Tahukah Anda Apa Saja Manfaat Arang Untuk Wajah?

manfaat arang untuk wajah

Merawat kulit dengan bahan alami kini menjadi pilihan kaum wanita. Cara ini dipilih karena tidak mengalami efek samping yang berbahaya. Dengan bahan alami ini, diyakini juga menjadi bagian investasi di kemudian hari. Dan belum lama, muncul nama arang yang sedang booming digunakan untuk perawatan kulit.

Arang merupakan salah satu bahan yang bermanfaat untuk memaksimalkan perawatan kulit. Berbagai nutrisi yang terkandung di arang ini dipercaya efektif membuat kulit jadi makin cerah, halus, bersih, dan terbebas dari masalah kulit.

Nah, untuk tahu lebih jelas apa saja manfaat arang untuk wajah Anda, berikut penjelasannya:

1. Melembutkan Kulit

Penggunaan riasan teratur dan paparan kotoran dapat menyebabkan kulit menjadi kasar. Anda bisa menggunakan manfaat arang untuk wajah Anda. Sifat dari arang ini memperbaiki tekstur kulit dan membuatnya lembut serta lentur.

2. Detoksifikasi Kulit

Banyak polutan di udara membuat banyak masalah pada kulit. Itulah mengapa penting untuk mendetoksifikasi kulit setiap minggu. Cara terbaik untuk melakukannya adalah menggunakan manfaat arang untuk wajah sebagai masker wajah di rumah.

3. Menyerap Minyak Berlebihan

Minyak berlebihan membuat kulit Anda tampak berminyak dan menyebabkan berbagai kondisi kulit yang lebih parah. Manfaat arang untuk wajah akan membuang minyak berlebihan dan membantu kulit tampak segar.

4. Membersihkan Pori-pori

Kotoran, sel kulit mati, dan racun dapat menutupi pori-pori dan menyebabkan kondisi kulit terganggu. Namun Anda bisa menggunakan manfaat arang untuk wajah yang bisa menyingkirkan semua kotoran dan membersihkan pori-pori.

5. Mengobati Jerawat

Sifat anti-radang yang terkandung pada arang membuatnya menjadi obat untuk jerawat. Aplikasikan manfaat arang untuk wajah setiap akhir pecan, untuk mencegah jerawat timbul.

6. Menghilangkan Whitehead

Whitehead sendiri termasuk ke dalam jenis jerawat yang terbentuk ketika sel kulit mati, bakteri, dan minyak menyumbat pori-pori. Munculnya whitehead ini bisa membuat kulit tampak bergelombang dan tidak sehat. Kamu bisa menggunakan charcoal untuk menghilangkan whitehead dan kulit akan halus dalam beberapa menit.

7. Menghilangkan Komedo

Komedo kerap kali muncul di T-zone pada wajah. Untuk menghilangkannya, Anda bisa menggunakan manfaat arang untuk wajah di area yang terdapat komedo. Cobalah menggunakan metode ini setiap minggu untuk mendapatkan kulit bebas komedo.

8. Memperbaiki Permasalahan Kompleksi Pada Kulit

Manfaat arang untuk wajah bisa memperbaiki kondisi kulit yang mengalami beberapa masalah dalam waktu bersamaan. Manfaat arang untuk wajah bisa mengeluarkan bakteri dan kotoran yang membuat kulit terlihat kurang berkilau. Gunakan arang untuk mendapatkan kulit lebih cerah dan bercahaya.

9. Mengatasi Kulit Kusam

Apakah kulit Anda terlihat kusam dan tidak dirawat? Jika iya, terapkan obat sederhana dari manfaat arang untuk wajah Anda. Caranya pijat wajah Anda dengan pasta arang sambil dipijat selama 15 menit. Kemudian bilas wajah dengan air hangat.

10. Menyembuhkan Keriput

Keriput dapat dikurangi sekitar 60 persen jika Anda memijat wajah Anda dengan pasta arang. Pijatlah wajah secara melingkar untuk melepaskan ketegangan antara garis penuaan. Prosedur ini dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi tanda keriput.

 

Sisi Baik Lainnya dari Arang

manfaat arang untuk wajah

Tidak hanya itu, ada berbagai manfaat arang yang bisa diterapkan untuk perawatan kecantikan lainnya. Ini juga yang membuat alasan kenapa beberpa produk kecantikan mengandung arang tersebut. Berikut manfaat arang yang mungkin belum juga Anda ketahui:

1. Mengobati Bekas Gigitan Serangga

Tersengat serangga? Serahkan masalah ini pada arang. Bahan alami memiliki kemampuan untuk mempercepat proses penyembuhan. Mengoleskan arang dalam bentuk pasta pada kulit dapat membantu meredakan berbagai masalah ringan seperti gigitan serangga, luka bakar, maupun luka tergores.

Kandungan arang akan menyerap racun dan mencegah infeksi pada kulit. Untuk membuat pasta arang, Anda bisa mencampurkan bubuk arang dan air lalu aduk hingga membentuk tekstur seperti pasta.

2. Menyeimbangkan Produksi Minyak

Anda yang punya jenis kulit berminyak bisa merasa lega nih. Untuk mendapatkan wajah yang lembap dan produksi minyak yang lebih seimbang, Anda bisa rutin memanfaatkan kandungan arang secara langsung.

Anda bisa memilih masker atau produk pembersih wajah dengan kandungan utama arang. Agar wajah tidak menjadi kering setelah penggunaan, cukup lakukan rutin selama 1-2 kali dalam seminggu saja, ya!

3. Anti Bakteri

Arang juga memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur, maka tak heran banyak produk kecantikan yang memanfaatkan arang sebagai bahan utama. Sifat anti-bakteri pada arang disebut ampuh mencegah berbagai bakteri dan kotoran yang menyebabkan jerawat di wajah.

Selain itu, dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa bakteri Ecoli dapat hancur saat berinteraksi dengan kandungan arang aktif.

4. Menyehatkan Kulit Kepala

Mengandalkan sifat arang sebagai detox dengan menyerap berbagai kotoran, arang juga efektif dimanfaatkan sebagai pembersih kulit kepala. Anda yang punya masalah rambut berminyak dan ketombe bisa melirik arang sebagai bahan ampuh untuk mengatasi masalah Anda.

Arang cocok digunakan oleh Anda yang punya jenis rambut normal dan berminyak. Coba gunakan sampo berbahan arang atau gosokkan arang secara lembut sebelum keramas dengan sampo kesayangan Anda.

5. Memutihkan Gigi

Rutin mengonsumsi kopi dan teh serta punya kebiasaan merokok membuat gigi cepat terlihat kuning. Untuk mengembalikan warna alaminya, Anda bisa manfaatkan arang.

Untuk menggunakannya, Anda bisa memakai pasta gigi berbahan arang atau menggosokkan arang pada gigi. Arang secara efektif akan menyerap kandungan organik yang ditinggalkan oleh wine, kopi, teh, maupun nikotin pada gigi. Meski bersifat detox, tapi efek putih yang dihasilkan tidak akan terlihat instan. Anda tetap perlu rutin membersihkan gigi untuk mendapat hasil maksimal.

 

Mengapa Menggunakan Arang?

manfaat arang untuk wajah

Serbuk arang terdiri dari karbon yang memiliki kandungan oksigen yang terbukti mampu menyerap gas dan racun dari dalam kulit Anda. Penyerapan racun yang terjadi akibat reaksi arang yang menempel pada wajah Anda seperti molekul aktif yang menghisam racun berbahaya melalui sela pori-pori Anda.

Hal inilah yang membuat arang menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan sebagai bahan baku dari masker wajah untuk mengatasi jerawat.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 sendok teh bubuk arang aktif (jika kamu kesulitan menemukan arang di sekitarmu, kamu bisa juga membelinya di toko obat herbal atau toko produk kecantikan)
  • Air mawar (jika tidak ada boleh menggunakan air biasa)
  • 1 potong lidah buaya ukuran sedang
  • 1 tetes minyak teh hijau

Cara pembuatan dan pemakaiannya:

  • Cara pembuatan masker arang ini cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan semua bahan-bahan di atas hingga membentuk pasta dan pastikan bubuk arang benar-benar halus agar dapat tercampur sempurna dengan tekstur yang lembut dan tidak melukai kulit.
  • Setelah adonan sudah merata, Anda dapat langsung mengaplikasikannya ke seluruh permukaan kulit wajah Anda, dan jangan lupa untuk memberikan perhatian khusus pada bagian yang berjerawat.
  • Diamkan selama 15 menit atau hingga masker benar-benar mengering, kemudian bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih.
  • Terakhir, keringkan wajah dengan menggunakan handuk lembut dengan cara menekan-nekan area wajah.
  • Gunakan masker arang ini maksimal 3 kali dalam seminggu untuk hasil yang memuaskan.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *