Sudah Pernah Coba Cara Membersihkan Wajah dengan Air Teh?

cara membersihkan wajah

Dengan udara pagi yang segar, menikmati secangkir teh hangat ditemani dengan roti panggang dilapis keju mozarella bisa jadi alternatif menu sarapan Anda. Eits, tunggu dulu, yang bakal kita bahas adalah minuman teh nya, ya. Minuman teh memang bisa menjadi teman setia dalam cuaca apapun. Tidak hanya itu, minuman teh juga mempunyai manfaat yang luar biasa, bukan?

Dan siapa sangka bahwa air teh juga bisa digunakan sebagai cara membersihkan wajah. “oh ya?” Yup air teh bisa Anda aplikasikan sebagai cara membersihkan wajah. Kenapa air teh bisa digunakan sebagai cara membersihkan wajah? Begini alasannya:

1. Membersihkan Kotoran

Manfaat cara membersihkan wajah dengan teh tentunya untuk membersihkan muka dari kotoran, debu, dan bakteri yang menyumbat pori-pori pada kulit wajah. Teh memiliki unsur anti bakteri yang mampu membantu kurangi efek negatif bakteri dan kotoran yang menempel pada kulit wajah sehingga membuatnya lebih sehat. Sebagai alternatif cara membersihkan wajah Anda bisa menggunakan air teh yang bisa menghilangkan kotoran.

2. Menyamarkan Kantung Mata

Paling sebel kalau bangun tidur, ada kantung mata? Aduh, nggak banget! Tapi sayangnya, karena faktor kelelahan oleh rutinitas yang padat dan kurang tidur, kantung mata sudah pasti akan terbentuk! Untuk mengatasi masalah ini,  Anda dapat mencuci wajah dengan air teh atau dapat digunakan sebagai masker. Aplikasikan ampas teh, di kantung mata Anda, biarkan selama 15-20 menit, langsung bilas dengan air bersih. Lakukan cara membersihkan wajah ini secara rutin untuk hasil yang maksimal ya, ladies.

3. Tabir Surya Alami

Cara membersihkan wajah dengan air teh dapat memberi manfaat melindungi kulit dari efek sinar ultraviolet yang  berbahaya. Kalau Anda lupa membawa tabir surya saat akan beraktivitas, maka Anda dapat menggunakan air teh sebagai gantinya.

4. Mengencangkan Wajah

Selain mencerahkan, vitamin E dalam air teh berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit. Hal ini akan mampu mengurangi gejala penuaan dini dan pengenduran kulit pada wajah. Cara membersihkan wajah yang satu ini bisa Anda aplikasikan setiap hari, jangan lupa bilas dengan air bersih setelah minuman the meresap ke wajah Anda.

5. Mencerahkan Wajah

Pada dasarnya, teh mengandung vitamin E yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Uniknya, meskipun teh sudah basi namun vitamin E akan tetap ada. Selain vitamin E, terdapat juga vitamin C yang ternyata 500 kali lebih banyak daripada yang terdapat di lemon. Fungsi kedua vitamin ini dapat mencerahkan warna kulit. Cara membersihkan wajah dengan air teh terbukti dapat mencerahkan wajah Anda, dengan bahan alami tentu akan meminimalisir efek yang terjadi.

6. Menghilangkan Jerawat

Mempunyai kandungan anti bakteri dan anti inflamasi, teh juga dianggap manjur untuk membasmi jerawat-jerawat bandel pada wajah. Selain itu, teh juga mampu mengurangi jumlah sebum yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Tidak hanya membasmi, anti inflamasi yang terkandung dalam teh dapat membantu meringankan peradangan wajah yang terjadi akibat jerawat dan memberikan efek rasa sejuk dan segar pada wajah. Bagi Anda yang sedang diserah oleh jerawat-jerawat ‘nakal’, tentu bingung harus bagaimana bukan? Yup cobalah pakai cara membersihkan wajah dengan air teh ini.

7. Mengatasi Kemerahan Pada Wajah

Kemerahan pada kulit wajah dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti bekas luka, gigitan nyamuk, atau terbakar paparan sinar matahari. Oleh karena itu, air teh dapat membantu atasi gejala seperti kemerahan pada kulit di atas dan mengurangi nyeri akibat luka goresan. Setelah sibuk seharian kerja di luar kantor, tentu terik panas membakar wajah cantik Anda. Cara membersihkan wajah dengan air teh ini bisa segera Anda coba, ya!

8. Mengurangi Komedo

Salah satu faktor besar timbulnya komedo atau bintik-bintik hitam di daerah hidung adalah sisa- sisa makeup yang yang nggak dibersihkan dengan baik. Namun, dengan kandungan vitamin yang ada pada air teh masalah ini bisa diatasi sedikit demi sedikit.

9. Bersifat Menghaluskan

 Manfaat teh basi untuk wajah yang selanjutnya yaitu dapat digunakan untuk menghaluskan kulit wajah. Cara penggunaannya yaitu menggunakan teh yang telah dibiarkan semalaman untuk digunakan mencuci permukaan muka atau wajah di pagi hari, setelah bangun tidur.

10. Menyejukkan Wajah

Manfaat teh basi yang selanjutnya yaitu dapat digunakan sebagai penyejuk kulit. Hal ini dikarenakan kandungan anti inflamasi pada teh basi sangat efektif untuk membuat kulit menjadi lebih sejuk. Dengan cara memberishkan wajah begitu, kelembaban pada kulit Anda akan tetap terjaga.

 

Begini Cara Membersihkan Wajah dengan Air Teh

cara membersihkan wajah

Teh memang menjadi salah satu minuman yang paling banyak disukai. Banyak orang yang tidak dapat lepas dari teh dalam kesehariannya. Selain karena teh mudah divariasikan untuk berbagai jenis minuman, teh juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti mencegah kanker, menjaga daya ingat, menjaga kestabilan tekanan darah, dan masih banyak manfaat lainnya. Tidak heran jika teh menjadi favorit banyak orang.

Makanan atau minuman basi tentunya sudah tidak layak untuk dikonsumsi dan akan langsung dibuang. Tapi ternyata berbeda dengan teh basi yang memiliki manfaat untuk kecantikan wajah.

Eits, tapi teh basi yang dimaksud adalah teh tawar yang tidak dicapur gula apalagi susu ya. Beberapa wanita mungkin dengan sengaja mendiamkan teh hingga basi untuk perawatan wajah. Berikut adalah cara memakai teh basi beserta manfaatnya untuk kecantikan:

Membasuh Wajah dengan Air Teh Basi di Pagi dan Malam Hari

Setelah teh diendapkan semalaman, pagi harinya Anda bisa membasuh wajah dengan air teh basi tersebut. Membasuh muka atau mencuci muka dengan teh basi di pagi hari dapat mebantu Anda membersihkan kulit, menghilangkan jerawat, menghaluskan kulit, mengancangkan kulit, dan juga dapat menjadi tabir surya alami yang melindungi kulitmu dari sinar UV sebelum Anda beraktivitas. Anda juga bis melakukannya di malam hari sebelum tidur agar wajah Anda selalu bersih.

Kompres Wajah dengan Air Teh Basi

Selain dengan cara dibasuh ke wajah, cara memanfaatkan teh basi selanjutnya adalah untuk mengkompres wajah. Anda tinggal mencelupkan kain atau kapas ke dalam air teh basi, kemudian oleskan perlahan pada wajah. Cara ini dipercaya dapat menyejukkan kulit dan menghilangkan kemerahan di kulit yang mungkin disebabkan oleh gigitan serangga atau bekas luka.

Merendam Wajah

Wanita biasanya membenci mata panda, tapi mata panda seringkali sulit dihindari. Cara yang satu ini digunakan untuk menghilangkan mata panda. Siapkan air teh basi dalam baskom, kemudian celupak wajah Anda dalam keadaan mata terbuka ke dalam baskom. Tahan beberapa lama dan kemudian mata panda akan menghilang.

Kompres Wajah dengan Kantung Teh Celup Bekas

Selain air teh basi yang penuh manfaat untuk wajah, kantung teh celupnya juga ternyata bisa Anda pakai. Mengompres wajah dengan kantung teh basi dapat membantu Anda menghilangan jerawat. Selain itu, Anda juga bisa menghilangkan mata panda dengan cara ini. Khusus untuk menghilangkan mata panda, masukkan dulu kantung bekas teh celup ke dalam lemari es atau rendam dalam air dingin ya sebelum dipakai!

Ampas Teh untuk Scrub dan Masker Wajah

Last but not least, Anda bisa menggukana ampas teh basi untuk dijadikan scrub atau masker wajah. Masih dengan manfaat yang sama, teh basi ini akan membuat kulit wajah Anda lebih sehat dan cantik.

Selamat mencoba, ladies!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *