Tip Mencegah Kulit Keriput Sejak Dini

skin.co.id mencegah keriputSaat ini, kulit keriput tidak hanya menjadi masalah kulit yang sering diresahkan oleh wanita di usia dewasa saja namun juga menghantui para wanita di usia muda. Apa saja yang menyebabkan penuaan dini dan bagaimana cara pencegahannya?

Apa Penyebab Munculnya Keriput?
Usia. Saat usia lanjut, keriput tidak bisa kita hindari. Secara alami, produksi kolagen akan ikut menurun. Semakin menurunnya kolagen, kulit wajah akan kehilangan elastisitas atau kelenturannya. Menginjak usia awal 40an, kulit wajah akan tampak kendur dan berkurang kelembabannya.

Sinar Matahari. Terpapar sinar matahari maupun melakukan tanning dengan tanning bed atau sun lamps dapat mempercepat penuaan kulit. Sering terpapar sinar matahari dapat merusak kolagen dan elastin yang mana mengakibatkan munculnya tanda-tanda penuaan kulit seperti keriput, garis-garis halus, dan bintik-bintik hitam. Selain itu, bahaya lainlnya adalah risiko terkena kanker kulit. Selalu pakai sunscreen atau tabir surya dengan broad spectrum protection yang melindungi kulit dari sinar UV A dan UV B.

Merokok. Baik merokok ataupun terpapar asap rokok membuat kulit Anda selalu terpapar oleh racun-racun dan radikal bebas yang mempercepat penuaan kulit. Berhentilah dari kebiasaan ini dan hindari sebisa mungkin dari paparan asap rokok.

Bagaimana Cara Mencegah Penuaan Kulit?
Pakai Pelembab Sesuai Jenis Kulit. Krim pelembab merupakan salah satu rahasia untuk mencegah penuaan kulit. Sebaiknya Anda menggunakan pelembab setiap hari sejak dini sebelum tanda-tanda penuaan kulit muncul. Saat tanda-tanda penuaan seperti keriput mulai bermunculan, cari krim pelembab dengan kandungan kolagen atau bahan anti-aging lainnya seperti vitamin C.

Gunakan Tabir Surya Setiap Hari. Meskipun cuaca mendung, sebaiknya Anda tetap menggunakan tabir surya terutama di waktu siang hari antara pukul 10 sampai 2 siang. Sebaiknya, oleskan tabir surya 20 menit sebelum berpergian. American Academy of Dermatology menyarankan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih dengan broad spectrum protection.

Rawat Kulit Di Malam Hari. Bersihkan wajah dari bekas makeup dan kotoran yang menempel pada kulit wajah dengan pembersih yang sesuai jenis kulit Anda. Kemudian lanjutkan dengan mengaplikasikan krim pelembab.

Healthy Diet. Lengkapi menu makananan dengan sayuran dan buah-buahan segar, whole grains, dan makanan sehat lainnya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi untuk kulit. Pastikan asupan protein dalam makanan Anda tercukupi karena kulit tersusun oleh protein.

Rawatlah kulit Anda sejak dini untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan kulit. Semoga Membantu!

BACA JUGA: Mengenal Perubahan Kulit Sejak Usia 0-100 Tahun

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *