Rasakan Kejutan dari Manfaat Strawberry Untuk Kecantikan Anda

manfaat strawberry

Buah Strawberry memang terkenal lezat. Tapi mungkin banyak yang belum mengetahui apa saja manfaat strawberry ini. Tidak hanya untuk memutihkan gigi saja, tapi manfaat strawberry juga bisa untuk kecantikan Anda. Buah strawberry merupakan buah super yang kaya akan antioksidan dan vitamin C, yang tentunya memberikan nutrisi bergizi untuk kulit Anda. Sebuah penelitian mengatakan bahwa orang yang makan makanan kaya vitamin C memiliki keriput lebih sedikit dan masalah kulit terkait usia daripada mereka yang tidak mengonumsi vitamin C sama sekali.

Manfaat strawberry memang banyak digunakan oleh perusahaan makanan bahkan kosmetika untuk dijadikan salah satu bahan baku. Indonesia juga menjadi salah satu negara yang berhasil memproduksi strawberyy. Oleh karena itu, tidak sulit bagi kita yang  ingin memanfaatkan buah ini untuk dikonsumsi.

Yuk, Kenalan Dulu dengan Buah Strawberry

manfaat strawberry

Buah ini dipercaya berasal dari benua Amerika, tepatnya dari daerah yang sekarang bernama Chile. Bentuknya yang manis dan memikat membuat buah strawberry dengan cepat menyebar ke daratan Eropa dan Asia. Dalam sejarah Yunani kuno, buah ini dijadikan sebagai lambang cinta atau dewi cinta. Hal ini mungkin didasari karena warna dan bentuknya yang cantik, aromanya yang wangi, serta rasanya yang kadang sangat asam dan kadang juga manis, seperti cinta itu sendiri.

Hingga saat ini asal nama buah strawberry belum jelas dan masih menjadi perdebatan. Ada banyak teori yang berkembang dari masing-masing wilayah. Ada teori yang menyebutkan jika nama strawberry diambil dari sebutan anak-anak di Inggris pada abad 19. Dimana letak buah memang berada pada ujung batang tanaman yang berbentuk panjang seperti sedotan (straw), dan mereka menjual buah tersebut dengan nama “straw berry” (buah berry yang berada pada straw/sedotan).

Namun teori yang paling populer mengenai asal nama dari buah ini adalah berdasarkan cara menanamnya (pada jaman dulu). Dimana cara menanam buah ini dengan cara menaburkan bijinya diatas tanah (strewn). Yaitu dari kata streabergen (strea adalah menaburkan, dan bergen adalah biji atau buah). Dari kata “streabergen” inilah kemudian berkembang menjadi streberie, strauberie, straubery, strauberry, dan terakhir menjadi strawberry.

Apa yang Membuat Strawberry Sangat Baik untuk Kulit Anda?

manfaat strawberry 2

Rasanya yang manis dan masam serta bentuk tubuh buah yang indah ini membuat banyak orang menyukainya. Termasuk Anda, bukan? Lalu manfaat strawberry apa saja yang baik untuk kulit Anda?

Sumber yang Kaya Akan Vitamin C

Vitamin C baik untuk kulit Anda karena banyaknya bahaya dari radikal bebas yang  dapat mengambil oksigen dalam tubuh Anda. Radikal bebas juga dapat menghancurkan kolagen dalam tubuh Anda yang dapat mendorong garis-garis halus muncul pada kulit Anda.

Serat Makanan

Buah strawberry merupakan sumber yang sangat baik dari serat makanan. Sumber yang dapat membantu dalam menghilangkan racun berbahaya dalam tubuh kita. Serat makanan juga berguna dalam mengatur sistem pencernaan Anda, sehingga mencegah sembelit yang menjadi faktor munculnya jerawat di kulit Anda.

Asam Folat

Kandungan asam folat di dalam buah strawberry dapat meregenerasi sel dan produksi sel-sel baru dalam tubuh Anda.

4 Manfaat Strawberry Terbaik untuk Kulit Anda

manfaat strawberry

Anti-aging

Strawberry mengandung anti-oksidan asam ellagic yang mencegah kerusakan kolagen penyebab utama pembentukan kerut. Asam ellagic memiliki efek photoprotective yang bekerja untuk mencegah kerutan terbentuk pada kulit, sehingga memberikan tampilan kenyal dan sehat pada wajah Anda.

Bye-bye Acne

Jerawat terkenal disebabkan oleh akumulasi kelebihan sebum. Manfaat strawberry untuk kulit Anda bisa dapat membersikan sebum-sebum ini dengan kandungan nutrisi yang ada dalam buah strawberry. Sifat asam dari buah strawberry ini memungkinkan untuk menghilangkan kelebihan minyak di kulit Anda.

UV Skin Protection

Kandungan antioksidan yang tinggi, serta kandungan asam ellagic dalam buah strawberry ini sangat berguna untuk melindungi kulit Anda dari sinar UV yang berbahaya. Sebuah penelitian yang dilakukan peneliti di sebuah universitas Korea menemukan bahwa hewan uji coba yang terkena sinar UV, lalu diberikan asam ellagic menunjukkan penurunan pembentukan kerut dibandingkan dengan hewan uji coba yang tidak diberi asam ellagic.

No More Oily Skin

Kaya vitamin C, buah ini dapat digunakan untuk membuat masker wajah yang sangat baik untuk melawan kulit berminyak, serta memelihara dan merevitalisasi kulit Anda. Strawberry bersifat asam dan ini efektif untuk menghilangkan kelebihan sebum pada kulit.

Untuk membersihkan wajah Anda dari debu, kotoran, atau bekas make up, gunakan pembersih yang memberikan efek menyegarkan setelah Anda menggunakannya.

 

Rasakan Manfaat Strawberry dengan Masker

manfaat strawberry

Buah strawberry merupakan salah satu buah yang disukai oleh banyak orang. Hal ini mengingat bahwa buah merah ini memiliki rasa yang khas dan memiliki manfaat yang beragam bagi kesehatan maupun kecantikan tubuh. Salah satu manfaat strawberry untuk kecantikan ini sendiri adalah menghaluskan kulit kasar dan membuat kulit terlihat makin cerah serta segar.

Kira-kira, bagaimana caranya buah strawberry bisa menghaluskan kulit tubuh? Ini bahan yang Anda perlu dan cara mengaplikasikan buah strawberry sebagai bahan alami yang menghaluskan dan mempercantik kulit.

Bahan

  • 10 buah strawberry (buang daun, cuci bersih dan haluskan: bisa dengan diparut atau diblender)
  • 2 sdm minyak zaitun atau minyak kelapa
  • 1 sdm garam halus

Cara Membuat dan Aplikasi
Masukkan semua bahan ke dalam wadah mangkok yang bersih. Aduk sampai semua bahan tercampur rata hingga membentuk masker. Jika sudah, diamkan beberapa saat agar campuran masker alami ini menyatu dengan baik satu sama lainnya. Selanjutnya, gosokkan masker ke bagian tubuh yang kasar atau terlihat tidak sehat. Gosok secara perlahan sambil dipijat lembut. Cuci bagian tubuh yang digosok dengan masker menggunakan air hangat.

Dengan melakukan perawatan ini, kulit Anda akan semakin halus dan terbebas dari masalah kulit kasar. Nutrisi yang terkandung di dalam buah strawberry dipercaya mampu mengangkat sel kulit mati. Minyak zaitun akan melembutkan kulit. Sementara garam, ia akan membuat kotoran penyebab kulit kasar di kulit terangkat dengan baik. Selain menghaluskan kulit, perawatan ini juga bisa bikin kulit terlihat makin cerah dan segar.

Untuk hasil terbaik, lakukan 2 kali seminggu.

Jika selama melakukan perawatan kulit mengalami iritasi, segera hentikan perawatan.

Nikmatnya Manfaat Strawberry dari Rutin Minum Jus

manfaat strawberry

Siapa pun pasti suka dengan buah ini meski terkadang rasanya sangat asam. Tampilannya yang segar dan menarik selalu bisa menarik perhatian. Namun bukan hanya bisa dijadikan garnis kue atau topping ice cream saja, strawberry juga kaya manfaat kesehatan dengan dibuat jus.  Mau tahu apa saja manfaat jus strawberry?

Kaya Antioksidan
Buah strawberry sangat kaya akan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan dan menangkal efek buruk radikal bebas yang bisa merusak sel tubuh dan menyebabkan penuaan dini. Salah satu antioksidan primer yang ada dalam strawberry adalah asam ellagic yang dikenal dapat melindungi tubuh terhadap radikal bebas yang merusak sel. Bahkan antioksidan yang tinggi dalam strawberry ini mampu membuang racun dalam sel sehingga tubuh lebih segar.

Memperkuat Sistem Imun Tubuh dan Mencegah Kanker
Karena strawberry sangat kaya vitamin C, asam folat, dan asam ellagic, manfaat strawberry dikenal dapat memperkuat kekebalan tubuh terhadap penyakit sekaligus juga mencegah perkembangan kanker.

Menjaga Kulit Awet Muda
Jangan heran jika setelah Anda menerapkan minum jus strawberry setiap hari, kulit jadi semakin cerah dan segar. Itulah efek yang paling baik saat Anda mendapatkan vitamin C dari buah strawberry. Anda bahkan bisa mencegah kerontokan rambut dan memperkuat akar rambut. Antioksidan membuat kulit awet muda dan menghilangkan kerutan di wajah.

Membantu Penurunan Kolesterol
Kandungan vitamin C yang dikonsumsi setiap hari diketahui mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain karena rasanya yang asam juga mampu membunuh berbagai penyakit dan bakteri di dalam perut, juga dapat menjadi detoks tubuh yang sangat baik. Hal ini sekaligus juga bisa menjaga jantung Anda dari penyakit kardiovaskuler dan melancarkan peredaran darah.

Namun perlu diingat pula Ladies, jangan menambahkan gula ke dalam jus strawberry Anda jika ingin  minuman super sehat dan mendapatkan manfaat strawberry yang lengkap. Nah, tertarik menjadikannya jus strawberry sebagai minuman sehat harian Anda, Ladies?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *