Perut Kembung pada Buah Hati? Ini Solusinya

perut kembung

Saat kita mengalami perut kembung, kita masih bisa untuk mengatakan sakit, atau mengoleskan minyak angin pada perut kita. Tapi bagaimana jika perut kembung terjadi pada buah hati kita? Sebagai orang tua tentu kita akan merasa panik jika buah hati kita alami perut kembung.

Demi buah hati nya mau makan, kita cenderung membiarkan mereka makan sambil bermain, menonton televisi, berlari-lari, dan berkeliaran di dalam ruangan, serta mengunyah makanan dengan cepat. Ternyata hal tersebut bisa membut perut kembung karena terlalu banyak menelan udara.

Perut kembung memang membuat Anda dan anak-anak menjadi menjadi tidak nyaman untuk beraktivitas. Namun, jangan abaikan kondisi ini begitu cepat, cari tahu apa penyebab yang membuat perut kembung terjadi.

 

Kenali Penyebab Perut Kembung Pada Buah Hati

perut kembung

Perut kembung pada buah hati umumnya akan membuatnya tidak nyaman, mudah rewel, dan sering menangis. Sebenarnya, perut kembung pada bayi yang berusia tiga sampai enam bulan adalah hal yang wajar. Ini terjadi karena sistem pencernaan pada bayi memang belum terbentuk dan bekerja secara sempurna.

Untuk masalah perut kembung pada bayi, ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Berikut ini yang bisa  menjadi penyebabnya antara lain:

1. Makanan yang Anda Konsumsi

Apa yang  Anda konsumsi akan berpengaruh pada kesehatan buah hati. Apalagi, jika makanan utama buah hati adalah ASI eksklusif. Untuk mencegah risiko buah hati mengalami kembung, penting bagi Anda agar selalu memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi. Disarankan mengurangi konsumsi makanan atau minuman yang mengandung gas seperti kubis, brokoli, bawang, kacang dan kembang kol.

2. Pengaruh Susu Formula

Sebelum memberikan susu formula buat buah hati, usahakan agar mengonsultasikan hal ini ke bidan atau dokter anak. Tidak semua susu formula cocok dikonsumsi buah hati. Ada beberapa susu formula tertentu yang mendorong risiko perut kembung, alergi, atau terjadi masalah di sistem pencernaan.

3. Penggunaan Kipas Angin atau Pendingin Ruangan yang Kurang Bijak

Sepanas apapun udara yang ada, pastikan agar Anda menggunakan kipas angin atau mesin pendingin ruangan dengan bijak. Penggunaan kipas angin dan pendingin ruangan yang kurang bijak bisa mendorong terjadinya masalah perut kembung pada bayi. Ketika bayi menelan terlalu banyak udara, ini dipastikan akan meningkatkan risiko perut kembung padanya.

4. Teknik Menyusui yang Kurang Tepat

Menyusui adalah aktivitas yang sering dilakukan antara ibu dan bayinya. Apalagi, jika bayinya masih sangat muda dan hanya makan serta minum dari ASI eksklusif. Sayang, aktivitas menyusui ini tidak jarang dilakukan dengan cara yang kurang tepat sehingga meningkatkan risiko bayi mengalami perut kembung. Kesalahan yang sering dilakukan saat menyusui antara lain adalah posisi menyusui yang kurang tepat, kepala bayi terlalu rendah saat menyusu dan sebagainya.

5. Penggunaan Popok Terlalu Lama

Jika buah hati selalu menggunakan popok, usahakan agar sering-sering mengganti popok. Jangan sampai, memakaikan popok terlalu lama dan air kencing yang ada terlalu penuh. Penggunaan popok yang terlalu lama bisa meningkatkan risiko perut kembung pada bayi. Ini juga bisa menyebabkan alergi dan infeksi di sekitar alat kelamin buah hati.

 

Atasi Perut Kembung Buah Hati dengan Cara Sederhana

perut kembung

Jika perut kembung sudah terjadi pada buah hati Anda, bisa lakukan hal berikut ini untuk atasi perut kembung buah hati Anda, seperti:

  • Anda bisa mencoba untuk meletakkan bantal pemanas di perutnya, dan memberikannya air putih atau cairan sekitar 29,5 hingga 59 ml setiap 10 atau 15 menit, agar buah hati Anda tetap terhidrasi.
  • Menghindarkan makanan yang mengandung pemanis buatan, minuman bersoda, serta permen karet. Makanan dan minuman yang mengandung pemanis (sorbitol) atau sejenis gula (fruktosa) juga dapat menyebabkan perut kembung. Meskipun buah hati sangat menyukai makanan atau minuman tersebut, usahakan untuk melarangnya dengan memberikan arahan yang baik.
  • Kurangi asupan jus buah. Terkadang orang tua tidak mengetahui bahwa memberikan jus buah lebih dari satu gelas sehari pada anak dapat membuatnya memiliki gas yang berlebihan dalam perutnya. Beberapa anak sulit untuk mencerna fruktosa dan sukrosa dalam jus. Akibatnya, anak Anda mengalami perut kembung.
  • Meminimalisir makanan yang bisa membuat perut anak Anda kembung. Selain itu, waspadai juga makanan seperti bawang dan kubis. Kedua makanan itu dapat memproduksi gas yang mengandung sulfur dan mengakibatkan gas atau angin yang keluar dari tubuh anak berbau busuk. Perhatikan dan hitunglah saat anak Anda buang gas. Normalnya, dalam satu hari seseorang bisa buang gas sampai 20 kali.
  • Beri tahu anak untuk mengunyah makanan secara perlahan, santai dan tidak terlalu buru-buru, dan usahakan untuk berjalan selama 10 hingga 15 menit setelah makan.
  • Kurangi asupan lemak. Membatasi makanan tinggi lemak dapat membantu mengurangi produksi gas dan kembung pada anak Anda.
  • Usahakan untuk minum air putih yang cukup, kendati air putih tidak akan menghilangkan masalah gas pada perut anak. Namun, air putih dapat membantu  memperlancar pencernaannya.

 

Minyak Telon, Pengobatan Alami Atasi Perut Kembung

perut kembung

Setiap dari Anda sebagai ibu yang mempunyai buah hati, tentu sudah punya persiapan minyak telon di rumah. Perlu kita pahami bahwa minyak telon tersusun atas komponen minyak kayu putih (oleum cajuputi), minyak adas (oleum foeniculi), dan minyak kelapa (oleum cocos). Komposisi ketiga minyak yang seimbang ini ternyata menyimpan khasiat tersendiri.

Kandungan minyak kayu putih dalam minyak telon bermanfaat memberikan sensasi rasa hangat pada tubuh bayi. Namun, efek minyak telon tidak sekuat minyak kayu putih konvensional yang biasa digunakan untuk orang dewasa. Minyak telon lebih lembut dibandingkan minyak kayu putih karena telah dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya.

Minyak adas dikenal mempunyai aroma yang khas. Minyak ini diyakini dapat membantu mencegah perut kembung dan merangsang sistem metabolisme dalam tubuh agar lebih aktif. Dengan kata lain, minyak ini dapat mendukung kesehatan tubuh bayi dari luar.

Lain halnya dengan minyak kelapa. Manfaat minyak kelapa memang cukup banyak. Teksturnya yang lembut membuat minyak kelapa tidak hanya bermanfaat untuk merawat kesehatan rambut, tetapi juga kulit. Berkat minyak kelapa, kulit menjadi halus, dan terjaga kelembabannya.

Terlepas dari perannya sebagai bahan campuran minyak telon, minyak kelapa dikenal mampu menangkal virus dan jamur. Minyak kelapa murni juga bisa dijadikan sebagai pengganti body lotion. Bahkan, minyak kelapa murni dapat membantu mengatasi masalah-masalah iritasi dan gangguan kulit pada bayi seperti ruam popok atau dermatitis.

Dengan ketiga kandungan minyak dalam minyak telon, manfaatnya pun semakin lengkap. Minyak telon dikenal mampu menghangatkan tubuh bayi, menangkal kembung, menimbulkan perasaan yang nyaman, dan mencegah bayi dari sejumlah gangguan kulit.

perut kembung

Minyak telon untuk buah hati tidak memberikan efek yang bagus? Tinggalkan saja! Beralihlah pada Natural Telon Oil yang satu ini. Natural Telon Oil terbuat dari essential oils murni dan natural tanpa adanya penambahan aroma sintesis dan zat kimia sintesis lainnya.

Kandungan eucalyptus, fennel, dan cajeput dapat memberikan kehangatan, kelegaan pernapasan, dan efek relaksasi sebagai aromaterapi. Tentunya sangat bisa untuk membantu buah hati Anda dalam meringakan kembung.

Cukup dengan menggosokan pada bagian dada, perut, punggung, dan kaki untuk memijat buah hati sampai semua keluarga Anda.

Virgin Coconut Oil sebagai carrier oil memberikan kelembutan alami. Sangat dianjurkan untuk kulit bayi yang baru lahir, sedang mengalami alergi, maupun untuk kulit sensitif.

 

Makanan Pengusir Perut Kembung

perut kembung

Selain mengoleskan minyak telon, beri buah hati Anda makan-makan penghilang perut kembung, seperti:

1. Yogurt

Karena makanan yang mengandung tinggi probiotik, produk olahan susu ini tak hanya mengandung kalsium tinggi, tapi juga bakteri baik. Anak perlu diberikan yogurt ketika perut kembung tak kunjung sembuh karena pencernaan bakal teroptimalkan dengan yogurt ini. Perkembangan dari bakteri jahat pun bakal dihambat dengan baik oleh yogurt.

Penyebab perut kembung terus-menerus pada anak dapat beragam dan memberikan yogurt sama dengan membantu supaya gangguan pencernaan lebih ringan dan kembali lancar. Supaya buah hati tak rewel, cobalah yogurt Anda campur dengan buah-buahan segar seperti layaknya smoothie.

2. Serat

Buah hati bisa saja terserang perut kembung karena kurang mengonsumsi serat. Untuk perut dan pencernaan sehat, Anda perlu menambah asupan serat pada buah hati kesayangan Anda. Asalkan tidak berlebihan pada takarannya, maka buah hati akan terjauh dari masalah perut kembung dan gangguan pencernaan lainnya.

Supaya perut kembung dapat terobati dengan baik, Anda bisa coba memberikan 14 gram serat pada buah hati yang sudah berusia 1-3 tahun setiap harinya. Serat dengan takaran tersebut bisa Anda coba berikan lewat satu buah pisang yang ukurannya sedang, roti gandum sepotong, dan kacang-kacangan sebanyak setengah gelas. Namun perhatikan juga adanya akibat kelebihan serat bagi tubuh buah hati.

3. Labu

Memberikan labu kepada buah hati kesayangan Anda yang mengalami perut kembung bukanlah masalah. Mengonsumsi labu sangat baik untuk kesehatan pencernaan, apalagi dalam mengatasi dan mencegah perut kembung. Karena kandungan vitamin A, serat serta kaliumnya tinggi, pencernaan buah hati pun akan tertolong untuk menjadi lebih baik.

Cukup hanya edengan menambahkan secangkir labu ke dalam makanannya, saluran pencernaan akan kembali lancar. Gas atau udara yang membuat perut kembung pun bakal dapat berkurang secara alami. Mengukus atau memanggangnya juga boleh untuk mengatasi perut kembung bagi buah hati yang sudah agak lebih besar.

4. Susu Dingin

Dalam menyembuhkan perut kembung, susu pun boleh Anda coba karena manfaatnya sama seperti air putih. Penambah cairan ini memang merupakan salah satu makanan yang mengandung kalsium tinggi. Jadi ada nutrisi juga yang Anda berikan bagi kesayangan Anda.

Hanya saja, pastikan bahwa susu yang diberikan adalah dalam keadaan dingin. Susu yang dalam suhu dingin justru dianggap lebih baik ketimbang susu hangat dalam mengobati perut yang kembung. Ini akan membantu melancarkan pencernaan yang sedang terganggu dan sekaligus mengatasi sembelit bila buah hati pun mengalami masalah tersebut.

5. Sup Bening

Buah hati sudah bisa makan sup? Boleh juga Anda berikan sup bening di mana fungsinya masih sama seperti air putih, susu dingin tadi. Tujuan pemberian obat ini adalah untuk meningkatkan asupan cairan dalam tubuh si buah hati. Pencernaan dijamin bakal lebih lancar dengan bantuan sup bening buatan Anda bagi buah hati.

Bye-bye bloated!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *