Perawatan Kulit Di Bulan Puasa

skin.co.id Perawatan Kulit Di Bulan Puasa

Tidak terasa bahwa bulan puasa, bulan suci Ramadhan telah tiba. Sangatlah penting bagi Anda untuk tetap menjaga kesehatan kulit meskipun tubuh mengalami sedikit perubahan. Perawatan kulit di bulan puasa harus menjadi prioritas utama karena tentunya tidak ada seorang pun yang ingin memiliki kulit rusak hanya karena perubahan pola makan di bulan Ramadhan.

Selama bulan suci Ramadhan, pola diet dan pola makan akan mengalami perubahan. Perubahan mendadak dalam diet Anda ditambah dengan puasa dalam periode yang panjang setiap hari dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan kulit. Sebuah pembaharuan dan rencana perawatan kulit yang tepat di bulan ini diharapkan dapat mengatasi dan mencegah munculnya berbagai masalah kulit seperti jerawat, kulit bersisik, kulit kusam, dan semua gejala dehidrasi yang terkait dengan puasa.

Bulan puasa yang dikombinasikan dengan cuaca yang panas haruslah menjadi perhatian lebih bagi Anda yang ingin terus memiliki kulit sehat karena pada kondisi tersebut tubuh Anda kehilangan vitamin dan mineral penting. Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena dengan memastikan nutrisi yang tepat saat berbuka dan sahur akan membantu menjaga kulit Anda tetap sehat dari dalam. Nutrisi yang dibutuhkan kulit sama halnya dengan yang dibutuhkan oleh rambut dan kuku. Yang pertama harus Anda lakukan adalah menjaga dan mengatur kebiasaan makan selama bulan puasa sehingga kulit Anda tetap sehat.

Nutrisi Penting Untuk Menjaga Kesehatan Kulit Selama Bulan Ramadhan

Vitamin A

skin.co.id Perawatan Kulit Di Bulan Puasa

Vitamin A merupakan salah satu vitamin penting bagi kesehatan kulit. Vitamin ini mampu mencegah kulit Anda dari kekeringan dan dehidrasi serta menjaga tekstur kulit agar tetap halus. Wortel adalah sumber terkaya dari vitamin A, namun Anda juga bisa mendapatkan pada bayam dan sayuran berdaun hijau. Jadi, selama bulan Ramadhan sangat baik untuk menjadikan jus wortel segar salah satu menu jus yang Anda konsumsi setidaknya sekali dalam seminggu dan menambahkannya ke dalam menu berbuka puasa.

Vitamin B

Kekurangan vitamin B dapat menyebabkan dehidrasi kulit, keriput dan beberapa tanda penuaan dini lainnya. Sumber penting dari vitamin B adalah daging, kacang-kacangan dan biji-bijian. Mengonsumsi kacang mete dan almon akan membantu meremajakan kulit Anda karena serat dan asam lemaknya yang tinggi.

MASKER TERBAIK UNTUK KULIT SENSITIF

  • Mengandung vitamin B5 dari brokoli & lidah buaya
  • Melembabkan dan menenangkan kulit
  • Mengurangi kemerahan


Tingkatkan ketahanan pada kulit sensitif Anda sekarang juga! BELI SEKARANG!

Vitamin E

Vitamin E merupakan vitamin penting lainnya karena dapat membantu meminimalkan kemunculan keriput dan meningkatkan regenerasi sel. Vitamin E dapat Anda temukan pada kacang-kacangan dan minyak nabati yang digunakan dalam memasak.

BACA JUGA: 5 Vitamin Untuk Kulit Bercahaya & Awet Muda

Vitamin C

Vitamin C ini memainkan peran penting dalam menjaga integritas dan cahaya kulit Anda. Anda bisa mendapatkan nutrisi dari jeruk, stroberi, dan jus melon.

Antioksidan

Selain antioksidan di atas, selenium dan seng juga merupakan antioksidan yang berperan dalam melindungi sel-sel kulit dan menjaga kesehatan kulit. Selenium dan seng terutama ditemukan dalam daging dan makanan laut.

Asam Lemak Omega-3

skin.co.id Perawatan Kulit Di Bulan Puasa

Lemak ini berperan dalam menjaga kulit dan membuatnya bersinar. Omega 3 merupakan asam lemak esensial karena tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri sehingga tubuh perlu untuk mendapatkannya dari makanan, terutama ikan.

Bulan suci Ramadhan adalah saat yang tepat bagi Anda untuk menyiapkan makanan bergizi dan bervariasi. Ini waktu yang tepat untuk meraih kulit sehat dengan mengonsumsi makanan yang tepat untuk menyehatkan tubuh dan kulit.

Kebiasaan Baik Untuk Kulit Selama Bulan Puasa

Selain menjaga asupan nutrisi saat puasa, Anda juga perlu melakukan beberapa kebiasaan yang penting untuk menunjang perawatan kulit di bulan puasa ini, di antaranya adalah:

Minum Banyak Air Setelah Puasa

skin.co.id Perawatan Kulit Di Bulan Puasa

Ketika Anda berbuka puasa, pastikan menu berbuka Anda berbasis air seperti sup. Minum banyak air sangat penting untuk mencegah tubuh dan kulit Anda dari dehidrasi, terutama selama bulan Ramadhan. Air juga membantu menjaga elastisitas kulit dan melindungi kulit dari kemunculan keriput. Minum sebanyak 8 gelas di saat berbuka dan sahur.

BACA JUGA: Manfaat Air Untuk Kulit

Kurangi Minuman Susu, Soda, dan Kafein

Terlalu banyak minum produk yang mengandung susu telah diketahui erat kaitannya dengan kemunculan jerawat. Selain itu, minuman berkafein dan bersoda juga diketahui dapat menyerap mineral yang ada dalam tubuh sehingga memiliki efek negatif bagi kulit Anda. Fakta juga membuktikan bahwa soda hanya mampu diserap oleh tubuh sebesar 20-30%, sedangkan jus buah mampu diserap hingga 50-60%.

Jangan Lupa Untuk Memanjakan Mata Anda

Bulan Ramadhan merupakan bulan sibuk untuk Anda beribadah dan melakukan banyak aktifitas. Anda bisa dengan mudah melihat munculnya lingkaran hitam di bawah mata. Anda bisa memberikan sedikit perhatian dengan menempatkan kantong teh di atas kedua mata atau menggunakan krim mata. Dan jangan lupa untuk mengatur pola tidur Anda dengan baik.

Putihkan Daerah Gelap dan Rusak Detik Ini Juga!

Vitamin spot balm yang mengandung lebih dari 10% vitamin A, B3, B5, C, dan E

  • Mengurangi bintik-bintik hitam di wajah
  • Menjaga kelembaban kulit di area mata
  • Merawat lingkaran hitam pada mata yang kusam
  • Mencerahkan dan menyegarkan kulit

Singkirkan bintik dan noda hitam di wajah Anda sekarang juga! BELI DI SINI!

Jangan Pernah Melupakan Pelembab

Untuk merawat kulit Anda di bulan Ramadhan, setelah mencuci wajah jangan pernah lupa untuk mengoleskan pelembab. Kulit Anda akan kehilangan kelembabannya lebih banyak saat berpuasa karena kurangnya hidrasi.

Konsisten Melakukan Rutinitas Harian Perawatan Dasar Kulit

Membersihkan, mencuci, dan mengelupasi wajah serta melembabkannya merupakan rutinitas perawatan kulit yang harus Anda lakukan terutama di bulan puasa ini. Rutinitas ini akan mengembalikan tingkat mineral alami kulit dan menyeimbangkan produksi minyak atau sebum di kulit. jagalah kulit Anda agar tetap segar misalnya dengan rutin menggunakan face mist atau air mawar yang disimpan di kulkas. Hindari pula makanan berminyak saat berbuka dan perbanyak makanan berbahan air.

Ikuti perawatan kulit yang telah disebutkan di atas dan miliki kulit indah nan sempurna sepanjang Ramadhan dan bahkan setelah itu. Jagalah siklus tidur Anda agar tetap sempurna dan hindari stres. Tetaplah mengonsumsi banyak buah-buahan karena mereka pasti banyak mendukung perawatan kulit di bulan Ramadhan.

BACA JUGA: Rutinitas Perawatan Kulit Menghadapi Cuaca Ekstrim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *