Tip Perawatan Kulit & Kecantikan Untuk Mengencangkan Kulit

skin.co.id perawatan kulit untuk mengencangkan kulit
Sel-sel kulit dan jaringan lain pada tubuh kita akan mengalami perubahan seiring dengan bertambahnya usia. Saat usia bertambah, komposisi pada kulit seperti kolagen mengalami penurunan sehingga elastisitas kulit pun juga ikut menurun. Hal ini dicirikan dengan kulit yang mengendur, munculnya garis-garis halus dan keriput, serta timbulnya kantung di area mata. Walaupun Anda bisa mencegah penuaan kulit dengan produk-produk perawatan kulit berkualitas, ada baiknya jika Anda juga mencoba cara alami untuk mencegah penuaan kulit. Berikut beberapa kiat-kiat perawatan kulit alami yang patut Anda coba:

Masker Wajah Alami
Saat ini sudah banyak berkembang produk-produk perawatan kulit seperti masker wajah dengan berbagai kandungan yang berguna untuk mencegah penuaan kulit dan mengencangkan kulit. Namun, tidak ada ruginya untuk mencoba bahan-bahan alami yang ada pada dapur untuk dimanfaatkan sebagai masker wajah alami. Simak resep masker wajah alami berikut.
1. Sandalwood. Campurkan sandalwood atau kayu cendana dengan air bunga mawar dengan rasio 1:1 dan aduk hingga rata. Kemudian oleskan secara merata kepada seluruh wajah Anda. Setelah maskernya mongering, bilas wajah Anda hingga bersih dengan air dingin. Masker wajah alami ini membantu mengurangi kelebihan minyak serta mengencangkan pori-pori kulit.
2. Putih Telur dan Lemon. Pisahkan putih dari kuning telur, lalu letakkan pada mangkuk bersih dan tambahkan beberapa tetes air lemon. Kocok hingga berbusa lalu oleskan pada wajah secara merata dan biarkan hingga kering. Kemudian bilas hingga bersih. Masker wajah ini dapat membantu mengencangkan pori-pori kulit dan membuat kulit terlihat lebih cerah.
3. Madu dan Susu. Campur 1 sdt madu dengan 5 sdt susu cair dan tambahkan beberapa tetes vitamin E oil lalu aduk hingga rata. Oleskan secara merata pada wajah dan biarkan selama 10 menit lalu bilas hingga bersih. Lakukan selama 2 kali seminggu secara rutin untuk membuat kulit jadi lebih cerah dan bercahaya.
4. Pisang. Untuk kulit terbebas dari keriput, cerah, dan tanpa noda/bintik hitam Anda bisa memanfaatkan buah pisang. Lumat pisang hingga lembut lalu oleskan secara merata pada kulit wajah hingga leher.

Facial Massage
Lakukan pijat wajah sebelum tidur, ini akan membantu memperlancar sirkulasi darah pada wajah. Pijat dengan gerakan memutar dari bawah ke atas, ini akan membantu mencegah timbulnya keriput dan garis-garis halus pada wajah. Setelah itu, lembabkan wajah Anda dengan krim pelembab sesuai dengan jenis kulit Anda.

Olahraga
Erat kaitannya antara tingkat aktivitas fisik dengan kekencangan kulit. Olahraga membantu memperlancar peredaran darah termasuk area wajah, ini akan membantu meningkatkan dan memperlancar pasokan nutrisi ke sel-sel kulit. Untuk kulit yang kendur terutama setelah melakukan program penurunan berat badan, lakukan jenis latihan beban untuk mengembalikan kekencangan kulit.

Diet Seimbang
Terapkan pola makan seimbang yaitu pola makan yang memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral dalam jumlah cukup. Serta tingkatkan konsumsi makanan yang tinggi bahan anti-aging seperti buah dan sayuran segar, makanan tinggi antioksidan, vitamin, dan mineral. Jangan lupa cukupi konsumsi air putih minimal 8 gelas per hari.

Lindungi Kulit dari Sinar UV
Hindari kulit dari paparan sinar UV untuk mencegah kerusakan kulit akibat radiasi sinar UV. Selain itu, paparan sinar UV ini bisa menyebabkan hilangnya natural oil dan kelembaban kulit serta rusaknya kolagen. Saat hendak keluar, selalu gunakan tabir surya yang broad spectrum protection dengan SPF minimal 15. Saat hendak tidur, jangan lupa bersihkan kulit dari bekas makeup dengan makeup remover.

Stop Merokok
Asap rokok merupakan radikal bebas yang mempercepat penuaan kulit. Selain disarankan untuk segera berhenti merokok, sebaiknya Anda juga menghindari orang yang hobi merokok agar terhindar dari paparan asap rokoknya.

Tidak ada ruginya melakukan tip-tip di atas, selain bagus untuk kulit Anda juga bagus untuk kesehatan tubuh Anda. Supaya usaha untuk mencegah penuaan kulit semakin lebih optimal, pilih produk perawatan kulit anti-aging yang berkualitas. Semoga Berhasil!

BACA JUGA: Bagaimana Mencegah Keriput pada Mata?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *