Perawatan Terbaik Untuk Jerawat Rosacea

skin.co.id Perawatan Terbaik Untuk Jerawat Rosacea

Beberapa kali kami telah membahas jenis atau macam-macam jerawat di artikel sebelumnya, salah satu jenisnya adalah rosacea. Jerawat yang sering kali di tandai dengan adanya kemerahan di kulit ini bisa Anda cegah, salah satunya dengan memiliki informasi yang cukup seputar tanda akan timbulnya jerawat tersebut.

Rosacea adalah jerawat kronis yang biasanya tidak hanya bertengger di wajah, tetapi juga bisa Anda temui di daerah leher, dada, dan punggung. Sebuah jaringan pembuluh darah mungkin terlihat muncul di tengah wajah Anda, dimulai dengan hidung, dan kemudian semakin menyebar dari waktu ke waktu. Jika Anda memiliki rosacea, kebanyakan dokter akan menyarankan rencana perawatan yang dapat mencakup pengobatan untuk kemerahan, pembuluh darah yang terlihat, dan gejala lain dari rosacea yang mengganggu.

Meskipun tidak ada obat yang langsung bisa menyembuhkan rosacea, pengobatan yang dilakukan sedini mungkin dapat menghentikan keparahan yang akan terjadi dan membantu menyamarkan kemunculannya. Kebanyakan dokter kulit Anda dapat menyesuaikan rencana pengobatan rosacea untuk Anda berdasarkan tahapan dan tingkat keparahan rosacea yang Anda miliki. Mungkin diperlukan beberapa minggu atau bulan untuk melakukan pengobatan rosacea sebelum ada perbaikan yang nyata. Akan tetapi jika Anda konsistensi dan sabar, Anda akan melihat hasilnya.

Jika Anda telah didiagnosa dengan rosacea, produk perawatan kulit yang lembut dan metode harus menjadi bagian dari rutinitas perawatan kulit harian Anda. Perawatan kulit yang tepat adalah bagian penting untuk menyembuhkan jenis jerawat yang satu ini. Ketika dikombinasikan dengan anjuran dokter, rutinitas perawatan kulit yang lembut dapat mengurangi rosacea Anda dengan efektif.

Sebelum membahas beberapa pengobatan untuk rosacea, ada beberapa tipe rosacea yang perlu Anda ketahui:

  1. Tipe 1: Kemerahan di kulit
  2. Tipe 2: Kemerahan & jerawat
  3. Tipe 3: Penebalan kulit
  4. Tipe 4: Iritasi Pada Mata

skin.co.id Perawatan Terbaik Untuk Jerawat Rosacea

Pengobatan Untuk Rosacea Ringan

Gejala pertama rosacea yang ringan adalah kemerahan, dan pembuluh darah kadang-kadang terlihat. Pada kondisi seperti ini, mengobatinya dengan obat luar sangatlah sulit. Hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghindari penyebab dari munculnya kemerahan untuk menghindari iritasi kulit yang semakin parah. Seorang dermatologis dari Massachusetts di Boston, Molly Wanner, MD mengatakan bahwa perawatan laser kalium titanyl fosfat dan terapi cahaya bergelombang merupakan perawatan yang tepat untuk menghilangkan pembuluh darah yang terlihat. Biasanya Anda memerlukan hingga 2-4 perawatan, tergantung pada seberapa luas pembuluh darah yang terlihat.

Pengobatan Untuk Rosacea Sedang

Munculnya jerawat dan kemerahan pada wajah adalah tanda dari rosacea sedang, atau dalam dunia medis lebih dikenal sebagai rosacea papulopustular. Berikut beberapa obat dan perawatan topical yang dapat memebantu mengurangi peradangan dan jerawat:

  • Metrogel dan Noritate (metronidazol) adalah antibiotik topikal yang juga membantu mengontrol benjolan jerawat dan kemerahan.
  • Finacea dan Azelex (asam azelaic) merupakan gel anti peradangan yang bekerja untuk mengontrol benjolan, luka, dan pembengkakan.
  • Obat topikal lainnya, seperti benzoil peroksida, retinoid, dan natrium sulfacetamide.
  • Antibiotik oral seperti tetracycline dan doxycycline sering diresepkan untuk mengurangi peradangan, tetapi penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan sebuah efek samping berupa resistensi antibiotik.

Dokter sering menggunakan obat-obatan oral dan topikal pada waktu yang sama untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat.

SERUM TERBAIK REDAKAN PERADANGAN KULIT

Bebaskan Masalah Jerawat Anda dan Tenangkan Masalah Kulit Dengan Serum Terbaik

  • Mengontrol sebum penyebab jerawat
  • Meredakan peradangan
  • Membersihkan jauh ke dalam pori-pori
  • Melindungi keratin kulit
  • Menenangkan kulit sensitif

Tuntaskan masalah jerawat Anda dengan serum anti jerawat paling ampuh ini
SEKARANG JUGA!

Pengobatan untuk Rosacea Parah

Masalah utama pada jerawat rosacea yang parah adalah penebalan dan pembengkakan kulit terutama di sekitar hidung. Terapi laser merupakan pengobatan tepat untuk mengatasi rosacea jenis ini. Terapi laser dapat digunakan untuk menghilangkan kelebihan kulit dan meningkatkan kontur hidung.

Tips Perawatan Kulit Untuk Rosacea

Berikut ini kami berikan beberapa tips untuk membantu menjaga dan mengontrol perkembangan rosacea yang Anda miliki:

  • Hindari Hal Yang Membuat Rosacea Anda Terkena Iritasi
    Produk perawatan kulit tertentu bisa saja dapat memperburuk kedaan rosacea. Anda harus menghindari penggunaan produk perawatan kulit yang keras atau produk yang dirancang untuk mengelupasi kulit Anda. Berhentilah menggunakan produk-produk yang menyebabkan kulit Anda terasa tersengat, terbakar, atau mengalami iritasi. Gunakan produk yang mengandung bahan penenang kulit seperti blue complex.
  • Pilihlah Produk Bebas Pewangi
    Wewangian dapat mengiritasi rosacea. Oleh karena itu, pilihlah perawatan kulit dan kosmetik produk yang bebas pewangi.

free pewangi

  • Fokuskan Pada Satu Produk Saja
    Semakin banyak produk yang Anda gunakan, maka semakin besar kemungkinan kulit Anda dapat memerah. Fokuskan rutinitas perawatan Anda pada satu produk saja dan gunakan dengan sabar serta jangan mudah berganti-ganti produk perawatan atau kecantikan kulit.
  • Tes Sebelum Membeli
    Sebelum Anda membeli produk perawatan kulit yang baru, cobalah untuk mengoleskan sedikit pada kulit leher Anda untuk menentukan apakah kulit Anda bereaksi atau tidak. Jika terjadi reaksi seperti rasa terbakar, hindari dan hentikan penggunaannya.
  • Lakukan Perawatan Yang Lembut
    Hindari cara menggosok atau menggunakan kain lap dengan keras saat membersihkan wajah, karena hal ini dapat membuat rosacea Anda semakin buruk.
  • Biarkan Kulit Mengering Dengan Sendirinya
    Setelah Anda membersihkan wajah Anda, tunggu minimal 5 sampai 10 menit agar kulit Anda kering secara alami sebelum menerapkan produk perawatan kulit.
  • Gunakan Tabir Surya
    Karena paparan sinar matahari dapat memicu peradangan yang lebih buruk pada rosacea, oleskan tabir surya dengan faktor perlindungan matahari (SPF) 30 atau lebih besar setiap pagi. Sangat penting untuk menggunakan tabir surya agar kulit Anda tidak mengalami iritasi. Tabir surya yang mengandung titanium dioksida dan zinc oxide (disebut juga dimethicone atau cyclomethicone) sering bekerja dengan baik pada orang yang memiliki rosacea.
  • Pilih Makeup Dengan Hati-hati
    Sangatlah baik untuk menghindari kosmetik yang berat dan tahan air dan berat. Carilah kosmetik yang ringan dilengkapi dengan tabir surya.
  • Hati-hati Saat Mencukur
    Untuk pria yang terbiasa mencukur kumis atau janggut, katahuilah bahwa pisau cukur yang kotor dan produk cukur yang keras kadang-kadang dapat mengiritasi kulit Anda. Gunakan balm atau pelembab khusus cukur yang dapat membantu menenangkan kulit Anda.
    Untuk mengetahui bagaimana cara mencukur yang tepat KLIK DI SINI 

Perawatan kulit bisa menjadi sangat rumit ketika Anda memiliki jerawat rosacea. Tapi dengan waktu dan kesabaran, Anda akan dapat menemukan produk dan perawatan kulit rutin yang bekerja secara efektif. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *