Apakah Smartphone Bisa Menyebabkan Jerawat?

skinj.co.id Smartphone bisa menyebabkan jerawat

Pada zaman modern ini, teknologi telekomunikasi semakin maju dan berkembang pesat. Banyak produsen dan pabrik-pabrik menciptakan berbagai gadget dan smartphone untuk memenuhi permintaan pasar yang kiat meningkat dari tahun ke tahun. Kecanduan terhadap smartphone semakin bertambah saat produsen menambahkan beberapa fitur dan aplikasi. Sejatinya, penggunaan smartphone dan gadget lainnya diciptakan untuk mempermudah komunikasi diantara kita. Akan tetapi, kita seringkali berlebih-lebihan dalam pemakaiannya. Memang tidak ada obat yang bisa menghilangkan kecanduan terhadap smartphone ini. Akan tetapi pemakaian yang berlebihan ternyata bisa menimbulkan efek negatif terhadap kulit Anda. Smartphone canggih tersebut ternyata bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat.

Seorang dokter kulit, Debra Jaliman, M.D mengatakan bahwa banyak bakteri yang menumpuk di smartphone atau telepon genggam Anda. Jika Anda menempelkan smartphone tersebut saat membuat sebuah panggilan maka kulit Anda melakukan kontak langsung dengan bakteri. Bakteri tersebut akan menempel dan terangkap dalam pori-pori. Kesempatan besar terjebaknya pori-pori ini adalah saat dimana Anda berbincang-bincang dalam waktu yang lama sehingga kulit Anda mulai berkeringat. Tekanan-tekanan dari smartphone saat Anda menempelkannya di kulit juga dapat menimbulkan noda di wajah. Selain menggunakan produk perawatan kulit alami untuk mengatasi masalah ini, dr. Jaliman M.D juga menawarkan beberapa solusi jitu diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Gunakan headphone atau earphone

Salah satu untuk menghindari menempelnya smartphone pada kulit Anda dengan menggunakan sebuah headphone atau earphone. Dengan cara ini, bakteri yang ada di layar telepon genggam tidak akan menempel atau terkontak langsung dengan kulit saat Anda melakukan sebuah panggilan atau berbicara via telepon. Anda juga bisa menggunakan headset, speaker ponsel, atau dengan menggunakan sms saja untuk berkomunikasi via smartphone.

  1. Usap dan Bersihkan Smartphone Anda Setiap Hari

Anda perlu membersihkan ponsel Anda setiap hari dengan menggunakan kain microfiber, terutama bagi Anda yang rentan sekali terhadap kulit berjerawat. Anda harus membersihkannya setiap hari sekalipun smartphone Anda tidak tampak kotor.

  1. Jangan Menekan-nekan Saat Telepon

Jauhkan telepon genggam Anda atau beri jarak sedikit saat Anda menggunakan smartphone agar handphone tersebut tidak memberikan tekanan apapun terhadap kulit Anda. Menurut dr. jaliman, M.D tekanan dan gesekan smartphone pada kulit dapat memicu jerawat mechanica.

  1. Gunakan Produk Perawatan Kulit Alami Secara Rutin

Untuk perawatan jangka panjang, gunakan produk perawatan alami seperti rangkaian produk Blemish Line dari BRTC. Produk alami tersebut dapat membantu membersihkan bakteri penyebab jerawat dan merawat kulit Anda terutama pada bagian dagu dan pipi. Blemish Line juga akan membantu mengontrol sebum dan mengangkat kotoran yang menempel pada kulit.

Smartphone dan gadget lainnya telah menjadi kebutuhan primer bagi kebanyakan orang. Akan tetapi alangkah baiknya kita pintar-pintar untuk menggunakannya. Gunakanlah smartphone Anda sesuai kebutuhan dan tujuan. Jika kita berlebihan dalam memakainya justru bisa menimbulkan efek negative pada kulit kita. Jaga selalu kulit Anda dengan kebiasaan dan pola hidup yang sehat serta gunakan perawatan kulit berbahan alami. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA: Panduan Perawatan Kulit Berminyak & Berjerawat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *