Nggak Cuma Bisa Dimakan, Manfaat Yoghurt Juga Baik untuk Wajah

manfaat yoghurt

Siapa bilang kalau manfaat yoghurt cuma mengenyangkan perut dan menjadi teman baik diet Anda? Perlu Anda tahu bahwa manfaat yoghurt juga sangat baik untuk wajah cantik Anda, loh! Perlu Anda simak baik-baik artikel tetang manfaat yoghurt yang satu ini.

 

manfaat yoghurt

Yoghurt merupakan hasil fermentasi susu telah diketahui manfaatnya bagi kesehatan. Tapi selain kesehatan, yoghurt juga dapat memberikan manfaat baik untuk kulit wajah jika digunakan secara rutin. Karena manfaat yoghurt kaya dengan protein yang dapat membantu membuat kulit menjadi lebih berkilau dan halus.

Apa sajah manfaat yoghurt untuk wajah cantik Anda? Baca terus sampai tuntas karena superfood ini akan memberikan perawatan kulit wajah yang lengkap dan lebih alami seperti:

1. Melembapkan Kulit

Seharian berada di ruangan ber-AC? Ini tentu akan membuat kadar kelembapan kulit menurun. Pastinya kulit terasa kering dan tidak nyaman. Nah, kulit kering ini juga bisa menjadi penyebab berbagai msalah kulit lainnya, seperti jerawat maupun gatal-gatal.

Tapi jangan keburu bete’ dulu ya ladies. Anda bisa merasakan manfaat yoghurt untuk membantu mengatai kulit kering bahkan mencegahnya kembali kering. Hal ini karena manfaat yoghurt memiliki kandungan lactic acid, kandungan anti-inflamasi, serta antioksidan yang mampu melembapkan, menutrisi, meningkatkan elastisitas kulit, dan meredakan rasa gatal akbiat kulit kering.

2. Merawat Kulit yang Terbakar Sinar Matahari

Oleh-oleh apa setelah liburan di tempat bercuaca terik? Pastinya berupa kulit gosong akibat terbakar sinar matahari. Selain merah-merah, kulit yang terbakar tersebut tentu akan terasa perih saat disentuh.

Nah Anda bisa meredakannya dengan menggunakan manfaat yoghurt. Manfaat yoghurt kaya akan kandungan zinc yang dapat membantu meredakan rasa sakit pada kulit yang terbakar sinar matahari. Agar semakin efektif, Anda juga bisa megombinasikan yoghurt dengan ragam essential oil yang mampu atasi masalah sunburn pada kulit seperti peppermint atau lavender.

3. Membantu Melawan Jerawat

Masalah kulit yang paling sering terjadi sekaligus paling menyebalkan apa hayo? Pasti jerawat, deh!

Mungkin sudah banyak cara yang Anda lakukan untuk membasmi jerawat tersebut, mulai dari cara alami hingga menggunakan acid. Hmm, kenapa tidak keduanya saja sekaligus dengan manfaat yoghurt?

Yoghurt mengandung lactic acid yang dapat berperan sebagai eksfoliator dan pembersih wajah alami. Tidak hanya itu, olahan susu ini juga bersifat anti-bakterial sehingga dapat membunuh bakteri yang menjadi penyebab jerawat. Tentunya, selain melawan jerawat, yoghurt juga akan melembapkan dan menutrisi kulit saat diaplikasikan. Cukup multifungsi, ya!

4. Mengurangi Lingkaran Hitam Bawah Mata

 Jika belum siap berinvestasi pada eye cream, yuk coba atasi lingkaran hitam dengan manfaat yoghurt yang harganya jauh lebih terjangkau!

Lingkaran hitam di bawah mata mungkin terasa sangat menganggu penampilan untuk beberapa orang. Selain membuat wajah menjadi terlihat lelah, mata Anda juga memberikan kesan tua pada wajah. Nah, berkat kandungan zinc di dalamnya,manfaat  yoghurt bisa mencerahkan, sehingga dapat membantu mengurangi lingkaran hitam, bahkan bekas luka. Selain membantu mencerahkan, yoghurt juga mampu merawat dan menutrisi kulit di area mata Anda.

5. Mencerahkan Kulit Wajah

Sibuk mencoba berbagai produk pemutih wajah? Mengapa Anda tak mencoba perawatan dengan bahan alami yang dapat mencerahkan kulit wajah? Misalnya, seperti dengan memakai manfaat yoghurt.

Lactic acid di dalam yogurt akan memproduksi enzim yang dapat menekan produksi melanin sehingga wajah akan terlihat putih dan cerah. Untuk menggunakan yoghurt sebagai masker pemutih wajah, sebaiknya gunakan plain yogurt, bukan produk yogurt yang mengandung rasa-rasa tertentu.

6. Mengangkat Sel Kulit Mati

Tahukah Anda bahwa manfaat yoghurt juga dapat membantu Anda untuk mengangkat sel kulit mati? Selama ini, tak banyak yang tahu bahwa manfat yoghurt mampu mengangkat sel kulit mati yang menyumbat proi-pori.

Dengan kata lain, manfaat yogurt bisa dijadikan sebagai scrub alami. Dengan menggosokkan yogurt ke seluruh wajah, ketika menggosok kulit maka sel kulit mati dan segala jenis kotoran akan keluar begitu saja. Yogurt juga mengandung kalsium yang dapat mempercepat proses regenerasi sel kulit baru. Kulit nampak lebih awet muda dan segar bila Anda rajin merawatnya.

7. Menghilangkan Noda Hitam

Noda hitam memang dapat disamarkan dengan make up. Tapi, mengapa tidak mencoba cara untuk menghilangkan noda hitam di wajah secara permanen? Manfaat yoghurt untuk wajah yang berikut ini akan membantu Anda mengatasi flek hitam di wajah.

Zinc di dalam yoghurt dapat mengurangi peradangan dan produksi minyak berlebih di wajah yang menyebabkan timbulnya flek-flek hitam. Di samping itu, kandungan probiotik di dalam yoghurt akan menghancurkan bakteri sehingga tidak ada jerawat yang dapat menimbulkan bekas jerawat berupa noda hitam di wajah.

Namun, Anda harus memakai masker yoghurt secara teratur karena bahan alami yang satu ini tidak bisa menghilangkan noda hitam di wajah secara instant.

8. Mencegah Penuaan Dini

Salah satu manfaat yoghurt untuk wajah adalah sebagai anti-aging alami. Manfaat yoghurt untuk membuat Anda tampak awet muda terbukti dari fungsinya yang dapat mengurangi kerutan dan garis-garis halus di area wajah. Masker yoghurt bisa dimanfaatkan juga untuk mengencangkan pori-pori. Untuk memperoleh hasil yang lebih optimal, tambahkan sedikit minyak zaitun ke dalam masker yoghurt Anda.

9. Menghaluskan Kulit

Yogurt adalah super food yang terbuat dari hasil fermentasi susu. Nah, manfaat yoghurt sebagai perawatan untuk menjadikan kulit Anda terasa halus. Bekas jerawat maupun pori-pori yang membesar dapat membuat tekstur kulit jadi terasa kasar. Maskerlah wajah Anda seminggu 2-3 kali agar tekstur kulit jadi lebih halus. Masker yoghurt juga turut membuat wajah jadi terasa segar seperti habis cuci muka.

10. Mengatasi Infeksi pada Kulit

Luka atau jerawat di wajah ternyata dapat berkembang menjadi infeksi pada kulit. Lantas, apa yang harus Anda lakukan untuk menghilangkan infeksi di kulit wajah ini? Oleskan manfaat yoghurt di bagian kulit yang terinfeksi, diamkan selama 15 menit, dan bilas menggunakan air bersih. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Yoghurt mengandung probiotik alami dalam jumlah yang cukup banyak. Kandungan probiotik alami inilah yang akan membantu kulit mengatasi infeksi secara alami dan cepat. Selain itu, yoghurt juga terasa nyaman saat dioleskan di bagian yang terluka karena tidak membuat Anda merasa perih.

 

Kandungan Baik yang Ada di Dalam Manfaat Yoghurt

manfaat yoghurt

Ketika dioleskan pada kulit, yoghurt akan membantu melembabkan, melawan, merawat, dan mencegah penuaan dini, meredakan kulit terbakar, dan mengurangi perubahan warna kulit. Kebanyakan orang tidak menyadari banyaknya manfaat yoghurt bagi kulit. Berikut ini 4 kandungan utama pada yoghurt yang membantu meremajakan kulit dan membuatnya sehat dan bercahaya:

Seng Atau Zinc

Dalam 100 gram yoghurt, ada sekitar 1 mg seng. Mineral ini terkenal karena sifat anti peradangan, menjadi zat yang melawan dan memfasilitasi sel reproduksi dan pertumbuhan jaringan di kulit. Zinc juga membantu mengontrol sebum yang diproduksi oleh kelenjar sebasea, sehingga menyembuhkan jerawat.

Kalsium

Kita semua tahu bahwa yoghurt tinggi dan sarat akan kalsium. Anda juga perlu tahu bahwa mayoritas jaringan epidermis kulit Anda terdiri dari kalsium. Secara tidak langsung dengan melengkapi kebutuhan kalsium, Anda juga secara otomatis akan membantu meremajakan kulit dan mencegahnya dari kekeringan dan dehidrasi.

Vitamin B

Yoghurt kaya akan vitamin B2, B5, dan B12. Vitamin B2 atau riboflavin merupakan vitamin yang membantu Anda mendapatkan kulit bersinar dan sehat. Riboflavin membantu menjaga agar kulit tetap terhidrasi, melindungi sel-sel kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, membantu dalam regenerasi dan pertumbuhan sel yang berperan dalam pembuatan lemak sehat. Satu cangkir riboflavin dapat memenuhi 20%-30% dari jumlah harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

Asam Laktat

Asam laktat merupakan salah satu nutrisi utama dalam yoghurt dan menjadi bahan utama dalam beberapa produk perawatan kulit. Asam laktat adalah bahan pengelupas dan pelembab alami kulit. Zat ini juga bekerja sebagai agen anti penuaan kulit dengan mengurangi penampakan keriput dan garis-garis halus di wajah.

 

DIY Masker Yoghurt yang Bikin Kulit Wajah Lembut Maksimal

manfaat yoghurt

Suka memakai masker alami buatan sendiri? Berikut resep masker yoghurt yang bisa membuat kulit wajah bersih, halus dan tidak mudah berminyak.

Manfaat yoghurt dikenal sebagai bahan alami yang mudah dibuat sebagai campuran masker. Bahan alami yang terbuat dari susu ini mengandung antioksidan. Yoghurt tanpa rasa dapat membuat kulit Anda bersih tanpa menjadikannya kering. Manfaat  yogurt juga akan memberi nutrisi pada kulit Anda, sehingga membuatnya lembut dan kenyal.

Sementara itu, lemon juga menjadi salah satu bahan masker yang mudah didapat. Lemon dikenal sebagai pencerah alami. Bahan ini dapat mengangkat minyak berlebih pada wajah tanpa membuatnya kering. Lemon juga kaya akan vitamin C yang dapat menjaga kulit dari bahaya radikal bebas.

Bahan:

  • 2 sdm plain yogurt
  • 1 sdt perasan lemon segar

Cara membuat:

  • Campur yogurt dan perasan air lemon hingga tercampur rata
  • Pada wajah yang sudah dibersihkan, oleskan masker hingga rata. Hindari wilayah sekitar mata dan mulut
  • Diamkan masker selama 20 – 30 menit
  • Bilas dengan air dingin dan keringkan dengan handuk bersih
  • Masker ini bisa Anda gunakan dua kali seminggu

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *