Rasakan Manfaat Buah Anggur yang Mengejutkan untuk Kulit Anda

buah anggur

Meskipun berukuran kecil, buah anggur ini memiliki banyak nutrisi, antioksidan, mineral, dan vitamin yang membuat Anda tetap sehat. Di wilayah Eropa sudah dibudidayakan buah ini sekitar 6000 tahun yang lalu. Anggur juga disebut sebagai ratu buah dan dibedakan ke dalam tiga varian berdasarkan warna, anggur merah, hitam, dan hijau. Anggur dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, mulai dari dimakan secara langsung atau dikonsumsi dalam bentuk jus, jelly, dan minyak biji anggur.

Buah anggur kadang memiliki rasa asam yang khas, tekstur yang renyah, dan warna yang menarik. Buah ini sangat baik untuk dikonsumsi dan dapat Anda makan sebanyak yang Anda inginkan. Karena kandungan berbagai vitamin dan mineral yang tinggi, buah anggur memiliki banyak manfaat untuk kulit dan kesehatan Anda pada umumnya.

Nilai Gizi Buah Anggur

buah anggur

Anggur memiliki kandungan zat gizi yang baik bagi tubuh. Setiap varietas anggur memiliki nilai gizi tersendiri, namun secara umum kandungan nutrisi buah anggur terdiri dari 70 persen air dan 20 persen zat gula yang menjadikan buah ini sangat baik untuk metabolisme tubuh. 10 persen zat lain termasuk di dalamnya:

  • Asam Galat
  • Glukosida
  • Asam Fosfat
  • Mangan
  • Zat Besi
  • Sejumlah Vitmain
  • Kalsium

>> Kulit Lebih Bercahaya dengan Jus Buah Sehat <<

Cantik Memesona dengan Buah Anggur

buah anggur

Senyawa lain yang terdapat pada buah anggur, seperti flavonoid, tannin, dan resveratrol mampu memerangi radikal bebas dan membantu kulit Anda agar terlihat awet muda. Anggur juga mengandung asam amino yang membantu dalam peremajaan kulit. Ada beberapa fungsi dan manfaat buah anggur bagi kulit di antaranya:

Penyegar Kulit

Anggur dapat berfungsi sebagai serum. Sedikit minyak biji anggur murni dapat membantu menghaluskan dan mengencangkan kulit Anda. Anda juga bisa menjadikan anggur sebagai toner atau penyegar sebelum tidur.

 Pelembab Alami Kulit

Minyak alami dari ekstrak anggur dapat dijadikan sebagai pelembab yang bagus. Minyak ini akan dengan cepat diserap oleh kulit. Jika Anda memiliki kulit kering dan kusam, maka buah ini merupakan salah satu solusi terbaik untuk menghidrasi kembali kulit Anda dan membuatnya bersinar kembali karena kandungan vitamin C dan E nya yang tinggi. Buah ini juga membantu mencegah kekeringan pada kulit.

Mengatasi Jerawat

Jika Anda menggunakannya secara efektif, anggur dapat membantu Anda mengurangi jerawat. Kandungan mineral dan vitamin, serta antioksidan akan membantu menjaga pori-pori Anda tetap bersih dan tidak tersumbat agar tidak menimbulkan jerawat.

Menangkal Tanda-tanda Penuaan Dini

Siapapun tidak dapat terhindar dari bahaya radikal bebas. Namun jangan khawatir, anggur dapat mengatasi hal ini karena kandungan antioksidannya (proanthocyanidins dan resveratrol) yang tinggi. Biji buah anggur akan dapat membantu memperkuat pembuluh darah dan meningkatkan elastisitas kulit Anda sehingga kulit terhindar dari kerutan dan garis-garis halus. Anggur dapat menjadi tabir surya alami yang mampu melindungi kulit Anda dari berbagai bahaya yang diakibatkan oleh sinar matahari dengan cara mengurangi kemerahan karena sengatan matahari dan meminimalisir kerusakan sel-sel kulit.

Membantu Mencegah Kanker Kulit

Anggur merah dilengkapi asam amino dan antiosidan yang membantu menyelamatkan kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari. Meskipun tidak dapat digunakan sebagai tabir surya, buah anggur memang melindungi kulit Anda dari sinar UV matahari yang berbahaya. Anda bisa mengonsumsinya buah ini saat akan pergi atau sedang berada di pantai.

Menunda Keriput dan Melembabkan Kulit

Anggur merah juga memiliki banyak sifat anti-penuaan. Hal ini berfungsi untuk menunda keriput, melembabkan atau mengenyalkan wajah, dan membuat Anda bahkan puluhan tahun lebih muda dari usia Anda sebenarnya.

Meningkatkan Kemilau Rambut

Anggur merah juga bagus untuk rambut Anda. Anda dapat menggunakannya sebagai bilasan akhir ketika keramas untuk membuat rambut Anda lebih bercahaya dan terlihat tebal. Anggur merah juga mengandung resveratrol yang membantu mencegah rambut rontok. Gunakan anggur merah pada rambut Anda dan diamkan untuk sementara waktu untuk melembabkan dan mencegah ketombe, kulit yang mengelupas, dan kerusakan rambut. Anggur merah juga merupakan obat bagi kulit kepala yang gatal.

BACA JUGA:  5 Buah Untuk Memutihkan Wajah Secara Alami

Kesehatan Pun Terjaga dengan Buah Mungil Ini

buah anggur

Banyaknya manfaat anggur tak lepas dari jasa polifenol, yaitu senyawa pemberi warna cerah pada buah. Kandungan antioksidan polifenol dalam buah yang sudah ditanam sejak 6.000-8.000 tahun lalu ini memberi tubuh perlindungan dari penyakit dan kerusakan lingkungan, serta membantu melawan radikal bebas. Berikut beberapa manfaat anggur yang bisa kita ambil:

Jantung dan Pembuluh Darah

Polifenol dalam anggur mungkin mampu membantu mencegah penyakit kardiovaskular, melawan radikal bebas, diduga memiliki efek antiinflamasi dinding pembuluh darah sehingga  mengurangi tekanan darah dan risiko terjadinya aterosklerosis (pengerasan dinding pembuluh darah arteri), antiplatelet (mencegah penumpukan platelet), dan menunjang fungsi endotel. Menurut percobaan terhadap hewan, flavonoid dalam anggur juga mampu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh LDL (kolesterol jahat). Serat dan kalium dalam anggur juga mampu menjaga kesehatan jantung.

Kanker

Manfaat anggur selanjutnya adalah membantu memperlambat atau mencegah berbagai jenis kanker, termasuk paru-paru esofagus, mulut, faring, endometrium (lapisan terdalam pada dinding rahim), usus besar, pankreas, dan prostat. Tentu saja, itu berkat kandungan antioksidan polifenol. Menurut National Cancer Institute, kulit anggur merah mengandung polifenol jenis resveratrol yang diduga tidak hanya berguna untuk kesehatan jantung tapi juga berguna menjaga pembentukan dan penyebaran kanker.

Insufisiensi Vena Kronis

Mengonsumsi ekstrak biji anggur diduga dapat mengurangi gejala insufisiensi vena kronis seperti kaki terasa berat, lelah, tegang, nyeri, dan kesemutan. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa makan ekstrak daun anggur tertentu mampu menurun kaki bengkak setelah 6 minggu.

Tekanan Darah Tinggi

Menurut studi terhadap tikus, manfaat anggur yang kaya akan flavonoid diduga dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Selain itu, anggur juga tinggi akan kandungan kalium yang membantu menghilangkan efek natrium dalam tubuh, sehingga tekanan darah tinggi bisa dikurangi.

Meningkatkan Memori

Penelitian menunjukkan bahwa buah-buahan yang kaya akan antioksidan membantu mengurangi stres oksidatif yang mengarah ke penuaan, serta meningkatkan kinerja memori verbal dan fungsi motorik.

Diabetes

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi tiga porsi anggur, blueberry, kismis, apel, atau pir per minggu dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebesar 7%. Anggur termasuk buah yang tinggi kandungan antioksidannya, hingga diduga baik untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Mata

Menurut penelitian, anggur membantu melindungi retina dari kerusakan dan penyakit, seperti degenerasi makula. jika mengonsumsi buah ini secara teratur. Mengonsumsi ekstrak biji anggur juga diduga membantu mengurangi stres pada mata akibat melihat sinar yang terlalu terang.

Memperlambat Penuaan

Manfaat anggur lain adalah membantu mencegah penyakit degeneratif, mengaktifkan gen panjang usia, dan membantu sel hidup lebih lama. Semua itu berkat kandungan resveratrol dalam anggur. Selain itu, anggur juga mengandung lemak tak jenuh ganda, seperti asam lemak esensial linolenat. Kandungan ini berfungsi untuk melindungi, mengurangi peradangan, dan meningkatkan sensitivitas kulit.

Manfaat anggur yang rendah kalori dan hampir bebas lemak ini tak perlu disangsikan. Oleh karena itu, janganlah ragu makan buah kecil yang manis dan berkhasiat ini.

 

Masker Buah Anggur untuk Treatment Wajah Cantik Anda

buah anggur

Asam organik tertentu yang ada dalam anggur memfasilitasi peremajaan sel-sel kulit. Anggur mengandung vitamin C yang diperlukan untuk pembentukan kolagen. Kolagen membentuk hingga 70% dari kulit manusia dan sangat penting untuk pertumbuhan sel dan pembuluh darah berfungsi untuk memberikan kekuatan dan ketegasan pada kulit. Selain itu, anggur membuat kulit bebas dari penyakit dengan menghilangkan racun dari tubuh. Resveratrol yang ada dalam anggur akan melindungi kulit dari cuaca yang ekstrem.

Dengan begitu banyaknya manfaat buah anggur untuk kulit, Anda jangan ragu untuk menjadikannya sebagai salah satu buah favorit perawat kulit. Anda juga bisa mendapatkan kebaikan alam dari masker anggur untuk perawatan berkala. Bagaimana cara membuatnya? Simak beberapa resep masker dari anggur berikut ini:

#1 Masker Wajah

Masker kali ini membutuhkan buah anggur dan apel. Kedua buah ini sangat kaya akan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas. Yang perlu Anda lakukan adalah:

  • Ambil beberapa potong apel dan hancurkan sampai lembut dan membentuk pasta
  • Tambahkan beberapa buah anggur dan hancurkan sampai Anda mendapatkan bulir-bulirnya
  • Aduk rata kedua buah tersebut
  • Terapkan masker tersebut pada wajah dan biarkan selama kurang lebih 30 menit
  • Setelah 30 menit, bilas secara menyeluruh dengan air bersih.

#2 Masker Wajah

Resep masker yang kedua adalah menggabungkan buah kiwi dan anggur. Kiwi kaya akan antioksidan serta vitamin C, E, dan K. Biji kiwi yang hitam juga mengandung omega 3 yang sangat bermanfaat bagi kulit. Yang perlu Anda lakukan adalah:

  • Ambil beberapa buah anggur dan kiwi dan hancurkan
  • Aduk campuran dua buah ini secara merata
  • Tambahkan yoghurt ke dalam campuran kemudian terapkan di wajah
  • Diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air hangat.

#3 Masker Wajah

Untuk resep masker ini, Anda memerlukan buah anggur dan stroberi. Stroberi mengandung asam salisilat dan buah anggur mengandung asam hydroxyl alpha. Kedua kandungan ini akan sangat baik untuk mengatasi kulit kusam. Yang perlu Anda lakukan adalah:

  • Hancurkan stroberi yang telah dipotong-potong
  • Tambahkan beberapa buah anggur dan hancurkan sampai menjadi lembek
  • Campur kedua buah tersebut secara merata
  • Tambahkan satu sendok teh madu
  • Oleskan masker ke wajah dan leher. Biarkan selama 20 menit dan kemudian bilas dengan air hangat.

Anda akan mendapatkan hasil yang terlihat. Kulit Anda akan terlihat lebih cerah dan bersinar sepanjang hari. Anda dapat menggabungkan buah anggur dengan hampir semua buah apa pun untuk membuat masker wajah. Anda juga dapat menggunakannya dengan jus jeruk dan susu. Untuk mengobati jerawat, campurkan tepung terigu dan baking soda dengan anggur untuk membuat pasta dan menggunakannya secara teratur. Masker ini akan bekerja pada kulit berminyak.

Terlepas dari menggunakannya sebagai masker, ingatlah bahwa makan banyak buah anggur secara teratur untuk menyerap semua nutrisi yang dikandungnya dapat pula membantu Anda untuk memiliki kulit cantik dan tubuh yang sehat. Anggur seperti beberapa buah lainnya yang baik dikonsumsi saat segar maupun beku. Anggur adalah buah yang serbaguna dan bergizi dengan jumlah nutrisi dan antioksidan yang tinggi. Oleh karena itu, buah ini memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan kulit kita.

>> DIY – Masker Untuk Memutihkan Wajah Secara Alami <<

Rasakan  manfaat buah anggur untuk wajah Anda sekarang juga!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *