Mencegah Stretch Mark Dengan Tips Ampuh Ini!

skin.co.id Mencegah Stretch Mark Dengan Tips Ampuh Ini!

Banyak hal yang akan berubah setelah Anda melalui proses kehamilan yang panjang dan memiliki bayi. Perubahan tersebut dapat terlihat dari aktifitas, waktu tidur, dan waktu luang. Seiring dengan banyaknya perubahan aktivitas, Anda juga akan merasakan perubahan fisik pada diri Anda. Salah satunya adalah munculnya stretch mark. Perubahan kulit ini sudah menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian besar wanita.

Stretch mark terjadi ketika tubuh Anda berkembang lebih cepat daripada biasanya. Hal ini mengakibatkan serat elastis yang tepat berada di bawah pemukaan kulit menjadi rusak sehingga munculnya dengan apa yang dinamakan stretch mark. Saat kehamilan, berat badan Anda bisa bertambah hingga 12-20 kg. Kenaikan berat badan ini akan meninggalkan bekas stretch mark di perut dan payudara. Stretch mark juga bisa saja muncul di paha, bokong, dan lengan atas. Hal ini sering ditandai dengan adanya kemerahan atau kulit yang berwarna keungu-unguan, namun setelah kehamilan tampilannya akan memudar secara bertahap menjadi putih atau abu-abu.

Untuk mengurangi dan mencegah munculnya stretch mark, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan di antaranya:

Tambahkan Gelatin Dalam Diet

Apa pun yang dapat meningkatkan elastisitas kulit Anda merupakan hal yang baik untuk melawan stretch mark. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah meningkatkan produksi kolagen kulit.. Gelatin, berasal dari tulang dan sendi hewan. Gelatin adalah salah satu cara terbaik untuk mendorong produksi kolagen yang sangat diperlukan untuk menjaga kulit Anda agar tetap muda.

Oleskan Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan bahan yang baik untuk penyembuhan luka, yang membuatnya ideal untuk mengatasi dan mencegah stretch mark. Stretch mark tidak hanya terlihat pada lapisan luar kulit-kulit ari, akan tetapi ia juga menyerang jaringan parut yang kemudian merambat ke dalam dermis kulit. Oleh karena itu sangat diperlukan bahan yang benar-benar dapat menyerap ke dalam kulit. Minyak kelapa merupakan salah satu bahan yang menyerap lebih baik daripada kebanyakan krim dan minyak lainnya, sehingga membuat kulit terhidrasi.

skin.co.id Mencegah Stretch Mark Dengan Tips Ampuh Ini!

  • Gosokkan minyak kelapa murah hati pada kulit Anda.
  • Pijat daerah yang berpotensi stretch mark untuk membantu penyerapan ke dalam kulit.
  • Lakukan ini dua atau tiga kali sehari.

Jika Anda tidak memiliki minyak kelapa, Anda bisa menggunakan minyak zaitun, cocoa butter, shea butter, minyak alpukat, minyak emu, atau baby oil.

Jaga Tubuh Agar Tetap Terhidrasi

Minum banyak air sepanjang hari akan membantu menjaga kulit Anda tetap terhidrasi. Hal ini membuat kulit menjadi kenyal dan membantu menjaga elastisitasnya. Dengan begitu, lapisan kulit Anda akan kebal dan tidak rentan terhadap robekan. Untuk hasil terbaik, minum setidaknya dua liter air setiap hari.

Konsumsi Suplemen Seng

Kekurangan zat seng adalah penyebab utama lain dari munculnya stretch mark. Mineral ini sangat  penting untuk mendorong perbaikan jaringan kulit, serta dalam produksi kolagen. Kekurangan zinc sebenarnya sering terjadi pada wanita, sehingga akan sangat menguntungkan jika Anda makan banyak makanan yang kaya zinc atau menambahkan suplemen zinc ke dalam diet Anda. Sumber zinc bisa Anda dapatkan pada makanan seperti daging sapi dan domba, telur, dan kacang mete.

Konsumsi Vitamin E

kin.co.id Mencegah Stretch Mark Dengan Tips Ampuh Ini!

Vitamin E adalah antioksidan kuat yang melindungi serat kolagen di kulit Anda dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin ini membuat serat kolagen menjadi lebih kuat dan meningkatkan elastisitas kulit.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal, makan makanan yang tinggi vitamin E (almond, buah zaitun, biji bunga matahari, bayam, alpukat, labu, dll) dan pijat kulit Anda dengan minyak atau krim vitamin E beberapa kali sehari.

Lakukan Dry Brushing

Dry brushing merupakan teknik yang bagus untuk mengelupas kulit, membuka pori-pori, dan menyingkirkan sel-sel kulit mati dan kotoran. Teknik ini juga membantu kulit menyerap minyak pelembab dengan lebih baik, merangsang sirkulasi dan memobilisasi lemak, dan menghilangkan racun.

  • Sebelum mandi, Anda bisa menyikat kulit dengan arah ke jantung dengan lembut
  • Lakukan hal ini selama lima menit terutama pada bagian lengan, perut, bokong, atau bagian lainnya. Hindari untuk menyikat daerah kulit yang sensitif atau kulit halus.

Dry brushing dilakukan dalam keadaan kulit kering. Ketika membeli sikat yang akan Anda gunakan, sebaiknya pilih sikat yang memiliki pegangan panjang agar dapat menjangkau area yang tidak bisa dijangkau tangan.

Jangan Turunkan Berat Badan Terlalu Cepat

Berat badan yang meningkat saat kehamilan dapat memicu seseorang untuk segera menurunkannya pasca melahirkan. Namun, sebaiknya jangan lah terlalu bernafsu untuk menurunkan berat badan atau mengambil latihan ekstrem untuk menurunkannya. Mengapa hal tersebut sangat kami rekomendasikan? Alasannya adalah karena hal tersebut dapat meninggalkan bekas atau stretch mark. Demikian juga, kenaikan badan yang terlalu cepat juga bisa menimbulkan stretch mark.

Latihan Secara Teratur

skin.co.id Mencegah Stretch Mark Dengan Tips Ampuh Ini!

Mencegah stretch mark bisa Anda lakukan dengan olahraga rutin. Olahraga secara rutin akan meningkatkan sirkulasi darah pada kulit sehingga sel-sel  dan otot kulit Anda tetap sehat serta elastisitasnya juga tetap terjaga.

Selain itu, olahraga juga akan membantu mengatur hormon dan menyebabkan Anda berkeringat untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Wanita hamil masih bisa melakukan olahraga, akan tetapi olahraga yang dipilih haruslah olahraga yang ringan-ringan saja.  Namun, sebelum Anda memutuskan untuk melakukan olahraga sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda.

BACA JUGA: Cara Mengurangi Stretch Mark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *