Teh Hijau. Apa yang Membuatnya Begitu Spesial?

teh hijau

Teh hijau merupakan tanaman asli yang berasal dari Asia, memiliki nama ilmiah Camellia Sinensis. Teh hijau adalah tanaman yang paling sedikit diolah dan menggunakan metode yang lebih baik ntuk mempertahankan lebih banyak nutrisi dibandingkan metode pengolahan teh yang lain. Dan teh hijau ini juga telah digunakan sejak ribuan tahun yang lalu oleh orang Cina. Namun, dalam beberapa dekade, teh ini menjadi sangat terkenal di mana saja karena berbagai manfaat ditawarkannya.

teh hijau

Selain bermanfaat untuk kesehatan, teh hijau ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mengonsumsinya langsung maupun digunakan langsung pada kulit. Teh hijau dikenal dengan tingginya kandungan antioksidan yang bisa melindungi tubuh dan kulit Anda dari paparan radikal bebas, yang bisa merusak kulit.

Apa saja manfaat teh hijau untuk kulit?

teh hijau

1. Memberikan Efek yang Menenangkan pada Kulit

Jika kulit Anda terbakar oleh sinar matahari atau sunburn, perawatan kulit yang menggunakan teh hijau bisa jadi salah satu solusinya. Kandungan teh hijau ini membantu pemulihan kulit, memberikan efek yang menenangkan, dan menyejukkan kulit yang sensitif.

Caranya pun cukup mudah, cukup dengan merendam 100 gram teh hijau ke dalam 500 ml air mineral dan biarkan selama 1 jam. Untuk merawat kulit yang terbakar sinar matahari, cukup tempelkan kain bersih yang terlah dibasahai dengan air teh hijau, lalu tempelkan pada kulit yang mengalami sunburn.

2. Membantu Menangkal Radikal Bebas

Jika Anda sering terpapar radikal bebas dari asap rokok maupun kendaran bermotor, gunakan masker teh hijau yang kaya akan kandungan antoksidan. Masker ini membantu menghilangkan racun-racun yang ada pada kulit dan membuat kulit jadi lebih lembut. Selain itu, masker ini juga bisa membantu menenangkan kulit yang mengalami sunburn.

>> Manfaat Konsumsi Teh Herbal Untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit<<

 

Teh Hijau, Tawarkan Sejuta Manfaat untuk Kulit

teh hijau

Banyak oraang yang belum tahu bahwa teh hijau tidak hanya untuk diminum. Teh ini juga bisa Anda gunakan sebagai salah satu sarana perawatan kulit. Teh ini memiliki banyak manfaat tersembunyi, seperti sifat detoksifikasinya yang bagus untuk wajah dan kulit. Berikut beberapa cara menggunakan teh ini untuk kulit dan wajah:

Grean Tea Cleaner

Anda bisa menggunakan teh sebagai pembersih wajah. Yang perlu Anda persiapkan adalah:

  • 2 kantung teh
  • ½ air rebus

Setelah menyipakan bahan, ambil ½ air mendidik dan celupkan 2 kantong jika teh hijau ke dalam air tersebut rebus hingga 15 menit, hingga ada perubahan warna, kemudian biarkan menjadi dingin. Simpan ke dalam lemari es selama beberapa menit dan kemudian gunakan untuk mencuci wajah Anda. Cara yang lebih baik utuk menggunakan teh adalah mencuci wajah dalam keadaan panas (suam-suam kuku). Teh panas ini bekerja sebagai sebagai uap untuk wajah dan membersihkan pori-pori kulit.

Green Tea Toner

Anda juga bisa menggunakan teh hijau sebagai penyegar wajah. Anda hanya perlu mempersiapkan air rendaman teh hijau sama seperti saat membuat cleaner atau pembersih.

  • Minyak esensial
  • Botol Spray
  • Rendaman Teh Hijau

Campur semua bahan tersebut dan simpan dalam lemari pendingin. Gosokkan ke wjah sebelum mandi. Lalu, diamkan selama 10 menit kemudian segeralah mandi.

Green Tea Scrub

Untuk mengangkat kotoran yang masih menempel, Anda juga bisa menggunakan teh hiau sebagai scrub wajah. Persiapakan bahan-bahannya seperti:

  • 2 sendok teh makan green tea cleaner
  • 2 sendok teh makan gula

Ambil 2 sdm teh dingin dan tambahkan 2 sdm gula. Campuran kedua bahan ini akan membentuk scrub dengan tekstur yang agak kasar. Aplikasikan scrub ini pada wajah dengan menggunakan ujung jari. Biarkan wajah menjadi kering selama kurang lebih 10-15 menit, tunggu sampai kering. Kemudian cuci wajah Anda dengan air hangat. Proses ini diaplikasikan sebagai pengelupas atau pengangkat sel-sel kulit mati di wajah dan membuka pori-pori tersumbat.

Anda juga bisa menggunakan teh ini sebagai masker alami yang  akan membuat kulit Anda lebih sehat dan bersinar.

Masker Teh Hijau dan Madu

  • 2 sdm madu
  • 2 sdm air pembersih yang terbuat dari teh hijau

Campur kedua bahan tersebut, madu dengan teh. Aduk secara merata kemudian terapkan di wajah Anda. Madu memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga bisa membuat wajah Anda bersinar. Setelah mengering, bilas wajah Anda dengan air bersih. Teh hijau akan menenangkan wajah Anda, menenangkan iritasi atau kemerahan sementara madu melembabkan.

Masker Teh Hijau dan Minyak Zaitun

  • Minyak zaitun
  • Air dari teh hijau

Campur minyak zaitun dan teh dalam jumlah yang sama. Oleskan campuran pada wajah. Diamkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air bersih. Teh hijau sangat baik untuk kulit meskipun pahit rasanya. Gunakan masker wajah terbaik yang cocok untuk wajah Anda.

>> 5 Langkah Menjaga Keremajaan Kulit <<

 

Tea Tree Oil untuk Perawatan Kulit Berjerawat

teh hijau

Kandungan alami ini banyak ditemukan pada produk-produk perawatan kulit khususnya untuk kulit berjerawat dan kulit berminyak. Apa saja manfaat dan keunggulan essensial oil ini untuk kulit? Berikut penjelasan lebih mendalam tentang tea tree oil dan manfaatnya untuk kesehatan kulit.

Apa Itu Tea Tree Oil?

Tea tree oil sudah dikenal semenjak Perang Dunia II karena khasiatnya untuk membantu merawat infeksi pada luka yang dialami prajurit yang terluka pada saat itu. Essential oil ini diekstrak dari tanaman Melaleuca Alternifolia atau yang lebih dikenal dengan istilah Narrow-leaved Paperbark, Narrow-leaved Tea Tree, atau Snow in Summer. Tanaman semak-semak yang mirip pohon ini berasal dari Australia dan menjadi sangat populer di tahun 1920-an karena manfaat antiseptiknya. Tea tree banyak digunakan sebagai bahan pada produk perawatan kulit dan rambut untuk membantu mengatasi jerawat, jamur, bakteri, komedo, dan merawat kulit yang berminyak maupun kombinasi.
Tea tree oil ini sangat dikenal akan kemampuannya dalam merawat kulit berminyak dan mengatasi komedo yang disebabkan bercampurnya sebum dan kotoran. Penggunaan tea tree dapat membantu mengurangi kelebihan minyak pada kulit dan membuat kulit jadi lebih kering. Tea tree sangat berguna pada jerawat yang disebabkan kelebihan produksi sebum. Namun, tidak efektif digunakan pada kulit berjerawat yang disebabkan karena faktor hormonal.

Bagaimana Cara Tepat Menggukan Tea Tree Oil?

Tea tree oil mengandung antiviral, antiseptik, antifungal, dan antibiotik yang sudah lama dikenal untuk mengatasi masalah jerawat. Penggunaan bahan alami ini tidak menghilangkan natural oil dari kulit serta mampu membantu menenangkan kulit yang bermasalah. Manfaat tea tree oil sangatlah beragam. Untuk mendapatkan manfaatnya, ada beberapa metode cara penggunaan tea tree oil pada kulit yang berjerawat, yaitu:

Oleskan Secara Langsung Pada Titik yang Berjerawat

Untuk mengobati jerawat secara alami, Anda bisa menggunakan tea tree oil secara langsung pada area atau titik yang berjerawat pada wajah. Setetes tea tree oil akan meresap ke dalam kulit, mengurangi kelebihan sebum, membunuh bakteri penyebab jerawat, dan mengeluarkan komedo. Berikut cara aplikasinya:

  • Ambil cotton bud atau tissue lalu tuangkan beberapa tetes tea tree oil di atasnya.
  • Oleskan secara perlahan pada area atau titik yang berjerawat.
  • Tinggalkan semalaman atau beberapa jam
  • Sebelum mengoleskan tea tree oil, kondisikan wajah dalam keadaan bersih atau bersihkan dahulu dengan pembersih wajah.

Gunakan Tea Tree Oil Sebagai Spot Treatment

Anda juga bisa menggunakan tea tree oil sebagai spot treatment yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Caranya adalah:

  • Ambil beberapa sdt aloe vera gel dan campurkan dengan beberapa tetes tea tree oil. Anda juga bisa menggunakan madu sebagai pengganti aloe vera gel.
  • Aplikasikan campuran ini pada area yang berjerawat
  • Untuk aplikasi yang lebih mudah, Anda juga bisa menyimpan spot treatment ini pada wadah.

Tambahkan Tea Tree Oil pada Masker Wajah

Selain bisa diaplikasikan secara langsung, Anda juga bisa menambahkannya secara langsung pada masker wajah buatan sendiri. Ambil beberapa tetes tea tree oil dan tambahkan pada masker wajah buatan sendiri. Campuran tea tree oil pada masker wajah ini membantu membunuh bakteri dan mengobati jerawat. Berikut beberapa resep masker wajah alami yang bisa Anda tambahkan tea tree oil:

  • Ambil 2 sdm green clay powder dan campurkan dengan 3-4 tetes tea tree oil. Tambahkan air secukupnya hingga terbentuk pasta dan aplikasikan masker wajah secara merata pada kulit wajah. Biarkan selama 20 menit kemudian bilas hingga bersih.
  • Campurkan 2 sdt jojoba oil dengan 3 tetes tea tree oil. Potong tomat dan lembutkan. Lalu campurkan bahan-bahan menjadi satu hingga berbentuk seperti puree kemudian aplikasikan masker pada wajah dan biarkan selama 10 menit. Bilas dengan air hingga bersih dan keringkan.
  • Ambil ¼ cup dari yogurt plain dan tambahkan 5 tetes tea tree oil. Aplikasikan campuran ini wajah dan biarkan selama 15-20 menit. Basuh dengan air hingga bersih dan keringkan.

Selain dengan membuat resep alami sendiri dengan campuran tea tree oil, bahan alami ini juga dikandung dalam produk perawatan kulit yang diperuntukkan untuk kulit yang berjerawat seperti rangkaian produk Blemish Line dari BRTC. Pilih produk yang tepat untuk atasi jerawat.

Teruslah menjadi cantik, Ladies!

BACA JUGA: Bahan Rahasia dalam Perawatan Kulit Wanita Asia

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *