Miliki Salah Satu Tanda Ini? Hati-hati Alami Penuaan Dini

penuaan dini

“Kok kamu sudah punya garis halus di wajah? Hati-hati loh itu bisa jadi tanda-tanda penuaan dini!”

Bisa kebayang pas hang out sama teman-teman, tiba-tiba ada yang mengatakan hal tersebut? Pasti Anda langsung panik dan mati gaya. Baik, saran dari skin.co.id adalah pastikan wajah Anda benar-benar dalam keadaan sehat saat akan pergi bersama teman-teman Anda.

Memang, garis halus adalah tanda dari penuaan dini. Tapi tidak hanya berhenti dari garis halus saja, ada 7 tanda penuaan dini lain yang harus Anda ketahui, biar urusan hang out jadi nggak bete’.

1. Pori-pori Besar

Pori-pori yang besar terjadi karena menumpuknya sel kulit mati yang tidak segera Anda bersihkan. Tentu ini akan menyumbat pori-pori dan membuatnya terlihat besar. Selain scrubbing, cara lain paling mudah untuk mengatasinya adalah menggunakan masker. Untuk Anda yang memiliki pori-pori besar untuk berhati-hati ya tanda ini merupakan salah tanda penuaan dini.

2. Ada Garis Halus

Kalau saat tersenyum Anda bisa melihat garis halus di samping mulut, itu artinya Anda mulai mengalami penuaan dini. Jika tidak ditangani secara cepat, garis halus ini akan semakin mendalam dan semakin susah untuk dihilangkan lho. Anda bisa menggunakan krim berbahan retinol yang dapat secara bertahap menyamarkan garis halus tersebut.

3. Wajah Terasa Kasar

Tidak hanya pori-pori besar, tanda alami penuaan dini adalah wajah terasa kasar dan terlihat kusam. Hal ini terjadi karena kulit wajhah telah kehilangan kelembapannya. Anda bisa mengatasinya dengan rajin melakukan eksfoliasi serta menggunakan pelembap yang sesuai dengan kebutuhan kulit wajah.

4. Ada Bercak Hitam di Wajah

Satu lagi yang menjadi pertanda Anda alami penuaan dini adalah munculnya bercak hitam. Selain paparan sinar matahari yang berlebihan, stress, faktor genetic, dan kurangnya asupan vitamin juga bisa jadi penyebab munculnya bercak atau flek hitam pada wajah. Jadi, penting sekali bagi Anda untuk selalu menggunakan sunscreen kemanapun Anda pergi.

5. Perubahan Warna Kulit

Perubahan warna kulit juga menjadi tanda alami penuaan dini. Hal ini biasanya tejadi karena paparan sina matahari dan juga polusi udara. Jadi, mulai saat ini pastikan Anda selalu memulai rutinitas dandan diawali dengan mengaplikasikan sunscreen.

6. Kulit Wajah Mengendur

Seiring bertambahnya usia ditambah dengan berbagai faktor dari luar, kulit wajah lama kelamaan akan mengendur. Ini karena kulit wajah secara perlahan mulai kehilangan elastisitasnya. Akibatnya, tidak hanya wajah terlihat tua, kulit yang mengendur juga membuat wajah terlihat letih dan lesu. Coba untuk lakukan senam wajah untuk mengatasi penuaan dini ini.

7. Terjadi Perubahan Bentuk Sekitar Mata

Berubah disini maksudnya adalah kelopak mata mulai menurun. Tidak hanya itu, penuaan dini juga ditandai dengan munculnya lingkaran hitam serta garis halus di sekitar mata. Disinilah eye cream berperan penting. Dengan rajin menggunakan eye cream, mata bisa terlihat lebih segar dan cerah.

 

Jangan Memperparah Penuaan Dini dengan Aktivitas Ini

penuaan dini

Ketika Anda sudah mengalami tanda-tanda penuaan dini seperti di atas, tentu jangan memperparah penuaan dini dengan melakukan beberapa aktivitas make up seperti di bawah ini:

1. Sering Melupakan Aktivitas Mencuci Muka

Sederhananya, Anda tidak mencuci muka setelah beraktivitas sepanjang hari. Padahal, ketika tidur malam, kotoran dan polusi di wajah terus menempel dan menghalangi pori-pori. Hal inilah yang akan membuat jerawat dan keriput muncul.

Sebenarnya, untuk mengatasi masalah ini, Anda tetap harus mencuci muka menggunakan sabun muka dan air bersih. Mencuci muka dengan sabun akan mengangkat kotoran yang menyumbat pori.

2. Tidak Menggunakan Exfoliant

Meski Anda sudah mencuci muka, tak jarang masih ada bekas makeup yang menempel di wajah. Penyebabnya adalah Anda tidak menggunakan exfoliant. Produk ini dapat membuang racun dan kotoran yang terbentuk di tingkat terdalam kulit Anda. Menggunakan exfoliant memang tidak boleh terlalu sering. Anda cukup menggunakannya sekali seminggu.

3. Cuci Muka Hanya Dilakukan Sekali dalam Sehari

Ketika sudah mencuci muka sebelum tidur, Anda kerap beranggapan tidak perlu melakukannya lagi di pagi hari. Padahal, saat Anda tidur, bakteri pun tumbuh dalam kulit. Apalagi jika kulit Anda berminyak. Oleh sebab itu, Anda harus tetap mencuci muka dua kali sehari dengan sabun muka dan air bersih. Cuci semua bagian wajah hingga bersih dan lakukan pijatan agar kulit tampak lebih cerah.

4. Sering Gonta-Ganti Produk Kecantikan

Ketika frustasi karena tak kunjung mendapatkan wajah yang mulus dan cerah, Anda akan berupaya untuk membeli produk dan menggantinya secara terus menerus. Padahal, sering bergonta-ganti produk kecantikan akan membuat kulit tak mampu beradaptasi.

Hasilnya, tujuan mendapatkan kulit indah pun tidak tercapai. Perubahan yang mulai ditunjukkan oleh produk perawatan kulit biasanya empat minggu sejak pertama penggunaan. Kurang dari waktu tersebut, jangan berpikir dulu untuk mengganti produk kecantikan.

5. Penggunaan Produk Kecantikan yang Terlalu Banyak di Satu Waktu

Membersihkan wajah dengan beberapa produk sekaligus tidak akan menunjukkan hasil yang baik. Lantaran hal ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Oleh sebab itu, untuk mencuci muka yang baik dan benar, gunakan cairan pembersih atau sabun wajah. Pilih salah satu dari bahan tersebut.

Cukup Hadang Penuaan Dini dengan Makan-makanan Ini

penuaan dini

Tidak hanya melulu tentang bagaimana cara kita merawat wajah. Tapi asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh juga perlu diperhatikan. Karena ternyata, makanan punya andil yang tidak kalah penting dari bahan make up Anda aplikasikan. Pilih makanan-makanan yang punya manfaat anti-aging sehingga bisa tetap mempertahankan kulit sehat cantik kencang alami, seperti:

1. Jamur

Jamur mengandung vitamin D yang dibutuhkan tubuh untuk menyerap kalsium sehingga tulang kuat dan padat terhindar osteoporosis. Tak ingin mengeluh nyeri tulang seperti orang tua kan?

2. Coklat Hitam

 Cokelat gelap kaya flavonol, antioksidan yang melawan radikal bebas dan menyerap radiasi UV serta bisa meningkatkan peredaran darah. Antioksidan dalam cokelat bisa melindungi kulit dan merangsang pelepasan hormon anti-stres.

 3. Nanas

 Buah dengan rasa asam manis ini kaya mineral mangan yang membantu mengaktifkan enzim prolidase. Enzim ini membantu menyediakan prolin untuk asam amino agar diubah menjadi kolagen, yang mana sangat penting perannya dalam membuat kulit kencang dan elastis.

 4. Yoghurt

 Yogurt tidak hanya menjaga kesehatan pencernaan, tapi juga kulit dari dalam. Kandungan kalsium dan proteinnya dibutuhkan tubuh untuk menjaga metabolisme dan menjaga sel-sel tubuh tetap muda.

 5. Kunyit

 Jadikan kunyit sebagai jus yang bisa dicampur dengan madu murni. Kunyit punya kemampuan menyembuhkan dan menjaga sel awet muda. Melawan radikal bebas, mengganti sel mati dengan yang baru dan menjaga agar telomer DNA tidak memendek. Karena telomer DNA yang pendek adalah tanda penyakit dan umur pendek.

6. Bayam

 Kandungan tinggi folat dan zat besi pada bayam membantu melancarkan metabolisme, menjaga fungsi kognitif tetap sehat, seperti menjaga ingatan tajam dan mencegah demensia dan Alzheimer.

 7. Kedelai

Makanan berbasis kedelai seperti tahu, tempe dan susu kedelai akan menjaga tulang dan jantung sehat, mencegah penyakit kardiovaskuler. Kedelai terutama dibutuhkan wanita saat menopause untuk menjaga kadar estrogen yang merosot tajam.

8. Tomat

 Buah tomat membantu menjaga kulit dari kusam dan dehidrasi. Kandungan lycopene-nya sangat dibutuhkan untuk kulit sehat dan regenerasi sel-sel kulit baru. Airnya juga menjaga kelembaban kulit alami. Hal ini sama juga untuk semangka.

9. Wortel

Sayur kaya vitamin A dan C ini membantu meregenerasi sel kulit dan mencegah rusaknya kolagen. Bahkan rajin mengonsumsinya juga bisa mencegah kanker.

10. Air Putih

Air putih tidak hanya berlaku sebagai minuman detoks tubuh yang membantu membuang racun dan sampah sehingga tubuh tidak gampang sakit, tapi juga menjaga kulit tetap kencang, sehat, dan segar alami.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *