Panduan Lengkap Mengatasi Jerawat Batu

skin.co.id Panduan Lengkap Mengatasi Jerawat Batu

Pernahkah Anda merasakan adanya benjolan yang berdenyut di bawah kulit Anda? Kemungkinan Anda mengalami jerawat batu. Jerawat batu merupakan salah satu jerawat membandel yang susah dikendalikan dan dihilangkan. Jika Anda memiliki jenis jerawat ini, Anda mungkin akan tahu seberapa menyebalkan, frustasi, dan menyedihkannya kondisi kulit Anda. Banyak sekali orang yang mencari bagaimana mengatasi jerawat batu di internet dan dokter kulit.

Tidak seperti jerawat pada umumnya, jerawat batu adalah jenis infeksi yang membentuk jauh di bawah jaringan kulit dan tidak mudah sembuh dengan sembarangan obat. Perawatan profesional untuk mengatasi jerawat batu sering kali terlalu mahal atau dapat menyebabkan efek samping yang menakutkan. Ada beberapa penyebab dari jerawat batu. Jerawat batu tidak disebabkan oleh konsumsi cokelat, kacang, makanan berminyak, dan diet.

BACA JUGA: Penyebab Jerawat Batu 

Perkembangan Terbaru Tentang Penyebab Jerawat

Peneliti dari Washington University School of Medicine menemukan adanya perkembangan dan pertumbuhan yang “baik” dan “buruk”. Hal ini menentukan frekuensi dan tingkat keparahan jerawat. Studi yang diterbitkan pada Januari 2013 menemukan bahwa pertumbuhan bakteri penyebab jerawat memiliki peran yang berbeda-beda pada kulit yang sehat.

Jerawat batu mungkin merupakan salah satu jerawat yang paling terlihat karena kondisinya yang parah dan menghasilkan nodula dan peradangan. Jerawat ini akan merugikan secara psikososial yaitu berupa efek buruk pada penampilan wajah dan timbulnya perasaan yang mungkin lebih sensitif secara emosional.

skin.co.id Panduan Lengkap Mengatasi Jerawat Batu

Sebagian besar jerawat memang jarang sekali memberikan tanda dan gejala saat timbul. Namun jerawat batu akan membuat sedikit perbedaan di kala Anda menyentuh permukaan kulit. hal terpenting saat melakukan perawatan untuk mengatasi jerawat batu adalah mengurangi risiko jangka panjang akibat kemunculan jerawat ini. Ada beberapa akibat yang bisa ditimbulkan oleh jerawat ini, di antaranya adalah:

  • Bekas jerawat ice pick
  • Lubang besar ataupun dangkal
  • Jaringan parut hipertrofik berupa kemerahan dan bekas luka

Perawatan jerawat batu yang parah pastinya memerlukan bantuan dokter spesialis dan beberapa perawatan harian. Sedangkan jerawat yang ringan atau sedang dapat diatasi dengan bantuan beberapa produk khusus jerawat.

BACA JUGA: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Ice Pick

Benzoil peroksida merupakan salah satu obat yang tersedia untuk mengatasi jerawat dengan berbagai tingkat keparahan dan obat ini juga merupakan pilihan untuk orang dengan jerawat batu yang parah diiringi dengan perawatan dokter. Benzoil peroksida tersedia langsung dari apotek dengan sejumlah formulasi yang dapat diaplikasikan pada kulit. Namun, obat ini memiliki efek pengeringan yang berlebih bila Anda terlalu sering memakainya. Banyak dokter meresepkan perawatan medis, seperti accutane dan antibiotik untuk membantu menyembuhkan jerawat batu. Pada dasarnya, pilihan ini akan mengeringkan kulit tapi sekaligus membunuh bakteri jahat dan memanipulasi hormon Anda. Meskipun pada awalnya akan membantu Anda mengatasi jerawat namun hal-hal buruk akan terjadi jika digunakan dalam jangka panjang. Sebagai alternatif, Anda bisa mencoba beberapa perawatan alami yang membantu menyembuhkan jerawat berikut ini:

BLEMISH POTION

Bebaskan Wajah Anda dari Noda Jerawat Anda Dengan Spot Serum Terbaik

  • Mengandung blemish & blue complex
  • Mengatasi titik-titik jerawat
  • Mencegah timbulnya bekas jerawat
  • Meredakan kemerah-merahan di wajah

Singkirkan noda jerawat Anda tepat di titik jerawat Anda. Klik DI SINI!

Madu dan Kayu Manis

Untuk membantu mengurangi peradangan dan rasa terbakar akibat jerawat, siapkan bahan-bahan berikut ini:

  • 2 sendok makan madu
  • 1 sendok makan kayu manis
  • 1 telur kocok (ambil putihnya saja)

Campur semua bahan dan terapkan campuran ini pada wajah. Biarkan jerawat ini selama 5-10 menit.

Madu memiliki sifat pelembab dan juga agen anti bakteri alami, sedangkan kayu manis membantu mengurangi peradangan. Putih telur penuh dengan protein yang memberikan nutrisi yang dibutuhkan kulit untuk meningkatkan regenerasi sel dan mengencangkan pori-pori Anda.

Jus Kentang

skin.co.id Panduan Lengkap Mengatasi Jerawat Batu

Kentang tidak hanya bisa dijadikan sebagai camilan, tapi ia akan membantu Anda mengatasi jerawat. Yang Anda butuhkan adalah beberapa iris kentang dan blender. Bersihkan dulu kentang dengan air bersih kemudian haluskan dengan blender. Terapkan pasta ini pada wajah Anda. Biarkan kering kemudian bilas dengan air bersih. Jus dari kentang akan membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakan di kulit Anda.

Garam & Soda

Salah satu pengobatan terbaik untuk jerawat batu adalah untuk mengelupasinya secara teratur. Pengelupasan membantu kulit Anda menghasilkan sel-sel baru yang sehat dan menghilangkan sel-sel kulit yang mati, kotoran dan bakteri yang dapat menyumbat pori-pori Anda. Siapkan beberapa bahan berikut ini:

  • 1 sendok makan baking soda
  • 1 sendok teh garam laut
  • Air yang cukup untuk membuat pasta

Campur semua bahan hingga membentuk pasta. Gosokkan pasta ini ke seluruh wajah Anda dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan keringkan. Lakukan hal ini 3 kali seminggu untuk hasil terbaik.

Jangan sekali-kali untuk mencoba memencet jerawat batu karena hal tersebut bukan menyembuhkan malah akan menyebabkan bakteri masuk lebih ke dalam kulit dan aliran darah. Selain menggunakan masker alami seperti yang sudah kita hadirkan di atas, berikut beberapa kebiasaan alami yang bisa Anda jajal.

Diet

Memang benar bahwa tidak ada satu pun penelitian yang membuktikan bahwa diet terbukti efektif melawan jerawat. Akan tetapi sudah banyak orang yang merasakan perubahan kondisi jerawat yang lebih baik setelah melakukan beberapa perubahan pada pola diet mereka. Beberapa orang mencoba untuk tidak mengonsumsi makanan yang mengandung gluten dan susu.

skin.co.id Panduan Lengkap Mengatasi Jerawat Batu

Di sisi lain, banyak pula orang yang mengambil diet dengan makanan berglikemik rendah untuk mengatasi jerawat batu. Makanan dengan glikemik rendah adalah biji-bijian, kacang-kacangan, dan sayuran. Terlepas dari benar dan tidaknya, diet akan sangat membantu kesehatan Anda secara umum. Jagalah tubuh Anda agar tetap terhidrasi dengan setidaknya minum 8 gelas air putih setiap harinya.

Stres

Berjerawat sebelum tes atau hari-hari yang menegangkan merupakan hal yang menjengkelkan. Stres hanya memicu hormon kortisol dalam tubuh Anda. Cobalah lakukan meditasi dan bersantai dengan liburan agar stres Anda berkurang.

Atur Pola Tidur

Mendapatkan tidur yang cukup sangat penting untuk memberikan tubuh Anda kesempatan untuk memperbaharui sel-sel tubuh. Paling tidak dapatkan tidur selama 8 jam setiap malam. Hindari aktivitas yang menghambat tidur Anda. Makan, membaca, dan menonton televisi di tempat tidur bukan sebuah ide yang baik.

Perawatan Diri

Ada beberapa langkah praktis untuk menghindari kondisi jerawat yang lebih buruk di antaranya adalah:

  • Jangan mencuci wajah terlalu sering. Dua kali sehari sudah cukup dan gunakan sabun atau pembersih berbahan ringan dan air hangat
  • Jangan menggosok kulit terlalu keras saat mencuci wajah
  • Biarkan jerawat dan jangan memencet dan mengeluarkannya secara paksa karena hal ini cenderung memperburuk jerawat
  • Hindari terlalu banyak pemakaian makeup.

Selain itu, jika Anda mengunjungi dokter maka dokter akan memberikan beberapa saran di antaranya adalah suntikan kortiko steroid yang disuntikkan langsung ke jerawat batu untuk membantu mengurangi peradangan & mencegah munculnya bekas luka. Pengobatan ini hanya dapat dilakukan oleh dokter kulit. Hal kedua yang disarankan adalah pil KB. Pengobatan jangka panjang untuk mengatasi jerawat batu pada wanita bisa dilakukan melalui pil KB, yang menekan produksi sebum dan mengendalikan hormon estrogen dan progesteron.

Nah, ingin coba perawatan-perawatan di atas? Coba sekarang juga dan lihat efeknya pada jerawat batu Anda. Semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *