Tidur Berkualitas Bikin Tubuh Jadi Langsing!

tidur

Tidur yang berkualitas sangat dibutuhkan untuk mengembalikan kebugaran tubuh. Sayangnya tidak semua orang memahami seperti apa yang dimaksud dengan tidur berkualitas. The National Sleep Foundation (NSF) mempublikasikan sebuah laporan tentang kriteria tidur sehat,  ada 4 komponen, seperti:

1. Jangan Lakukan Kegiatan Lain

tidur

Banyak orang menghabiskan waktu lama di kamar, tetapi tidak benar-benar tidur. ada yang memainkan ponsel, melanjutkan pekerjaan yang belum beres, atau bahkan makan sambil nonton tv.

Menurut NFS, 85% waktu yang dihabiskan di atas tempat tidur harus benar-benar dialokasikan untuk istirahat. kurang dari itu, maka tidur jadi tidak berkualitas.

2. Langsung Tidur

tidur

Hampir sama dengan point pertama, tidur yang berkualitas tidak membutuhkan ‘intro’ yang terlalu lama. Paling lambat, 30 menit sejak merebahkan badan di atas ranjang, harus sudah terlelap. Pengidap insomnia punya masalah dengan hal ini, sehingga butuh waktu sangat lama sebelum bisa benar-benar terlelap.

3. Tidak Terbangun Lebih dari Sekali

tidur

Terbangun di tengah malam adalah hal yang wajar, namun seharusnya tidak terlalu sering jika memang berkualitas. NSF menyebut idealnya seseorang tidak terbangun lebih dari sekali selama tidur malam. Faktor lingkungan termasuk salah satu yang  bisa memunculkan gangguan terkait pada point ini.

4. Mudah Melanjutkan Tidur

tidur

Ketika terbangun tengah malam, istirahat yang berkualitas seharusnya tidak sulit untuk dilanjutkan kembali. Dalam waktu kurang dari 20 menit, seseorang sudah harus bisa kembali. Dalam waktu kurang dari 20 menit, seseorang sudah harus bisa kembali terlelap. Namun, jika setelah itu tetap tidak bisa terlelap hingga waktu yang lama, berarti tidur kurang berkualitas.

 

Tubuh Jadi Langsing dengan Tidur Berkualitas

tidur

Sudah tahu belum, kalau ternyata salah satu kunci mendapatkan tubuh langsing adalah dengan memiliki kebiasaan tidur yang baik? Jadi, bisa dengan tidur nyenyak, berat badan bisa tetap terjaga dan bahkan bisa turun. Menarik sekali, bukan?

Sebuah penelitian menarik dari Annals of Internal Medicine menyebutkan bahwa orang yang  istirahat 8,5 jam per malam bisa membakar lemak tubuh dua kali lebih besar dibandingkan orang yang tidur cuma 5,5 jam per malam, sekalipun asupan kalori mereka sama. Tidur yang cukup memang salah satu kunci untuk bisa menurunkan berat badan.

Tips yang bisa dicoba untuk mendapatkan istirahat nyeyak yang bisa membantu proses penurunan berat badan, dengan cara:

1. Atur Suhu Kamar 19 Derajat Celcius

Anda perlu membuat suhu tubuh turun agar bisa terlelap sepanjang malam. Selain itu, ada penelitian yang menyebutkan kalau tidur di ruangan dengan 19 derajat celcius, maka lemak putih penyimpan lemak akan diubah jadi lemak coklat pembakar lemak. Hal ini dikarekan fungsi lemak coklat dalam menjaga suhu tubuh.

2. Buat Tubuh Rileks

Lakukan kegiatan atau aktvitas yang bisa merilekskan tubuh 30 menit sebelum tidur. misalnya membaca atau meditasi. Tujuannnya adalah untuk menjaga kualitas istirahat dan energi tubuh. Agar saat bangun keesokan harinya, tubuh bisa memiliki cukup energi untuk olahraga atau melanjutkan program diet Anda.

Selain itu, untuk mendapatkan istirahat yang berkualitas, Anda bisa tambahkan Deep A Sleep blended oil pada piyama, sarung bantal dan guling, atau bahkan pada kasur Anda.  Aromaterapi ini bisa membantu Anda dan keluarga untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas.

Terbuat dari minyak esensial murni yang berasal dari air. Anda bisa semprotkan pada bantal, tunggu selam 1-2 menit sampai kering sebelum digunakan. Aroma yang menenangkan dan rileks, bukan hanya angan-angan saja untuk mendapatkan tidur berkualitas.

3. Tidur di Kamar Gelap

Dalam sebuah penelitian dari University of Oxford tahun 2014 disebutkan bahwa wanita yang beristirahat di ruangan gelap risiko terkena obesitasnya 21% lebih sedikit dibandingkan wanita yang terlelap di ruangan terang. Selain itu, istirahat di ruangan gelap bisa menjaga produksi melatonin dalam tubuh.

4. Yoga Ringan

Melakukan yoga ringan sebelum istirahat bisa memberi kualitas tidur yang baik. Gerakan yoga ringan bisa merilekskan otot-otot dan membuat tidur Anda lebih lelap. Imbangi juga dengan melakukan teknik pernapasan.

Caranya tarik napas melalui hidung, lalu keluarkan lewat mulut secara perlahan. Saat menarik dan menghembuskan napas, lakukan dengan menaik turunkan perut, bukan dada Anda.

 

Buat Kamar Jadi Free Stress Area

tidur

Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, suasana juga sangat berpengaruh.  Karena apa, kita menghabiskan banyak waktu di dalam kamar, sehingga membuat kamar menjadi sebuah tempat yang yang nyaman. Tentu yang akan membuat tidur Anda dipenuhi mimpi indah. Di mana lagi tempat yang paling nyaman selain kamar? Tentunya Anda ingin membuat kamar Anda menjaadi free stress area, bukan?

Boleh saja jika kamar Anda ditata sesuai dengan selera Anda. Anda juga boleh saja membiarkan atau sengaja membuat beberapa barang tampak berantakan, karena kamar adalah privacy Anda, maka Anda boleh membuat kamar Anda menjadi apapun yang Anda mau. Hanya saja, jika Anda ingin melepas stres di dalam ruangan yang paling dekat dengan Anda sekaligus tempat yang paling nyaman, maka begini caranya:

1. Harus Bersih dan Rapi!

tidur

Anda pulang dari suatu tempat dan menemukan kamar Anda berantakan? Kepala Anda bisa jadi akan semakin sakit. Karena itu selalu bereskan kamar Anda. Jika Anda selesai membaca buku, letakkan kembali di rak. Setelah memakai laptop, gulung kabelnya dan kembalikan di meja yang seharusnya. Bersihkan juga permukaan meja atau lemari dari debu. Jika sudah bersih dan nyaman, Anda sendiri yang akan senang.

2. Beri Tanaman Segar

tidur

Tidak sulit untuk memetik setangkai bunga, meletakkan di dalam vas lalu Anda masukkan ke dalam kamar Anda. Selain sebagai pemanis ruangan, sebuah penelitian terhadap wanita pekerja menemukan bahwa mereka lebih rileks bekerja bila di dekat meja mereka ada vas yang berisi bunga segar. Tidak harus banyak, satu sudah cukup. Dengan begitu, Anda bisa tidur nyenyak dengan rileks.

3. Beri Wewangian Essential Oil

tidur

Sudah banyak toko yang menjual berbagai wewangian aromatherapy, mulai dari bentuk batangan, dupa dan minyak. Pilih aroma yang Anda suka, bisa aroma lemon, chamomile, lavender, ylang-ylang atau potpourri(wewangian yang terdiri dari kelopak bunga kering dan tanaman herbal).

Tapi ada yang lebih praktis loh, Ladies.  Cukup dengan Deep A Sleep blended oil, aromaterapi yang bisa membantu Anda dan keluarga untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas.

Bukan lagi obat tidur untuk membantu Anda tertidur lelap, cukup dengan Deep A Sleep, essential oils yang bisa membuat tidur Anda menjadi berkualitas. Terbuat dari minyak esensial murni yang berasal dari air. Anda bisa semprotkan pada bantal sebelum tidur, tunggu selam 1-2 menit sampai kering sebelum digunakan. Aroma yang menenangkan dan rileks, bukan hanya angan-angan saja untuk mendapatkan tidur berkualitas.

Terbuat dari campuran geranium oil, bergamot oil, lavender oil, sweet almond oil, dan sunflower seed oil.

4. Pilih Cat Biru

tidur

Warna biru adalah warna yang mampu meredakan stres. Maka pilihlah warna ini untuk memudahkan Anda tertidur sekaligus terjaga. Para ilmuwan menemukan bahwa warna biru dapat mempengaruhi sistem saraf yang mengendalikan area bawah sadar. Warna biru akan menurunkan detak jantung Anda dan memperlambat pernapasan. Dengan begitu Anda akan santai dan membantu tidur dengan cepat. Jika tidak suka warna biru, pilih warna ini sebagai cover tempat tidur atau bantal Anda.

5. Saran Feng Shui

tidur

Anda tentunya sudah kenal dengan ilmu feng shui. Tidak ada salahnya Anda mencoba salah satu ilmu feng shui yang akan membuat kamar tidur Anda menjadi tempat yang nyaman dan bisa meredam stres Anda. Para ahli feng shui menyarankan agar Anda meletakkan tempat tidur pada posisi yang tidak langsung menghadap ke pintu, tetapi diagonal terhadap pintu. Buatlah agar posisi ranjang Anda menghadap ke jendela, sehingga energi positif akan langsung mengenai Anda ketika bangun tidur.

 

Ternyata, Makanan dan Tidur Berkualitas itu Berhubungan!

tidur

Sekalipun terlihat mudah, istirahat berkualitas tidak hanya sekedar memejamkan mata. Anda beruntung jika dapat tidur dengan mudah setiap hari. Sedangkan sebagian orang harus berjuang keras agar dapat tidur. Jika akhir-akhir ini Anda mendapatkan masalah istirahat, coba perhatikan makanan yang Anda konsumsi. Mengapa makanan? Karena makanan erat hubungannya dengan kualitas istirahat Anda.

1. Makan Terlalu Banyak/Sedikit

Jika Anda makan terlalu banyak atau terlalu sedikit menjelang tidur, maka istirahat Anda juga bisa terganggu. Hal ini disebabkan karena makan yang terlalu banyak akan membuat rasa tidak nyaman pada sistem pencernaan Anda, sehingga Anda akan terjaga. Sedangkan makan yang terlalu sedikit akan membuat Anda kelaparan di tengah malam. Lalu bagaimana? Makan makanan ringan menjelang istirahat, misalnya sepotong apel atau beberapa keping biskuit gandum.

2. Alkohol adalah Pisau Bermata Ganda

Bagi beberapa orang, mengonsumsi sedikit alkohol bisa membuat tidur lebih nyenyak. Tetapi konsumsi alkohol yang berlebih dapat mengacaukan metabolisme Anda dan hal tersebut akan berpengaruh pada kualitas istirahat Anda. Banyaknya alkohol akan memperparah gangguan tidur dan mengganggu Rapid Eye Movement (REM) sebagai sarana penghantar istirahat Anda. Konsumsi alkohol juga bisa membuat tubuh dehidrasi saat tidur, sehingga saat bangun, tubuh semakin lelah.

3. Kafein Pengganggu Tidur

Hal ini sudah menjadi rahasia umum, kafein dapat membuat Anda terjaga sepanjang malam dan tidak bisa membuat Anda segera terlelap sekalipun telah lama memejamkan mata. Hal ini akan semakin parah bila Anda memang sensitif pada kafein (beberapa orang kebal dengan efek kafein). Jika Anda memang sensitif dengan efek kafein dan berniat istirahat dengan nyenyak, hindari mengonsumsi makanan yang mengandung kafein menjelang malam hingga waktu tidur.

4. Terlalu Banyak Konsumsi Lemak

Jika Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak menjelang malam, misalnya cheeseburger, milkshake, gorengan, dan lain sebagainya, maka jangan heran jika Anda akan semakin sulit terlelap. Penyebab dari hal tersebut adalah tingginya konsumsi lemak pada malam hari akan menyebabkan pencernaan bekerja keras dan perut Anda mulas. Jika sudah demikian, istirahat Anda akan jauh dari nyenyak sepanjang malam.

5. Makan Terlalu Malam

Terlambat makan malam dan menghabiskan sepiring hidangan berat kemudian melompat ke atas tempat tidur? Seberapa sering Anda melakukannya? Sebaiknya tidak lagi! Banyaknya makanan yang masuk ke dalam organ pencernaan menjelang detik-detik jam istirahat akan membuat rasa yang tidak nyaman. Saat Anda berbaring dengan lambung penuh makanan, maka asam lambung bisa mengalir hingga kerongkongan yang menyebabkan rasa mual.

6. Minum Air Terlalu Banyak

Tidur memang bisa membuat tubuh dehidrasi dan kekurangan cairan tubuh, tetapi minum beberapa gelas air mineral menjelang tidur sangat tidak disarankan. Banyaknya konsumsi air menjelang istirahat bisa membuat Anda bangun di tengah malam karena harus buang air kecil. Pastikan Anda telah mengonsumsi 8 – 10 gelas air selama satu hari, sehingga tidak perlu minum banyak air menjelang jam tidur. Minumlah air setidaknya satu  jam sebelum istirahat dan pergilah ke kamar mandi terlebih dahulu.

7. Susu dan Madu Baik Untuk Tidur Nyenyak

Jika Anda terlambat makan dan ingin istirahat dengna nyenyak, jangan makan porsi berat menjelang tidur, pilih susu hangat rendah lemak yang dicampur dengan satu sendok teh madu. Kandungan tryptophan dalam susu dapat meningkatkan kadar serotonin (hormon yang memudahkan tidur), sehingga istirahat Anda lebih nyenyak. Kandungan karbohidrat dari madu yang ringan juga akan membuat Anda tidur nyaman tanpa perasaan terlalu kenyang dan mulas jika mengonsumsi nasi atau karbohidrat berat lainnya.

Sudah tahu kan rahasia tubuh langsing itu dari pola tidur Anda yang berkualitas? Selain olahraga rutin, diet sehat yang teratur, istirahat berkualitas juga menjadi bagian pembentukan tubuh langsing impian Anda.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *