Menarik, Rumput Laut Tawarkan Manfaat untuk Perawatan Tubuh

rumpu laut

Kalau berbicara tentang rumput laut, pasti yang terbayang adalah sup, camilan, atau bahan campuran membuat es. Tapi, siapa sangka bahwa rumput laut ini ternyata menyimpan sejuta manfaat untuk perawatan tubuh para kaum hawa, loh!

rumput laut

Rumput laut sendiri adalah tumbhan liat di pesisir laut yang sudah sejak lama mulai dibudidayakan oleh masyarakat. Rumput lau memeliki kebaikan di dalamnya, seperti kaya akan serat sehingga baik untuk kesehatan kalau dikonsumsi. Serta menyimpan berbagai kandungan vitamin dan mineral untuk perawatan tubuh dan rambut Anda. Ini juga yang membuat para produsen alat kosmetik menjadikan rumput laut sebagai bahan baku pembuatan skin care. Rumput laut ini juga digunakan sebagai perawatan tubuh karena menjadi agen penguat dan exfoliant alami.

Apa saja manfaat rumput laut untuk perawatan tubuh Anda?

1. Mengatasi Jerawat Membandel

Rumput laut memiliki sifat sebagai anti-inflamasi alami, sehingga dapat menenangkan peradangan yang disebabkan oleh jerawat yang memerah dan menyakitkan. Menurut American Academy of Dermatology, jerawat disebabkan oleh pelepasan sebum, atau minyak, yang mencegah kulit mengalami kekeringan.

Jerawat adalah peradangan pada pori-pori kulit, dimana minyak terperangkap, sehingga muncul komedo, whiteheads, jerawat, atau kistik jerawat. Efek anti-inflamasi pada rumput laut dapat mengurangi pembengkakan pada jerawat. Selain itu, rumput laut juga dapat digunakan sebagai exfoliant alami untuk mengangkat sel kulit mati yang dapat memblokir pori-pori.

2. Melembapkan Kulit

Kulit kerap terasa kering dan kasar? Anda bisa menggunakan produk berbahan dasar rumput laut sebagai solusinya. Selain mengandung vitamin E sebagai anti-oksidan, bahan alami yang kerap dijadikan sebagai bahan baku agar-agar ini juga mengandung asam lemak esensial yang baik untuk melembapkan kulit. Rutin menggunakan produk berkandungan rumput laut juga menghindari risiko kulit mengalami dehidrasi.

3. Detofsifikasi Kulit

Baik disadari maupun tidak, kulit tubuh dan wajah setiap harinya terpapar oleh racun. Nah, racun-racun ini umumnya disebabkan oleh paparan polusi dan sisa-sisa bahan kimia yang terkandung dalam produk makeup yang sehari-harinya kita gunakan. Kalau racun tersebut dibiarkan begitu saja, kulit bisa jadi kusam dan timbul berbagai masalah.

Kalau ingin mendapatkan kulit yang sehat dan tampak segar, kita wajib untuk mengeksfoliasi serta mendetoks segala racun yang ada. Menerapkan produk berbahan dasar rumput laut mampu mengangkat sel kulit mati, menjaga kestabilan cairan, serta mengeluarkan racun-racun yang menempel pada kulit. Selain itu, rumput laut juga efektif membuat permukaan kulit jauh lebih halus dan lembut.

4. Mengatasi Rosacea

Rosacea adalah kondisi kulit yang menyebabkan wajah mengalami peradangan, pembengkakan dan berubah menjadi kemerahan. Rumput laut kaya akan vitamin B-1, B-2, B-3, B-6 dan B-12, dan memiliki sifat sebagai anti-inflamasi alami. Rumput laut dapat mengurangi pengumpulan darah di bawah kulit dan mengurangi gejala yang muncul.

Penggunaan lotion dan krim topikal yang mengandung rumput laut dapat menutrisi kulit dari luar, sehingga dapat membantu meredakan gejala yang ada.

5. Mengurangi Tampilan Selulit

Selulit merupakan sebuah permasalahan kulit yang kehadirannya mampu menurunkan kepercayaan diri wanita. Oleh karena itu, berbagai upaya kerap dilakukan para wanita untuk menyingkirkan masalah ini, mulai dari scrubing, hingga menjalani treatment laser. Tapi, tahukah bahwa selulit juga bisa diatasi dengan menggunakan rumput laut?

Bahan alami yang satu ini kaya akan mineral yang efektif untuk memperbaiki tekstur kulit, serta membuatnya terasa lebih kenyal dan juga elastis.

6. Mengatasi Berbagai Masalah Kulit

Rumput laut merupakan tumbuhan berjenis ganggang yang memiliki sifat sebagai anti-inflamasi alami, sehingga penggunaanya mampu menenangkan peradangan pada kulit. Anti-inflamasi juga sangat ampuh untuk meredakan jerawat yang meradang, iritasi, bahkan psoriasis sekalipun. Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa bahan alami ini efektif mengurangi pengumpulan darah di bawah kulit, serta mengurangi gejala rosacea.

7. Menyehatakan Pertumbuhan Rambut

Selain baik untuk merawat kecantikan kulit, rumput laut juga kerap dijadikan sebagai bahan baku produk perawatan rambut. Berbagai kandungan vitamin serta mineral di dalamnya efektif dalam menjaga serta menutrisi kesehatan rambut dari akarnya. Tumbuhan ini juga dipercaya dapat menyehatkan folikel rambut dan membuat setiap helainya menjadi lebih kuat dan sehat.

Selain itu, Anda yang memiliki masalah dengan kerontokan juga bisa mengandalkan produk perawatan rambut berbahan dasar rumput laut. Kandungan yodium pada rumput laut sangat efektif dalam merangsang pertumbuhan rambut, sehingga rambut yang rontok pun dapat tumbuh kembali dengan lebih cepat.

8. Mengurangi Racun

Ketika racun tersimpan dalam kulit, akan membuat kulit terlihat kusam dan tidak indah dipandang. Untuk mendapatkan kulit yang tampak sehat dan segar, kita harus menyingkirkan racun yang ada.

Mengaplikasikan rumput laut pada kulit dan membiarkannya untuk beberapa waktu dapat menarik keluar semua sel kulit mati dan racun pada kulit. Selain bermanfaat untuk mengeluarkan racun dari kulit, rumput laut juga dapat menjadikan kulit lebih halus dan lembut.

9. Detoks Alami Tingkatkan Fungsi Teroid

Mandi menggunakan rumput laut telah lama digunakan di perawatan kecantikan atau tempat spa untuk membersihkan dan pengelupasan kulit yang berkualitas. Rumput laut bila dioleskan pada tubuh dapat menarik kelebihan cairan dan limbah dari kulit. Selain itu, rumput laut juga bisa digunakan sebagai pembersih sel kulit mati dan kotoran lainnya di permukaan kulit.

Rumput laut yang juga kaya akan iodium dapat membantu meningkatkan fungsi tiroid. Kelenjar tiroid menghasilkan asam amino yang menyerap iodium dan menghasilkan zat kimia yang mengatur metabolisme dalam aliran darah. Dimana regulator metabolisme ini akan membantu meremajakan kulit.

 

Lebih Sehat dengan Konsumsi Rutin Rumput Laut

rumput laut

Rumput laut, makanan kaya serat ini ternyata memiliki kandungan nutrisi yang ​hebat​. ​Jika dikonsumsi ​setiap hari​ membuat tubuh lebih sehat​.

Rumput laut banyak dikonsumsi di seluruh dunia, khususnya di Asia. Rumput laut digunakan dalam berbagai makanan Asia, sushi salah satunya.

Dalam penelitian ​ter​baru, para ahli menemukan 35 spesies rumput laut memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Rumput laut yang diketahui memiliki serat tinggi, ternyata memiliki sejumlah nutrisi yang sehat, diantaranya asam amino esensial, antioksidan, mineral, trace elemen, serat, dan asam lemak tak jenuh ganda.

Menurut tim peneliti Denmark, sangat ​baik ​ mengonsumsi rumput laut setiap hari​. ​​K​arena rumput laut mengandung nutrisi penting dan dapat membantu mengurangi dampak obesitas.

“Zat tertentu dalam rumput laut penting untuk mengurangi penyakit kardiovaskular,” kata Ole G. Mouritsen, seorang peneliti biofisika di University of Southern Denmark​ seperti dikutip dari food.detik.com.​

Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam Phycologia, Mouritsen dan rekan-rekannya mengatakan pentingnya rumput laut menunjukkan bahwa industri makanan memiliki peran besar untuk membuat rumput laut menjadi bahan umum dalam bahan makanan ​harian.​

Rumput laut baik dijadikan penyedap makanan karena kadar garamnya tidak menyebabkan darah tinggi seperti natrium yang terdapat dalam garam. Selain itu, rumput laut memberikan ​rasa ​umam​i. Rasa ​ kelima dari rasa dasar yang dirasakan manusia, dan dapat membuat Anda merasa kenyang serta dapat membantu mengatur asupan makanan.

Mouritsen menyarankan untuk mengkonsumsi rumput laut sebanyak 5-10g rumput laut kering setiap hari.​ Namun, ​​b​ukan berarti rekomendasi ini berlaku untuk semua spesies rumput laut. Beberapa spesies mengandung banyak yodium, dan rumput laut jenis hijiki​ bisa​ mengandung arsenik.

Para peneliti juga menyarankan orang untuk tidak makan rumput laut yang dicuci di pantai. Namun untuk spesies yang tepat dan diproduksi dengan aman bisa menjadi penambah rasa yang aman bagi tubuh.

Segala macam makanan olahan bisa dipadupadankan dengan rumput laut, bisa dijadikan sebagai bahan penyedap. Para peneliti menyarankan menambahkan rumput laut dalam makanan, seperti hot dog, pasta, hingga makanan cepat saji.

“Kita tahu bahwa banyak orang mengalami kesulitan membedakan antara makanan sehat dan tidak sehat. Dengan menambahkan rumput laut ke dalam makanan olahan, kita bisa membuat makanan lebih sehat. Banyak makanan yang menggunakan rumput laut dan rasanya enak, serta membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular​,​”​ demikian jelasnya.​

 

Rumput Laut juga Bisa Buat Langsing?

rumput laut

Bagi Anda pecinta makanan laut, mungkin hal ini bisa jadi referensi Anda saat diet. Bagaimana tidak, dalam sebuah studi baru di Inggris disebutkan bahwa mengonsumsi rumput laut bisa membuat bobot tubuh lebih ideal.

Dikutip dari Liputan6.com, pemimpin studi dari University of Newcastle’s Institute for Cell and Molecular Biosciences, Professor Jeff Pearson menyampaikan bahwa ia bersama peneliti lain menemukan kandungan alginat pada rumput laut bisa mengurangi lemak dalam tubuh dan melancarkan peredaran makanan dalam usus.

“Kami menyelidiki kemampuan alginat untuk mengurangi lemak oleh enzim pencernaan, lipase pankreas. Kami menemukan bahwa alginat yang mengandung banyak molekul gula yang disebut guluronate yang bisa memblokir lemak,” kata Prof Jeff.

Adanya penelitian ini tentu menggembirakan para tim peneliti. Kini, peneliti pun sibuk melakukan uji klinis untuk mengetahui seberapa efektif rumput laut bila dimakan sebagai bagian dari diet.

“Kami akan menyusun daftar rumput laut yang paling berperan dalam membakar lemak dalam tubuh seperti jenis rumput laut cokelat atau dikenal dengan tangle atau cuvie, juga jenis bladderwrack dan bull kelp.

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Food Chemistry ini juga menunjukkan bahwa terdapat peningkatan empat kali lipat atau sekitar 75 persen penyerapan lemak pada saat kita mengonsumsi rumput laut.

Peneliti menambahkan, alginat dalam makanan juga bisa mengurangi kadar triasilgliserol (lemak) dalam makanan sehingga tubuh bisa tetap langsing.

Selain rasanya yang enak, rumput laut ternyata mengandung banyak kebaikan di dalamnya. Baik untuk kesehatan maupun untuk perawatan tubuh Anda, rumput laut ternyata juga bisa membuat para kaum hawa langsing!

Siap untuk membuktikkannya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *