Selain Rasanya Enak, 7 Manfaat Buah Alpukat Juga Baik Untuk Wajah

manfaat buah alpukat

Manfaat buah alpukat tidak hanya untuk membantu program diet Anda, tapi juga bagus untuk wajah Anda. Buah super satu ini adalah salah satu buah yang kaya akan anti anging dan mampu melindungi kulit dengan sangat baik.

Penelitian yang dilakukan di Washington University School of Medicine St Louis menemukan bahwa kandungan nutrisi dalam buah alpukat mampu membuat kulit mejadi lebih terawat, lebih halus, dan bebas dari berbagai masalah termasuk jerawat. Para penelitian juga mengungkapkan jika nutrisi yang terkandung  di dalam manfaat buah alpukat bisa menurunkan risiko penuaan dini hingga 35 persen.

manfaat buah alpukat

Anda bisa merasakan manfaat buah alpukat sebagai masker. Vitamin dan lemak sehat yang terkandung di dalam buah alpukat lah yang dipercaya mampu menutrisi kulit dengan baik. Tak hanya merawat di mana kulit lebih halus, alpukat ini juga berfungsi untuk membuat kulit menjadi lebih cerah, lebih segar, dan terhindar dari masalah kulit kering, keriput, juga kusam.

Shin Ichiro Imai, MD, PHD, seorang professor di Washington University School of Medicine St Louis mengatakan, “buah alpukat adalah buah yang sangat baik untuk menjaga kesehatan serta kecantikan kulit. Memakai masker buah alpukat secara rutin sekaligus mengonsumsinya akan membuat kulit tampak lebih mudah, sehat, dan terawat. Buah ini juga merupakan anti-aging terbaik yang bisa menjamin kulit agar terlihat lebih muda dan jauh dari masalah penuaan dini.”

Ingin tahu lebih detail apa saja manfaat buah alpukat yang baik untuk wajah cantik Anda?

1. Menjaga Kulit Tetap Sehat

Alpukat memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak seperti vitamin K, vitamin E, Seng, Zat Besi, Tembaga, dan lainnya. Nutrisi-nutrisi inilah yang dapat menjaga kesehatan kulit Anda. kesehatan tidak hanya berguna untuk kesehatan fisik tapi juga wajah. Manfaat buah alpukat yang satu ini bisa Anda rasakan dengan selalu rajin menggunakan masker alpukat.

2. Melembapkan Kulit

Kandungan mineral di dalam alpukat berperan dalam manfaat alpukat untuk wajah kering. Kulit yang lembap akan terlihat lebih sehar dan segar, sehingga orang yang melihatnya pun juga senang. Selain itu, alpukat dapat menjaga kelembapan kulit dengan waktu yang cukup lama, sehingga Anda tidak perlu menambahkan make up untuk melembapkan kulit.  Manfaat buah alpukat yang satu ini bisa Anda rasakan dengan selalu rajin menggunakan masker alpukat.

3. Mencegah Penuaan

Salah satu kandungan dalam buah alpukat adalah kolagen. Apabila Anda rutin menggunakan masker alpukat maka kandungan kolagen akan membantu Anda dalam mencegah penuaan dini. Kolagen dapat mencegah timbulnya kerutan di tempat-tempat tertentu, seperti ujung mata. Sehingga masker alpukat sangat cocok jika digunakan wanita dewasa agar wajah selalu kencang.

4. Mengatasi Age Spot

Buah alpukat mengandung sterolins yang cukup tinggi. Kandungan ini dapat mengurangi age spot. Manfaat buah alpukat yang satu ini bisa Anda rasakan dengan selalu rajin menggunakan masker alpukat. Kerutan akan berkurang dengan masker wajah dari alpukat ini.

5. Menjaga Kekenyalan Kulit

Kandungan yang cukup tinggi dari alpukat adalah mineral dan kalium. Kedua kandungan ini sangat bermanfaat untuk menjaga kecantikan wajah. Kulit akan terjaga elastisitasnya sehingga kulit akan terhindar dari kerusakan. Selain itu, wajah yang kenyal membuat kita elbih segar dan muda. Manfaat buah alpukat yang satu ini bisa Anda rasakan dengan selalu rajin menggunakan masker alpukat.

6. Membersihkan Kotoran di Kulit

Ketika kita menggunakan masker dari alpukat, wajah akan istirahat sehingga saraf-sarafnya akan lebih tenang. Setelah masker selesai digunakan, maka masker harus dibersihkan dengan air dingin. Hal ini yang membuat kotoran dalam wajah akan ikut terbuang atau terangkat. Jika kotoran wajah sudah hilang, maka wajah akan terhindari dari tilmbulnya jerawat.

7. Membuat Wajah Lebih Bersinar

Masker alpukat ini memiliki kandungan yang dapat membuat wajah lebih bersinar dan bercahaya. Selain karena kotoran yang hilang, kulit telah diremajakan dengan masker alpukat sehingga pancaran akan keluar dari wajah Anda. hal ini akan menambah aura Anda menjadi lebih menarik.

 

Wajah Berjerawat? Masker Alpukat Solusinya!

manfaat buah alpukat

Tidak hanya menyehatkan karena mengandung lemak sehat dan berbagai vitamin saja. Ternyata, manfaat buah alpukat ini juga ampuh menumpas bekas jerawat yang bandel. Nggak heran banyak kosmetik yang menjadikan alpukat sebagai bahan utamanya. Ingin tahu apa saja resep rahasia untuk wajah berjerawat dengan manfaat buah alpukat?

1. Masker Alpukat untuk Wajah Jerawat

Manfaat Buah uah Alpukat membantu untuk memerangi jerawat dan menghaluskan kulit karena buah Alpukat mengandung vitamin E yang tinggi.

Selain itu manfaat buah Alpukat memiliki kandungan vitamin K dan C yang membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk memerangi bakteri penyebab jerawat. Hal ini juga membantu untuk menjaga kulit lembab dan terhidrasi karena Alpukat memiliki zat asam lemak omega 6 yang bernama asam linoleat. Alpukat membantu menenangkan sakit pada jerawat dan iritasi.

Selain itu, buah alpukat memiliki senyawa antioksidan seperti Tiamin, riboflavin, biotin, niasin, patothenic asam serta lainnya B-vitamin yang melawan radikal bebas yang penyebab jerawat.

Caranya:

  • Ambil alpukat matang lalu blender untuk sampai halus
  • Kemudian, oleskan pada bagian yang terkena jerawat pada kulit wajah
  • Biarkan  selama beberapa menit sampai benar-benar kering
  • Lalu, cuci dengan air bersih dan keringkan dengan handuk yang bersih

2. Alpukat dan Putih Telur

Masker Alpukat dan putih telur ini dapat mengobati jerawat karena mengurangi  pori-pori Kulit,sehingga membuat jerawat lenyap .

Masker Alpukat dan putih telur tersebut juga membantu membersihkan kulit dengan mengangkat kotoran dari pori-pori dan menghilangkan wajah berminyak yang menyebabkan jerawat.

Caranya:

  • Jus alpukat atau blender sampai halus untuk membuatnya jadi masker lalu campur dengan putih telur.
  • Oleskan pada wajah setelah itu dan biarkan mongering
  • Terakhir, membilas dengan air dan tepuk kulit dengan handuk sampai kering
  • Ulangi cara ini secara teratur agar cepat menghilangkan jerawat

3. Alpukat dengan Jus Lemon dan Madu

Jus lemon dalam masker ini juga membantu untuk mengobati jerawat karena mengandung agen antibakteri dan zat alami yang bekerja sebagai exfoliant memudar sel kulit mati lebih cepat dan mencegah pori-pori.

Caranya:

  • Kupas Alpukat matang dan blender atau tumbuk untuk jadi masker
  • Selanjutnya, tambahkan jus lemon segar diekstraksi (1-2 l ), air hangat secukupnya bersama dengan madu (1 sdt)
  • Kemudian, oleskan campuran tersebut pada kulit wajah yang terkena jerawat secara melingkar
  • Setelah sekitar 20 menit, anda dapat membilasnya menggunakan air bersih dan keringkan
  • Anda dapat menyimpan sisa pasta masker dalam wadah kedap udara di lemari es.
  • Untuk mendapatkan hasil terbaik, menerapkan masker ini secara rutin sampai jerawat hilang

4. Gunakan Alpukat dan Bubuk Kopi Asli

Hal ini juga cara lain untuk menggunakan alpukat untuk jerawat. Kopi adalah bahan bagus digunakan untuk membuat  jerawat hilang. Bubuk kopi  berfungsi sebagai peredam minyak alami yang baik dan merangsang kulit untuk mencegah jerawat.

Caranya:

  • Semua yang harus Anda lakukan adalah masker alpukat dan selanjutnya mencampurnya dengan kopi bubuk (2-3 sendok teh).
  • Oleskan  campuran ini pada kulit yang terkena jerawat gosok dengan lembut selama beberapa menit.Tunggu selama tiga menit dan kemudian bilas dengan air lalu keringkan.
  • Ulangi langkah  proses ini rutin untuk hasil terbaik dalam menghilangkan jerawat.

5. Alpukat dan Madu

Selain alpukat, Madu mengandung senyawa yang banyak seperti antibiotik alami, penuh dengan antioksidan, vitamin dan mineral,anti radang, antiseptik, anti bakteri yang alami dan cepat menyembuhkan  jerawat.

Alpukat dan madu membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat karena bekerja sebagai antibiotik alami.

Untuk membuat penggunaan alpukat dan madu untuk jerawat, ikuti resep di bawah ini:

  • Pertama, gunakan air untuk membersihkan wajah Anda sampai kering
  • Ambil alpukat dan blender sampai halus . Kemudian, tambahkan madu l (1 sendok makan) dan aduk untuk membentuk pasta atau masker halus
  • Setelah itu, oleskan masker alpukat dan madu ini pada kulit yang terkena jerawat dan biarkan selama sekitar 15 sampai 20 menit
  • Gunakan air hangat untuk bilas dan kering wajah Anda sebelum menerapkan pelembab
  • Ulangi proses ini secara berkala untuk mempercepat penyembuhan jerawat

6. Alpukat dan Zaitun

Pada dasarnya, minyak zaitun bertindak sebagai zat alami yang membersihkan kulit wajah berminyak ,kotoran, bakteri, serta racun lainnya yang menyebabkan jerawat.

Minyak zaitun juga mengandung  anti-virus, anti-septic dan antibakteri, sehingga mereka membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat. Kehadiran ricinoleic asam dalam minyak tersebut mengurangi pembengkakan, peradangan dan kemerahan pada jerawat.

Minyak zaitun  menghambat perkembangan mikroba berbahaya yang menyebabkan jerawat.  Minyak zaitun juga sumber yang kuat dari vitamin E, anti-oksidan, dan mineral lain dan vitamin yang bermanfaat meningkatkan kesehatan kulit.

Caranya:

  • Rebus air dan membawanya dalam keadaan mendidih beruap. Kemudian  meletakkan wajah dekat Uap
  • Kemudian, menyiapkan tiga bagian minyak kastor dan tujuh bagian dari alpukat
  • Aduk dan pijat di gerakan melingkar di wajahAnda
  • Biarkan campuran ini dalam semalam dan pagi berikutnya, membersihkan wajah Anda dengan bantuan scrub wajah ringan. keringkan dan ulangi secara teratur.

7. Makan Alpukat dan Oatmeal

Oatmeal bermanfaat untuk mengelupas, memudar racun dari kulit yang menyumbat pori-pori. Oatmeal juga menghilangkan sel-sel kulit mati dan kering untuk mencegah jerawat. Selain itu, oatmeal mengurangi pembengkakan, iritasi dan kemerahan yang disebabkan karena jerawat karena mengandung anti-inflamasi . Dan memiliki sifat-sifat anti-mikroba yang membunuh bakteri yang menyebabkan kulit wajah berjerawat .

Oatmeal juga memiliki kandungan magnesium, mangan, fosfor, Seng dan selenium, yang membantu memulihkan keseimbangan hormon dan mengatur produksi minyak. Selain itu, oatmeal mengandung folat dan vitamin B1, B2, B3, B6 dan B9, yang diperlukan untuk regenerasi sel kulit. Oatmeal mengandung polisakarida yang bermanfaat memelihara kulit, menjaga kulit agar tetap  elastis.

Caranya:

  • Masker alpukat matang dan campur dan aduk dengan oatmeal (½ cangkir) untuk membuat jadi pasta
  • Kemudian, oleskan pasta ini pada bagian kulit wajah yang terkena jerawat dengan lembut gosok selama beberapa menit
  • Lalu bilas menggunakan airhangat
  • Proses ini harus dilakukan secara teratur agar cepat mengatasi jerawat.

8. Alpukat dan Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh di resep ini memiliki senyawa antibakteri dan antimikroba  yang bertindak melawan bakteri yang menyebabkan jerawat. Zat Minyak pohon teh dapat menembus jauh ke dalam kulit  dan membantu untuk menghilangkan  bakteri sehingga mengurangi jerawat.

Selain itu, minyak pohon teh bertindak sebagai pelarut yang berguna menghilangkan lemak dan kotoran debu pada kulit wajah dan efektif untuk perlindungan kulit wajah.

Caranya:

  • Pertama, campur minyak pohon teh (4 bagian) dengan  minyak alpukat
  • Selanjutnya, cuci muka dengan air bersih dahulu sampai kering dan kemudian oleskan minyak alpukat dan minyak pohon teh tersebut dan pijat dengan lembut dalam gerakan melingkar pada jerawat.

9. Alpukat dan Kayu Manis

Seperti madu, kayu manis juga mengandung sifat anti-mikroba yang dapat menghentikan pertumbuhan jamur dan bakteri yang menyebabkan jerawat.

Caranya:

  • Siapkan 2 sendok makan Pure alpukat, 1 sendok makan madu, 1/4 sdt bubuk kayu manis, dan 1 sendok teh bubuk kakao
  • Campur semua bahan bersama-sama dan hati-hati menerapkan pada wajah & leher, Hindari daerah mata
  • Tunggu sampai sekitar setengah jam dan kemudian bilas menggunakan air hangat
  • Terus menerapkan masker ini satu kali seminggu sampai jerawat hilang

10. Masker Alpukat dan Tomat

Dengan kandungan anti-oksidan yang tinggi, tomat mampu melawan radikal bebas yang menyebabkan jerawat. asam alami dalam tomat mengembalikan keseimbangan minyak alami kulit.

Tomat dapat melembabkan kulit, membuatnya halus dan lembut . Tomat juga membantu memelihara kulit dan mengecilkan pori-pori karena mengandung vitamin A, B1, B2, B3, B6, C, E, dan K. Selain itu, tomat juga mengandung potasium, zat besi, serta nutrisi lainnya yang mendukung Kesehatan Umum dan kesehatan kulit.

Caranya:

  • Pertama, Haluskan buah Alpukat dengan tomat lalu pada sebuah wadah, masker alpukat dan tomat bersama-sama di aduk dengan baik sebelum menerapkan pada wajah
  • Tunggu selama sekitar 40 menit dan cuci dengan menggunakan air hangat. ulangi secara rutin untuk menghilangkan jerawat pada kulit wajah.

11. Minyak Alpukat

Minyak Alpukat membantu memudar sel kulit mati, wajah kotor dan berminyak. Sehingga membantu untuk mengobati jerawat dan masalah kulit lainnya karena mengandung vitamin A, E, B dan D yang penting untuk tubuh.

Caranya:

  • Pertama, gunakan pembersih wajah yang ringan air untuk membersihkan wajah Anda dahulu
  • Kemudian, mengambil beberapa tetes minyak alpukat dan oleskan pada wajah. Pijat dengan lembut dalam gerakan melingkar pada kulit wajah yang berjerawat
  • Setelah 25 menit, lap dengan bantuan handuk basah hangat. Menggunakan scrub ringan dan bilas wajah menggunakan air.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *