Mitos Seputar Perawatan Kulit Berminyak

skin.co.id mitos kulit berminyak

Ada beberapa mitos seputar perawatan untuk kulit berminyak yang masih salah dimengerti. Apa saja sih mitos-mitos seputar kulit berminyak dan bagaimana pendapat dermatologis mengenai mitos-mitos ini?

Mitos 1: Jangan Lembabkan Kulit Berminyak!

Kebanyakan orang berpikir jika memiliki kulit berminyak maka perlu sering-sering membersihkan wajah dengan sabun pembersih untuk mengurangi kelebihan minyak tanpa perlu memberikan pelembab setelahnya. Terlebih lagi ada yang melakukan rutinitas perawatan kulit berminyak dengan membersihkan wajah lebih dari 2x sehari untuk mengurangi minyak pada kulit wajah. Tahukah Anda dengan semakin sering membersihkan wajah dengan harsh soap maka kulit wajah akan mengering sehingga kulit wajah akan semakin memproduksi minyak lebih banyak lagi. Oleh karena itu, pilih sabun pembersih yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak. Tetap membutuhkan pelembab atau tidak? Butuh. Menurut Dr. Tanzi, seorang dermatologis dari Washington D.C., meskipun kulit berminyak dicirikan dengan produksi minyak yang berlebih namun tetap membutuhkan pelembab. Pilih pelembab khusus untuk kulit berminyak serta hindari pelembab yang mengandung shea butter dan petrolatum. Dua kandungan ini dapat menyebabkan produksi sebum sebum semakin meningkat bagi Anda yang memiliki kulit berminyak.

Mitos 2: Hanya Gunakan Produk Oil-Free

Meskipun kulit berminyak lebih disarankan untuk menggunakan produk oil-free namun hampir setiap produk kecantikan selalu mengandung oil. Jangan khawatir, ada produk-produk perawatan kulit berminyak khusus diformulasikan untuk merawat kulit berminyak seperti Blemish Line dari BRTC.

Mitos 3: Kulit Berminyak Wajib Gunakan Toner atau Astrigent

Perlu Anda ketahui bahwa tidak hanya kulit yang berminyak saja yang membutuhkan toner, namun semua jenis kulit tetap membutuhkan toner. Untuk kulit berminyak, carilah toner yang mengandung glycolic acid untuk membantu mengontrol sebum serta menormalkan keseimbangan kadar air dan minyak.

Tip-tip Perawatan Wajah Untuk Kulit Berminyak

Berikut tip perawatan dari Dr. Tanzi untuk merawat kulit berminyak:

  1. Pilih sabun pembersih yang mengandung salicylic acid. Kandungan ini bermanfaat untuk mengatur kelebihan produksi minyak.
  2. Saat kondisi yang panas, maka kulit yang berminyak biasanya semakin mengkilap. Kurangi kilap dan kelebihan minyak ini dengan menggunakan blotting paper.
  3. Selalu gunakan pelembab. Pilih pelembab khusus untuk kulit berminyak. Dengan memberikan pelembab setiap hari maka dapat membantu mengatur produksi minyak.

Jadilah konsumsen yang cermat dan cerdas sebelum menentukan sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk kecantikan. Semoga Bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *