Spider Veins, Apa Itu? dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

shutterstock_200242514-Custom

Anda mungkin pernah mendengar istilah varises di wajah. Ya benar, itu bukan sekedar istilah, varises di wajah memang ada, dan lebih sering disebut dengan spider veins. Varises yaitu garis-garis halus biru dan merah biasanya muncul pada kaki, juga bisa muncul di bagian yang sangat mudah untuk dilihat seperti wajah. Sinar UV matahari tidak hanya menyebabkan risiko kulit seperti terbakar sinar matahari, bintik-bintik penuaan, dan kanker kulit, tetapi juga spider veins tersebut.

“Paparan sinar UV memiliki efek langsung pada kulit dengan memecah kolagen, yang merupakan jaringan ikat yang mendukung dan memegang tubuh bersama-sama,” kata Luis Navarro, MD, pendiri dan direktur dari The Vein Treatment Center di New York. “Kolagen yang mulai rusak karena sinar UV, jaringannya menjadi lemah dan elastisitas mulai meregang lalu sulit untuk menjadi kembali normal.  Kolagen yang lemah tekanannya menurun pada sekitar pembuluh darah, yang kemudian membuat garis halus lebih terlihat melalui kulit. ”

Aloe-Vera-treatments-for-facial-spider-veins

Spider veins atau varises pada kaki biasanya berwarna biru atau ungu, spider veins di wajah biasanya berwarna merah terang dan terkadang dikaitkan dengan kemerahan dan merona, kata Tyler Hollmig, MD, direktur laser dan dermatologi estetika di Stanford Health Care di California. Spider veins kemungkinan besar muncul di hidung, pipi, dan leher, dan bagian lain yang terpapar sinar matahari. Selain itu, makanan pedas, alkohol, dan mandi air panas dapat membuat spider veins tersebut lebih menonjol. “Setiap kali pembuluh darah mengalami panas, mereka cenderung membesar, membuat diri mereka lebih terlihat,” kata Hollmig.

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mencegah spider veins yang berada di wajah Anda adalah untuk menggunakan tabir surya yang mempunyai spektrum luas minimal SPF 30. Jika Anda sedang berada di bawah terik matahari gunakan tabir surya setiap dua jam, dan gunakan tabir surya bahkan jika Anda tinggal sedang berada dalam ruangan karena cahaya UVA dapat menembus kaca jendela. Paparan sinar matahari juga dapat menyebabkan spider veins muncul di kaki, jadi pastikan Anda terlindungi seluruhnya jika Anda memamerkan kaki jenjang Anda.

Jika Anda mengalami masalah spider veins atau varises di kaki, jangan khawatir. Sekarang banyak perawatan untuk menghilangkan guratan biru kemerahan ini.

Pilihan termurah untuk menyembunyikan spider veins adalah dengan makeup atau dengan melakukan tanning. Namun, itu hanya sebuah solusi jangka pendek, jika tidak benar-benar diatasi kerusakan kulit jangka panjang pasti akan menyebabkan kolagen lebih tipis dan lebih banyak spider veinss atau bahkan kanker kulit. Menurut Hollmig, ada juga obat baru yang disebut brimonidine yang dapat membantu mengecilkan pembuluh yang berjalan sementara.

Varicose laser treatment

Namun obat tersebut hanya sementara, perawatan terbaik untuk mengatasi spider veins adalah mencari pergi ke dokter kulit. Selain operasi Ada beberapa alternatif perawatan tanpa operasi untuk menghilangkan guratan biru kemerahan ini. Misalnya dengan melakukan perawatan IPL (Intense Pulsed Light) yang menggunakan energi cahaya yang dapat diserap oleh dinding pembuluh darah. Dengan begitu, pembuluh darah yang beku akan kembali lentur sedikit demi sedikit. Perawatan ini cocok untuk guaratan spider veins di area wajah yang ringan.

Pada bagian kaki, Anda bisa melakukan skleroterapi. Skleroterapi adalah menyuntikkan larutan untuk membuat pembuluh vena mengecil dan menutup secara permanen. Perawatan yang seperti ini rata-rata akan membutuhkan tiga hingga enam kali suntikkan untuk membuat spider veins benar-benar hilang.

Setelah spider veins hilang, Anda harus tetap berhati-hati. Untuk wajah, Anda harus selalu menggunakna tabir surya, khususnya untuk wanita berusia 30 tahun keatas. Untuk kaki, saat menggunakan sepatu hak tinggi Anda harus melakukan istirahat paling tidak 2 jam sekali.

BACA JUGA: Cara Menjaga Kulit Agar Tetap Cantik Saat Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *