Mengapa Jerawat Datang Kembali? Ini Dia Alasannya

skin.co.id Mengapa Jerawat Anda Datang Kembali

Memiliki noda dan jerawat di wajah memang terkadang membuat Anda tidak percaya diri. Akan tetapi lebih menyedihkan lagi apabila jerawat yang sudah Anda basmi datang kembali. Hal ini tidak lepas dari beberapa faktor dari luar dan dalam tubuh kita. Dengan kembalinya jerawat di kulit, Anda tentu amatlah penasaran bukan tentang apa saja hal-hal yang membuatnya kembali? Simak beberapa hal penyebab kembalinya jerawat yang mungkin belum Anda ketahui.

Makeup

Tanpa Anda sadari makeup adalah salah satu penyebab jerawat datang kembali. Jika Anda tidak terlalu teliti dalam memilih makeup, wajah Anda akan memiliki kesempatan besar sebagai tempat kembalinya jerawat. Ada beberapa bahan riasan tertentu yang bisa sangat mengiritasi kulit dan menyebabkan jerawat kembali datang. Makeup yang berisi warna dan wewangian buatan seperti lanolin, minyak mineral, minyak bumi, dan isopropil miristat dapat merangsang tumbuhnya jerawat di wajah. Jika Anda menduga makeup adalah penyebabnya, makabaca daftar bahan dan lihat apakah salah satu dari bahan-bahan tersebut ada di dalamnya. Jika ada, Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk beralih ke non-comedogenic makeup, seperti mineral foundation yang tidak akan menyumbat pori-pori.

BACA JUGA: Apa yang Dimaksud Makeup Non-comedogenic?

Alat Makeup Yang Kotor

Aplikator makeup yang kotor adalah penyebab terbesar jerawat datang kembali. Alat makeup merupakan sarang bakteri. Untuk mencegah jerawat Anda kembali, Anda perlu memastikan bahwa kuas makeup yang Anda pakai bersih. Anda hanya perlu menggunakan sampo lembut untuk membersihkannya dan membiarkannya mengering. Bagi Anda yang menggunakan spons makeup, Anda perlu menggantinya setelah beberapa kali penggunaan.

Mengeringkan Wajah Secara Berlebihan

Bila Anda memiliki jerawat, kebanyakan dari Anda akan menggunakan produk yang mengeringkan minyak di wajah. Namun, hal ini ternyata dapat menyebabkan masalah yang lebih banyak. Mengeringkan wajah secara berlebihan akan menyebabkan kulit Anda secara otomatis menghasilkan lebih banyak minyak. Hal ini memicu jerawat datang kembali. Jika Anda berpotensi memiliki jerawat, Anda sebaiknya menggunakan pembersih dan pelembab bebas minyak yang lembut. Jika wajah Anda sangat berminyak di siang hari, Anda bisa menggunakan kertas penyerap minyak khusus wajah.

Menyentuh Wajah

Tahukah Anda bahwa kedua tangan sangat berpengaruh terhadap munculnya jerawat? Melalui tangan atau benda seperti ponsel genggam dapat mengakibatkan munculnya jerawat. Hal ini dikarenakan karena tangan Anda rentan sekali dengan penumpukan kuman dan bakteri. Bakteri tersebut akan menempel dengan mudah pada kulit wajah jika Anda terlalu sering menyentuhnya.

skin.co.id Mengapa Jerawat Anda Datang Kembali

Hal ini sebenarnya salah satu penyebab yang paling mudah untuk diperbaiki. Yang harus Anda lakukan adalah berhenti menyentuh wajah dan pastikan Anda sudah membersihkan ponsel Anda setiap hari. Melakukan kedua hal tersebut dengan disiplin akan mencegah bakteri memasuki pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat.

Seprai dan Sarung Bantal Yang Kotor

Seprai dan sarung bantal yang kotor adalah penyebab munculnya jerawat yang belum diketahui oleh banyak orang. Pada saat tidur, Anda memiliki sel-sel kulit mati dan bakteri yang menumpuk di atas bantal dan kasur. Hal ini akan membuat Anda jauh lebih rentan terhadap munculnya jerawat. Untuk menghindari jerawat yang disebabkan oleh seprai tempat tidur, Anda perlu menggantinya setidaknya sekali dalam dua minggu. Anda juga harus mengganti sarung bantal Anda sekali atau dua kali selama seminggu. Selain itu, Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk menggunakan deterjen hipoalargenik dan bebas wewangian.

Produk-Produk Perawatan Rambut

Anda mungkin tidak berpikir bahwa produk yang Anda gunakan pada rambut dapat menyebabkan jerawat datang kembali. Rambut yang Anda miliki sering kali menyentuh wajah, dan ketika Anda mencuci rambut, busa sampo dan produk perawatan lainnya sering kali menempel di wajah Anda. Sama seperti halnya makeup, ada beberapa bahan-bahan tertentu dalam produk rambut yang tentunya bisa memicu timbulnya jerawat. Bahan tersebut termasuk silikon, plastik, dan minyak, yang semua itu bisa membuat pori-pori tersumbat. Carilah sampo atau kondisioner yang sangat lembut dan tidak mengiritasi kulit Anda.

BACA JUGA: Apakah Kondisioner Rambut Bisa Sebabkan Jerawat? 

Diet

Jika Anda telah mengubah semua hal yang telah disebutkan tadi tetapi jerawat masih kembali datang, Anda mungkin perlu memperhatikan pola makan atau diet yang mungkin Anda jalani. Terlalu banyak mengonsumsi gula dan pati dapat menyebabkan jerawat. Pilihlah makanan yang tidak berminyak, sehat, dan segar seperti buah dan sayur-sayuran. Tidak ada salahnya mencoba dan dapatkan kembali wajah bersih bebas jerawat.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sudah menemukan hal yang membuat jerawat datang kembali? Segera singkirkan jerawat tersebut dengan cara terbaik seperti yang telah diulas diatas dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *