Menggunakan Aspirin Untuk Mengatasi Jerawat

skin.co.id Menggunakan Aspirin Untuk Mengatasi Jerawat

Jerawat, tidak ada habisnya untuk membahas dan menemukan cara terbaik untuk mengatasinya. Pasti Anda pernah merasakan gagal dan suksesnya membasmi jerawat di wajah. Banyak cara untuk mengatasi jerawat, mulai dari bahan alami hingga produk perawatan kulit khusus jerawat. Anda mungkin sering mendengar beberapa tanaman herbal yang mampu mengatasi jerawat. Namun, kali ini kami akan membagikan informasi seputar cara mengatasi jerawat dengan menggunakan aspirin.

Aspirin adalah salah satu obat salisilat yang digunakan sebagai analgesik (mengurangi rasa sakit tanpa kehilangan kesadaran) untuk sakit ringan dan nyeri, mengurangi demam, dan juga sebagai obat anti peradangan. Obat ini juga digunakan untuk mencegah pembentukan gumpalan darah dan mencegah serangan jantung dan stroke dalam dosis tertentu. Lalu bagaimana aspirin mampu mengatasi jerawat Anda? Aspirin mengandung bahan kimia efektif yang hampir mirip dengan asam salisilat yang membantu pengelupasan kulit.

Jika Anda memiliki jerawat yang tiba-tiba muncul, Anda bisa menggunakan aspirin untuk mengurangi kemerahan dan ukuran jerawat. Namun, Anda harus tetap berhati-hati apabila menggunakannya dalam jangka panjang karena memiliki efek yang kurang baik bagi kesehatan Anda. Ada banyak cara untuk menggunakan aspirin sebagai obat jerawat. Berikut beberapa cara menggunakan aspirin untuk mengatasi jerawat yang Anda miliki:

Masker Wajah Aspirin

Anda bisa membuat masker wajah dari aspirin untuk mengatasi jerawat. Yang perlu Anda siapkan adalah beberapa tablet aspirin (5-6) dan air secukupnya. Namun, jika Anda memiliki jerawat dan iritasi yang parah, Anda bisa mencampurkan aspirin dengan cuka sari buah apel. Campuran ini akan membantu menenangkan dan mengencangkan kulit serta membersihkan pori-pori Anda.

Untuk menggunakan aspirin sebagai masker wajah, hancurkan beberapa butir aspirin dan tambahkan sedikit air hingga mengental. Jika Anda memiliki kulit kombinasi, Anda bisa menambahkan telur. Dan untuk kulit kering, tambahkan beberapa tetes minyak zaitun.

Setelah mengaduk campuran tersebut dengan rata, oleskan pada kulit terutama daerah yang berjerawat. Saat mengoleskannya, hindari area kedua mata Anda dan biarkan selama 15 menit. Setelah 15 menit, Anda bisa menggunakan kain basah yang lembut untuk membersihkannya dan pastikan Anda tidak menyentuh daerah mata. Jika kulit terasa kering setelahnya, Anda bisa menggunakan pelembab untuk menghidrasi kulit.

Pelembab Terbaik Untuk Kulit Berjerawat Anda!

blemish-soothing-mist-200-x-200

Selain resep masker di atas, Anda bisa mengombinasikan madu dan aspirin. Madu memiliki sifat anti bakteri yang dapat mengurangi jerawat dan mempercepat proses penyembuhan dari jerawat itu sendiri. Berikut yang perlu Anda siapkan:

  • Empat atau lima buah pil aspirin biasa
  • Satu atau dua sendok makan air hangat
  • Madu atau yoghurt

Campur aspirin dengan air secukupnya untuk membuat pasta. Jika Anda ingin masker yang lebih tebal, tambahkan sesendok madu. Namun, jika Anda lebih memilih masker yang lebih menenangkan, maka ganti madu dengan yoghurt. Oleskan masker pada wajah Anda, kemudian keringkan. Bersihkan dengan menggosok lembut wajah dalam gerakan melingkar lembut.

BACA JUGA: Masker Alami Untuk Kulit Berjerawat

Anda juga dapat mencoba metode lain untuk menggunakan aspirin untuk mengatasi jerawat:

  • Ambil 2 sampai 3 tablet aspirin, larutkan dalam satu sendok teh air.
  • Cuci wajah Anda untuk memastikan bahwa itu adalah bersih dan siap untuk perawatan.
  • Gunakan cotton bud atau kapas tipis, celupkan dalam campuran aspirin dan terapkan langsung pada jerawat Anda.
  • Hindari penggunaan tangan sebisa mungkin karena tangan Anda bisa mentransfer bakteri baru ke daerah-daerah berjerawat.
  • Diamkan selama 15 menit sampai mengering.
  • Setelah kering, gunakan kain basah yang bersih untuk menghapusnya.

Jangan membiarkan aspirin terlalu lama menempel di wajah Anda. Jika terlalu lama, dikhawatirkan dapat memperkecil aliran darah di permukaan kulit. Hal ini terjadi karena aspirin dapat diserap ke dalam aliran darah melalui kulit. Untuk membuat masker wajah aspirin semakin efektif, Anda dapat menambahkan lidah buaya dan madu.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan aspirin untuk mengatasi jerawat, maka pastikan untuk menggunakan aspirin yang tidak dilapisi oleh pembungkus kapsul. Jika Anda tidak menemukan aspirin dengan jenis ini, Anda bisa menggunakan aspirin yang terbungkus tapi sebelum memakainya bukalah terlebih dahulu cangkang kapsulnya.

Cara Lain Menggunakan Aspirin Untuk Mengatasi Jerawat

skin.co.id Menggunakan Aspirin Untuk Mengatasi Jerawat

Selain bisa digunakan sebagai masker wajah, Anda bisa menggunakan aspirin sebagai toner dan scrub. Scrub digunakan untuk mengangkat sel-sel kulit mati agar kulit lebih bercahaya. Membuat scrub dari aspirin sangat mudah. Anda cukup melarutkan 2 hingga 3 tablet aspirin dan gunakan langsung pada wajah. Anda bisa menambahkan larutan ini ke pembersih wajah Anda.

Untuk membuat toner sendiri, apa yang perlu Anda lakukan adalah melarutkan beberapa tablet aspirin dalam botol air. Tambahkan bahan apapun yang Anda ingin. Cuka apel sari, minyak green tea, dan teh hijau adalah pilihan yang sangat baik. Setiap kali Anda perlu menggunakannya, kocok botol dengan baik dan menerapkannya seperti toner biasa. Mungkin ada satu hal yang dapat mengganggu yaitu butiran kecil aspirin dalam toner. Hancurkan aspirin hingga benar-benar halus dan lembut.

BACA JUGA: Manfaat Toner Bagi Wajah

Untuk memastikan bahwa Anda tidak alergi terhadap aspirin, lakukan tes pada area kecil di kulit. Jika tidak ada reaksi, Anda dapat menggunakan aspirin untuk mengatasi jerawat Anda. Anda juga harus berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan aspirin untuk jerawat. Jangan sampai dalam penggunaan aspirin masuk ke area mata dan hidung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *