Perawatan Wajah yang Bisa Bikin 10 Tahun Lebih Muda?

perawatan wajah

Wanita mana yang tidak ingin terlihat jauh lebih mudah dibandingkan dengan umur yang disandang? Demi mewujudkan itu, tidak sedikit kaum hawa ini melakukan berbagai perawatan wajah, dari yang mahal hingga tradisional. Ada beberap wanita yang dari lahir memang mempunyai wajah yang selalu tampak awet muda alias baby face, ada juga yang kurang tepat dalam memilih perawatan wajah. Sehingga, wajahnya terlihat tidak terawat, ada kerutan-kerutan halus, dan kusam.

Memang benar, perawatan wajah sangat punya peran penting untuk tamplian cantik Anda. bayangkan saja bagaimana Anda bisa tampil dengan wajah yang sempurna jika perawatan wajah yang Anda lakukan ternyata kurang tepat.

Skin.co.id akan memulai perawatan wajah dari bagaimana cara yang benar untuk mencuci wajah dengan facial foam. Mencuci muka dengan menggunakan facial foam terbilang perawatan wajah yang simple. Cukup dicampur dengan air dan diratakan pada wajah, kotoran pun hilang. Apakah itu yang Anda lakukan selama ini? Yakin sudah benar perawatan wajah dengan cara mencuci muka? Simak artikel ini terlebih dahulu:

 

Begini Cara Mencuci Wajah yang Benar

perawatan wajah

Sering cuci muka dengan facial foam atau sabun cuci muka? Membersihkan wajah secara teratur dengan facial foam memang jadi cara yang paling praktis. Agar bisa mendapat hasil wajah yang bersih maksimal tanpa menyebabkan iritasi, ada sejumlah tips yang perlu diikuti dalam menggunakan facial foam, seperti:

1. Cuci Tangan Terlebih Dahulu

Nah, ini penting. Pastikan tangan Anda juga sudah dalam keadaan bersih saat akan menggunakan facial foam ke wajah Anda. Jangan sampai nantinya kotoran di tangan malah menempel ke wajah hanya karena Anda tak mencuci tangan terlebih dahulu sampai bersih.

2. Gunakan Facial Foam Setelah Mandi

Sebaiknya memang wajah dibersihkan saat sudah selesai mandi. Agar sisa-sisa sabun dan kotoran yang menempel bisa ikut hilang.

3. Bersihkan Wajah dengan Gerakan Memutar Perlahan

Setelah mengambil facial foam secukupnya, aplikasikan ke wajah dengan gerakan memutar perlahan. Bisa dimulai dari bagian tengah wajah (hidung) dengan arah ke atas kemudian ke arah pipi dan dagu. Tak perlu terlalu keras menggosoknya karena nanti malah membuat kulit Anda iritasi.

4. Diawali Air Hangat, dan Akhiri dengan Air Dingin

Cara ini bisa Anda coba untuk memaksimalkan hasilnya. Sebelum mencuci wajah, basuh wajah dengan air hangat terlebih dahulu. Tujuannya agar pori-pori kulit bisa agak terbuka. Setelah selesai menggunakan facial foam baru basuh dengan air dingin.

5. Keringkan dengan Handuk Lembut

Sekarang saatnya Anda membersihkan wajah dengan cara menepuk-nepuknya dengan lembut pakai handuk bersih yang bertekstur lembut. Ditepuk-tepuk saja, jangan digosok. Kalau digosok justru bisa berisiko membuat kulit cepat berkerut dan iritasi.

 

Masker Kopi, Bikin Wajah Tampak Lebih Muda

perawatan wajah

Sudah bukan rahasia lagi jika khasiat kopi bisa jadi obat yang mujarab untuk perawatan wajah wanita. Kafein yang terkandung dalam kopi memiliki sejumlah manfaat untuk kulit mulai dari mengurangi kemerahan hingga menyingkirkan selulit. Dengan memasukkan kafein dalam rutinitas perawatan wajah Anda, dan Anda akan meraih kulit yang kencang dan halus.

Meminum secangkir kopi atau menggunakannya sebagai sabun mandi akan memberikan manfaat baik bagi kulit Anda. Yuk, simak beberapa khasiat kopi untuk kulit Anda:

1. Mengurangi Peradangan

Kopi memiliki sifat anti peradangan yang kuat untuk mengurangi peradangan dan kemerahan di kulit Anda. Dalam studi yang dilakukan 1981 di Seoul National University, peneliti menemukan bahwa khasiat kopi mampu mengurangi peradangan. Selain itu, penelitian yang dilakukan di 1978 University of Tennessee, peneliti menemukan bahwa menambahkan kafein pada krim anti iritasi akan secara signifikan meningkatkan efektivitas krim tersebut. Secara keseluruhan, penggunaan produk perawatan wajah yang mengandung kafein akan mengurangi dan mencegah peradangan dan kemerahan.

2. Melawan Radikal Bebas

 Radikal bebas merupakan penyebab utama terjadinya penuaan kulit. Hal inilah yang menyebabkan munculnya keriput, bintik-bintik, dan hilangnya elastisitas kulit. Antioksidan yang terkandung dalam kafein dapat menyerang atau melawan radikal bebas. Khasiat kopi akan membantu meningkatkan tampilan kulit Anda. Karena alasan inilah kafein banyak digunakan dalam krim anti penuaan siang dan malam bersama dengan retinol. Jadi kopi yang Anda gunakan sebagai perawatan wajah dapat melawan radikal bebas.

3. Mengobati Lingkaran Gelap di Bawah Mata

Hitam di bawah mata lingkaran dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, termasuk dehidrasi, alergi, kurang tidur atau genetika. Meskipun khasiat kopi tidak bisa sepenuhnya menghilangkan lingkaran gelap karena faktor genetika, menerapkan kopi di bawah mata Anda akan mengurangi pembengkakan dan peradangan yang disebabkan lingkaran hitam. Selain itu, kafein akan membantu mengurangi penumpukan darah di bawah mata Anda yang memberikan kontribusi untuk menciptakan bayangan hitam. Beberapa krim mata mengandung kafein, atau Anda dapat menerapkan kantong teh basah mata Anda selama lima menit sebagai perawatan wajah Anda.

4. Mengatasi Jerawat Rosacea

Khasiat kopi akan membantu menyempitkan pembuluh darah untuk mengurangi kemerahan. Hal ini merupakan pengobatan yang ideal untuk jerawat berjenis rosacea. Ketika dioleskan, khasiat kopi bekerja sebagai diuretik, membantu memperlancar sirkulasi, dan juga merupakan antioksidan kuat. Kopi memiliki kemampuan untuk menenangkan kulit yang teriritasi dan kemerahan yang disebabkan oleh kerusakan akibat sinar matahari dan jerawat rosacea. Tentu kopi sangat bisa untuk Anda jadikan sebagai perawatan wajah.

5. Mengencangkan Kulit

Khasiat kopi lainnya adalah dapat mengencangkan garis-garis halus dan kulit yang membengkak. Kafein yang digunakan dalam krim diserap oleh kulit Anda akan mengencangkan penampilan kulit Anda. Hal ini juga menghambat pertumbuhan sel kanker kulit.

 

Sering malas untuk perawatan wajah di pagi hari karena rasa kantuk yang masih belum hilang? Well, scrub wajah ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk Anda. Anda bisa cukup memanfaatkan ampas kopi yang Anda miliki dan menggunakannya sebagai scrub wajah. Aroma kopi yang tercium di pagi hari mungkin bisa membantu Anda untuk lebih mudah terjaga dan bersemangat untuk bersiap melakukan aktivitas harian Anda.

Bahan-bahan:

  • Ampas kopi (pilihan yang butirannya tidak terlalu kasar atau besar)
  • Air perasan jeruk lemon
  • Tepung jagung
  • Gula

Cara Membuat:

  • Siapkan mangkuk, masukkan ampas kopi dan air perasan jeruk nipis.
  • Tambahkan tepung jagung.
  • Saring dan buang airnya (jika Anda tak ingin scrub yang dihasilkan terlalu berair)
  • Tambahkan gula.
  • Aduk hingga rata.
  • Scrub wajah siap digunakan.
  • Fungsi dari tepung jagung dalam scrub ini adalah untuk menyerap sisa-sisa minyak di kulit wajah.

 

Asupan Nutrisi Untuk Tampilan Lebih Muda

perawatan wajah

Banyak cara perawatan wajah alami untuk mendapatkan wajah lebih muda bahkan tanpa operasi yang menyakitkan. Hal ini diungkapkan sendiri oleh dokter operasi plastik Anthony Youn, M.D., FACS dalam Huffington Post. Perawatan wajah memang penting, namun asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh juga sangat berpengaruh, seperti:

1. Kurangi Konsumsi Gula

Penelitian yang diterbitkan dalam National Center for Biotechnology Information mengungkapkan bahwa gula (glukosa) adalah makanan terburuk untuk kulit Anda karena menyebabkan inflamasi dan mengurangi kolagen kulit sehingga kulit kendur dan mudah timbul kerutan.

2. Makan Lemak dan Protein Sehat

Tubuh butuh lemak dan protein untuk membuat kulit kencang, tapi konsumsi lemak yang sehat berupa lemak tak jenuh tunggal yang bisa didapat dari ikan/seafood, alpukat, minyak zaitun, dan kacang-kacangan. Lemak seperti ini bisa mengurangi inflamasi dan melembapkan kulit secara alami serta menjaga kekencangan kulit.

3. Sayur dan Buah Setiap Hari

Cukupi kebutuhan antioksidan untuk mencegah radikal bebas di kulit dengan konsumsi buah dan sayuran berwarna. Tubuh butuh antioksidan setiap hari untuk mencegah penuaan dini dan agar sel kulit bisa meregenerasi dirinya sehingga kulit tampak muda.

4. Minum Air Putih 

Minum air putih paling tidak 8 gelas per hari untuk membuang racun dari dalam darah sehingga hanya nutrisi baik yang diserap tubuh dan disalurkan ke kulit. Air putih membantu mengoptimalkan metabolisme sehingga bisa menjaga kelembaban dan kekencangan kulit secara alami.

5. Hindari Rokok dan AlkohoI

Ini juga jadi cara terbaik agar Anda tidak terlihat tua dari umur sebenarnya, karena rokok dan alkohol hanya akan merusak tubuh dan mempercepat penuaan. Penelitian juga mengungkapkan bahwa kulit para perokok lebih kering, lebih banyak kerutan dan kusam.

 

 

Mau Awet Muda? Yuk, Coba Face Yoga!

perawatan wajah

Ternyata ada juga cara alami yang juga banyak memikat banyak orang: Face yoga. Menurut Danielle Collins yang menyebarkan awareness akan face yoga ini, wajah pun bisa merasa dan terlihat lebih sehat dengan yoga. Ada beberapa gerakan yang bisa dilakukan pada kulit wajah untuk meningkatkan kolagen sehingga kulit bisa lebih plump dan kencang. Anda tertarik mencobanya?

Neck Lift

perawatan wajah

Sesuai dengan namanya, gerakan face yoga ini berguna untuk mengencangkan kulit pada area leher dan garis rahang serta menghilangkan double chin.

Cara melakukannya dengan mengerutkan bibir ke satu sisi wajah hingga Anda merasakan adanya tarikan pada pipi. Setelah itu, putar kepala searah dengan kerutan bibir dan angkat kepala hingga sudut 45° atau hingga Anda merasakan adanya tarikan pada leher. Tahan posisi tersebut selama 3 detik, dan ulangi. Lakukan hal yang sama dengan sisi lainnya.

Smile Smoother

perawatan wajah

Gerakan face yoga ini berguna untuk mengurangi cheek lines dan mengencangkan kulit yang kendur. The Smile Smoother dapat menjadi alternatif bagi Anda yang ingin melakukan lower face lift dan fillers.

Untuk melakukannya, dimulai dengan melipat bibir Anda ke bagian dalam mulut hingga gigi Anda tertutupi. Setelah itu, masih dengan gigi yang tertutupi, senyum yang lebar dan ikuti dengan relaksasi. Ulangi gerakan ini sebanyak 6 kali.

Terakhir, tahan senyum Anda, letakkan jari telunjuk pada dagu lalu gerakkan rahang Anda ke atas dan bawah sambil mendongakkan kepala. Selingi dengan relaksasi dan ulangi sebanyak dua kali.

Cheek Firmer

perawatan wajah

The Cheek Firmer berguna untuk mengencangkan pipi Anda. Cara melakukannya pun sangat mudah. Gembungkan kedua pipi Anda lalu pindahkan udara dalam pipi dari satu sisi ke sisi yang lainnya sebanyak 5 kali. Saat melakukan gerakan ini, Anda kan merasakan tarikan pada area pipi dan bibir. Hembuskan udara dalam pipi dengan bibir yang membentuk ‘O’ kecil. Lakukan gerakan ini sebanyak 3 hingga 4 kali untuk menjaga kekencangan pipi Anda.

Semi Blink

perawatan wajah

Untuk Anda yang ingin menghilangkan kerutan pada sisi luar mata atau biasa disebut dengan crow’s feet, gerakan ini dapat dicoba.

Cara melakukannya dengan letakkan jari telunjuk dan jari tengah Anda pada pelipis lalu tarik ke arah luar wajah. Setelah itu, sipitkan mata Anda hingga setengah tertutup. Anda akan merasakan tarikan pada area kelopak mata dan alis. Lakukan gerakan ini sebanyak 20 kali.

Karena kulit pada area mata lebih tipis dan sensitif, sangat disarankan dan pastikan untuk tidak menarik ujung mata terlalu kencang, ya!

“Surprise Me”

perawatan wajah

Nah, kalo gerakan yoga yang satu ini cocok untuk Anda yang ingin menghilangkan garis-garis halus pada area dahi. Gerakan yang dilakukan pun sangat mudah sekali. Cukup dengan membelalakkan mata selebar yang Anda bisa. Tahan gerakan tersebut selama kurang lebih 10 detik atau hingga mata Anda mulai berair. Dengan melakukan gerakan ini, Anda melatih otot sekitar mata dan dahi. The Surprise Me dapat mengurangi efek negatif dari dahi yang mengernyit.

Teruslah menjadi cantik, Ladies!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *