Usia 30an, Tapi Tetap Terlihat Awet Muda? Begini Caranya

awet muda

Ladies, kalau ditanya apa keinginan di tahun 2018 nanti? Tentu semua wanita di dunia ini serentak menjawab awet muda. Buka begitu kaum hawa? Ya, awet muda selalu jadi first wish list bagi para wanita, terutama bagi yang sudah berusia menginjak 30 tahun. Tentu diusia tersebut terdapat flek hitam, keriput, dan mata panda.

Biar awet muda tidak hanya sekadar hanya jadi wish list saja, Anda bisa loh menerapakan beberapan perawatan wajah yang bisa buat Anda terlihat awet muda. Penasaran apa saja perawatan yang bisa mewujdukan impian Anda yang ingi tampil awet muda?

1. Biasakan Bersihkan Wajah dan Gunakan Pelembab

Tidak hanya Anda yang berusia 30 tahun, semua wanita juga harus rutin membersihkan wajahnya dari debu dan kotoran. Apalagi setelah seharian beraktivitas di luar ruangan. Bersihkan wajah Anda secara rutin dengan melakukan double cleansing di malam hari, lalu lanjutkan dengan toner, pelembap atau produk skin care lainnya yang bisa memberi kelembapan.

Hal ini dilakukan agar wajah tetap bersih, lembap, pori-pori wajah mengecil sehingga terhindar dari masalah jerawat dan kulit kusam. Pilih pelembap dengan kandungan vitamin C, glycolic atau hyaluronic acid untuk hasil yang maksimal.

2. Rutin Eksfoliasi Wajah

Eksfoliasi wajah yang rutin dilakukan dapat membantu meremajakan kulit. Butiran scrub yang terdapat pada eksfoliator akan mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah sehingga wajah menjadi lebih cerah, tentunya akan membuat wajah Anda terlihat lebih awet muda.

Anda juga bisa menggunakan chemical exfoliant sebagai alternatif lain untuk membersihkan kulit sampai ke dalam pori-pori. Tapi penggunaannya harus diperhatikan agar tidak mengiritasi kulit.

Untuk Anda dengan kulit kering dan sensitif, lakukan eksfoliasi sekali seminggu. Sedangkan untuk jenis kulit lainnya, lakukan sebanyak dua kali dalam seminggu.

3. Rajin Menggunakan Sunscreen

Sinar matahari sudah terbukti memiliki pengaruh buruk terhadap kulit, terutama kulit wajah. Selain bisa membuat kulit wajah menggelap, sinar matahari juga bisa membuat kita cepat berkeriput atau lebih parah terkena kanker kulit. Untuk itu, penting untuk selalu menggunakan sunscreen sebelum beraktifitas, agar kulit wajah tetap terproteksi.

4. Mengontrol Porsi Makan

You are what you eat! Pepatah ini ternyata betul, loh. Apa yang Anda makan akan terpancar melalui tubuh dan wajah. Jadi, kalau Anda ingin tubuh dan wajah tampak segar dan memancarkan kecantikan alaminya, pastikan Anda mengontrol porsi makan dan jangan lupa untuk selalu memasukkan sayur dan buah dalam menu makan Anda.

Selain itu, menerapkan pola makan yang sehat akan membantu agar kulit tampak awet muda. Penting untuk mengonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang. Cukupi kebutuhan nutrisi Anda dengan banyak mengonsumsi buah-buahan, sayuran, ikan, biji-bijian, protein hewani dan kacang-kacangan yang mengandung nutrisi baik untuk menjaga kesehatan kulit.

5. Rajin Olahraga

Sudah bukan rahasia lagi kalau olahraga memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Dengan banyak bergerak tubuh Anda akan semakin muda, lho. Nah, jika ingin awet muda, yoga dan pilates bisa menjadi pilihan untuk membuat badan tetap terbentuk dan terlihat lebih segar. Salah satu selebriti Hollywood, Jennifer Aniston, mengatakan dirinya rajin melakukan yoga selama 3 kali seminggu untuk tetap menjaga bentuk badannya sekaligus mengencangkan otot tubuhnya.

6. Hindari Stres

Stres menjadi salah satu penyebab penuaan dini pada wajah yang paling sering dialami. Untuk itu, hal ini sangat penting bagaimana tips agar terlihat awet muda, bagi Anda untuk tetap happy dan bebas dari stres. Tips lainnya selalu bersyukur dan kurangi memikirkan hal-hal yang hanya membuat Anda tertekan. Dan ingat, se-stres apapun hari Anda, masih ada hal-hal yang akan membuat Anda senang, bukan begitu?

7. Konsumsi Green Tea

Green tea atau teh hijau telah dikenal alam karena khasiatnya sebagai antioksidan yang tinggi. Antioksidan sendiri berperan penting dalam menangkal radikal bebas dan mencegah penuaan dini. Belum lagi, teh hijau juga mampu mencegah penyakit seperti kanker dan Alzheimer.

Bantu Juga dengan Pemberian Vitamin

awet muda

Vitamin-vitamin terbaik untuk kulit bisa kita temukan pada pola diet seimbang. Vitamin ini bisa Anda dapatkan dari berbagai jenis sayuran dan buah-buahan. Kandungan vitamin ini membantu menjaga keremajaan kulit, membuat kulit lebih bersih dan bercahaya.

Selain dari makanan, Anda bisa merasakan manfaat vitamin untuk kulit dari kandungan vitamin dalam produk perawatan wajah. Apa saja vitamin untuk wajah awet muda? Cek penjelasan berikut:

1. Vitamin A Untuk Keriput

Anda bisa menemukan vitamin ini pada sayuran hijau, tomat, wortel, kuning telur, dan lain-lain. Selain itu, juga ada produk perawatan kulit yang mengandung vitamin A seperti lotion dan krim malam.

Manfaat utama vitamin ini adalah untuk memperhalus kulit, mengurangi garis-garis halus dan keriput, mengurangi bintik-bintik hitam, serta menjaga keremajaan kulit agar tampak lebih awet muda.

2. Vitamin B3 Untuk Kulit Kemerahan

Dalam makanan, vitamin ini banyak terdapat pada produk olahan susu, produk ternak, ikan, kacang-kacangan dan lain-lain. Untuk di produk perawatan kulit, bisa Anda temukan di krim wajah, lotion, dan serum yang mengandung niacinamide atau vitamin B3.

Manfaat vitamin B3 untuk kulit antara lain untuk menjaga kelembaban kulit, membantu meningkatkan protective barrier seperti asam lemak dan ceramide, melindungi kulit dari irritants, dan mengurangi bintik-bintik hitam. Wajah tampak awet muda pun akan segera Anda miliki dengan vitamin ini.

3. Vitamin C Untuk Bintik Hitam

Anda banyak menemukan vitamin ini pada buah jeruk, stroberi, paprika, brokoli, kiwi, jambu, dan lain-lain. Vitamin yang tergolong dalam antioksidan ini membantu mengurangi efek radikal bebas yang bisa mempercepat penuaan kulit, menjaga kekencangan dan kelembutan kulit, mengurangi bintik hitam dan garis-garis halus, dan keriput.

4. Vitamin E Untuk Memelihara Kelembaban Kulit

Temukan sumber vitamin E di jagung, kacang-kacangan, sayuran hijau, olive oil, dan sebagainya. Vitamin yang juga tergolong antioksidan ini banyak terdapat pada tabir surya dan produk-produk yang ditujukan untuk mengatasi sunburn. Produk yang mengandung vitamin E bermanfaat untuk membantu mengembalikan kelembaban kulit, menetralisir radikal bebas, serta mengurangi kulit kemerahan dan bengkak akibat terbakar oleh sinar matahari.

Bagi Anda yang hobi naik gunung atau sering berada di luar ruangan, sebaiknya pilih produk perawatan kulit yang mengandung vitamin ini.

5. Vitamin K Untuk Lingkaran Hitam

Untuk sumber alami, Anda bisa menemukan vitamin K pada kubis, kol, bayam, dan sayuran hijau lainnya. Vitamin K ini banyak dikandung pada produk krim mata. Kegunaan vitamin K ini adalah untuk membantu mencerahkan lingkaran hitam di bawah mata.

 

Bagian Tubuh yang Nggak Kalah Penting  Diberi Treatment

awet muda

Tanda-tanda penuaan memang paling terlihat jelas dari wajah seseorang, sehingga kekhawatiran perempuan juga selalu berpusat pada perawatan wajah. Sebut saja moisturizer, toner, serum, essence, sheet mask, booster, face oil dan banyak lagi. Padahal, selain kulit wajah, masih ada lagi, lho, beberapa area yang juga menunjukkan penuaan dan butuh perawatan yang sesuai. Apa saja?

Sudut Mata

Masih di bagian wajah, tapi kalau biasanya yang jadi fokus utama adalah lingkaran hitam di bawah mata atau kantung mata, ini waktunya untuk memberi perhatian lebih pada sudut dalam mata. Seiring berjalannya waktu, intensitas tarikan wajah saat berbicara dan berekpresi akan membuat garis-garis di sudut mata semakin jelas terlihat.

Untuk merawatnya, rajin-rajinlah menggunakan eye cream atau under eye oil yang diaplikasikan dengan gerakan memijat ke arah atas. Mulailah memijat dari sudut terdalam bawah mata ke arah alis dengan tarikan halus. Hindari mengaplikasikan produk perawatan mata dari arah sebaliknya.

Leher

Jika saat mengaplikasikan foundation atau sunscreen Anda tidak pernah melewatkan bagian leher, mulailah lakukan hal yang sama dengan rangkaian skin care yang dijalani. Memang kategori produk yang spesifik untuk perawatan leher tidak sebanyak yang lain, namun bukan berarti dilewatkan, ya.

Leher pun mudah berkerut dan jadi salah satu area yang menunjukkan tanda penuaan dini. Investasi untuk membeli produk perawatan khusus leher bisa dilakukan, atau sebagai alternatif lainnya, Anda bisa memakai skin care yang digunakan untuk wajah pada leher.

Tangan

Pernahkah Anda melihat seseorang yang memiliki wajah tampak muda, namun tidak dengan tangannya? Nah di sini, pentingnya merawat kulit, tidak hanya wajah, tapi juga bagian tangan. Sering-seringlah menggunakan hand cream, yang  mudah untuk diaplikasikan kapan dan di mana saja. Anda juga bisa mencari produk dengan kandungan rosehip oil, yang terkenal dengan khasiat anti-aging.

 

Asupan Makanan Juga Harus Dijaga

awet muda

Ingin awet muda itu ternyata tidak hanya melakukan perawatan wajah saja, loh. Tapi asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita juga sangat berpengaruh. Hal ini diungkapkan sendiri oleh dokter operasi plastik Anthony Youn, M.D., FACS dalam Huffington Post. Perawatan wajah memang penting, namun asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh juga sangat berpengaruh, seperti:

1. Kurangi Konsumsi Gula

Penelitian yang diterbitkan dalam National Center for Biotechnology Information mengungkapkan bahwa gula (glukosa) adalah makanan terburuk untuk kulit Anda karena menyebabkan inflamasi dan mengurangi kolagen kulit sehingga kulit kendur dan mudah timbul kerutan.

 2. Makan Lemak dan Protein Sehat

Tubuh butuh lemak dan protein untuk membuat kulit kencang, tapi konsumsi lemak yang sehat berupa lemak tak jenuh tunggal yang bisa didapat dari ikan/seafood, alpukat, minyak zaitun, dan kacang-kacangan. Lemak seperti ini bisa mengurangi inflamasi dan melembapkan kulit secara alami serta menjaga kekencangan kulit.

 3. Sayur dan Buah Setiap Hari

Cukupi kebutuhan antioksidan untuk mencegah radikal bebas di kulit dengan konsumsi buah dan sayuran berwarna. Tubuh butuh antioksidan setiap hari untuk mencegah penuaan dini dan agar sel kulit bisa meregenerasi dirinya sehingga kulit tampak muda.

 4. Minum Air Putih 

Minum air putih paling tidak 8 gelas per hari untuk membuang racun dari dalam darah sehingga hanya nutrisi baik yang diserap tubuh dan disalurkan ke kulit. Air putih membantu mengoptimalkan metabolisme sehingga bisa menjaga kelembaban dan kekencangan kulit secara alami.

5. Hindari Rokok dan AlkohoI

Ini juga jadi cara terbaik agar Anda tidak terlihat tua dari umur sebenarnya, karena rokok dan alkohol hanya akan merusak tubuh dan mempercepat penuaan. Penelitian juga mengungkapkan bahwa kulit para perokok lebih kering, lebih banyak kerutan dan kusam.

Menjadi awet muda itu sangat bisa dicapai setiap wanita di dunia ini. Asalkan memang melakukan rangkain perawatan wajah di atas tadi dan menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Memiliki pemikiran yang positif juga bisa membantu Anda untuk selalu awet muda.

Teruslah menjadi cantik, ladies!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *