Mengapa WAJIB Menghapus Makeup Sebelum Tidur?

skin.co.id Mengapa WAJIB Menghapus Makeup Sebelum Tidur

Makeup adalah bagian dari kehidupan sehari-hari wanita. Meskipun Anda hanya memakai eyeliner, maskara, atau lipstik yang pasti Anda membutuhkannya untuk menunjang penampilan Anda. Entah apakah Anda menggunakan makeup berbahan mineral, alami atau organik, atau makeup ternama, Anda perlu menghapus makeup sebelum tidur. Jika Anda melewatkan rutinitas yang satu ini, Anda bisa saja terbangun dengan maskara yang masih menempel, wajah berminyak, dan noda kehitaman di wajah. Meskipun jarang sekali orang mengatakan bahwa membersihkan dan menghapus makeup di wajah sebelum tidur merupakan suatu keharusan, akan tetapi hal ini sangat penting.

Rutinitas ini merupakan salah satu upaya pencegahan timbulnya jerawat. Menghapus makeup juga berguna untuk menjaga kebersihan sarung bantal, rutinitas ini juga membantu menjaga kulit Anda tetap sehat dan terlihat awet muda. Ada beberapa alasan yang mendasar mengapa Anda harus membersihkan atau menghapus makeup sebelum tidur:

Menghindari Radikal Bebas

Makeup yang Anda pakai sehari-hari banyak menyerap polusi, kotoran, dan residu dari lingkungan sekitar. Dengan membersihkan makeup sebelum tidur, Anda akan menghilangkan semua radikal bebas yang melekat pada kulit dan berbahaya bagi kesehatan kulit Anda. Radikal bebas dapat mempercepat proses penuaan dini pada kulit dan menyebabkan kerusakan pada sel-sel kulit.

Merawat Mata Anda

skin.co.id Mengapa WAJIB Menghapus Makeup Sebelum Tidur

Merawat mata Anda juga bisa Anda lakukan dengan membersihkan makeup atau eyeshadow di daerah mata. Daerah mata ini memiliki kulit yang sangat halus yang sangat rentan mengalami dehidrasi. Dengan menghapus makeup di daerah mata, Anda berarti telah mencegah proses penuaan seperti keriput di daerah mata.

Mencegah Bakteri Berkembangbiak

Jika Anda tidur dengan makeup, maka hal ini tentu akan mengotori sarung bantal yang Anda pakai saat tidur. Meskipun kebanyakan orang berpikir bahwa noda bekas makeup di sarung bantal dapat dibersihkan atau dicuci, noda makeup tersebut dapat menjadi langkah awal perkembangbiakan bakteri di sarung bantal. Bakteri yang tumbuh dibantal akan menginfeksi kulit dan bisa menyebabkan jerawat. Untuk mendapatkan kulit yang sehat, hapus makeup Anda sebelum tidur dengan teratur dan gantilah sarung bantal Anda dua kali dalam seminggu.

Wajah Anda Kotor

Wajah Anda sudah seharian terpapar sinar matahari dan polusi lingkungan. Dan belum lagi tangan Anda yang menyentuh kulit wajah akan membuka peluang menempelnya bakteri dan kuman di kulit. Tentunya kulit wajah Anda akan menjadi sangat kotor. Dengan membersihkan wajah dan menghapus makeup sebelum tidur berarti Anda telah membantu menyingkirkan kotoran tersebut.

Kulit Beregenerasi Di Malam Hari

Malam hari merupakan waktu ideal kulit untuk mengelupasi sel-sel yang mati, memperbaiki kerusakan dan noda, serta membangun kembali kolagen dan elastin. Jika Anda tidur tanpa membersihkan dan menghapus makeup, kulit Anda tidak dapat beregenerasi sehingga lebih cepat menghadapi tanda-tanda penuaan dini.

Malam hari juga merupakan waktu terbaik bagi Anda untuk menerapkan produk perawatan kulit terbaik. Anda bisa menggunakan krim, serum, produk anti jerawat, krim perangsang kolagen dan elastin di malam hari.

Membuat Pori-pori Bernapas

Pori-pori yang tersumbat merupakan salah satu penyebab munculnya berbagai masalah kulit seperti jerawat. Hal ini juga merupakan salah satu akibat yang bisa Anda rasakan jika tidak membersihkan dan menghapus makeup sebelum tidur. Tidur dengan kondisi makeup yang menempel pada permukaan kulit akan menghalangi oksigen masuk ke dalam pori-pori. Hal ini tentu saja akan menghambat kulit untuk meregenerasi dan memperbaiki dirinya sendiri serta membuat kulit Anda terlihat kusam dan kering.

Untuk mengetahui bagaimana cara membersihkan pori-pori yang tersumbat baca informasinya: Bagaimana Cara Membersihkan Pori-pori

Pembersih Multifungsi Terbaik!

  • Membersihkan wajah dari kotoran bekas makeup
  • Menyegarkan kulit
  • Tidak menimbulkan iritasi
  • Berbentuk gel cair
  • Cocok untuk kulit sensitif
  • Tidak membuat kulit berminyak

Bersihkan makeup dan kotoran di wajah Anda tanpa tersisa! BELI DI SINI!

Nah, setelah mengetahui beberapa alasan mengapa WAJIB membersihkan dan menghapus makeup Anda sebelum tidur, Anda perlu melakukan rutinitas ini dengan tepat. Untuk menghapus makeup, Anda perlu mencuci wajah dan memilih remover yang tepat. Pada saat mencuci atau membersihkan wajah, jangan lupa pula untuk mencuci rambut-rambut halus di dahi dan bagian rahang, terutama jika Anda menggunakan foundation atau BB cream.

Pada pagi harinya, Anda tidak perlu mencuci atau membersihkan wajah lagi. Wajah Anda tidak akan kotor jika Anda tidur pada sarung bantal yang bersih. Terlalu sering membersihkan wajah malah dapat mengeringkan kulit. Namun jika Anda bangun tidur dengan wajah yang berminyak, Anda bisa memercikkan sedikit air hangat di wajah atau menekan-nekan lembut menggunakan handuk hangat. Selain itu yang perlu diperhatikan dalam menghapus makeup adalah jangan menggunakan tisu bayi atau tisu basah. Kebanyakan wanita beranggapan bahwa tisu basah khusus bayi yang lembut untuk kulit bayi juga bisa digunakan pada wajah. Padahal kulit bayi tidak menggunakan riasan atau makeup yang membutuhkan bahan khusus untuk membersihkannya, hal ini berbeda dengan wajah yang dipenuhi makeup. Ada beberapa bahan alami dan tradisional terbaik yang bisa Anda jadikan makeup remover, di antaranya adalah:

Minyak Zaitun

skin.co.id Mengapa WAJIB Menghapus Makeup Sebelum Tidur

Anda bisa membuat makeup remover dari minyak zaitun yaitu dengan mencampurkan minyak zaitun dengan tea tree oil. Tambahkan pula beberapa tetes minyak almon ke dalam campuran tersebut untuk membuat kulit Anda lebih sehat dan bisa juga digunakan sebagai penghilang mata panda Anda.

  • Ambil sedikit campuran tersebut ke tangan Anda
  • Oleskan pada wajah dan gunakan jari-jari Anda untuk memijatnya secara lembut
  • Kemudian bersihkan dengan kapas dengan mengarah ke atas sampai minyak benar-benar hilang
  • Anda bisa mengulanginya untuk kulit yang lebih bersih

Minyak Jojoba

Jojiba oil ini sebenarnya lebih mirip dengan sebum kita sendiri. Karenanya, Anda bisa menggunakan minyak ini untuk membersihkan makeup tanpa menyumbat pori-pori pada kulit berminyak. Anda bisa mencampurnya dengan vitamin E untuk memberi efek antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

  • Ambil beberapa tetes campuran minyak di atas
  • Oleskan ke seluruh wajah Anda
  • Gunakan jari-jari Anda dan pijat secara melingkar
  • Berikan perawatan khusus di daerah mata Anda
  • Kemudian hapus minyak dengan kain yang lembab atau kapas
  • Kemudian bilas dengan mencuci wajah Anda

Mentimun

Mentimun secara alami dapat melembabkan kulit wajah dan juga dapat menenangkan kulit yang meradang dan teriritasi. Hancurkan mentimun menggunakan air yang sedikit. Oleskan pasta campuran ini pada wajah Anda. Campuran mentimun dan air akan menghapus makeup dengan mudah. Jika tidak, tambahkan susu sebagi pengganti air.

Gunakan bahan-bahan alami tersebut untuk menghilangkan sisa-sisa makeup Anda. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *