Yang Alami Yang Baik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

menghilangkan bekas jerawat

Ladies, apakah kamu selalu memakai bahan alami untuk melakukan perawatan wajah terutama saat menghilangkan bekas jerawat? Yap! Kamu sudah melalukan langkah yang tepat. Karena bahan alami sudah banyak terbukti bahwa tidak memiliki efek samping.

Nah ngomongin menghilangkan bekas jerawat, bahan alami ini digunakan sebagai masker. Dilansir dari popbela.com ada beberapa bahan alami yang sangat baik digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. Mau tahu bahan apa saja yang seharusnya kamu sediakan di rumah?

1. Lemon

Tidak hanya mengandung vitamin C yang dapat mencerahkan wajah dan memudarkan noda hitam, lemon juga memiliki kandungan AHA yang dapat merevitalisasi kulit wajah. Aplikasikan air perasan lemon dan diamkan sekitar 15 menit sebelum dibilas dengan air. Karena lemon memiliki efek menghilangkan minyak wajah, segera aplikasikan pelembap setelah menggunakan masker ini yah.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya atau dikenal juga sebagai aloe vera tidak hanya mampu melembapkan kulit namun juga bisa menyamarkan noda hitam bekas jerawat lho. Ini karena lidah buaya mengandung zat aloesin yang dapat menghambat pembentukan melanin. Gunakan tanaman lidah buaya, lalu ambil bagian daging atau gelnya dan gunakan sebagai masker wajah. Diamkan selama 20 menit agar terserap dengan baik, lalu bilas dengan air. Lakukan secara rutin yah.

3. Madu

menghilangkan bekas jerawat

Sudah bukan rahasia lagi jika madu memiliki segudang manfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan, salah satunya adalah untuk menyamarkan bekas jerawat. Aplikasikan pada wajah, lalu pijat dengan gerakan melingkar dan diamakan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat. Pastikan kamu menggunakan madu organik atau madu asli yah.

4. Putih Telur

Jika bekas jerawatmu berupa jaringan parut pada kulit atau bopeng, maka putih telur bisa kamu coba. Cukup aplikasikan putih telur pada bagian wajah yang bermasalah. Diamkan selama 10-15 menit. Tips dari Popbela, pastikan kamu tidak menggerakkan wajahmu aagr putih telur tidak retak dan tidak merusak kulit wajah.

5. Tomat

Selain baik untuk dikonsumsi, tomat juga bermanfaat sebagai masker wajah. Nggak hanya mampu menyamarkan dan menghilangkan bekas jerawat, tomat yang mengandung vitamin A, C, dan likopen juga memiliki efek mengencangkan kulit. Cukup tempelkan irisan tomat pada wajah. Atau kamu juga bisa menghaluskannya dan digunakan sebagai masker.

6. Mentimun

Sering melihat orang menggunakan timun sebagai masker? Ternyata hal ini bukan tanpa alasan lho. Timun mengandung vitamin A, C, dan juga magnesium yang mampu menghidrasi wajah sekaligus menghilangkan kemerahan pada wajah akibat jerawat. Cukup iris tipis timun, lalu letakkan irisan tersebut di seluruh wajah selama 30 menit. Bekas jerawat hilang, wajah pun jadi lebih segar.

7. Kunyit

menghilangkan bekas jerawat

Bukan hanya bisa dipakai sebagai bumbu masak, kunyit ternyata juga memiliki khasiat untuk kulit wajah. Kamu bisa menumbuk kunyit hingga halus atau bisa juga menggunakan bubuk kunyit yang dicampur dengan air, lalu gunakan sebagai masker. Kunyit yang memiliki sifat antiseptik dan antiinflamasi mampu mengenyahkan jerawat serta bekasnya jika digunakan secara rutin.

8. Kentang

Kentang mengandung vitamin dan mineral yang mampu untuk menyembuhkan kulit dan menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam.

9. Gula

Satu lagi cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat secara alami, gunakanlah gula sebagai scrub. Pada tebu terdapat asam glikolat dan asam alfa hidroksi yang mampu untuk membersihkan kulit mati dan meningkatkan pembentukan jaringan sel baru.

10. Es Batu

Es batu ternyata juga bisa diaplikasikan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat secara alami. Karena sifat dingin pada es batu mampu untuk mengecilkan pori-pori kulit dan meningkatkan sirkulasi darah pada kulit.

11. Bawang Putih

Bawang putih, selain sebagai salah satu bahan pelengkap bumbu dapur. Juga dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami. Kandungan pada bawang putih, yaitu senyawa thiacremonon sulfur mengandung anti bakteri yang mampu menghilangkan bekas jerawat.

12. Baking Soda

Baking soda banyak digunakan untuk proses pembuatan kue. Namun ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Bahan ini bisa digunakan sebagai cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat, karena baking soda terdiri dari kristal sodium bicarbonate, yang berfungsi untuk mengelupas kulit mati pada saat digunakan sebagai scrub pembersih.

 

Begini Tips Menghilangkan Bekas Jerawat yang Benar dan Tepat

menghilangkan bekas jerawat

Pastinya Anda sudah mengetahuinya, hal yang satu ini sangat tidak dianjurkan, namun tetap kita lakukan. Ada saja alasannya, kan? Misalnya gemas atau mungkin ada kencan dadakan dan Anda langsung saja memencet jerawat supaya mengecil. Yah, rasanya semua wanita pernah mengalami kejadian ini. Selain risiko infeksi, memencet jerawat dapat meninggalkan bekas hitam di wajah Anda. Jika Anda terpaksa memencet jerawat, coba lakukan 5 tips menghilangkan bekas jerawat berikut ini:

1. Kompres dengan Handuk Hangat

Tips menghilangkan bekas jerawat yang pertama bisa Anda lakukan kompres bagian jerawat dengan kain lap hangat, selama beberapa menit. Uap air hangat akan membantu pori-pori wajah jadi lebih rileks dan melembutkan tekstur kulit di area jerawat. Pastikan lap atau handuk yang Anda gunakan dalam keadaan bersih.

2. Lakukan dengan Benar

Anda hanya bisa melakukan hal ini pada jerawat yang sudah memiliki ‘mata’.  Jika jerawat Anda belum memiliki mata, diamkan saja dulu. Hindari juga memencet jerawat menggunakan jari. Sebaiknya, bungkus jari Anda menggunakan tissue atau gunakan 2 cotton bud. Usai memencet jerawat, pada umumnya jerawat akan mengeluarkan cairan. Keluarkan isi jerawat menggunakan cotton bud dari kedua sisi dan tekan dengan lembut. Anda yang ingin praktis dan tidak repot juga bisa menggunakan alat bantu seperti acne remover yang ditargetkan khusus untuk mengeluarkan isi jerawat. Usahakan agar tidak menekan dengan keras atau kasar karena akan memperparah area peradangan di sekitar jerawat sehingga meninggalkan bekas.

3. Kompres dengan Es

Sesukses apapun adegan memencet jerawat, pasti kulit akan tetap kemerahan dan bahkan sedikit bengkak. Tips menghilagkan bekas jerawat yang lain bisa diredakan dengan mengompres area tersebut menggunakan handuk, kain, atau kapas yang diberi es. Lakukan selama 5 menit.

4. Gunakan Astringent atau Toner Untuk Membersihkan Luka

Ketika jerawat dipencet, maka ada bagian kulit yang terbuka sehingga rawan infeksi. Maka proses pembersihan menjadi krusial. Untuk menghindari infeksi, gunakan toner yang mengandung witch hazel, ekstrak tanaman herbal yang memiliki kemampuan anti bakteri dan desinfektan, mengurangi peradangan dan memperbaiki sel kulit yang rusak.

5. Beri Pelindung Tepat dan Jangan Memegang Jerawat

Setelah dibersihkan, maka hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memberi pelindung, dan jangan Anda pegang-pegang kembali. Pasca memencet jerawat membutuhkan penanganan ekstra. Stop mengelupas kulit kering bekas luka jerawat karena akan lebih meninggalkan bekas. Jangan lupa menjaga kelembapan kulit dengan mengaplikasikan moisturizer. Pilih tekstur gel dengan kandungan yang ampuh untuk melawan jerawat, bintik hitam, maupun ruam kemerahan. Kandung allantoin dan panthenol juga baik untuk mempercepat proses penyembuhan jerawat.

Semoga berhasil!

BACA JUGA: Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *