Panduan Perawatan Kulit Untuk Kulit Kombinasi

skin.co.id kulit kombinasi

Jenis kulit kombinasi yang dicirikan dengan area T-zone yang berminyak dan bagian pipi yang kering membutuhkan perawatan kulit khusus. Apakah kulit Anda termasuk jenis kulit kombinasi? Berikut tip-tip perawatannya.

Kulit kombinasi memiliki 2 ciri khas yaitu kulit berminyak dan kering. Kulit berminyak memiliki pori-pori yang besar, produksi sebum berlebih sehingga membuat kulit terlihat berkilau dan berjerawat pada T-zone yaitu bagian dahi, hidung, dan dagu. Sedangkan kulit kering rentan sekali mengelupas, kemerahan, dan gatal. Bagaimana cara mengatasi produksi sebum berlebih pada T-zone dan melembabkan area pipi yang kering?

  1. Ketika membersihkan wajah, pilihlah mild cleanser atau gel/foaming cleanser. Bersihkan wajah  dengan air hangat suam-suam kuku.
  2. Untuk mengurangi kelebihan sebum atau minyak pada wajah terutama di T-zone, pakailah masker pada T-zone sebanyak 2-3x setiap bulan.
  3. Setelah membersihkan wajah, biarkan area T-zone benar-benar kering sebelum memberikan pelembab atau krim pada area tersebut.
  4. Kemudian oleskan pelembab pada area kulit kering dan area sekitar mata. Jika T-zone terasa kering, beri pelembab khusus kulit berminyak.
  5. Sangat penting untuk selalu melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari. Gunakan tabir surya dengan broad spectrum protection yang mampu melindungi kulit dari sinar UV A dan UV B.
  6. Jaga agar kulit wajah tidak terlihat terlalu berminyak tanpa harus selalu mencuci muka berulang-ulang kali. Terlalu sering membersihkan wajah dengan sabun dapat semakin memperparah produksi sebum. Anda bisa menggunakan face paper untuk membantu menyerap kelebihan minyak pada wajah.
  7. Jika Anda memiliki jerawat yang makin lama makin meradang, segera konsultasikan ke dokter kulit agar jerawat tidak semakin meradang.

Merawat kulit kombinasi membutuhkan perhatian ekstra, sebelum menemukan produk yang paling cocok untuk jenis kulit Anda mungkin perlu beberapa kali percobaan dahulu. Semoga Membantu!

BACA JUGA: Bagaimana Cara Memilih BB Cream Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *