Rasakan Sensasi Manfaat Wortel untuk Wajah Cantik Anda

manfaat wortel

Stefani: “Eh kamu itu sering-sering makan wortel, gih. Wortel bagus buat mata kamu yang minus itu.”

Joane: “Iya sih, bener kata kamu. Eh kapan hari aku browsing di internet, ternyata manfaat wortel nggak Cuma buat mata aja loh, tapi juga wajah!”

Stefani: “Really?”

 

manfaat wortel

Pasti pada nggak percaya seperti Stefani ya? Memang benar, bahwa manfaat wortel tidak hanya untuk mata. Karena ternyata, vitamin B karoten yang diubah menjadi vitamin A, merupakan vitamin yang dapat membantu melawan jerawat serta memperlambat sel-sel mari untuk mengurangi tanda penuaan dan flek akibat sinar matahari.

Seorang pakar nutrisi, Anna Mitsios, mengatakan bahwa jus wortel dapat membantu kulit agar mampu menyembuhkan secara cepat serta mencegah infeksi dan juga mengurangi tanda penuaan akibat peradangan kulit.

Selain itu, manfaat wortel apa saja yang baik untuk wajah Anda?

1. Mencerahkan Wajah

Kalau berbicara tentang produk kecantikan, tentu tidak akan pernah ada habisnya. Semakin berkembangnya jaman, banyak produk pencerah kulit wajah yang dijual di pasaran. Bahkan, jumlah konsumen produk pencerah wajah terus bertambah setiap harinya. Tapi tahukah Anda bahwa ada cara yang lebih aman untuk mencerahkan kulit wajah?

Anda bisa menggunakan manfaat wortel yang memiliki kandungan antioksidan tinggi, yaitu karotenoid yang dapat bekerja menangkal radikal bebas. Manfaat wortel sendiri ternyata dapat menghidarasi kulit.

Buatlah masker pencerah wajah dari 3 sendok makan wortel yang sudah dihaluskan, 2 sendok makan susu bubuk, dan air secukupnya. Ketika sudah menjadi pasta kental, aplikasikan masker ini di wajah dan leher dan diamkan selama 30 menit sebelum dibilas air.

2. Membantu Regenerasi Sel Kulit Mati

Anda pasti tahu bahwa wortel mengandung Vitamin A, bukan? Nah, manfaat wortel untuk wajah yang satu ini juga disebabkan oleh kandungan Vitamin A yang cukup tinggi di dalam wortel. Vitamin A mampu membantu proses regenerasi sel-sel kulit mati. Proses regenerasi sel kulit ini tentu saja tidak hanya membuat kulit lebih sehat, tapi juga lebih kenyal dan halus.

Untuk merasakan manfaat wortel sebagai bahan alami untuk meregenerasi sel kulit mati, Anda hanya perlu menghaluskan wortel dan melumuri wajah Anda dengan wortel ini setiap 2 kali dalam seminggu.

3. Mengencangkan Kulit

Wanita manapun selalu mau memiliki kulit wajah yang selalu kencang agar tampak lebih awet muda. Berbagai produk kecantikan wajah mungkin sudah Anda coba, tapi hasilnya belum tentu seperti yang Anda inginkan.

Cobalah untuk mengencangkan kulit dengan manfaat wortel yang dibuat masker. Pasalnya, masker wortel ini mengandung Vitamin C yang tinggi untuk meningkatkan produksi kolagen yang dapat memelihara kekencangan dan kekenyalan kulit. Di samping itu, manfaat wortel juga tidak menimbulkan efek samping apa pun.

4. Mengurangi Jerawat

Kandungan betakaroten dalam manfaat wortel yang berupa jus secara efektif dapat mengontrol  produksi sebum dan mengurangi efek breakout akibat jerawat.

Anda bisa merasakan manfaat wortel dari masker untuk mengurangi dan mencegah jerawat. Menurut Dr. Patel, orang-orang di India biasanya membuat masker dengan menambahkan 1 sdt tepung garbanzo, 1 sdt kunyit, dan 1 sdt sari wortel lalu diaduk hingga teksturnya lembut. Setelah itu pakai keseluruh muka dan diambkan hingga 15 menit, lalu bilas.

5. Bisa Menghilangkan Flek Hitam

Manfaat wortel memang memberikan perawatan yang lengkap untuk kulit wajah Anda. Pasalnya, manfaat wortel juga dapat menghilangkan noda hitam di kulit wajah. Bukan sekadar menyamarkan noda hitam seperti make up, manfaat wortel akan menghilangkan flek hitam di wajah Anda secara permanen. Tidak hanya itu saja, selain dapat menghilangkan flek hitam pada kulit wajah, wortel dapat meratakan warna kulit yang selama ini tidak merata.

6. Mencegah Penuaan Dini

Garis halus dan kerutan adalah tanda-tanda penuaan yang biasanya dihidnari oleh para wanita. Manfaat wortel untuk wajah ternyata bisa membantu Anda untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini tersebut, loh!

Buatlah masker alami anti-aging sendiri dari manfaat wortel. Yang Anda perlukan adalah setengah batang wortel yang sudah dihaluskan, 1 sendok makan madu murni, 2 kapsul Vitamin C yang sudah dihaluskan dan sedikit air. Campurlah semua bahan ini sampai menjadi pasta yang kental, lalu gunakan pasta ini sebagai masker pada wajah dan leher Anda.

7. Melembabkan Kulit Wajah

Punya kulit wajah yang kering?  Bagaimana kalau Anda merasakan manfaat wortel sebagai pelembab alami untuk kulit wajah kering Anda?

Begini caranya:

  • Campurkan 1 sendok makan wortel yang sudah dihaluskan dengan 10 tetes minyak almond dan 1 sendok makan mentimun yang sudah diparut
  • Aplikasikan masker alami buatan Anda ini ke seluruh bagian wajah dan diamkan selama 15 menit
  • Gunakan masker wortel ini sebagai pelembab alami setidaknya 2-3 kali dalam seminggu
  • Setelah memasker wajah, Anda tetap diperkenankan untuk menggunakan produk pelembab wajah lainnya

8. Menyerap Minyak Berlebih

Bukan hanya untuk melembabkan wajah saja, tetapi ada juga manfaat wortel untuk wajah yang berminyak, lho. Manfaat  wortel ternyata dapat menyerap minyak berlebih pada wajah. Tentu saja Anda harus menambahkan beberapa bahan lainnya untuk membuat masker wortel khusus wajah berminyak.

Bahan yang diperlukan adalah 1 sendok makan wortel yang sudah dihaluskan, 1 sendok makan jus buncis, dan 1 sendok makan air perasan lemon. Setelah semua bahan sudah tercampur rata, aplikasikan masker ini ke wajah dan leher. Diamkan masker selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

9. Mengurangi Kemerahan dan Bekas Luka

Jus wortel memiliki kandungan beta karoten yang tinggi, yang dimana diubah menjadi retinol, yaitu salah satu bahan alami pembuat vitamin A. Vitamin A sangat dibutuhkan bagi kulit untuk meremajakan, mencerahkan, dan menenangkan kulit.

Anda bisa mencampur cairan jus wortel dengan 2 sendok oatmeal dan satu sendok madu agar teksturnya menjadi campuran yang padat. Setelah itu usapkan ke wajah dengan dijadikan masker dan diamkan selama 20 menit kemudian bilas.

10. Menstimulasi Produksi Kolagen

Semakin tua produksi kolagen dalam tubuh akan makin berkurang. Kolagen adalah zat yang membuat kulit kencang, elastis, dan sehat. Maka dari itu kita perlu untuk mengonsumsi makanan yang dapat membantu menambah produksi kolagen, salah satunya manfaat wortel. Menurut Ahli nutrisi Anna Mitsios, kandungan vitamin C yang tinggi dalam jus wortel dapat bekerja untuk menstimulasi produksi kolagen dalam kulit serta menjaga elastisitas kulit.

 

Berbagai Manfaat Wortel yang Bisa Dipakai Sebagai Masker

manfaat wortel

Sudah tahu kan manfaat  wortel yang bisa kita aplikasikan ke wajah cantik Anda? Saat ini, kita akan membahas  bagaimana cara pembuatan masker yang terbuat dari manfat wortel. Begini langkah-langkahnya:

  • Siapkan 1-2 buah wortel segar, lalu bersihkan kulitnya, kemudian cuci sampai bersih
  • Langkah selanjutnya parut wortel atau blender sampai halus, setelah halus tuangkan pada wadah bersih atau mangkuk. Sampai disini masker wortel sudah jadi dan siap di gunakan
  • Setelah itu, cuci muka Anda sampai bersih, baru kemudian aplikasikan masker wortel tadi ke seluruh permukaan kulit wajah hingga merata
  • Biarkan masker wortel menempel kurang lebih selama 15-30 menitan, sambil menunggu proses penyerapan masker, bisa melakukan relaxsasi dan di temani dengan jus wortel yang juga menyehatkan tubuh dari dalam
  • Setelah kering, bersihkan kembali wajah Anda dengan air dingin sampai bersih dari sisa kotoran yang menempel, lalu keringkan dengan handuk bersih.

Selain wortel Anda juga bisa menambahkkan bahan alami lainnya, seperti air jeruk nipis atau lemon, madu murni, minyak zaitun dan lain-lain.

1. Masker Wortel dan Madu Murni

Kombinasi antara manfaat wortel dan madu adalah bahan yang serasi untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Madu murni akan membantu melengkapi kebutuhan nutrisi kulit wajah anda. Begini caranya:

  • Siapkan wortel yang sudah di haluskan lalu tambahkan 1-2 sendok makan madu murni aduk sampai rata dan kental seperti pasta
  • Setelah itu maskr siap digunakan, tapi sebelumnya cuci muka terlebih dulu untuk membbersihkan debu dan kotoran yang menempel pada kulit wajah
  • Aplikasikan masker ke seluruh kulit wajah hingga merata dan miarkan masker menempel selama 20 menitan kemudian bersihkan kembali wajh anda dengan air lalu keringkan menggunakan handuk bersih
  • Lakukan perawatn ini setiap hari

2. Masker Wortel dan Lemon

Lemon memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang cukup tinggi yang mampu membersihkan kulit wajah serta menyerap kotoran dan minyak yang berlebihh pada kulit, sehingga kulit akan nampak lebih cerah dan bersih ternutrisi. Cara membuatnya seperti ini:

  • Siapkan 1 buah lemon segar atau jeruk nipis juga bisa, karena kandungannya hampir sama dengan lemon
  • Setelah bahan di siapkan, belah jeruk lemon dan peras airnya lalu campurkan dengan masker wortel yang sudah di siapkan, aduk sampai rata
  • Cuci wajah Anda dengan sabun pencuci wajah sampai bersih lalu keringkan dengan handuk
  • Setelah itu aplikasikan masker ke seluruh permukaan kulit wajah anda hingga merata
  • Biarkan masker menempel selama 20-30 menitan baru kemudian bersihkan wajah anda dengan air bersih dan keringkan dengan handuk

3. Masker Wortel Dengan Putih Telur

Putih telur mampu mengencangkan kulit wajah yang kendur dan membantu membersihkan wajah dari flek hitam, noda bekas jerawat, komedo, dan menghaluskan kulit kering akibat paparan sinar matahari. Ini dia cara membuatnya:

  • Siapkan 1 butir telur ayam kampung yang masih baru
  • Pecahkan telur ke dalam wadah dan gunakan putih telurnya saja
  • Campurkan putih telur dengan masker wortel dan aduk sampai rata dan mengental
  • Setelah itu masker siap di gunakan, tapi sebelumnya cuci wajah Anda sampai bersih baru kemudian terapkan masker ke wajah anda hingga rata
  • Kemudian bersihkan kembali dengan sabun pencuci wajah untuk menghilangkan bau amis dari telur

Siapkah merasakan sensasi manfaat wortel untuk wajah cantik Anda? ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *