Rahasia Kulit Putih dan Mulus Wanita Asia

skin.co.id kulit putih

skin.co.id kulit putih

Jika berbicara tentang perawatan kulit, sudah bukan hal yang tabu lagi jika Asia merupakan world leader dalam hal perawatan kulit. Melanjutkan artikel sebelumnya mengenai rahasia perawatan kulit wanita Asia, kali ini akan membahas lebih dalam lagi seputar rahasia lain yang dilakukan para wanita Asia untuk mendapatkan kulit putih, cantik, dan sehat. Apa saja rahasianya?

Untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit, para wanita Asia melakukan 5-9 langkah perawatan kulit. 10 langkah perawatan kulit ini terdiri dari penggunaan cleansing oil, foaming cleanser, toner, serum/essence, emulsion, krim, krim mata, dan tabir surya. Tidak lupa juga mereka selalu menggunakan masker wajah secara teratur setiap 2 kali seminggu. Untuk mendapatkan semua manfaat dari rutinitas perawatan tersebut, mereka menggunakan teknik layering. Teknik ini merupakan metode atau cara mengaplikasikan produk dimulai dari produk dengan konsistensi yang ringan ke konsistensi yang lebih berat. Fakta menariknya, teknik ini juga dilakukan oleh para wanita Prancis dan sangat populer di sana. Berikut penjelasan lebih jelas tentang layered skincare routine:
Langkah #1: Oil Cleansing
Para wanita Asia selalu menerapkan double cleansing. Langkah pertama, membersihkan wajah dari bekas makeup dengan oil cleanser atau makeup remover seperti Pore Deep Cleansing Oil atau Jasmine 3D Waterful Cleansing Oil. Pembersih ini memang dibuat untuk menghapus bekas-bekas makeup. Cara penggunaannya, pastikan wajah dan telapak tangan Anda kering. Lalu ambil oil cleanser dengan telapak tangan dan gosok perlahan. Setelah itu, oleskan pada wajah Anda secara merata dan bilas hingga bersih.

Langkah #2: Foaming Cleanser
Setelah bekas-bekas makeup dibersihkan, Anda perlu melanjutkan membersihkan wajah dengan pembersih agar kulit wajah Anda jadi lebih bersih. Foaming cleanser dapat membersihkan sisa-sisa kotoran dan bekas makeup yang tertinggal. Pilih sabun pembersih atau foaming cleanser yang lembut seperti Vitalizer Foaming Oil. Ambil sabun secukupnya dan gosok-gosok perlahan sampai terbentuk busa lalu pijat perlahan pada wajah dengan gerakan memutar dan basuh sampai bersih.

Langkah #3: Toner
Disinilah letak perbedaan perawatan kulit wanita Asia dan barat. Toner yang digunakan wanita Asia berbeda dengan toner yang digunakan wanita barat. Toner yang digunakan wanita barat dibuat untuk membantu membersihkan wajah dan mengandung astringent. Sedangkan toner yang dipakai wanita Asia (Asian Toner) bertujuan untuk membantu memberikan kelembaban pada kulit seusai membersihkan wajah. Selain itu, Asian toner seperti Perfect BB Toner juga memberikan efek yang mencerahkan pada kulit. Seusai menggunakan toner, aplikasikan segera krim mata. Krim mata ini berguna untuk mencerahkan, meregenerasi, dan mengurangi keriput di sekitar mata.

Langkah #4: Masker Wajah
Jika kulit Anda kusam dan butuh perawatan ekstra, coba gunakan masker wajah. Para wanita Asia biasa menggunakan sheet masker yang berupa cotton sheet yang terendam dalam essence yang kaya nutrisi. Pada umumnya, masker wajah kaya akan kandungan vitamin dan elemen pencerah. Jenisnya pun bermacam-macam, dibedakan berdasarkan jenis dan masalah kulit. Contohnya seperti Vitalizer Mask yang mengandung vitamin 10% untuk mencerahkan kulit atau Zinnia Stem Cell Mask untuk merawat dan mengatasi kulit berjerawat. Penggunaannya juga sangat mudah, cukup ditempelkan pada wajah selama 10-15 menit. Kemudian tepuk-tepuk dengan perlahan agar essence yang ada pada masker terserap dengan baik ke dalam kulit.

Langkah #5: Serum atau Essence
Essence atau serum yang bisa juga disebut ampoule ini mengandung bahan-bahan aktif yang bagus untuk menjaga kecantikan kulit. Kebanyakan bertekstur ringan dan berbentuk cair seperti gel. Tetapi kadang-kadang juga bertekstur creamy. Jenis dan manfaatnya pun juga bermacam-macam. Contohnya seperti The First Ampoule System untuk anti-aging, Whipping Essence untuk mencerahkan kulit, Pore Tightening Serum untuk mengecilkan pori-pori kulit, Anti Blemish Complex untuk mengatasi jerawat.

Langkah #6: Emulsion
Emulsion membantu melembabkan kulit. Langkah ini tergolong dalam rangkaian moisturizing treatment. Untuk kulit kering, selain menggunakan emulsion juga melengkapi dengan krim pelembab.

Langkah #7: Spot Treatment
Penggunaan spot treatment tidak harus selalu Anda terapkan. Langkah ini biasanya dilakukan pada orang yang memiliki masalah kulit tertentu seperti jerawat, mata berkantung, keriput. Contohnya seperti Blemish Potion untuk jerawat, Bright Eye Vitalizer untuk mencerahkan area gelap di sekitar mata.

Langkah #8: Cream
Langkah ini bertujuan memberikan kelembaban ekstra pada kulit. Biasanya krim pelembab memiliki konsistensi yang lebih berat daripada emulsion. Jika Anda hendak membeli pelembab, pilihlah pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Jika Anda menggunakan pada siang hari pilih krim pelembab yang dilengkapi dengan SPF.

Langkah #9: Tabir Surya
Wanita Asia tidak pernah melewatkan rutinitas ini setiap pagi. Langkah ini menjadi elemen utama dalam rutinitas perawatan kulit wanita Asia. Kandungan SPF yang ditemukan pada krim tabir surya yang digunakan para wanita Asia rata-rata berkisar antara 40-50 seperti Jasmine 3D Waterful Sun Mist.

Langkah-langkah di atas disebut juga sebagai layered skincare routine yang menjadi rahasia kulit sehat dan mulus para wanita Asia. Sekarang, untuk memiliki kulit yang mulus dan sehat bukan lagi sekedar impian. Selamat Mencoba!

BACA JUGA: 5 Cara Mengecilkan Pori-pori dengan Efektif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *