Mengatasi Flek Hitam Akibat Jerawat

skin.co.id Mengatasi Flek Hitam Akibat Jerawat

Menghilangnya jerawat di wajah bukanlah akhir dari rutinitas perawatan kulit Anda. Masih ada beberapa masalah yang timbul karena jerawat yaitu noda atau flek hitam dan munculnya jaringan parut pada kulit. Munculnya dua masalah ini tergantung dari seberapa lama peradangan yang terjadi akibat jerawat. Jika jerawat yang Anda alami masih dalam jangka waktu yang tidak lama, biasanya jerawat akan menyisakan noda atau flek hitam pada permukaan kulit dan bisa menghilang dalam hitungan bulan.

Namun, jika peradangan yang diakibatkan jerawat berlangsung cukup lama, maka peradangan tersebut akan menimbulkan jaringan parut. Jaringan parut ini merupakan respon alami tubuh untuk memperbaiki kerusakan yang timbul akibat jerawat. Jaringan parut ini akan membuat kulit Anda kasar dan kadang membentuk sebuah lubang kecil di wajah.

Anda bisa mencegah dua masalah akibat jerawat ini dengan memberikan sarana untuk proses penyembuhan jerawat. Semakin cepat jerawat teratasi, maka semakin mudah untuk mengatasi bekas jerawat atau memungkinkan Anda untuk tidak perlu mengambil perawatan modern dan khusus yang mahal.

Dengan menghindari sinar matahari secara langsung, Anda secara otomatis akan mempercepat penyembuhan jaringan parut karena bersentuhan langsung dengan sinar matahari akan menyebabkan kerusakan kulit yang lebih luas.

Noda atau flek hitam akibat jerawat sebenarnya akan menghilang secara alami dalam kurun waktu 6 hingga 12 bulan. Semakin hitam noda atau flek tersebut, maka semakin lama hilangnya. Kulit akan melakukan proses regenerasi dalam setiap 28 hari. Regenerasi ini akan membantu kulit untuk menyemarkan warnanya hingga kembali ke warna semula.

Para ahli dermatologi biasanya akan melakukan chemical peeling atau pengelupasan kulit dengan bahan kimia untuk mengurangi flek hitam akibat jerawat atau lubang bekas jerawat. Dengan melakukan perawatan ini, Anda biasanya akan melihat perubahan pada kulit dalam waktu empat hingga enam kali perawatan dalam rentan waktu 2 minggu.

Atasi Dengan Facial

Setiap orang ingin memiliki kulit putih, bebas jerawat, dan mulus. Tapi hal tersebut bisa menjadi sulit bagi orang yang memiliki flek hitam akibat jerawat di wajah. Sebenarnya flek hitam tidak hanya muncul karena bekas jerawat saja, flek hitam juga bisa muncul karena pengonsumsian obat-obatan dan menggunakan produk kosmetik yang salah. Menghilangkan flek atau noda hitam di wajah membutuhkan perawatan yang rutin dan konsisten. Anda tidak selalu dan tidak perlu melakukan perawatan facial di salon-salon kecantikan, Anda bisa saja melakukan facial di rumah dengan cara berikut:

    • Oleskan gel pemutih yang aman pada wajah dan diamkan selama kurang lebih 15 menit.
    • Bersihkan wajah kemudian gosok secara halus untuk melenyapkan sel kulit mati.
    • Bilas wajah Anda dengan air bersih kemudian gunakan masker.
    • Setelah selesai menggunakan masker, bersihkan wajah Anda dan gunakan pelembab.

BLEMISH RESTORE

Perbaiki Warna Kulit Anda dari Bekas Jerawat

  • Memperbaiki area kulit yang gelap karena bekas atau noda jerawat
  • Mengatasi flek atau noda hitam
  • Mempercepat proses regenerasi kulit
  • Cocok untuk kulit sensitif

Singkirkan noda & flek hitam bekas jerawat Anda sekarang juga! Beli DI SINI!

Untuk membuat masker alami, Anda bisa menggunakan buah bengkuang dan mentimun untuk menyingkirkan noda hitam di wajah. Kedua buah ini memang sudah terkenal ampuh dalam mengatasi noda hitam di wajah. Anda bisa memilih salah satu dari dua buah di atas. Pilih buah tersebut dan bersihkan dahulu dan kupas. Blender buahnya dan oleskan pada wajah secukupnya dan merata agar flek hitam di wajah memudar.

Gunakan buah-buahan tersebut yang masih segar dan kondisinya baik. Sebab jika Anda menggunakan buah yang tidak segar, wajah Anda akan gatal-gatal dan terasa perih. Anda bisa mengatasi rasa perih dan gatal dengan cara berikut:

  • Oleskan madu tipis-tipis di wajah selama 15 menit kemudian bersihkan dengan air hangat.
  • Basuh wajah dengan air es, tepuk-tepuk secara perlahan dan merata sampai kulit terasa segar.

Menggunakan bengkuang dan mentimun yang diblender sangat baik bagi Anda yang bekerja di dalam maupun di luar ruangan. Anda juga bisa mencoba menggunakan irisan jeruk nipis untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Biarkan hingga mengering kemudian bilas dengan air hangat agar pori-pori terbuka. Setelah itu Anda bisa membilas wajah dengan air dingin agar pori-porinya mengecil.

Selain itu, Anda bisa mencoba totok wajah dan kemudian dilanjutkan dengan menggunakan masker alpukat agar wajah lebih cerah dan segar. Alpukat mengandung asam amino dan vitamin yang berfungsi mengatasi flek hitam. Alpukat ini mengandung lemak yang baik untuk kulit kering dan flek hitam. Selain itu, vitamin E dan A juga berkhasiat dalam mengatasi flek hitam di wajah. Dalam menggunakan masker alpukat, Anda bisa mencampurnya dengan susu sapi asli. Berikut cara membuatnya:

  1. Ambil satu buah alpukat yang tidak terlalu matang. Belah menjadi dua dan lumatkan.
  2. Tambahkan susu sapi asli.
  3. Bersihkan wajah Anda dan lakukan totok pada titik-titik saraf di wajah selama kurang lebih lima menit.
  4. Kemudian bersihkan wajah dengan menggunakan spons yang telah dibasahi oleh air hangat.
  5. Gunakan masker campuran alpukat dan susu asli menggunakan kuas wajah. Tarik kuas ke arah atas.
  6. Diamkan selama 15 menit dan angkat dengan spons yang sudah dibasahi dengan air hangat. Lakukan minimal dua hari sekali untuk menyingkirkan noda hitam di wajah.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!

BACA JUGA: Cara Efektif Untuk Mencerahkan dan Mengurangi Flek Hitam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *