Perawatan Efektif Atasi Jerawat Langkah 1: Cleansing

skin.co.id Perawatan Efektif Atasi Jerawat Langkah 1 Cleansing

Normalnya setiap orang menginginkan kulit yang bebas jerawat dan mulus. Banyak permasalahan yang tidak diketahui oleh banyak orang termasuk Anda mungkin salah satunya, di antaranya adalah mengapa jerawat datang pada kulit Anda.

Namun tidak sedikit pula orang yang menemukan bahwa perawatan jerawat sederhana dan konsisten dapat menyingkirkan noda jerawat ringan hingga yang sedang dan membuatnya tidak kembali lagi. Untuk atasi jerawat, ada cara simpel yang dibagi dalam beberapa langkah yaitu, pembersihan, eksfoliasi, dan perawatan khusus di titik-titik jerawat. Tiga langkah ini merupakan perawatan jerawat dari luar, sedangkan untuk perawatan dari dalam Anda bisa menjalankan program diet sehat dan pola makan Anda.

Mengapa Membersihkan Wajah (Cleansing) Penting Untuk Menghilangkan Jerawat?

Saat minyak, kotoran, dan bakteri bukanlah penyebab di wajah Anda mengapa Anda masih harus wajib membersihkan wajah? Yang perlu Anda ketahui bahwa semua jenis komedo dan jerawat terbentuk saat ada pertumbuhan kulit berlebih di bagian atau di sekitar pori-pori. Proses ini disebut hyperkeratinization atau hiperkeratinisasi.

Dalam dunia medis, dermatosis neglecta adalah akumulasi dari sel-sel kulit mati yang ada pada pori-pori karena lalainya membersihkan wajah. Meskipun hal ini termasuk penyebab potensial dari timbulnya jerawat, para peneliti masih menemukan hal ini jarang terjadi pada kebanyakan orang. Yang rentan dengan penyebab timbulnya jerawat ini biasanya masih orang-orang yang mempunyai masalah psikologis.

Jerawat pada umumnya merupakan hasil dari penumpukan sel-sel kulit mati yang ada karena terlalu sering mencuci wajah dengan produk yang keras seperti sabun yang bersifat abrasif atau yang mengandung alkohol. Produk tersebut dapat membunuh sel-sel kulit dan membuatnya jatuh ke dalam pori-pori, terjebak dengan minyak dan berkumpul dengan bakteri.

Pada saat membersihkan wajah berjerawat, yang terpenting adalah menghilangkan tumpukan sel-sel kulit mati pada kulit Anda. Jika pori-pori Anda tidak tertutup meskipun sedikit dengan tumpukan sel-sel kulit mati maka noda jerawat pun tidak akan terbentuk entah seberapa banyak minyak yang kulit Anda produksi.

Yang kedua, target terpenting dari membersihkan wajah adalah mencegah menempelnya sel-sel kulit mati yang membuatnya semakin sulit untuk dikeluarkan dari pori-pori. Beberapa produk rambut dan makeup sering kali membuat sel-sel kulit mati Anda menempel satu sama lainnya sehingga membuat jerawat Anda semakin parah. Dan jika pori-pori Anda sudah terlanjur tersumbat oleh sel-sel kulit mati, Anda dapat mengurangi kelebihan produksi minyak pada kulit. Ada beberapa bahan yang ampuh untuk mengurangi minyak berlebih di kulit Anda, di antaranya adalah:

  • Benzoil Peroksida

Benzoil peroksida dapat ditemukan dalam berbagai macam produk mulai dari pembersih, krim, dan lotion. Benzoil peroksida bekerja untuk membunuh Propionibacteria acne (p. acnes bacteria), yang merupakan bakteri penyebab jerawat. Benzoil peroksida juga digunakan untuk membersihkan pori-pori dengan membuang kotoran dan minyak. Dan juga efektif dalam mengurangi peradangan.

  • Sulfur dan Resorcinol

Sulfur dan resorcinol bekerja untuk mencegah komedo dengan membersihkan sumbatan pori-pori yang disebabkan oleh sel-sel kulit mati. Kombinasi sulfur dan resorcinol akan membantu mengurangi kelebihan penumpukan minyak.

  • Asam Salisilat

Asam salisilat membantu mengurangi penyumbatan pori-pori dan mengurangi jerawat dengan membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Produk ini bekerja sangat baik bagi Anda yang bermasalah dengan komedo, baik whitehead maupun blackhead.

  • Teh Hijau

Teh hijau memiliki banyak manfaat yang tek terhitung bagi kesehatan. Untuk penderita jerawat, teh hijau ini dapat meredakan semua penyebab jerawat, mulai dari peradangan, resistensi insulin hingga masalah hormonal. Teh hijau mengandung antioksidan yang tinggi yang disebut EGCG. Pada sebuah jurnal kesehatan menyebutkan bahwa 100 ml teh hijau memiliki kandungan atioksidan yang sama dengan 1 kg buah. Antioksidan ini lah yang mampu meredakan peradangan pada kulit akibat jerawat.

Selain itu, teh hijau juga memiliki sifat anti kanker terutama kanker payudara dan kanker prostat. Uniknya, kanker tersebut berkaitan dengan IGF-1 dan kadar hormon seksual, yang merupakan hormon yang sama yang memicu jerawat pada kulit Anda.

Waktu Yang Tepat Membersihkan Wajah Untuk Atasi Jerawat

Jika Anda tidak menggunakan makeup apapun, membersihkan wajah satu kali dalam sehari di pagi hari bisa terbilang cukup. Namun, jika Anda sering menggunakan makeup, Anda perlu membersihkan wajah dari makeup sebelum menggunakan produk anti jerawat Anda dan sebelum tidur. Alasan mengapa terlalu sering membersihkan wajah tidaklah selalu baik untuk kulit Anda karena kembali ke masalah penting penyebab jerawat, hiperkeratinisasi. Produk perawatan yang terlalu keras dapat mengeringkan permukaan kulit sehingga lebih banyak menciptakan sel-sel kulit mati. Membersihkan wajah satu hingga dua kali tidak akan menimbulkan banyak sel kulit mati yang menyumbat pori-pori tapi jika Anda melakukannya secara berlebihan hal tersebut mungkin bisa saja terjadi.

PEMBERSIH TERBAIK KULIT BERJERAWAT

  • Menenangkan kulit bermasalah terutama kulit berjerawat
  • Mengontrol sebum, & mengangkat sel-sel kulit mati
  • Tidak lengket di wajah
  • Menghapus bekas-bekas makeup & kotoran
  • Cocok untuk kulit sensitif


Angkat kotoran & minyak berlebih di wajah Anda. Beli Sekarang!

Jangan terlalu berlebihan untuk menjaga kulit Anda terlihat bersih. Jerawat tidak hanya disebabkan oleh kotoran dan minyak, jerawat juga bisa disebabkan oleh pori-pori yang tersebut oleh sel kulit mati. Jika tidak ada penumpukan sel-sel kulit mati, pori-pori akan menghilangkan minyak dan kotoran dengan sendirinya saat Anda membersihkan wajah.

Tips Penunjang Yang Membantu Hasil Cleansing Anda Lebih Maksimal

  1. Jangan berbagi handuk, spon, atau kuas makeup dengan orang lain, terutama dengan orang yang berjerawat.
  2. Jika Anda tidak menggunakan spon dan kuas untuk menggunakan makeup, Anda bisa membungkus jari-jari Anda dengan tissue sebelum menggosok-gosok kulit berjerawat Anda.
  3. Kuas untuk makeup terutama yang digunakan untuk concealer Anda dapat menyebarkan baketri jerawat di seluruh wajah. Dengan adanya bakteri berlebih pada kulit, kulit Anda akan merespon dengan membentuk sebuah peradangan dan menutup pori-pori kemudian memerahkan dan memperbesar pori-pori Anda. Oleh karena itu, bersihkan kuas setidaknya satu minggu sekali jika Anda sering menggunakannya. Anda juga bisa merawat kuas Anda dengan mencelupkannya ke dalam 8-10 tetes tea tree oil yang murni setiap 2 hingga 3 kali pemakaian dan gantilah dengan yang baru setelah 6 bulan.
  4. Gunakan spon makeup hanya sekali saja. Spon memang lebih bersih digunakan daripada tangan Anda. Akan tetapi jika Anda menggunakannya lebih dari sekali, maka spon akan menyebarkan bakteri lebih banyak pada kulit Anda. Banyak pengguna makeup membuat kesalahan dengan menggunakan hanya satu sisi spon dan menyisakannya untuk digunakan nanti. Pada kondisi tersebut, minyak dan bakteri akan mengontaminasi bagian spon yang masih bersih.
  5. Cotton bud merupakan salah satu alternatif pengganti kuas makeup Anda. namun, sebaiknya gunakan hanya sekali.
  6. Gantilah sarung bantal Anda setidaknya dua kali dalam seminggu untuk menghindari penumpukan kotoran, minyak, dan bakteri.
  7. Jika perlu gunakan anti bacterial spray untuk membersihkan handphone Anda sesering mungkin.
  8. Jauhkan tangan Anda dari wajah. Sering menyentuh wajah dengan tangan akan menularkan minyak dan bakteri pada kulit wajah Anda.
  9. Jika Anda memiliki jerawat di tubuh atau bagian punggung, gunakanlah pakaian yang terbuat dari katun. Dan jangan gunakan pakaian lebih dari dua kali untuk membantu mengurangi penumpukan minyak pada pori-pori kulit.

Dengan melakukan hal-hal higienis, Anda dapat menjaga wajah tetap bersih setelah mencuci atau membersihkan wajah. Membersihkan wajah merupakan hal paling mendasar dari perawatan kulit berjerawat. Dapatkan informasi lengkap tentang langkah perawatan efektif untuk atasi jerawat kedua pada artikel berikutnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *