Miliki Kulit Lebih Sehat dengan Tidur Berkualitas

skin.co.id kulit lebih sehat dengan tidur berkualitas
Apakah Anda sulit tidur atau kurang tidur setiap harinya? Padahal Anda membutuhkan tidur cukup untuk menjaga kesehatan kulit dan waktu istirahat di malam hari sangat mempengaruhi kondisi kulit wajah Anda. Jika Anda mengalami situasi seperti itu, berikut beberapa tip agar Anda mendapatkan tidur berkualitas setiap harinya.

Atur Pola Tidur

Buatlah jadwal tidur. Tentukan pukul berapa Anda pergi tidur di malam hari dan bangun di pagi hari. Cobalah untuk ikuti jadwal tersebut. Jika 1 kali saja Anda melenceng dari jadwal tidur Anda, maka akan sulit untuk mengembalikan kebiasaan tidur Anda seperti yang telah dijadwalkan.

Hindari Kafein

skin.co.id Miliki Kulit Lebih Sehat dengan Tidur Berkualitas

Tentu Anda mengerti bahwa meminum minuman berkafein di sore hari menjelang malam akan menyebabkan Anda sulit tidur. Selain terdapat pada kopi, kafein juga terdapat pada teh, coklat, dan lain-lain. Jika Anda tidak mau terjebak dari gangguan tidur akibat produk berkafein, sebaiknya hindari produk-produk apa pun yang mengandung kafein sebelum jam tidur.

Olahraga Ringan

Tidak perlu olahraga berat seperti angkat barbell atau push up 100 kali. Cukup jogging di pagi dan sore hari saja dapat membantu Anda tidur lelap malamnya. Lakukan aktivitas fisik secara teratur setiap hari untuk dapatkan kulit lebih sehat.

Segelas Susu Hangat

Segelas susu hangat sebelum tidur bisa jadi ritual yang menenangkan dan memiliki manfaat tambahan untuk memberikan rasa kantuk yang luar biasa. Buatlah segelas kecil saja sehingga Anda tidak perlu bangun untuk ke kamar mandi.

Stop Merokok!

Banyak ruginya melakukan kebiasaan ini. Selain dapat merusak kesehatan, merokok dapat mempercepat penuaan kulit. Rokok bersifat stimulant, sama seperti caffeine.

Matikan Gadget!

skin.co.id Miliki Kulit Lebih Sehat dengan Tidur Berkualitas

Ini mungkin tidak mudah, tetapi mematikan Smartphone dan perangkat teknologi lainnya akan membantu Anda bersantai sebelum tidur. Menurut Allison Harvey, Sleep and Psychology Professor di University of California, Berkeley, penggunaan teknologi interaktif di malam hari dapat menyebabkan insomnia. Harvey mengatakan, cahaya dari layar dapat mengacaukan body’s circadian rhythm, yang mengakibatkan gangguan tidur. Jauhi gadget Anda selama 1 jam dengan bersantai, dan jangan periksa gadget Anda sepanjang malam!

Cool It!

Tidur akan lebih lelap saat kondisi udara yang dingin daripada udara yang panas. Studi menunjukkan bahwa suhu ideal untuk tidur adalah antara 18 sampai 22 derajat Celcius (65 – 72 derajat F). Menurut Craig Heller, Ph.D., seorang profesor biologi di Stanford University, saat tidur, atur suhu tubuh dengan suhu otak, cara mengetahuinya adalah saat Anda merasa nyaman dengan suhu kamar atau ruang tidur Anda.

Kurangi Cahaya & Suara

skin.co.id Miliki Kulit Lebih Sehat dengan Tidur Berkualitas

Berikan sinyal pada tubuh Anda bahwa ini waktunya untuk wind down, dengan cara redupkan cahaya lampu, atau bahkan matikan lampu hingga gelap agar mata dan pikiran Anda beristirahat. Selain itu, suara-suara berisik akan sangat mengganggu ketika kita sedang berusaha untuk tidur. Pakailah earplug, atau penyumbat telinga agar tidak mendengar suara-suara ribut disekitar Anda.

Kenyamanan Tidur

Jangan ragu menghabiskan sedikit uang untuk bantal dan guling yang nyaman di atas tempat tidur Anda. Ganti semua bantal yang keras, dan beralihlah ke yang empuk. Namun hal ini tidak berlaku buat kasur Anda. Jika kasur Anda sudah tidak lurus lagi atau bengkok, maka Anda harus segera menggantinya dengan yang baru jika Anda tidak ingin badan Anda keseleo atau pegal-pegal di pagi harinya.

Relaksasi

Meditasi sangat baik untuk melepas beban pikiran setelah seharian bekerja dan lelah. Tariklah nafas sedalam-dalamnya, relaksasikan otot-otot Anda dengan meditasi sebelum Anda tidur. Musik yang tenang juga dapat mendukung meditasi Anda.

Sinar Matahari Pagi

Mendekor kamar dengan semua yang hitam agar gelap tidak baik dan belum tentu menyelesaikan masalah. Biarkan ruangan Anda apa adanya, biarkan Anda terbangun karena cahaya matahari pagi. Hal ini selain baik untuk kesehatan juga akan menjaga interval tidur Anda.

Tidur adalah sesuatu yang berharga bagi kehidupan manusia. Jika Anda berpikir, tidur malam dapat digantikan dengan tidur siang, itu salah. Tidur malam tidak dapat tergantikan, karena di malam hari sel-sel tubuh termasuk sel-sel kulit akan melakukan perbaikan dan tetap bekerja. Bayangkan jika organ tubuh Anda bekerja dalam keadaan Anda masih bangun, pasti akan terasa lelah, karena tubuh kita harus bekerja ekstra. Jangan lupa untuk selalu membersihkan kulit wajah sebelum tidur, untuk mencegah kerusakan kulit dan penuaan dini. Semoga Membantu!

BACA JUGA: Apa yang Terjadi pada Kulit Selama Tidur?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *