dan padat.

BACA JUGA: Miliki Kulit Sehat Dengan Tidur Berkualitas 

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kulit akan lebih terhidrasi setelah tidur malam yang cukup. Dengan tidur malam yang nyenyak, otot-otot wajah Anda akan lebih rileks sehingga saat bangun kulit akan menjadi lebih segar.

Krim Malam Terbaik Untuk Cegah Penuaan

vitalizer whitening sleeping pack
  • Mengandung 10% vitamin dan ekstrak vitamin dari buah & tanaman
  • Mencerahkan kulit kusam
  • Mudah menyerap pada kulit
  • Membuat kulit lebih sehat dan lembab
  • Mengencangkan kulit
  • Mengurangi keriput

Cara mudah dapatkan kulit bersinar setelah bangun tidur! BELI DI SINI!

Terapkan Minyak Wajah (Facial Oil)

Kulit akan lebih bersinar di saat ketika dalam keadaan lembab. Minyak wajah alami akan sangat berperan di sini. Minyak tersebut akan membantu mengikat kelembaban kulit lebih banyak dan mengontrol kekeringan dan kulit kasar sehingga kulit Anda akan terlihat lebih bersinar. Minyak wajah  yang terkandung dalam krim ataupun primer juga akan membantu kulit Anda terlihat mengkilap dengan alami.

Untuk menggunakan minyak wajah, Anda bisa langsung menerapkannya ke kulit yang kering dan bersih. Minyak ini tidak akan menyumbat pori-pori Anda, namun jika Anda berjerawat akan lebih baik untuk memilih minyak alami daripada minyak mineral. Dan Anda bisa menerapkan minyak ini untuk memutihkan wajah pada daerah yang kusam dan kering.

Lembabkan Kulit Dari Dalam dan Luar

skin.co.id Memutihkan Wajah Tanpa Makeup

Melembabkan kulit tidak hanya dapat dilakukan dengan pemakaian produk perawatan kulit saja. Anda juga harus melembabkan kulit dari dalam tubuh. Pernahkah Anda melakukan diet bebas lemak? Diet ini mampu membuat kulit Anda kering, bersisik, dan rentan terhadap iritasi. Tubuh memerlukan lemak yang cukup untuk mempertahankan tingkat kelembaban kulit Anda. Asam lemak omega 3 akan menjaga kulit Anda tetap halus dan lembut. Oleh karena itu, Anda bisa mengasupi kulit Anda dengan makan-makanan seperti ikan salmon dan kacang almond.

Selain itu, Anda juga membutuhkan asupan air yang cukup. Air secara tidak langsung akan membantu memutihkan wajah Anda karena air akan menghidrasi dan mengeluarkan racun.

BACA JUGA: Kulit Bercahaya Dengan Terapi Air!

Asupi Kulit Dengan Antioksidan

Perawatan dasar harian seperti mencuci wajah sebelum tidur, mengenakan tabir surya, dan yang lain memang akan membuat kulit Anda terlihat lebih sehat. Tapi ada beberapa rutinitas harian tambahan yang akan membantu memutihkan wajah dan membuatnya lebih bersinar.

Anda bisa meningkatkan warna kulit Anda dengan menggunakan serum yang mengandung antioksidan dan kolagen, salah satunya seperti vitamin C. Antioksidan akan melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat radikal bebas. Pada malam harinya, krim yang mengandung kolagen akan membantu proses pergantian sel-sel mati lebih cepat dan membantu mengatasi pigmentasi pada kulit Anda.

Sangat mudah bukan untuk memutihkan wajah tanpa makeup? Lakukan kebiasaan di atas dengan baik dan dapatkan warna kulit yang cerah dan bersinar. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *