Usir Radikal Bebas dengan Produk Antioksidan

antioksidan

Salah satu penyebab munculnya tanda penuaan adalah faktor paparan lingkungan yang menyebabkan terjadinya radikal bebas. Untuk menangkal atau mengatasinya, bahan-bahan yang mengandung antioksidan pun digunakan.

Namun, apa sih sebenarnya radikal bebas dan antioksidan?

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang dua hal ini, sehingga Anda tak hanya sekedar memakai produk kecantikan, namun mengerti juga alasan Anda harus memakainya.

Apa itu Radikal Bebas?

antioksidan

Tubuh manusia terdiri dari berbagai jenis sel, sel terbagi lagi menjadi berbagai molekul, dan molekul pun terdiri dari beberapa atom yang diikat dengan rantai kimia. Ingatkah Anda bahwa ada tiga pembentuk atom yang disebut proton, elektron, dan neutron?

Proton bermuatan positif, elektron yang bermuatan negatif, dan neutron tak memiliki muatan listrik. Untuk membentuk atom ‘normal’, jumlah muatannya harus seimbang dan berpasangan.

Nah, radikal bebas adalah jenis atom atau molekul yang memiliki jumlah elektron yang tidak seimbang. Dengan kata lain, ada elektron yang tak punya pasangan alias ‘menjomblo’.

Pencurian pasangan ini menyebabkan perubahan struktur kimia dan reaksi berantai yang dapat menimbulkan kerusakan sel. Radikal bebas inilah yang menjadi biang terjadinya penuaan dini dan beberapa penyakit serius, seperti kanker dan gangguan jantung.

BACA JUGA: Manfaat Kandungan Antioksidan Dalam Produk Perawatan Kulit

Cara Antioksidan Mengatasi Radikal Bebas

antioksidan

Tubuh manusia sebenarnya memiliki penangkal alami terhadap radikal bebas yang disebut antioksidan. Untuk radikal bebas yang terbentuk, antioksidan akan memberikan elektronnya sebagai penetral. Ketika bertemu dengan radikal bebas, antioksidan ini tak akan kehilangan elektronnya dan berubah menjadi radikal bebas. Antioksidan akan tetap stabil. Namun, jika terlalu banyak radikal bebas yang masuk ke tubuh, antioksidannya kalah jumlah, bukan?

>> Konsumsi 9 Makanan Ini Dan Dapatkan Kulit Cantik Alami <<

Mengapa Anda Perlu Produk dengan Kandungan Antioksidan?

antioksidan

“Jika tubuh memiliki antioksidan alami, harusnya tak perlu lagi produk dengan kandungan antioksidan, dong”. Pernyataan ini ada benarnya, namun lihat dulu situasi dan kondisinya. Usia yang bertambah memengaruhi kuantitas dan kecepatan produksi antioksidan alami.

Usia yang bertambah memengaruhi kuantitas dan kecepatan produksi antioksidan alami. Jika saat remaja, kulit Anda kenyal dan kencang, ketika memasuki usia 30-an, kulit kian mengendur karena produksi kolagen yang menurun. Sistem pertahanan tubuh lainnya pun lebih berkurang dan membuatnya mudah terserang radikal bebas. Di sinilah sokongan antioksidan tambahan dibutuhkan. Kurangi kebiasaan buruk yang dapat menimbulkan pembentukan radikal bebas, dan konsumsi bahan-bahan tertentu untuk mendorong produksi sel yang telah melambat atau bahkan mengganti sel-sel yang hilang.

Dari manakah antioksidan ini didapat? Berikut sumber-sumber utama antioksidan sebagai penangkal radikal bebas dan produk rekomendasinya:

Vitamin A

Vitamin ini larut dalam lemak dan memiliki 2 bentuk aktif yang dapat dicerna tubuh: retinil palmitat yang berasal dari makanan hewani dan beta karoten dari makanan nabati. Vitamin A bisa didapat dari daging sapi, hati ayam, ikan, susu, keju, bayam, brokoli, dan wortel.

Vitamin C

Dalam sebuah penelitian, vitamin C terbukti mampu menangkal nitrit penyebab kanker. Vitamin C dapat ditemukan dalam jeruk, lemon, tomat, strawberry, kol, susu, mentega, kentang, ikan, dan hati.

Vitamin E

Saat melawan radikal bebas, vitamin E akan beregenerasi menjadi vitamin aktif. Vitamin ini juga berfungsi untuk melindungi sel darah merah yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Vitamin E banyak terdapat pada susu, telur, kecambah, minyak kedelai, kacang-kacangan, pisang, dan sayuran hijau.

Power Homme Real First Essence

Produk Power Homme Real First Essence ini dapat mengatasi kulit lelah pada pria dan membuatnya menjadi lebih segar dan sehat. Mengandung fementox yaitu antioksidan alami terfermentasi dan kandungan bahan aktif lebih dari 90%. Bekerja dengan kekuatan penyerapan ganda, melalui struktur molekulnya yang lebih kecil sehingga nutrisi dan kelembaban dapat terserap lebih sempurna ke dalam lapisan kulit. Terus tampil cantik ya, Ladies. (zee)

BACA JUGA: Labu, Buah Lezat Kaya Manfaat Untuk Kulit Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *