Singkirkan Kulit Kusam Dengan Beras Putih!

skin.co.id Singkirkan Kulit Kusam Dengan Beras Putih!

Banyak perempuan di beberapa negara asia memiliki kesehatan yang baik karena mereka mengambil khasiat dan manfaat dari alam. Wanita jepang dan china mengambil kebaikan alam untuk digunakan sebagai pencegah kanker hingga perawatan kulit.

Sudah pasti banyak orang yang penasaran dengan rahasia kulit mulus bak porselen yang dimiliki oleh orang korea dan jepang bukan? Banyak orang mungkin termasuk Anda mengira bahwa untuk mendapatkan kulit seperti mereka, Anda harus merogoh kocek terlalu dalam. Padahal tahukah Anda bahwa perawatan mereka berasal dari bahan atau makanan yang Anda temukan setiap hari?

Beras, adalah makanan pokok bagi orang Indonesia yang juga digunakan sebagai salah satu bahan perawatan kulit terbaik wanita Asia. Bahkan, penelitian terbaru menemukan bahwa beras dapat mengurangi peradangan pada kulit kering yaitu eksim.

Menurut Dr. Rosenberg, seorang doktor dari Georgetown University School of Medicine yang juga ahli di bidang kesehatan dan perawatan kulit terutama anti-aging, beras yang digunakan secara benar dapat merubah tekstur kulit, meningkatkan kecerahan dan menghaluskan kulit serta menghilangkan bintik dan noda gelap di wajah. Selain itu, beras juga kaya akan vitamin E dan asam linoleat yang sangat bermanfaat bagi kulit.

Agar mendapatkan manfaat yang maksimal, Anda harus mengubah beras menjadi dalam beberapa bentuk. Anda bisa mengubahnya menjadi bubuk halus, mengambil sari pati , dan minyak beras yang sudah dihaluskan (dedak beras). Tiga bentuk olahan beras tersebut biasanya digunakan sebagai pelembab dan kadang sebagai bahan antioksidan bagi kulit.

Bubuk Beras Yang Dihaluskan

Untuk membuat kulit lebih lembut, mengecilkan pori-pori, dan memancarkan cahaya pada kulit wajah dan menyingkirkan kulit kusam, Anda bisa menggunakan beras yang dihaluskan sebagai peeling atau scrub wajah. Anda bisa menggunakannya pada wajah yang agak basah dan memijatkannya ke wajah secara merata dengan gerakan melingkar.

Air Beras

Saat Anda memasak beras, janganlah langsung untuk membuang airnya. Air beras sangat kaya akan mineral dan vitamin terutama untuk kulit dan rambut. Selain itu, air beras membantu menyembuhkan jerawat dan meredakan kemerahan di wajah Anda. Air tersebut juga bersifat sebagai astringen yang mengencangkan pori-pori.

Anda dapat mengambil air beras dengan menyaringnya dalam wadah terpisah dan letakkan di lemari es hingga dingin. Setelah dingin, Anda bisa mengambil lap yang bersih khusus wajah. Tepuk-tepuk ringan ke kulit wajah secara merata dan lakukan beberapa kali hingga wajah benar-benar basah. Biarkan kulit mengering dengan sendirinya dan lakukan dua kali dalam seminggu. Berikut beberapa cara untuk membuat air beras:

Langkah 1

Anda bisa menggunakan beras putih dalam berbagai merek. Siapkan wadah kedap udara dan tuangkan sekitar 4 sendok makan beras yang belum dimasak (mentah).

Langkah 2

Tuangkan sejumlah air putih ke dalam wadah. Dan disarankan menggunakan air yang dingin dan fresh dari kulkas karena dalam keadaan dingin beras akan maksimal dalam mengecilkan pori-pori.

Langkah 3

Tutup wadah tersebut dan kocok-kocok ringan sebentar. Biarkan air beras tadi kurang lebih untuk 10 menit.

Langkah 4

Air beras akan terlihat berwarna putih susu setelah 10 menit dan Anda tidak akan bisa melihat butiran beras di bawah air. Pisahkan butiran beras tersebut dan airnya.

Langkah 5

Ambil beberapa lembar kapas atau paper towel dan rendam sebentar di air beras tersebut dan tepuk secara lembut pada wajah Anda. Lakukan secara merata ke seluruh wajah dan biarkan mengering. Dan setelah mengering, usapkan kembali di wajah Anda untuk beberapa kali.

Anda bisa menyimpan sisa air beras dan menggunakannya kembali saat Anda ingin melakukannya. Simpan di tempat dingin.

Minyak Beras

Kandungan asam linoleat yang juga mengandung squalene, sebuah antioksidan yang tinggi selain terdapat pada beras juga terdapat pada minyak hati ikan hiu. Zat ini mampu meningkatkan produksi kolagen pada kulit dan mengatasi kerutan di wajah. Squalene juga mampu mengatasi kerusakan kulit akibat sinar matahari. Minyak beras juga mengandunng vitamin E sehingga sangat baik untuk menghaluskan kulit dari luar.

Berikut beberapa manfaat beras untuk kulit Anda:

Menampilkan Wajah Yang Sempurna

Beras memiliki kandungan pelembab alami, antioksidan, dan penyerap sinarUV matahari. Kandungan tersebut secara bersamaan dapat mencegah pembentukan melanin dan bintik-bintik noda akibat bertambahnya usia sehingga kulit Anda akan tampil sempurna dan bebas kusam.

Beras juga kaya akan vitamin B kompleks yang disebut inositol yang mampu meningkatkan pertumbuhan sel, memperlambat proses penuaan, dan merangsang aliran darah ke kulit sehingga bisa mengancangkan pori-pori dan membuat wajah Anda bersinar.

Menenangkan Iritasi Pada Kulit

Sifat menenangkan air beras mampu menjadi obat yang efektif untuk ruam dan kondisi kulit iritasi atau sakit lainnya. Dalam sebuah studi dermatologi di Brussels University, pasien dengan dermatitis atopik (peradangan kronis pada kulit) mengalami peningkatan perbaikan kulit hingga 20% setelah mandi selama 15 menit dengan air beras dua kali sehari. Air beras kaya akan vitamin dan mineral seperti allantoin dan asam ferullic sehingga mampu meredakan efek peradangan anti kulit.

Memutihkan Kulit

Karena beras mampu menyingkirkan kulit kusam, beras secara otomatis dapat memutihkan kulit Anda dari waktu ke waktu sebaik pemutih kulit yang ampuh. Mengapa beras bisa memutihkan wajah? Karena beras mampu menghapus hiperpigmentasi, bintik-bintik penuaan kulit dan bintik akibat terpapar sinar matahari.

Mengecilkan Pori-Pori

Dengan kandungan astringen yang tinggi, air beras mampu membantu mengecilkan pori-pori di wajah terutama jika dalam keadaan dingin.

Selain digunakan sebagai toner, beras juga dapat digunakan sebagai masker. Anda bisa menggunakannya dengan tisu masker yang dicelupkan ke dalam air beras dan tempelkan pada wajah sekitar 15 menit kemudian bilas dengan air bersih. Untuk cara yang lebih mudah, Anda bisa mencoba menggunakan Rice Stem Cell Mask yang berisi sel induk beras dan dapat digunakan hingga beberapa kali.

Dengan tambahan vitamin C dan B3 serta ekstrak beberapa tumbuhan Rice Stem Cell Mask akan memaksimalkan cara kerja beras untuk menyingkirkan kulit kusam sehingga lebih cerah dan mulus. Agar tahan lebih lama, jangan lupa untuk menyimpannya di dalam kulkas.

Dengan banyaknya manfaat dari beras seperti menyingkirkan kulit kusam, mengecilkan pori-pori, dan mencegah penuaan dini, tidak ada salahnya Anda menggunakannya dua kali dalam seminggu.

BACA JUGA: Manakah Cara Memutihkan Wajah Terbaik Untuk Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *