Segarnya Manfaat Buat Semangka untuk Cantikmu

manfaat buah semangka

Kalau lihat merahnya buah semangka di siang hari, pasti kita akan langsung tergoda untuk memakannya. Terutama disaat musim panas, tentu buah semangka akan menjadi primadonya! Tahukah Anda, bahwa buah semangka ternyata tidak hanya bisa melegakan tenggorakan Anda yang kegerahan? Tapi juga bisa meremajakan wajah cantik Anda?

Jika Anda penggemar buah semangka, buah ini sangat bagus untuk wajah Anda. Dikenal sebagai buah super cool di musim panas, semangka memiliki kadar sebanyak 93% air dan beberapa vitamin di dalamnya. Terdengar tidak biasa memang, tapi manfaat buah semangka ini bisa digunakan untuk meningkatkan kecantikan Anda. Manfaat buah semangka kaya akan antioksidan sehingga bisa mencegah penuaan kulit wajah Anda. manfaat buah semangka juga bisa dianggap sebagai toner alami dan bagus untuk mengangkat sel kulit mati.

Siapa sangka juga bahwa manfaat buah semangka bisa digunakan untuk melindungi wajah Anda dari kerusakan akibat sinar matahari, melembapkan kulit, dan juga manfaat buah semangka ini membantu Anda terlihat lebih segar dan awet muda. Amaze!

Kandungan Vitamin dalam Semangka

manfaat buah semangka

Semangka dikenal sebagai salah satu makanan paling sehat di planet ini. Hampir seluruh kandungan buah semangka ini mengandung air, tapi juga ada juga sumber lain seperti karbohidrat, mineral, dan juga vitamin. Vitamin yang terkandung di dalamnya seperti vitamin A dalam bentuk karotenoid, vitamin B1, vitamin B6, dan vitamin C. Nah, kandungan ini dianggap sebagai sumber manfaat buat semangka yang sangat baik. Namun ada juga kandungan seperti tembaga, potassium, magnesium, biotin, dan asam pantotenat.

Manfaat Buah Semangka untuk Kecantikanmu

manfaat buah semangka

Beauty is pain? Memang benar, tetapi kalau sampai harus mengeluarkan biaya yang sangat mahal, pasti Anda pikir-pikir dulu sebelum melakukan perawatan wajah. Bagaimana kalau perawatan wajah dengan bahan-bahan alami seperti merasakan manfaat buah semangka yang masih belum banyak orang yang tahu? Maukah jadi orang yang merasakan segarnya manfaat buah semangka yang satu ini?

  • Toner

Manfaat buah semangka ini bisa digunakan sebagai toner. Jus buah semangka yang berwarna merah adalah zat alami dan secara signifikan memperbaiki penampilan kulit. Pijat wajah Anda dengan lembut dari irisan buah semangka ini, lalu bisa dengan air bersih. Buah ini tentu akan membuat wajah Anda tetap terhidrasi denga baik.

  • Kontrol Minyak pada Kulit

Vitamin A dalam semangka mengurangi ukuran pori-pori kulit dan meminimalkan skresi minyak dari kelenjar. Buat Anda yang memiliki kulit berminyak harus berteman dengan buah semangka ini. Menempelkan irisan semangka pada wajah sebanyak 2x dalam sehari, akan membawa hasil yang baik untuk kita-kita yang memiliki kulit berminyak.

  • Meremajakan dan Merevitalisasi Kulit

Oleskan jus semangka setiap hari pada kulit untuk meremajakan dan merevitalisasinya. Anda juga bisa menambahkan madu untuk membuat masker wajah dan bersihkan dengan air dingin selama 15 menit. Ini akan menambahkan kesegaran instan di wajah dan menghilangkan semua kepenatan dan stress dalam beberapa menit saja. Buah semangka ini juga bekerja sebagai anti –gaining pada perawatan kulit Anda.

  • Buat Tampilan Lebih Muda

Ambil satu cangkir bubur semangka dan oleskan pada wajah dan leher Anda. manfaat buah semangka ini akan memberikan tampilan yang sejuk, bersih, dan muda. Kotoran dan polusi yang menutup pori-pori kulit Anda dan membuatnya terlihat kusam.

Untuk mendapatkan kembali tampilan yang fresh, cukup gunakan semangka dalam bentuk beku. Cukup gosok semangka dan daun mint beku mejadi es batu di seluruh wajah. Ini membuat pori-pori dan membuat kulit Anda terlihat segar.

  • Untuk Kulit yang Bercahaya dan Lembut

Ambil jus semangka dan yogurt, campurkan keduanya. Oleskan pada wajah dan leher Anda selama 10 menit, lalu bilas dengan air dingin.

Semangka dapat digunakan untuk melembapkan dan menyembuhkan kulit Anda. sementara asam laktat dan enzim yang ada dalam yogurt akan mengangkatku sel-sel kulit mati dan membersihkannya.

  • Menghilangkan Kerutan Wajah

Karena semangka penuh dengan antioksidan, ini mencegah kerusakan akibat radikal bebas dan mengurangi tanda-tanda penuaan kulit.

Campur jus semangka dan alpukat tumbuk. Oleskan masker ini di wajah Anda sekitar 20 menit. Cuci dengan air hangat. Masker ini adalah kombinasi antara anti penuaan yang hebat untuk perawatan kulit Anda.

  • Sebagai Exfoliator

Semangka adalah exfoliator kulit yang sangat baik karena kaya akan malic acid. Jika ingin mengelupas sel kulit mati Anda, cukup gosok buah semangka yang berbentuk pasta, tempelkan pada wajah Anda, bersihkan dengan cara dicuci setelah 20 menit.

  • Mengatasi Jerawat

Kalau Anda memiliki jenis kulit yang rentan terhadap masalah jerawat, maka solusi alaminya adalah melakukan perawatan dengan masker semangka. Buah ini kaya akan vitamin dan enzim yang memberikan efek segar pada kulit yang mengalami inflamasi atau peradangan. Memijat kulit dengan masker semangka merupakan cara alami yang rupanya cukup efektif untuk menyembuhkan jerawat. Selain itu jerawat, kandungan vitamin C pada semangka juga bisa mengurangi noda bekas jerawat yang membandel.

 

Kulit Buah Semangka pun Punya Khasiat untuk Tubuhmu!

manfaat buah semangka

Kebanyakan orang memanfaatkan buah semangka hanya untuk memakan dagingnya dan membuang kulitnya begitu saja. Tapi ternyata kulitnya bermanfaat karena memiliki zat antioksidan yang bagus untuk wajah dan tubuh. Apakah Anda termasuk yang suka membuang kulit semangka?

Kadar Likopen pada kulit semangka mampu melindungi Anda dari efek buruk radikal bebas yang merangsang penuaan dini pada kulit Anda. Masker kulit semangka bisa membuat wajah Anda terlihat lebih segar dan meringkas pori-pori. Jika digunakan secara rutin dan teratur, masker dari kulit semangka kabarnya bisa menyamarkan flek hitam yang ada di wajah. Kandungan vitamin pada kulit semangka bisa membantu kulit wajah Anda pulih setelah ditumbuhi jerawat.

Masker kulit semangka dapat dibuat dengan cara menjemurnya sampai kering kemudian digiling. Gilingan ini bisa diaduk dengan air atau campuran lidah buaya dan mentimun. Masker ini dapat digunakan 2 atau 3 kali dalam seminggu. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 sampai 20 menit. Setelah itu rasakan perbedaannya. Kulit akan terasa lebih lembut dan kencang.

Tak hanya kulitnya, pasti kalian sudah tahu selain rasanya yang enak daging dari semangka ini banyak memiliki manfaat. Semangka merupakan sumber makanan yang kaya akan likopen, vitamin C dan A. Semua nutrisi ini dapat mengurangi paparan radikal bebas yang dapat menyebabkan garis-garis halus, keriput dan bintik-bintik hitam pada kulit. Kandungan antioksidan dalam semangka juga mengurangi deposito radikal bebas dalam tubuh dan mencegah semua tanda-tanda penuaan kulit. Anda dapat menggunakan semangka sebagai masker dan mengonsumsi buahnya untuk mendapatkan hasil terbaik.

Memijat kulit dengan masker semangka setiap hari adalah obat alami untuk menyembuhkan jerawat. Jika Anda rentan terhadap jerawat, gunakan semangka untuk mengatasi masalah kulit Anda.

Ini adalah beberapa manfaat kecantikan dari buah semangka. Masukkan sepotong kapas ke dalam jus semangka dan oleskan pada wajah setelah membersihkannya terlebih dahulu. Biarkan selama 15 menit dan kemudian bilas dengan air dingin. Jika Anda ingin membuat masker wajah dengan menggunakan buah semangka, jangan lupa tambahkan madu atau yogurt untuk mendapatkan hasil terbaik. Kemudian oleskan merata pada wajah dan leher.

 

Konsumsi Biji Buah Semangka juga Bermanfaat?

manfaat buah semangka

Semangka adalah buah kaya air yang super nikmat disantap sebagai pencuci mulut. Semangka memang dikenal punya banyak sekali manfaat kesehatan. Jika biasanya yang dikonsumsi adalah buahnya, maka kini kamu wajib mencoba bijinya.

Siapa yang menyangka jika biji semangka ternyata punya banyak sekali manfaat untuk tubuhmu Ladies. Biji semangka mengandung sejumlah bahan gizi yang meliputi asam lemak, protein esensial dan banyak mineral. Biji ini penuh dengan vitamin B, tiamin, niacine, folat dan mineral seperti magnesium, kalium, zat besi, zinc, fosfor dan tembaga. Biji semangka juga merupakan sumber kalori yang sehat. Sekitar 100 gram biji semangka mengandung sekitar 600 gram kalori. Tak cuma itu saja, biji semangka juga kaya serat yang akan memperlancar saluran pencernaan.

Biji semangka bermanfaat untuk membantu pengobatan pasien yang menderita hepatitis dan peradangan dalam tubuh. Ini karena biji semangka mengandung zat citrulline, yang bertindak sebagai antioksidan yang tinggi. Berikut ini adalah cara mengolah biji semangka untuk mendapatkan manfaat sehatnya.

  • Ambil sekitar 20-30 biji semangka dan haluskan.
  • Rebus selama kurang lebih 15 menit dalam 2 liter air.
  • Minuman ini bisa dikonsumsi selama 2 hari dan berhentilah di hari yang ketiga.
  • Lakukan prosedur ini selama beberapa minggu dan rasakan manfaatnya untuk tubuh.

Selamat mencoba!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *