Sudah Tahu Bagaimana Cara Mengatasi Kaki Pecah-pecah?

cara mengatasi kaki pecah-pecah

Semua wanita, selalu ingin kecantikannya terpancar dari ujung rambut hingga kaki. Itu artinya, semua bagian tubuh tak akan lepas dari perawatan untuk membuatnya tampak menawan. Tak terkecuali, pada bagian kaki.

Meski kaki adalah bagian tubuh minor, namun begitu Anda juga harus tetap memperhatikannya. Bayangkan saja, bagaimana jika tumit kaki Anda memiliki kulit yang pecah-pecah? Pasti, Anda tak akan nyaman ketika memakai high heels untuk acara-acara tertentu. Ya, tentunya hal tersebut akan menciutkan kepercayaan diri Anda bukan?

cara mengatasi kaki pecah-pecah

Memang banyak terdapat produk di luaran sana yang menjual salep dengan berbagai bentuk sebagai cara mengatasi kaki pecah-pecah. Namun, tidak ada cara terbaik mengatasinya dengan cara yang tradisonal. Apa yang bisa kita lakukan sebagai cara mengatasi kaki pecah-pecah?

1. Minyak Kelapa

Siapa sangka, selain berguna untuk memasak makanan di dapur, minyak kelapa juga bermanfaat untuk kecantikan dan kulit. Menurut para ahli, minyak kelapa dapat dapat digunkan dalam berbagai produk kecantikan alami. Dikarenakan, minyak kelapa memiliki manfaat anti-bakteri dan anti-jamur. Bahkan, minyak kelapa juga merupakan salah satu pelembab yang sangat disarankan untuk kulit.

Sebagai cara mengatasi kaki pecah-pecah, pijatkan minyak kelapa pada bagian tumit sebelum tidur. Kemudian, ada baiknya untuk mengenakan kaos kaki untuk menjaga kelembabannya. Jangan lupa untuk mencuci hingga bersih pada pagi harinya. Lakukan hal ini secara rutin.

2. Shea Butter

Mungkin nama shea butter masih terdengar cukup asing di telinga Anda. Ya, shea butter adalah lemak alami yang diekstrak dari pohon Shea yang banyak tumbuh di padang rumput Afrika barat. Kandungan minyak atau lilin pada Shea Butter mampu membuat kulit tetap elastis, lembut, dan halus.

Shea Butter memiliki kandungan lengkap dengan vitamin A, D, E, dan F yang juga memiliki kandungan lemak asam dan antioksidan yang baik untuk kulit kering. Cara mengatasi kaki pecah-pecah dengan shea butter ini mudah, cukup dengan pijat tumit kaki setiap malam sebelum tidur.

3. Oatmeal dan Jojoba Oil

Mungkin Anda baru menyadarinya, bahwa Oatmeal juga dapat digunakan untuk kecantikan. Menurut ahli, oatmeal efektif untuk menghilangkan kekeringan dan peradangan. Bahkan, oatmeal juga mampu menyingkirkan sel-sel kulit mati, mengatasi iritasi kulit dan kemerahan pada kulit, serta membuat kulit lebih bercahaya dan lembab.

Sedangkan Jojoba Oil sendiri, memiliki komposisi yang terdiri dari ester yang mana terdapat juga di sebum kulit manusia. Inilah yang membuat Jojoba Oil mudah sekali diserap kulit dan membuatnya kelembaban kulit dari kekeringan.

Kedua bahan ini merupakan cara mengatasi kaki pecah-pecah.  Campurkan kedua bahan ini untuk mengangkat sel kulit mati pada tumit yang membuatnya kasar. Namun jika minya jojoba sulit didapat, Anda dapat menggantinya dengan minyak zaitun.

4. Madu

Seperti yang telah kita ketahui, madu memiliki banyak manfaat bukan hanya untuk kesehatan, melainkan juga ampuh dalam mempertahankan keindahan kulit. Selain teksturnya yang lembut, kandungan madu sangat kaya akan vitamin, mineral, atioksidan, dan potasium yang dapat digunakan sebagai pelembab, penyegar, bahkan masker wajah.

Cara mengatasi kaki pecah-pecah dengan menggunakan madu, maka rendam kaki Anda dengan campuran air hangat dan madu selama 20 menit. Gosokkan bagian kulit tumit yang kasar sebagai cara mengatasi kaki pecah-pecah.

5. Minyak Zaitun

Tentu saja, Anda telah banyak mendengar tentang khasiat dari minyak zaitun ini. Salah satu manfaatnya, yakni dalam hal merawat kulit. Minyak zaitun mengandung aneka bahan yang berguna untuk merawat kecantikan. Misalnya saja, vitamin E, trigliserida, senyawa fenolik, dan masih banyak lagi lainnya. Kandungannya mampu merawat kulit kering dan mampu menjaga kesehatan rambut dan kuku.

Untuk cara mengatasi kaki pecah-pecah dengan menggunakan minyak zaitun, caranya yakni pijat tumit kaki secara perlahan dengan minyak zaitun sebelum tidur. Diamkan paling tidak satu jam untuk memberikan kesempatan minyak zaitun benar-benar meresap ke area klit tumit, kemudian bilas di pagi hari.

Yang menjadi penyebab utama kulit tumit kaki seseorang pecah-pecah adalahseringnya bertelanjang kaki di luar rumah, kurangnya minum air putih, dan salah memakai model sepatu. Ada baiknya, untuk Anda menghindari bagian sandal atau sepatu yang terbuka pada bagian tumitnya. Hal itu akan menyebabkan tumit Anda menjadi kering dan memicu terjadinya pecah-pecah.

 

Kaki Kering, Akibatkan Tumbuhnya Jamur!

cara mengatasi kaki pecah-pecah

Kaki yang pecah-pecah dan kasar memang akan membuat kaki menjadi tidak sedap dipandang. Selain tentunya juga akan menyebabkan rasa gatal yang membuat Anda tidak nyaman. Salah satu yang menyebabkan kaki menjadi pecah-pecah dan kasar adalah jamur. Jamur mempunyai peluang besar tumbuh di telapak kaki karena kaki cenderung memiliki kelembaban yang tinggi.

Jika kaki Anda kasar dan retak-retak karena disebabkan oleh jamur, Anda tak perlu terlalu khawatir, karena ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk menggulanginya. Berikut tips-tips agar kaki terhindar dari jamur:

  • Untuk dapat terhindar dari jamur, Anda bisa memberikan lotion pelembab pada bagian telapak kaki Anda. Selain lotion, pelembab untuk telapak kaki bisa berupa cairan semprot. Produk-produk ini biasa digunakan oleh para atlet untuk dapat terhindar dari jamur pada telapak kaki dan juga kuku.
  • Sebelum Anda mengaplikasikan lotion atau cairan semprot pada kaki, terlebih dahulu yang harus Anda lakukan adalah mengeringkannya. Selain lotion dan cairan semprot, sebenarnya ada satu jenis lagi produk yang bisa Anda aplikasikan untuk menghindari jamur, yaitu bedak tabur khusus kaki.
  • Kondisi basah dan pengap akan membuat jamur berkembang biak. Menjaga kebersihan kaki adalah cara yang paling ampuh agar kaki terhindar dari jamur. Ketika kaki sudah terasa basah, keringkanlah kaki jamur tidak dapat berkembangbiak.

Cara Mengatasi Kaki Pecah-pecah dengan Mudah!

cara mengatasi kaki pecah-pecah

Kulit pecah-pecah pada tumit kaki Anda terlihat tidak sedap dipandang dan tidak nyaman. Apalagi jika Anda sedang menggunakan sepatu high heels yang memperlihatkan tumit Anda yang pecah-pecah dan kering, pasti Anda merasa sangat tidak percaya diri, bukan? Jangan khawatir, berikut cara mengatasi kaki pecah-pecah saat di rumah untuk mendapatkan tumit yang halus:

  • Rendam kaki Anda dalam 5 mangkuk air hangat ditambah 1 mangkuk susu. Rendamlah kaki Anda pada foot bathini selama kurang lebih 5-10 menit. Jangan gunakan air terlalu panas karena akan membuat kaki Anda jadi semakin kering. Anda juga bisa menggunakan sabun anti jamur untuk membasmi jamur-jamur yang mungkin menempel pada kulit kaki Anda.
  • Buatlah krim scrub sendiri dengan mencampurkan 4 sendok makan garam atau gula ke dalam ½ mangkuk minyak. Minyak yang bisa digunakan antara lain seperti baby oil, sweet almond oil, olive oil atau minyak kelapa/minyak sayur.
  • Pijatlah kaki Anda dengan homemade scrub yang sudah Anda bikin sebelumnya. Pijat dengan gerakan memutar sampai ke telapak kaki Anda.
  • Gosok-gosoklah telapak kaki Anda dengan batu apung kemudian bilas dan keringkan kaki Anda.
  • Sebelum Anda tidur, cobalah untuk menggosok kaki Anda yang kering dengan krim yang mengandung asam salisilat. Krim ini membantu mengelupaskan sel-sel kulit mati pada kulit kaki Anda.
  • Setelah itu gunakan lotion pelembab pada kaki Anda. Gunakan lotion pelembab ini secara rutin setelah Anda mandi dan saat malam hari menjelang Anda tidur.
  • Pakailah kaos kaki dan gunakan paling sedikit selama 4 jam agar terjaga kelembaban kulit kaki Anda.
  • Lakukan langkah-langkah ini secara rutin setiap malam sebelum Anda tidur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Menurut ahli kesehatan dari MayoClinic.com, bagi penderita diabetes yang bermasalah dengan kaki yang kering diharapkan untuk berkonsultasi dengan dokter dan lebih baik tidak merawat kaki sendiri karena dikhawatirkan dapat menyebabkan infeksi pada kaki. Dan jangan lupa untuk selalu menggunakan produk perawatan kulit alami sebagai cara mengatasi kaki pecah-pecah Anda.

Semoga Berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *