Ternyata Masalah Wajah dengan Kondisi Kesehatan Ada Kaitannya, lho

masalah wajah

Memang apa kaitan antara masalah wajah yang sering Anda hadapi dengan kondisi kesehatan Anda?

Jadi seperti ini, masalah wajah yang sering terjadi seperti timbul jerawat, flek hitam, noda bekas jerawat, keriput, atau masalah wajah yang lain ternyata memang berhubungan dengan kondisi kesehatan tubuh. Mungkin Anda masih berpikir bahwa apa sih hubungan antara masalah wajah dengan kondisi kesehatan kita? Berikut beberapa masalah wajah yang sering terjadi kepada kita yang juga sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan tubuh Anda:

1. Bibir Pecah-pecah

Masalah wajah yang sering terjadi karena cuaca yang dingin, dehidrasi juga bisa menyebabkan bibir Anda menjadi mengering dan pecah-pecah. Jangan menjilati bibir Anda karena hal ini malah akan membuatnya semakin mengering. Sebaiknya gunakanlah pelembab bibir, dan perbanyak minum air putih.

2. Hidung Berubah Jadi Merah

Masalah wajah yang kedua yaitu hidung merah. Hal ini terjadi karena bisa saja muncul saat menangis, terkena flu, maupun saat menghadapi perubahan suhu. Hal ini hanya berlangsung untuk sementara waktu. Jika hidung Ada hampir merah setiap hari, ini bisa jadi pertanda kalau ada yang tidak beres dengan pembuluh darah di area hidung Anda. Sebaiknya, konsultasikan hal ini pada dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

3. Kulit yang Mengelupas Disekitar Mulut dan Hidung

Masalah wajah lain yaitu kulit mengelupas di area mulut dan hidung bisa disebabkan berbagai faktor. Tapi umumnya, hal ini disebabkan tubuh yang kekurangan vitamin A,B,C, dan E.  Penuhi asupan vitamin-vitamin tersebut untuk membuat kulit menjadi lembap kembali dan terhindari dari masalah wajah yang lain.

4. Lingkar Mata Hitam

Beberapa perempuan memiliki masalah wajah yang lebih gelap di sekitar area matanya. Tapi, jika masalah wajah seperti lingkar mata hitam dan juga kantung di bawah mata Anda muncul baru-baru ini, itu bisa disebabkan perubahan hormon, mengonsumsi terlalu banyak kafein, atau alergi. Kompreslah mata Anda dengan handuk dingin untuk mengatasinya.

5. Nyeri Di Sekitar Bibir dan Mulut

Nyeri yang muncul di area bibir dan mulut ini pertanda ada masalah wajah pada diri kita. Nah, ini bisa disebabkan karena sistem kekebalan tubuh yang jadi melemah. Untuk meredakannya, Anda bisa mengoleskan salep pada bagian kulit yang terasa sakit.

6. Tanda Lahir yang Semakin Membesar

Tanda lahir atau tahi lalat bukanlah hal yang berbahaya selama tidak menunjukkan gejala-gejala yang janggal. Kalau warnanya jadi tidak merata, atau diameternya semakin membesar, bisa jadi ini menjadi indicator ada masalah wajah pada diri Anda. Dan sebaiknya konsultasikan langsung dengan dokter, ya!

7. Hiperpigmentasi di Wajah

Masalah wajah lain yang sering terjadi adalah noda gelap pada area pipi dan jembatan hidung Anda merupakan pertanda hiper pigmentasi. Hal ini dikarenakan kulit wajah Anda yang sering terkena paparan matahari. Untuk mengatasinya, Anda harus rajin menggunakan suncreen, terutama saat berada di luar ruangan.

8. Ruam Kemerahan pada Wajah

Ruam atau bercak-bercak yang muncul pada permukaan kulit wajah bisa terjadi dikarenakan alergi, penggunaan kosmetik yang gak cocok, perubahan iklim, dan konsumsi gula berlebih. Jika sudah mengetahui penyebabnya, jangan dibiarkan saja, segera konsultasikan masalah wajah seperti ini ya, Ladies.

9. Alis dan Bulu Mata Jadi Menipis

Selain dikarenakan reaksi bahan-bahan kimia yang gak cocok di kulit, penipisan alis atau bulu mata bisa menjadi pertanda kelenjar tiroid, dan masalah wajah yang satu ini jangan dianggap sepele. Segera periksa ke dokter dan melakukan tes darah untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

10. Mata dan Kulit Wajah yang Menguning

Kulit berwarna kuning langsat itu menandakan kulit yang bersih, dan sehat. Namun, kalau kulit dan warna mata Anda tiba-tiba berubah jadi kuning, ini sudah tentu masalah wajah Anda. Kemungkinan bagian kantong empedu, hati, atau pancreas Anda ada yang tidak sehat. Segera periksakan ke dokter, ya!

 

Mengatasi Masalah Wajah yang Rusak Akibat Kosmetik

masalah wajah

Keinginan untuk mendapatkan kulit yang cantik dengan cara instan seringkali mengakibatkan kecerobohan serta ketidakpedulian terhadap efek samping dari produk yang dipakai.

Rendahnya pengetahuan terhadap efek yang ditimbulkan oleh produk pemutih wajah, serta keliru memilih cara menghilangkan flek hitam dan juga jerawat padahal mengandung zat berbahaya seringkali menimbulkan penyesalan di kemudian hari.

Karena, bukan solusi yang didapatkan, melainkan masalah wajah baru yang muncul kemudian dengan ekses yang lebih berat dari sebelum menjalani perawatan.

Krim pemutih wajah sedang booming di pasaran, mengikuti trend orang Indonesia yang menginginkan kulitnya menjadi lebih bening.

Tidak heran bila sekarang makin sering kita temukan wanita muda bahkan remaja yang memiliki wajah yang rusak akibat produk kosmetik, seperti jerawat parah, kulit mengelupas hebat dan flek yang lebar.

Diperlukan konsumen cerdas untuk menghindari dari resiko penggunaan produk kosmetik berbahaya yang dapat membuat masalah wajah.

Sehingga sangat disarankan bagi konsumen untuk lebih teliti dalam membeli produk kosmetik, dan sangat alangkah baiknya jika hanya menggunakan dan membeli produk kosmetik yang sudah pernah dipakai dibanding mencoba menggunakan produk kosmetik yang belum jelas dan dapat berbahaya bagi kesehatan kulit wajah.

 

Tips Cara Mengurangi Resiko dari Kosmetik Berbahaya

masalah wajah

  1. Jangan suka mencoba membeli produk baru yang belum jelas kualitas dan reputasinya.
  2. Segera hentikan penggunaan kosmetik baru Anda jika:
  • Saat pemakaian kosmetik kulit wajah menjadi gatal.
  • Saat pemakaian kosmetik kulit wajah terasa panas.
  • Saat pemakaian kosmetik kulit wajah memerah.

Tips ini berlaku untuk Anda yang baru akan memulai atau mencoba kosmetik.

Lalu bagaimana dengan yang wajahnya sudah “terlanjur” rusak akibat penggunaan kosmetik?

Maka sebaiknya Anda lakukan langkah berikut ini:

Mulai Hidup Sehat

masalah wajah

Detoksifikasi bermanfaat untuk menghindari risiko adanya akumulasi racun, sehingga bisa secara berangsur dikurangi.

Pertama, meringankan beban racun. Jauhi alkohol, kopi, rokok, gula halus dan lemak jenuh, yang semuanya bertindak sebagai racun dalam tubuh dan penghambat untuk proses penyembuhan Anda.

Pengganggu kesehatan lainnya adalah stres, yang dapat memicu pelepaskan hormon stres ke dalam sistem Anda.

Olahraga seperti yoga, dan meditasi adalah cara sederhana dan efektif untuk meredakan stres.

Perbanyak Konsumsi Buah

masalah wajah

Sangat disarankan untuk memperbanyak konsumsi buah terutama buah dengan vitamin C yang tinggi. Tenyata Selain jeruk dan lemon terdapat banyak buah lainnya yang mengandung Vitamin C.

Manfaat Vitamin C dapat meningkatkan produksi kolagen secara bertahap sehingga dapat mempercepat pertumbuhan sel sel baru pada kulit.

Perawatan Wajah

masalah wajah

Anda dapat melakukan perawatan wajah dengan menggunakan masker alami yang dapat Anda buat sendiri di rumah:

  • Masker Pepaya

Masker buah pepaya dapat menjadi salah satu solusi ampuh untuk mengatasi kulit wajah rusak akibat kosmetik.

Caranya haluskan atau lumatkan buah pepaya kemudian oleskan pada wajah secara merata sampai buah pepaya meresap pada wajah dan mengering setelah itu bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini secara teratur 2 kali seminggu.

  • Masker Mentimun

Menggunakan masker mentimun untuk wajah yang rusak akibat kosmetik, merupakan keputusan yang tepat.

Karena manfaat pada buah mentimun dapat mengengkat kulit mati pada wajah secara bertahap.

Kemudian mengganti dengan kulit yang baru sehingga kulit terasa lebih kencang dan lebih segar dari sebelum nya.

Selain itu efek dari penggunaan masker mentimun ini adalah dapat memberikan sensasi dingin pada wajah sehingga membuat Anda lebih mudah rileks dan menikmatinya.

Cara membuat masker buah mentimun cukup mudah yaitu siapkan buah mentimun secukup nya lalu haluskan bisa menggunakan blender namun jangan ditambahkan air.

Setelah buah mentimun diblender dan sudah lembut kemudian aplikasikan pada wajah Anda secera menyeluruh dan merata kemudian biarkan hingga mengering lalu bilas dengan air bersih.

Cara ini sangat baik dilakukan sebelum tidur dan gunakan secara teratur tiga kali seminggu dan lihat hasil nya setelah 3 bulan.

Perbanyak Minum Air Putih

masalah wajah

Mencukupi kebutuhan air dalam tubuh memang berdampak signifikan terhadap kesehatan kulit baik kulit tubuh maupun wajah.

Hal ini disebabkan ketika tubuh cukup dengan air maka kulit lebih mudah untuk beregenarasi dan terlihat lebih segar dan kencang namun sebaliknya ketika tubuh kekurangan cairan maka kulit cenderung kering dan mudah rusak dengan berbagai masalah kulit.

Anehnya mencukupi kebutuhan cairan tubuh sering disepelekan oleh orang saat ini padahal minum air 8 gelas atau dua liter sehari merupakan kebutuhan yang tidak bisa diabaikan.

Karena manfaat minum air putih yang begitu besar seperti menetralisir racun, menghalau radikal bebas, meningkatkan kekebalan tubuh, hingga untuk kesehatan kulit.

Maka dari itu penuhilah kewajiban Anda untuk mencukupi kebutuhan air putih minimal 2 liter sehari.

 

Nah itulah beberapa alternatif yang layak Anda coba untuk mengatasi kulit wajah rusak akibat kosmetik semoga informasi ini dapat bermanfaat dan kami tunggu feedback dari Anda.

BACA JUGA: Jangan Gunakan Produk Berbahaya Untuk Wajah Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *