Perawatan Wajah Alami dengan Khasiat Kopi

perawatan wajah

Wanita adalah kaum yang sangat peduli akan penampilannya, bahkan mereka akan melakukan perawatan wajah apapun, demi terlihat cantik. Tahukah Anda rahasia perawatan wajah apa yang berasal dari Indonesia yang sudah terkenal di seluruh dunia? Jika dibuat daftarnya, memang akan sangat banyak sekali rahasia perawatan wajah Indonesia yang dipercaya khasiatnya oleh wanita dari berbagai belahan dunia. Salah satu rahasia perawatan wajah wanita Indonesia adalah khasiat kopi.

perawatan wajah

Sudah bukan rahasia lagi jika khasiat kopi bisa jadi obat yang mujarab untuk perawatan wajah wanita. Kafein yang terkandung dalam kopi memiliki sejumlah manfaat untuk kulit mulai dari mengurangi kemerahan hingga menyingkirkan selulit. Dengan memasukkan kafein dalam rutinitas perawatan wajah Anda, dan Anda akan meraih kulit yang kencang dan halus.

Meminum secangkir kopi atau menggunakannya sebagai sabun mandi akan memberikan manfaat baik bagi kulit Anda. Yuk, simak beberapa khasiat kopi untuk kulit Anda:

Mengurangi Peradangan

perawatan wajah

Kopi memiliki sifat anti peradangan yang kuat untuk mengurangi peradangan dan kemerahan di kulit Anda. Dalam studi yang dilakukan 1981 di Seoul National University, peneliti menemukan bahwa khasiat kopi mampu mengurangi peradangan. Selain itu, penelitian yang dilakukan di 1978 University of Tennessee, peneliti menemukan bahwa menambahkan kafein pada krim anti iritasi akan secara signifikan meningkatkan efektivitas krim tersebut. Secara keseluruhan, penggunaan produk perawatan wajah yang mengandung kafein akan mengurangi dan mencegah peradangan dan kemerahan.

BACA JUGA: Tip Mengatasi Iritasi dan Kemerahan

Melawan Radikal Bebas

perawatan wajah

Radikal bebas merupakan penyebab utama terjadinya penuaan kulit. Hal inilah yang menyebabkan munculnya keriput, bintik-bintik, dan hilangnya elastisitas kulit. Antioksidan yang terkandung dalam kafein dapat menyerang atau melawan radikal bebas. Khasiat kopi akan membantu meningkatkan tampilan kulit Anda. Karena alasan inilah kafein banyak digunakan dalam krim anti penuaan siang dan malam bersama dengan retinol. Jadi kopi yang Anda gunakan sebagai perawatan wajah dapat melawan radikal bebas.

Mengobati Lingkaran Gelap di Bawah Mata

perawatan wajah

Hitam di bawah mata lingkaran dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, termasuk dehidrasi, alergi, kurang tidur atau genetika. Meskipun khasiat kopi tidak bisa sepenuhnya menghilangkan lingkaran gelap karena faktor genetika, menerapkan kopi di bawah mata Anda akan mengurangi pembengkakan dan peradangan yang disebabkan lingkaran hitam. Selain itu, kafein akan membantu mengurangi penumpukan darah di bawah mata Anda yang memberikan kontribusi untuk menciptakan bayangan hitam. Beberapa krim mata mengandung kafein, atau Anda dapat menerapkan kantong teh basah mata Anda selama lima menit sebagai perawatan wajah Anda.

BACA JUGA: Cara Menghilangkan Mata Panda

Mengurangi Selulit

perawatan tubuh

Khasiat kopi juga dapat mengurangi munculnya selulit atau dehidrasi sel lemak. Selulit ini menyebabkan air menghilang dari permukaan kulit Anda. Dalam studi pada tahun 2008 yang dilakukan di University of Sao Paulo, peneliti menemukan bahwa aplikasi dari krim kulit yang mengandung kafein untuk selulit dapat mengurangi ukuran sel-sel lemak selulit hingga 17%. Selain itu, sebuah studi yang dilakukan pada 2007 yang dilakukan di Universitas Federal Rio de Janeiro juga menemukan bahwa krim kafein yang diterapkan pada selulit akan menurunkan diameter pinggul. Cara lain untuk menggunakan kopi adalah dengan menambahkan tanah atau kopi instan untuk perawatan wajah lulur biasa di rumah.

Mengatasi Jerawat Rosacea

perawatan wajah

Khasiat kopi akan membantu menyempitkan pembuluh darah untuk mengurangi kemerahan. Hal ini merupakan pengobatan yang ideal untuk jerawat berjenis rosacea. Ketika dioleskan, khasiat kopi bekerja sebagai diuretik, membantu memperlancar sirkulasi, dan juga merupakan antioksidan kuat. Kopi memiliki kemampuan untuk menenangkan kulit yang teriritasi dan kemerahan yang disebabkan oleh kerusakan akibat sinar matahari dan jerawat rosacea. Tentu kopi sangat bisa untuk Anda jadikan sebagai perawatan wajah.

Mengencangkan Kulit

perawatan wajah

Khasiat kopi lainnya adalah dapat mengencangkan garis-garis halus dan kulit yang membengkak. Kafein yang digunakan dalam krim diserap oleh kulit Anda akan mengencangkan penampilan kulit Anda. Hal ini juga menghambat pertumbuhan sel kanker kulit.

Memperbaiki Kerusakan Kulit Akibat Sinar UV

perawatan wajjah

Penelitian telah menunjukkan bahwa khasiat kopi juga dapat memperbaiki kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar UV. Kopi dianggap sebagai antioksidan kuat sama seperti polifenol yang terkandung dalam teh hijau. Bahkan, khasiat kopi sebagai salah satu antioksidan terbaik dan terkuat untuk memerangi kerusakan UV. Jika melakukan perawatan wajah dengan kopi yang dilakukan secara teratur tentu hasil akan lebih baik.

 

Bubuk Kopi yang Wangi untuk Perawatan Wajah dan Tubuh

perawatan wajah

Skin.co.id menghadirkan 7 khasiat kopi yang bisa Anda aplikasikan untuk mendapatkan kulit yang mulus yang bebas dari noda, selulit, dan berbagai gangguan kulit lainnya. Berikut khasiat kopi untuk perawatan wajah Anda:

1. Scrub Badan Kopi Jeruk untuk Hilangkan Selulit

perawatan wajah

Rasa segar pada kulit, serta sensasi kelembutan, dan bau yang wangi tentu akan membuat hari-hari Anda lebih indah. Scrub badan adalah salah satu cara untuk mendapatkan semua kesenangan tersebut. Tak hanya itu saja, selulit yang mengganggu penampilan juga akan bisa hilang dengan pemakaian teratur. Yuk simak perawatan wajah dan tubuh yang bisa Anda lakukan di rumah:

Bahan:

  • 6 sdm bubuk kopi
  • 3 sdm garam Inggris
  • 3 sdm gula
  • 2 1/2 sdm minyak jojoba
  • 15 tetes minyak esensial jeruk

Cara Membuat:

  • Dalam sebuah mangkuk masukkan semua bahan dan aduk sampai rata.
  • Simpan scrub dalam wadah yang tertutup rapat.
  • Semua bahan ini akan bekerja sama dengan sangat baik. Kopi dan juga gula akan mengelupas kulit mati Anda. Minyak esensial akan membuat kulit Anda lembut dan halus. Aroma jeruk yang segar akan membuat mood Anda naik.
  • Well, siap untuk merasakan sensasi kesegaran kulit Anda?

 

2. Scrub Gula dan Kopi Haluskan Kulit

perawatan wajah

Perawatan wajah dan tubuh bisa dengan membuat sendiri scrub yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah ini.
Bahan:

  • 150 gram gula
  • 100 gram kopi bubuk
  • 125 ml minyak almond

Cara Membuat:

  • Cara membuat scrub ini sangatlah mudah. Dalam sebuah mangkuk tuangkan semua bahan dan aduk hingga tercampur rata.
  • Setelah itu simpan dalam wadah yang tertutup rapat.
  • Gunakan scrub ini maksimal sekali seminggu utnuk membantu Anda mengelupas sel-sel kulit mati dan membuat kulit Anda senantiasa cerah dan juga halus. Kombinasi dari kandungan antioksidan dalam kopi dan juga minyak almond yang melembutkan ini akan membuat tubuh Anda bebas dari semua selulit yang mengganggu penampilan.
  • Satu hal yang harus Anda perhatikan saat melakukan treatment adalah jangan lupa untuk membersihkan sisa kopi dari tubuh serta kamar mandi Anda dengan sangat bersih. Kopi akan meninggalkan bau yang sangat kuat. Selain itu jika Anda kurang bersih saat membersihkannya kopi akan meninggalkan noda pada kamar mandi Anda.

 

3. Scrub Wajah dari Ampas Kopi

perawatan wajah

Sering malas untuk perawatan wajah di pagi hari karena rasa kantuk yang masih belum hilang? Well, scrub wajah ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk Anda. Anda bisa cukup memanfaatkan ampas kopi yang Anda miliki dan menggunakannya sebagai scrub wajah. Aroma kopi yang tercium di pagi hari mungkin bisa membantu Anda untuk lebih mudah terjaga dan bersemangat untuk bersiap melakukan aktivitas harian Anda.

Bahan-bahan:

  • Ampas kopi (pilihan yang butirannya tidak terlalu kasar atau besar)
  • air perasan jeruk lemon
  • tepung jagung
  • gula

Cara Membuat:

  • Siapkan mangkuk, masukkan ampas kopi dan air perasan jeruk nipis.
  • Tambahkan tepung jagung.
  • Saring dan buang airnya (jika Anda tak ingin scrub yang dihasilkan terlalu berair)
  • Tambahkan gula.
  • Aduk hingga rata.
  • Scrub wajah siap digunakan.
  • Fungsi dari tepung jagung dalam scrub ini adalah untuk menyerap sisa-sisa minyak di kulit wajah.

 

4. Scrub Kopi untuk Menghaluskan Tangan

perawatan wajah

Saat tangan terasa kasar dan kering, Anda bisa segera pergi ke dapur. Ambil satu sendok makan gula pasir atau kopi yang berstruktur kasar (bukan kopi instan), masukkan ke dalam mangkuk kecil. Tuangkan sedikit air hangat, lalu aduk-aduk sedikit hingga kopi atau gula pasir sedikit basah dan lengket.

Kalau memilih menggunakan gula pasir, jangan terlalu lama mengaduknya dan jangan terlalu banyak airnya. Sedikit saja terlalu lama mengaduk atau terlalu banyak air, gula pasir akan hilang struktur kasarnya dan akan berubah menjadi karamel.

Setelah itu, gosok-gosokkan kedua tangan seperti sedang menggunakan scrub atau lulur mandi. Gosok 10-15 kali, diamkan beberapa saat lebih dulu, lalu bilas dengan air hangat. Tangan Anda akan terasa lembut seketika.

5. Scrub Wajah dari Bubuk Kopi

perawatan wajah

Kopi mengandung caffeic acid yang sangat berguna sebagai anti radang dan meningkatkan produksi kolagen. Sama seperti kopi yang bisa menstimulasi tubuh kita untuk lebih bersemangat di pagi hari, kopi juga bisa berfungsi sebagai stimulan kulit. Dari segi manfaatnya, sudah jelas bahwa kopi memiliki kandungan yang sangat baik untuk kulit.

Untuk membuat scrub perawatan wajah dari bubuk kopi pun sangat mudah. Bahan-bahan yang kita perlukan juga sangat mudah untuk didapatkan. Yaitu, satu sendok makan bubuk kopi dan satu sendok makan air. Anda bisa mengganti air dengan minyak zaitun. Untuk lebih ekonomis, Anda bisa menggunakan kopi sisa hasil seduhan kopi Anda. Campurkan semua bahan tersebut lalu gunakan sebagai scrub perawatan wajah.

Jika Anda menggunakan minyak zaitun, Anda tak perlu menggunakan pelembap lagi setelah menggunakan scrub kopi ini. Kenapa? Karena minyak zaitun ini akan membuat kulit Anda menjadi sangat lembap. Usahakan pula untuk tidak menggunakan scrub kopi ini dan menekannya terlalu dalam ke pori-pori kulit agar lebih mudah dibersihkan dan tidak menyumbat pori-pori wajah.

6. Scrub Kopi untuk Kulit Lembut dan Halus

perawatan wajah

 Untuk kulit halus dan lembut serta bebas noda Anda bisa mencoba resep yang satu ini. Meskipun hasilnya memang tak sebagus ketika Anda melakukan perawatan wajah seperti laser, namun perawatan wajah ini lebih alami Ladies. Bahan-bahannya juga mudah:

Bahan:

  • 100 gram kopi yang punya ampas
  • 50 gram gula pasir
  • Minyak zaitun

Cara Memakai:

  • Buka semua pakaian Anda, akan lebih baik jika scrub ini dilakukan di kamar mandi.
  • Campur kopi dan gula pasir, aduk hingga rata.
  • Oleskan minyak zaitun di bagian yang bermasalah dengan selulit.
  • Ambil campuran kopi dan gula, oleskan di atas kulit yang sudah diberi minyak zaitun.
  • Lakukan pijatan selama 5 menit dengan gerakan memutar.
  • Bilas bagian tersebut hingga bersih.
  • Lakukan scrub alami ini seminggu sekali. Anda akan merasakan kulit yang lebih halus, menenangkan dan fresh.

 

Perawatan wajah dengan menggunakan kopi memberikan manfaat yang luar biasa untuk kecantikan Anda. Melakukan secara teratur perawatan wajah dengan kopi ini tentu akan memberikan hasil yang maksimal.

Selamat mencoba!

BACA JUGA:  Cara Membuat Scrub Wajah Sesuai Jenis Kulit Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *