Tea Tree Oil Untuk Atasi Jerawat

skin.co.id Tea Tree Oil Untuk Atasi Jerawat

Tea tree oil atau minyak pohon teh merupakan sebuah ekstrak tanaman asli dari Australia yang digunakan sebagai obat topikal oleh suku Aborigin selama berabad-abad lamanya. Minyak ini diperoleh dari distilasi uap dari daun yang memiliki nama ilmiah melaleuca alternifolia. Tea tree oil sering juga digunakan sebagai obat antiseptik dan anti jamur.

Sebuah studi menemukan bahwa minyak ini akan sangat bekerja untuk mengendalikan jerawat terutama jika digunakan dengan benzoil peroksida. Minyak ini juga sangat efektif untuk mengatasi jamur di kaki dan kuku, sakit di gusi gigi, dan juga ketombe. Selain itu tea tree oil juga banyak digunakan sebagai bahan utama pada produk perawatan seperti gel, lotion, krim, dan juga sampo.

Ada juga beberapa penelitian yang dilakukan oleh Departemen Dermatologi di Prince Alfred Hospital, Australia membandingkan efektivitas dan toleransi 5% tea tree oil dan 5% benzoil peroksida pada sekitar 124 orang yang menderita jerawat ringan hingga sedang.  Dan hasilnya,orang dengan dua kelompok jerawat tersebut mengalami penurunan peradangan jerawat yang signifikan serta memiliki komedo yang berkurang dalam tiga bulan. Meskipun minyak ini membutuhkan waktu lebih lama untuk mengatasi jerawat, akan tetapi efek samping minyak ini lebih sedikit. Para peneliti juga menemukan bahwa minyak pohon teh bekerja lebih baik daripada plasebo dalam mengurangi keparahan dan jumlah radang akibat jerawat.

Tea tree oil mengandung konstituen yang disebut terpinen-4-ol  (TO) yang dianggap bertanggung jawab untuk sebagian besar aktivitas antimikroba. Karena tea tree oil dapat membunuh bakteri, menggunakan minyak ini untuk jerawat akan dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, Propionibacterium acnes. Penelitian membuktikan bahwa tea tree oil memiliki efek yang efektif sama seperti benzoil peroksida dan antibiotik topikal lainnya untuk mengatasi jerawat. Sebuah artikel di International Journal of Antimicrobial Agents membahas sebuah kajian ilmiah tentang efektivitas minyak pohon teh ini terhadap jerawat.

Para penulis melihat serangkaian penelitian ilmiah yang dilakukan antara tahun 2005 dan 2014. Penelitian menunjukkan bahwa produk yang mengandung TO mengalami peningkatan dalam mengurangi radang pada jerawat di bagian tubuh manapun dari 23,7% menjadi 62,1%.

Banyak obat atau produk perawatan kulit memiliki terlalu sedikit kandungan tea tree oil. Para peneliti mengungkapkan bahwa minyak ini dimasukkan dalam produk perawatan rambut dan kulit sebagai agen terapi aktif.  Dan untuk memiliki dampak yang efektif, Anda bisa menggunakan larutan 5% minyak ini dua kali sehari selama beberapa minggu.

BLEMISH SERUM

Bebaskan Masalah Jerawat Anda dan Tenangkan Masalah Kulit Dengan Serum Terbaik

  • Mengontrol sebum penyebab jerawat
  • Meredakan peradangan
  • Membersihkan jauh ke dalam pori-pori
  • Melindungi keratin kulit
  • Menenangkan kulit sensitif

Tuntaskan masalah jerawat Anda dengan serum anti jerawat paling ampuh ini. Klik DI SINI!

Bagaimana Menggunakan Tea Tree Oil Dengan Tepat?

Minyak ini hanya digunakan sebagai obat luar sehingga tidak boleh diminum atau ditelan. Tidak ada dosis yang ditetapkan untuk menggunakan tea tree oil. Konsentrasi minyak ini juga sangat bervariasi tergantung dari kondisi medis. Anda bisa menggunakan minyak ini dengan kadar 5% untuk atasi jerawat, 10% atau lebih tinggi untuk mengatasi jamur kaki. Jika Anda menggunakan minyak ini secara murni, pastikan untuk mengikuti saran dokter atau petunjuk pada label. Tidak ada sumber makanan yang mengandung tea tree oil.

Efek Samping Tea Tree Oil

Meskipun memiliki manfaat yang baik untuk atasi jerawat, minyak ini juga memiliki beberapa efek samping. Efek samping ataupun alergi yang bisa dirasakan antara lain:

  • Gatal
  • Rasa terbakar
  • Kemerahan
  • Kulit kering
  • Kulit terasa lengket

Meskipun efek samping di atas tidak selalu dialami oleh setiap orang yang menggunakan minyak ini, tapi Anda perlu tetap berhati-hati dalam menggunakannya. Dan jika Anda sampai meminum minyak ini akan berpotensi menyebabkan reaksi yang parah seperti munculnya ruam, mual, kebingungan, dan bahkan bisa menyebabkan koma. Oleh karena itu, tea tree oil ini tidak dianjurkan untuk anak-anak dan bagi wanita hamil dan menyusui.

Bagaimana Tea Tree Oil Bekerja Pada Kulit Anda?

Minyak pohon teh ini akan bekerja untuk mengatasi jerawat dengan beberapa cara, di antaranya adalah:

  • Bakteri

Tea tree oil akan membunuh bakteri yang bersarang di pori-pori tersumbat. Bakteri tersebut akan mengubah komedo kecil menjadi jerawat yang menyakitkan.

  • Peradangan

Minyak ini akan meredakan peradangan yang diakibatkan oleh produksi keratin yang berlebihan. Keratin adalah protein yang mengikat sel-sel kulit secara bersama-sama. Terlalu banyak keratin akan memisahkan banyak sel-sel kulit sehingga menyumbat pori-pori dan akhirnya mengakibatkan jerawat.

  • Produksi Sebum Yang Berlebihan

Tea tree oil juga akan mengurangi produksi sebum yang berlebihan, yang juga merupakan penyebab jerawat.

Tidak seperti vitamin C dan teh hijau, tea tree oil bukanlah sebuah antioksidan. Tea tree oil merupakan penghambat produksi sitokin yang membentuk peradangan pada kulit. Sitokin bisa diibaratkan sebagai penanda kebakaran di kulit. Sel-sel kulit akan melepaskan sitokin untuk merespon peradangan atau luka sehingga jika digunakan secara berlebihan akan menyebabkan peradangan yang lebih parah. Maka dari itu, gunakan dan pilih produk perawatan yang mengandung tea tree oil dengan kadar yang normal seperti Blemish Soap sehingga mampu membasmi jerawat bukan malah sebaliknya.

BACA JUGA: Tips Menggunakan Tea Tree Oil Untuk Kulit Berjerawat 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *