Perawatan Efektif Atasi Jerawat Langkah 2: Exfoliasi

skin.co.id Perawatan Efektif Atasi Jerawat Langkah 2: Exfoliasi

Dengan mengubah cara Anda membersihkan kulit dapat memberikan efek perubahan yang dramatis pada jerawat. Pada artikel sebelumnya, kami telah memberikan sedikit informasi tentang langkah pertama untuk atasi jerawat. Setelah melakukan pembersihan kulit secara rutin dalam beberapa bulan, kulit Anda akan mengalami perubahan untuk memperbaiki dirinya. Tapi jika Anda menginginkan hasil yang lebih cepat, Anda harus menyingkirkan komedo (blackheads dan whiteheads) yang membandel dengan melakukan pengelupasan atau exfoliasi.

Pengelupasan atau exfoliasi adalah sebuah proses kimia untuk membersihkan sel-sel kulit amti dari permukaan kulit. Kandungan seperti alpha dan asam beta hidroksi akan mencairkan lem yang merekatkan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit dan lapisan pori-pori.

Ada dua manfaat utama yang bisa Anda dapatkan dari exfoliasi wajah ini. Yang pertama adalah entah kulit Anda berjerawat atau tidak, exfoliasi atau pengelupasan akan membuat warna kulit Anda lebih terlihat dan segar. Exfoliasi akan menyingkirkan warna kusam pada wajah yang diakibatkan karena terkumpulnya sel-sel kulit mati di lapisan kulit. Dengan exfoliasi, lapisan di bawah kulit dirangsang untuk mengirimkan sel-sel yang lebih mudah pada lapisan terluar kulit. Yang kedua, pengelupasan juga berguna untuk membuka pori-pori pada kulit berjerawat. Hal ini akan menghambat terbentuknya noda baru dan juga meregangkan kulit di daerah pori-pori yang terbuka sehingga komedo akan keluar dengan sendirinya ke permukaan kulit meskipun Anda harus menunggu dalam beberapa jam atau hari setelah melakukan exfoliasi.

BLEMISH POTION

Bebaskan Wajah Anda dari Noda Jerawat Anda Dengan Spot Serum Terbaik

  • Mengandung blemish & blue complex
  • Mengatasi titik-titik jerawat
  • Mencegah timbulnya bekas jerawat
  • Meredakan kemerah-merahan di wajah

Singkirkan noda jerawat Anda tepat di titik jerawat Anda. Klik DI SINI!

Jika Anda memutuskan untuk pergi ke spa, para terapis kecantikan akan memberikan steam treatment, pembersihan kulit atau cleansing, dan menerapkan exfoliasi. Tahukah Anda bahwa urutan perawatan tersebut kurang tepat bagi wajah Anda? Jangan membersihkan wajah lalu melakukan proses exfoliasi. Yang benar adalah lakukan exfoliasi atau pengelupasan kulit terlebih dahulu baru kemudian Anda bisa membersihkannya. Jika Anda membersihkan kulit terlebih dahulu, Anda sama saja akan menyingkirkan kulit bersih dan kemudian mengekspos bagian bawah kulit. Dengan mengakhirkan proses exfoliasi, Anda akan meninggalkan sel-sel kulit mati yang bisa masuk kembali ke dalam pori-pori. Pengelupasan memang dapat menyingkirkan sel-sel kulit mati dan sebum di atas permukaan pori-pori, akan tetapi bakteri di bawah pori-pori akan tertinggal dan menyebar lebih banyak lagi.

Di sisi lain jika Anda melakukan pengelupasan kulit terlebih dahulu kemudian membersihkannya, Anda akan membuka pori-pori sehingga isi di dalamnya keluar kemudian membersihkan semuanya dengan cleansing wajah. Dengan melakukan urutan yang benar kulit Anda akan lebih terlihat segar, bekas radang dan jerawat akan menjadi lebih samar terlihat. Lakukan exfoliasi sekitar 30 menit dan bersihkan wajah dalam 30 detik.

Apa Yang Anda Butuhkan Untuk Melakukan Exfoliasi?

Produk yang digunakan untuk pengelupasan kulit adalah serat alami, polyethylene, alpha dan asam beta hidroksi. Perawatan yang mengandung kristal korundum atau aluminium oksida biasanya disebut mikrodermabrasi. Perbedaan di antara keduanya adalah kandungan asam beta atau alpha hidroksi berguna untuk atasi jerawat. Sedangkan mikrodermabrasi hanya digunakan untuk memperbaiki kerusakan kulit yang ditinggalkan oleh jerawat.

Masalahnya adalah banyak produk exfoliasi yang mengandung alpha atau beta hidroksi dalam jumlah yang kurang tepat atau memiliki pH yang salah. Untuk sebuah pengelupas agar dapat bekerja secara efektif harus mengandung:

  1. Glycolic Acid yang merupakan alpha asam hidroksi dengan konsentrasi antara 3% hingga 10% dan memiliki pH antara 2,5 hingga 4,0.
  2. Asam Salisilat yang merupakan asam beta hidroksi yang digunakan untuk mengatasi masalah kulit dengan konsentrasi 0,5% hingga 3,0% dan memiliki pH antara 2,5 hingga 4,0.

Yang terpenting saat Anda menggunakan produk pengelupas seperti peeling adalah melakukan pembilasan dengan bersih setelah melakukan proses ini. Nantikan artikel tentang langkah ketiga untuk atasi jerawat secara efektif berikutnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *