Tiru dan Aplikasikan: Perawatan Wajah dengan Ginseng Seperti Wanita Korea

ginseng

Semesta mempunyai banyak sekali tumbuhan yang dikenal mempunyai banyak manfaat untuk perawatan wajah maupun perawatan tubuh. Tumbuhan yang punya berbagai manfaat untuk manusia salah satunya adalah ginseng. Sudah terkenal sejak dulu bahwa gingseng digunakan untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit dan juga untuk meningkatkan stamina tubuh.

Ginseng mempunya nama latihan Panax,yaitu sejenis tumbuhan obat yang termasuk dalam suku Araliaceae. Ginseng ini banyak tumbuh di wilayah belahan bumi utara, seperti di daerah Siberia, Manchuria, Korea, dan juga di Amerika Serikat.

 

Kandungan Nutrisi yang Baik untuk Perawatan Wajah

ginseng

Nutrisi yang ada di dalam gingseng ini dapat digunakan dengan cara dikonsumsi maupun dengan cara digunakan diluar tubuh. Nutrisi yang dimiliki seperti ginsenosida, polisakarida, panaxans, serat, zinc, dan berbagai vitamin seperti vitamin B1, B2. B3, B5, dan juga vitamin C. Nah, nutrisi yang terkandung ini sangat baik untuk perawatan wajah dan perawatan tubuh agar tetap sehat.

Selain nutrisi tersebut, ginseng juga mengandung saponin yang mempunyai manfaat sebagai antioksidan alami yang dapat melindungi wajah dan tubuh dari radikal bebas dan paparan sinar ultraviolet. Ini yang membuat ginseng kerap kali dijadikan sebagai bahan bagu dari berbagai produk kecantikan karena kandungan nutrisinya tadi.

Apa saja manfaat ginseng yang baik untuk perawatan wajah Anda?

1. Anti-aging Alami

Kandungan saponin yang ada pada ginseng, memang berperan sebagai antioksidan untuk melindungi wajah dari efek buruk radikal bebas yang disebabkan oleh polusi serta pancaran sinar matahari yang mengandung UVA dan UVB. Selain itu, rutin menggunakan produk skin care yang mengandung ginseng setiap hari juga dapat mengurangi timbulnya penyebab penuaan dini, seperti keriput dan garis-garis halus.

2. Kulit Lebih Glowing

Pasti pada penasaran kenapa wajah wanita korea begitu tampak glowing dan sehat. Salah satu kunci rahasianya dengan menggunakan skin care yang mengandung ginseng ini. Bagian akarnya sangat kaya akan kandungan mineral, vitamin, dan anti-oksidan yang efektif mengangkat sel kulit mati. Nutrisi kandungan yang ada di dalamnya juga mampu meningkatkan sirkulasi darah serhingga wajah tampak lebih cerah dan bersinar denga alami. Coba yuk!

3. Merawat Kulit Wajah

Banyak yang mengatakan bahwa perawatan wajah lebih susah daripada perawatan tubuh. Karena masalah kulit wajah lebih kompleks, seperti jerawat, komedo, flek hitam, garis keriput, wajah berminyak, dan masih banyak lagi. Biar kita ketularan cantik berseri seperti wanita-wanita korea, begini caranya:

a. Perawatan Harian

Campurkan 1/4 sendok teh ginseng bubuk dengan pelembab yang cocok dengan kulit. Campur sampai rata dan oleskan di wajah seperti biasa. Gunakan pelembab ini dua kali sehari.

b. Perawatan Mingguan

Jika digunakan sebagai masker, ginseng bubuk ini bisa dicampurkan dengan beberapa bahan lain seperti telur, madu, dan plain yogurt, dan aplikasikan ke wajah setiap seminggu sekali.

Kulit kering:  Campurkan satu butir kuning telur dengan satu sendok teh ginseng bubuk. Aduk rata, dan oleskan merata pada wajah. Diamkan sampai kering, kemudian bilas dengan air hangat.
Kulit berminyak: Campurkan satu butir putih telur dengan satu sendok teh ginseng bubuk. Aduk rata dan oleskan pada wajah. Setelah mengering, bilas dengan air hangat.

4. Tingkatakn Produksi Kolagen

 Kolagen adalah kandungan protein yang paling banyak ditemukan di tubuh manusia. Hampir 70% protein pada kulit terdiri dari kolagen. Seiring bertambahnya usia dan pola hidup yang kurang sehat, ini membuat jumlah kolagen berkurang.

Untuk mengatasi dengan melakukan perawatan wajah dengan produk gingseng. Kadungan fitonutrisi di dalamnya dikenal efektif dalam merangsang metabolisme kulit. Kandungan ini juga bisa meningkatkan produksi kolagen dalam dermis sehingga elastisitas dan kekenyalan wajah juga akan senantiasa terjaga.

5. Atasi Jerawat dan Masalah Hipergimentasi

Selain mengandung zat anti-inflamasi yang dapat meredakan masalah jerawat, ginseng juga diketahui dapat mengurangi masalah hiperpigmentasi. Seperti yang telah kita ketahui, hiperpigmentasi merupakan proses penggelapan warna kulit yang umumnya disebabkan oleh paparan sinar matahari. Kemunculan hiperpigmentasi ditkamui dengan adanya bercak cokelat kehitaman di beberapa bagian kulit wajah.

Rajin merawat kulit dengan masker ginseng diketahui dapat mengurangi masalah hiperpigmentasi, serta mencegah produksi melanin yang menyebabkan noda hitam di wajah.

6. Mengangkat Sel Kulit Mati

Ginseng mengandung banyak antioksidan, vitamin, dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan vitamin dan zat lain yang ditemukan dalam ginseng dapat membantu memetabolisme sel kulit dan menutrisi kulit dengan cara membuang sel kulit mati dan merangsang produksi kulit baru yang sehat.

7. Menghilangkan Flek Hitam

Ginseng ini juga bisa menghilangkan flek hitam, loh! Kandungan vitamin C pada gingseng bisa membantu  Anda dengan masalah ini. Selain itu, zat antioksidannya juga dapat membuatng kotoran penyebab timbulnya flek hitam pada kulit.

Untuk menghilangkan flek hitam, akan lebih efektif dengan masker bubuk ginseng yang dicampur dengan minyak biji bunga matahari, madu atau air. Gunakan masker ini seminggu 2x untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

 

Kalau untuk Perawatan Tubuh, Ginseng  Berfungsi Sebagai?

ginseng

1. Mengatasi Berbagai Masalah Rambut

 Selain bermanfaat untuk merawat kecantikan kulit, ginseng juga dipercaya untuk merawat keindahan rambut. Kandungan ginsenosida yang terdapat di dalamnya dapat menutrisi akar rambut, sehingga rambut pun akan tumbuh lebih kuat dan terhindar dari masalah kerontokan.

Selain itu, kandungan saponin dan fitosterol pada bahan alami ini juga mampu mengurangi ketombe serta mencegah kerusakan pada rambut yang mengakibatkan munculnya uban sebelum waktunya.

Untuk para wanita yang aktif di kegiatan outdoor, menggunakan hair care berbahan dasar ginseng juga dapat mencegah timbulnya kerusakan rambut akibat paparan polusi dan sinar matahari.

2. Mengatasi Sakit Saat Menstruasi

Ginseng juga sangat berguna untuk mengatasi rasa sakit atau nyeri yang ditimbulkan saat PMS atau menstruasi. Khasiat di dalam ginseng akan berperan aktif dalam mengurangi kram, nyeri pada perut dan rasa tidak nyaman yang umum dialami wanita saat masa menstruasi.

3. Menambah Energi

Tidak hanya berguna untuk pria, namun ginseng juga menjadi suplemen penambah energi alami yang sangat baik untuk dikonsumsi wanita. Ginseng akan merangsang aliran darah semakin lancar, menghilangkan rasa lelah lebih cepat sekaligus meningkatkan performa Anda saat sedang bekerja atau berolahraga. Karena kegunaannya yang sangat baik dalam meningkatkan energi, oleh karena itu hindari mengkonsumsi ginseng di malam hari karena akan mengganggu kualitas tidur Anda.

4. Meningkatkan Produksi Kulit Baru

Kandungan pada akar dan daun ginseng juga tinggi akan vitamin, mineral serta antioksidan yang sangat baik untuk merawat kulit secara keseluruhan. Ginseng bisa mempermudah pengelupasan sel kulit mati sehingga sel kulit baru yang sehat bisa diproduksi dengan lebih baik. Dengan terjadinya regenerasi kulit, maka oksigenasi juga bisa lebih ditingkatkan sekaligus menjadi detoxifier yang baik. Semua manfaat dari ginseng ini akan membuat tampilan kulit terlihat lebih cerah dan juga sehat.

5. Meningkatkan Sirkulasi Tubuh

Dalam ginseng juga memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga bisa meningkatkan sirkulasi di dalam tubuh. Zat besi ini menjadi komponen utama untuk produksi sel darah merah sehingga untuk wanita yang juga mengalami anemia, sangat disarankan untuk mengkonsumsi ginseng supaya bisa menghindari beberapa gejala yang ditimbulkan dari anemia seperti lemah otot, sakit kepala akibat kelelahan dan gangguan kognitif. Dengan meningaktnya sirkulasi di dalam tubuh, maka para wanita bisa lebih berenergi sekaligus meningkatkan kadar oksigen di dalam tubuh.

6. Detoksifikasi Tubuh Alami

Salah satu bagian dari dalam tubuh yang paling sering diserang oleh zat berbahaya adalah darah. Kandungan di dalam ginseng seperti vitamin B12, asam folat dan juga niotin akan membantu dalam membersihkan darah sekaligus mengurangi toksisitas di seluruh bagian tubuh wanita.

7. Mengatasi Stress dan Cemas

Para wanita seringkali memiliki masalah stress dan juga rasa cemas yang terlalu berlebihan khususnya pada wanita yang sudah memasuki masa menopause atau sedang dalam masa menstruasi. Ekstrak dari ginseng ini menjadi ramuan ampuh dalam melindungi kesehatan wanita yakni dengan memperlancar menstruasi sehingga masalah seperti stress dan rasa cemas bisa diatasi dengan baik.

Tanaman yang satu ini ternyata punya sekali berbagai manfaat yang belum banyak orang tahu. Baik untuk perawatan wajah seperti wanita korea yang membuat wajah semakin glowing, pun untuk perawatan tubuh yang bisa digunakan untuk penghilang stress!

So, back to nature.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *