Sudah Tahu Perawatan Wajah yang Sesuai dengan Tipe Kulit Anda?

perawatan wajah

Sering merasa kalau perawatan wajah yang Anda pakai tidak menampakkan hasil, atau bahkan malah membuat masalah kulit jadi lebih parah? Selain karena tidak cocok, salah satu faktor terbesar yang bikin perawatan wajah tidak bekerja maksimal bisa jadi diakibatkan oleh jenisnya yang tidak cocok dengan tipe wajah, Ladies!

Nah, pertanyaannya adalah apakah Anda sudah yakin kalau sudah mengetahui betul jenis kulit Anda? Supaya tidak salah lagi pilih perawatan wajah yang cocok untuk kulit wajah Anda, cari tahu ciri-ciri umum dari jenis kulit wajah yang Anda miliki, serta beberapa tips untuk merawatnya di bawah ini:

Kulit Kusam

Heran dengan kulit Anda yang rajin dibersihkan, tapi masih terlihat kusam? Mungkin Anda tidak sadar dengan menumpuknya sel kulit mati. Setiap hari kulit melakukan regenerasi yang terkadang tidak dapat dilepaskan secara sempurna dan akhirnya menumpuk pada kulit, dan menjadikannya kusam.

Sabun biasa tidak cukup untuk membersihkannya. Buat kulit Anda lebih bercahaya dengan facial foam yang lembut. Dengan butiran lembutnya, facial foam yang lembut mampu membersihkan kulit dan mengangkat sel kulit mati hingga tuntas. Kulit Anda bisa kembali sehat dan lebih glowing.

Kulit Sensitif

Jenis kulit ini memiliki keadaan yang berbeda-beda; ada yang gampang merah-merah, atau ada juga yang mudah terkena alergi. Yang pasti, Anda yang punya kulit sensitif harus hati-hati sekali dalam memilih produk perawatan wajah. Hindari produk perawatan wajah yang mengandung alkohol, atau apapun yang dapat menimbulkan alergi pada kulit Anda.

Kulit Kering

Kering dan kasar merupakan ciri-ciri utama dari jenis kulit kering yang diakibatkan karena rendahnya kadar minyak alami pada kulit. Salah pilih produk perawatan wajah yang bisa buat kulit Abda makin kering, lho! Anda bisa coba produk perawatan wajah yang dapat membersihkan dengan lembut, sekaligus menjaga kelembapan alami kulit yang punya kandungan Nutrium Moisture Beauty Serum yang bisa meresap hingga ke dalam kulit. Pilih juga pelembap yang rich untuk menjaga elastisitas kulit Anda, terutama saat beraktivitas di siang hari.

Kulit Berminyak

Jenis kulit ini bisa dibilang cukup umum di Indonesia. Biasanya kulit berminyak ini ditandai dengan ukuran pori-pori yang besar dan tekstur kulit yang tampak tidak merata. Jenis kulit ini sangat rentan terhadap beragam masalah kulit, seperti komedo, jerawat, hingga wajah kusam; akibat kadar minyak berlebih pada wajah.

Parahnya, banyak yang salah dalam merawat jenis kulit berminyak ini dengan membersihkannya secara berlebihan. Hal tersebut malah bisa bikin kulit kehilangan seluruh minyak alaminya, dan membuatnya semakin berminyak. Kontrol kadar minyak di wajah Anda agar lebih seimbang dengan produk perawatan wajah ang bisa mengontrol kadar minyak pada wajah Anda, sekaligus menjaganya agar tetap sehat.

Kulit Kombinasi

Mungkin banyak dari Anda yang punya campuran beberapa ciri-ciri jenis kulit di atas. Jika begitu, Anda punya PR ekstra dalam memilih produk perawatan wajah yang tepat untuk kulit wajah Anda. Sebagai tips, Anda bisa mencoba terlebih dahulu jenis perawatan wajah yang cocok untuk semua jenis kulit dengan bahan-bahan yang lembut, supaya kulit Anda tetap sehat.

 

Perawatan Wajah dengan Susu? Sepertinya Patut untuk Dicoba!

perawatan wajah

Bagaimana cara Anda merawat wajah? Apakah Anda pernah menggunakan susu untuk merawat wajah? Kegiatan seimpel, tapi efek menggunakan susu untuk merawat wajah ternyata bagus, baik untuk mencuci wajah atau digunakan sebagai masker susu.

Tapi kenapa susu itu bagus untuk kulit? Ingatkah Anda, susu terkenal akan kandungan apanya? Yap, protein! Pada kulit, protein berfungsi untuk merangsang pertumbuhan sel tubuh sehingga mengurangi munculnya kerut. Ada juga asam laktat yang terkandung di dalam susu, dan jenis asam ini ternyata bagus digunakan untuk mengangkat sel kulit mati.

Susu juga mengandung kalsium dan potasium yang sangat baik untuk melembapkan kulit kering. Susu juga mengandung berbagai macam vitamin untuk mencerahkan noda gelap hingga menjaga kekenyalan kulit. Wah, rupanya banyak sekali manfaatnya! Rasanya sayang kalau kita tidak memanfaatkannya untuk merawat wajah.

Untuk kecantikan, salah satu manfaat susu yang paling mudah untuk kulit adalah mengatasi mata lelah. Itu baru di satu area saja. Bagaimana jika susu digunakan untuk merawat wajah secara keseluruhan? Tentu bisa! Untuk merawat wajah, ada baiknya Anda memilih raw milk alias susu segar hasil perahan langsung dari sapi (dan tidak direbus).

Masker Susu untuk Kulit Kering

Sebenarnya, masker campuran susu dan alpukat ini bisa digunakan untuk segala jenis kulit. Namun, karena alpukat adalah bahan alami yang fungsi utamanya melembapkan, masker ini akan bekerja sangat baik pada kulit kering. Selain melembapkan, alpukat juga kaya akan Vitamin E, lemak sehat, dan minyak alami untuk menutrisi kulit.

Alpukat juga bagus untuk membersihkan pori-pori, meredam iritasi kulit, dan berguna juga sebagai anti-aging penghalau radikal bebas. Jika digunakan bersama, tekstur kulit yang kasar akan lebih halus, kulit yang kering akan lebih lembap, dan kulit kusam akibat kelebihan minyak juga akan lebih bersih.

Untuk membuatnya, potong alpukat menjadi 4 bagian. Ambil 1 bagian dan haluskan dengan sendok makan. Campurkan dengan 1 sendok makan susu, aduk rata, dan baurkan pada seluruh wajah. Biarkan hingga 10-15 menit. Jika sudah agak mengering, basuh dengan air hangat. Pastikan wajah telah bersih dari sisa masker, lalu basuh kembali dengan air dingin.

Masker Susu untuk Kulit Berminyak

Masker susu memang bisa untuk semua jenis kulit, tapi mereka yang memiliki kulit berminyak akan lebih merasakan manfaatnya. Madu memiliki efek anti-iritasi dan anti-bakteri penyebab jerawat. Madu juga terbukti bagus untuk melembapkan dan mencerahkan noda hitam. Lalu, oatmeal bisa digunakan sebagai scrub alami untuk mengangkat sel kulit mati. Oatmeal juga bisa membersihkan pori-pori dengan maksimal dan menyingkirkan minyak berlebih sekaligus melembapkannya.

Sebelum membuat masker campuran ini, pastikan oatmeal yang Anda gunakan telah ditumbuk dengan halus. Madu yang Anda gunakan juga harus madu yang alami, bukan yang sudah diproses. Madu yang diproses bisa menyebabkan iritasi pada kulit, karena sudah tercampur bahan lainnya yang mungkin tak cocok dengan kulit.

Campurkan 1 sendok makan susu, 1 sendok makan madu, dan 1 sendok makan oatmeal halus ke dalam mangkuk, lalu aduk rata. Baurkan ke seluruh wajah dengan gerakan memutar. Hindari menggosok-gosokkan ke kulit untuk mencegah iritasi. Setelah itu, diamkan selama 10 menit dan basuh dengan air suam-suam kuku.

Masker Susu untuk Kulit Berjerawat

Nah, yang satu ini memang dikhususkan untuk Anda yang memiliki kulit berjerawat. Ada bubuk kunyit yang membantu meredam jerawat yang meradang sekaligus mencerahkan noda bekas jerawat. Ada juga lemon yang jusnya bisa digunakan sebagai astringent alami. Jus lemon juga membantu menyingkirkan bakteri penyebab jerawat, menyamarkan noda, dan membantu mengempiskan jerawat.

Untuk membuatnya, campurkan 1 sendok makan susu, setengah sendok makan air perasan lemon, dan sejumput bubuk kunyit. Uapkan wajah Anda terlebih dahulu selama sekitar 1-2 menit di atas semangkuk air panas untuk membuka pori-pori. Ini dilakukan agar kandungan masker bekerja lebih dalam. Baurkan di wajah dengan gerakan memutar dan diamkan selama 15 menit. Basuh dengan air dingin untuk menutup pori-pori.

 

Perawatan Wajah dengan Tidur Berkualitas

perawatan wajah

Apakah Anda sulit tidur atau kurang tidur setiap harinya? Padahal Anda membutuhkan tidur cukup yang juga bisa sebagai salah satu cara untuk merawat wajah. Waktu istirahat di malam hari sangat mempengaruhi kondisi kulit wajah Anda. Jika Anda mengalami situasi seperti itu, berikut beberapa tip agar Anda mendapatkan tidur berkualitas setiap harinya.

Atur Pola Tidur

Buatlah jadwal tidur. Tentukan pukul berapa Anda pergi tidur di malam hari dan bangun di pagi hari. Cobalah untuk ikuti jadwal tersebut. Jika 1 kali saja Anda melenceng dari jadwal tidur Anda, maka akan sulit untuk mengembalikan kebiasaan tidur Anda seperti yang telah dijadwalkan.

Hindari Kafein

Tentu Anda mengerti bahwa meminum minuman berkafein di sore hari menjelang malam akan menyebabkan Anda sulit tidur. Selain terdapat pada kopi, kafein juga terdapat pada teh, coklat, dan lain-lain. Jika Anda tidak mau terjebak dari gangguan tidur akibat produk berkafein, sebaiknya hindari produk-produk apa pun yang mengandung kafein sebelum jam tidur.

Olahraga Ringan

Tidak perlu olahraga berat seperti angkat barbell atau push up 100 kali. Cukup jogging di pagi dan sore hari saja dapat membantu Anda tidur lelap malamnya. Lakukan aktivitas fisik secara teratur setiap hari untuk dapatkan kulit lebih sehat.

Segelas Susu Hangat

Segelas susu hangat sebelum tidur bisa jadi ritual yang menenangkan dan memiliki manfaat tambahan untuk memberikan rasa kantuk yang luar biasa. Buatlah segelas kecil saja sehingga Anda tidak perlu bangun untuk ke kamar mandi.

Matikan Gadget!

Ini mungkin tidak mudah, tetapi mematikan Smartphone dan perangkat teknologi lainnya akan membantu Anda bersantai sebelum tidur. Menurut Allison Harvey, Sleep and Psychology Professordi University of California, Berkeley, penggunaan teknologi interaktif di malam hari dapat menyebabkan insomnia. Harvey mengatakan, cahaya dari layar dapat mengacaukan body’s circadian rhythm, yang mengakibatkan gangguan tidur. Jauhi gadget Anda selama 1 jam dengan bersantai, dan jangan periksa gadget Anda sepanjang malam!

Cool It!

Tidur akan lebih lelap saat kondisi udara yang dingin daripada udara yang panas. Studi menunjukkan bahwa suhu ideal untuk tidur adalah antara 18 sampai 22 derajat Celcius (65 – 72 derajat F). Menurut Craig Heller, Ph.D., seorang profesor biologi di Stanford University, saat tidur, atur suhu tubuh dengan suhu otak, cara mengetahuinya adalah saat Anda merasa nyaman dengan suhu kamar atau ruang tidur Anda.

Kurangi Cahaya & Suara

Berikan sinyal pada tubuh Anda bahwa ini waktunya untuk wind down, dengan cara redupkan cahaya lampu, atau bahkan matikan lampu hingga gelap agar mata dan pikiran Anda beristirahat. Selain itu, suara-suara berisik akan sangat mengganggu ketika kita sedang berusaha untuk tidur. Pakailah earplug, atau penyumbat telinga agar tidak mendengar suara-suara ribut disekitar Anda.

Kenyamanan Tidur

Jangan ragu menghabiskan sedikit uang untuk bantal dan guling yang nyaman di atas tempat tidur Anda. Ganti semua bantal yang keras, dan beralihlah ke yang empuk. Namun hal ini tidak berlaku buat kasur Anda. Jika kasur Anda sudah tidak lurus lagi atau bengkok, maka Anda harus segera menggantinya dengan yang baru jika Anda tidak ingin badan Anda keseleo atau pegal-pegal di pagi harinya.

Relaksasi

Meditasi sangat baik untuk melepas beban pikiran setelah seharian bekerja dan lelah. Tariklah nafas sedalam-dalamnya, relaksasikan otot-otot Anda dengan meditasi sebelum Anda tidur. Musik yang tenang juga dapat mendukung meditasi Anda.

Sinar Matahari Pagi

Mendekor kamar dengan semua yang hitam agar gelap, tidak baik dan belum tentu menyelesaikan masalah. Biarkan ruangan Anda apa adanya, biarkan Anda terbangun karena cahaya matahari pagi. Hal ini selain baik untuk kesehatan juga akan menjaga interval tidur Anda.

Untuk mendapatkan tubuh yang cantik luar-dalam, tentu tidak bisa hanya berfokus pada satu titik saja. Misalnya untuk merawat wajah saja, tubuh juga butuh makanan sehat untuk menutrisi kulit. Pola tidur yang baik juga akan memengaruhi kondisi tubuh dan kulit Anda.

Bayangkan jika Anda melakukan rutinitas di atas, tentu Anda akan mendapatkan kecantikan dari dalam maupun luar.

Teruslah menjagi cantik, Ladies.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *