Yang Alami, Yang Terbaik Sebagai Cara Merawat Rambut

cara merawat rambut

“Maunya sih punya rambut yang panjang, berkilau, kuat, wangi, dan tidak bercabang. Harus bagaimana cara merawat rambut ini!”

Tentu kita sangat menggerutu kalau rambut yang kita jaga baik-baik tidak menunjukkan hasil yang diingkan. Padahal sudah berbagai cara merawat rambut dilakukan, tapi tidak ada hasil yang memuasakn? Bagaimana kalau Anda mencoba tips dari Skin.co.id yang satu ini? Dijamin bakal mempunyai rambut impian Anda!

Ada cara merawat rambut dengan bahan-bahan alami yang mungkin kita tidak tahu sebelumnya. Apa saja bahan-bahan alami yang digunakan sebagai cara merawat rambut?

1. Yang Sehat dan Berkilau

Pada terkenal kalau minyak kelapa digunakan sebagai cara merawat rambut, kan? Karena banyaknya khasiat dari minyak yang satu ini, terutama untuk rambut, sehingga banyak yang merekomendasikan minyak kelapa sebagai cara merawat rambut.

Tidak seperti minyak lainnya, minyak kelapa ini bisa meresap masuk ke dalam rambut dan mengisi protein-portein yang hilang. Cukup gunakan sedikit secara merata di malam hari pada rambut yang kotor, minimal dua minggu sekali. Keesokan harinya, cuci bersih rambut seperti biasa. Nah, rasakan perubahan pada rambut Anda setia kali menggunakan minyak kelapa ini.

2. Rontok? Bikin Sebel!

Suka sebel, bête, badmood, kalau rambut rontok! Rontoknya sampai ke baju kita segala. Berasa malas mau keluar rumah ya, Ladies. Nah, kita punya cara merawat rabut yang rontok seperti ini. Gunakan saja rosemary oil yang kaya akan zat besi, vitamin B, dan kalsum untuk memperkuat rambut Anda. selain itu, rosemary oil ini bisa menyerap racun dan kotoran dari rambut Anda, lho! Wah, cara merawat rambut yang serba guna dengan satu produk saja.

3. Punya Rambut Kering itu Nggak Asik!

Agar tidak sering potong rambut akibar rambut bercabang dan kering, coba pakai argan oil untuk rambut Anda. cara merawat rambut dengan argan oil ini bisa aplikasikan setiap hari. Kandungan vitamin E, asam lemak, dan antioksidan di dalamnya ampuh menjaga kelembapan rambut dan mencegahnya bercabang. Cocok juga untuk dipakai sebelum pakai hair drayer atau catokan rambut.

4. Maunya Rambut Cepat Panjang

Minyak yang satu ini sudah terkenal akan keampuhannya dalam melebatkan alis dan memanjangkan bulu mata. Kaya akan kandungan omega 6 dan 9. Cara merawat rambut bisa menggunakan castor oil untuk rambut Anda agar cepat tumbuh. Pijat-pijat kepala minimal dua minggu sekali sebelum tidur, kemudian keramas seperti biasa keesokan harinya.

 

Serum Alami, Cara Merawat Rambut Anda

cara merawat rambut

Selain memerhatikan produk perawatan rambut yang dipakai, kita juga bisa menggunakan bantuan serum rambut atau hair serum untuk treatment ekstra sehari-hari. Tidak hanya wajah kita yang perlu perawatan, tapi mahkota keindahan kaum hawa, yaitu rambut juga perlu diberikan treatment  agar menjadi lebih kuat, lebih berkilau, dan tumbuh dengan sehat.

Serum mahal? Nggak musim! Yuk bikin serum alami sebagai cara merawat rambut kita:

1. Virgin Coconut Oil

Sudah sejak lama virgin coconut ail atau minyak kelapa murni dijadikan serum untuk menjaga kesehatan rambut. Kandungan vitamin E di dalamnya dapat mempercepat proses tumbuhnya rambut. Selain itu, minyak kelapa juga bisa menguatkan rambut dan menjaga warna alami rambut Anda. bagi Anda yang memiliki masalah rambut kusam, Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa untuk mengembalikan kilau rambut.

2. Argan Oil

Minyak argan memang memiliki banyak manfaat. Mulai dari ujung rambut hingga kaki bisa merasakan kehebatannya. Manfaat minyak argan untuk rambut adalah menguatkan akar-akar rambut sehingga tidak gampang patah atau rontok. Kalau Anda juga memiliki rambut yang kusut dan susah diatur, Anda bisa mencoba argan oil untuk menata rambut Anda lebih halus dan lembut.

3. Pecan Oil

Tahukah Anda, inti dari biji kemiri mengandung 60-66% minyak? Nah, manfaat dari minyak kemiri ini adalah untuk menyuburkan rambut dan juga mengurangi kebotakan. Selain itu, rutin menggunakan minyak kemiri akan membuat rambut Anda tampak lebih tebal, berkilau, dan hitam alami. Bagi Anda yang ingi memiliki rambut hitam pekat, cara merawat rambut bisa dengan menggunakan minyak kemiri untuk menghitamkan rambut Anda secara alami.

4. Olive Oil

Anda punya masalah dengan rambut berketombe? Coba kombinasikan minyak zaitun dan sari lemon, maka Anda akan terbebas dari ketombe. Sari lemon berfungsi untuk menghilangkan ketombe di kulit kepala. Minyak zaitun sendiri akan membantu melembapkan kulit sekaligus membuat rambut mudah diatur. Bukan hanya itu, kalau Anda ingin mengembalikan kilau rambut Anda, bisa juga cara merawat rambut dengan menggunakan minyak zaitun ini. Karena kandungan vitamin E, vitamin K, vitamin A, dan antioksidan yang terkandung di dalamnya.

 

Bikin Rambut Panjang dan Kuat dengan Cara Merawat Rambut Seperti Ini

cara merawat rambut

 Rutin pakai shampoo, kondisioner, dan hairmask, tapi rambut rasanya masih seperti itu-itu saja? Nah mungkin produk perawatan Anda kurang efektif. Kandungan bahan aktif yang ada dalam produk-produk haircare itu mungkin tidak sampai 5% dari komposisi keseluruhan. Maka tidak heran kalau rambut Anda tidak berubah meski sudah rutin dirawat.

Nah kita punya solusi buat Anda dengan menambahkan bahan-bahan alami ke dalam haircare yang Anda gunakan. Pencampuran ini bisa buat produk yang Anda gunakan bekerja lebih optimal. Sehingga membuat pertumbuhan rambut jadi lebih cepat dan senantiasa merawatnya agar tetap sehat, lho!

1. Bebas dari Gatal Karena Ketombe

Madu memiliki kandungan anti bakteri dan anti jamur. Kalau kulit kepala Anda sering terasa gatal akibat ketombe, Anda bisa mencampurkan satu sendok madu ke dalam sampo yang Anda gunakan. Kelebihan dari madu ini karenan kandungannya yang lembut, sehingga tidak akan membuat rambut Anda jadi kering.

2. Untuk yang Lebat dan Berkilau

Lidah buaya sudah dipercaya secara turun temurun ampuh membuat rambut tumbuh lebat dan berkilau. Supaya lebih praktis, Anda bisa menggunakan aloe vera gel sebagai pengganti tanaman lidah buaya. Pastikan untuk memilih produk dengan konsentrasi aloe vera lebih dari 92%.

3. Buat Warna Rambut Lebih Terang

 Tidak perlu menggunakan pewarna rambut, Anda bisa menggunakan campuran jus lemon secara rutin untuk membuat warna rambut Anda jadi lebih terang sercara alami. Selain itu, sari jeruk lemon ini juga bisa mempercepat pertumbuhan rambut Anda, lho!

4. Rawat Rambut dengan Satu Langkah Mudah

Campurkan ¼ cangkir dari air bunga mawar ke dalam 100ml sampo. Selain membuat rambut Anda jadi wangi, kandungan dalam bunga ini juga bisa mempercepat pertumbuhan rambut, merawat kulit kepala, sekaligus mencegah timbulnya ketombe.

5. Akar Rambut yang Kuat dengan Pisang dan Madu

 Dilansir dari diyhealthremedy.com, buah pisang kaya akan kalium dan zat besi yang bisa membuat akar rambut kuat dan mempercepat proses pertumbuhan rambut. Untuk bisa memperkuat akar rambut, siapkan 1 buah pisang masak, lalu hancurkan dengan 1 sdm madu. Madu di sini bisa berfungsi untuk melembapkan kulit dan mencegah terjadinya infeksi.

Setelah tercampur rata, aplikasikan ramuan ini keseluruh permukaan kulit kepala secara merata. Diamkan beberapa menit, baru bilas dengan air bersih. Lakukan 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang diingkan.

6. Ramuan Daun Ketumbar dan Minyak Zaitun

 Daun ketumbar ini kaya akan vitamin C yang dibutuhkan untuk rambut sehat. Selain itu, daun yang penampakannya mirip dengan seledri ini juga bisa bantu mengatasi radikal bebas yang menghambat pertumbuhan rambut.

Siapkan daun ketumbar secukupnya, blender hingga halus. Tambahkan beberapa tetes minyak zaitun, aduk rata. Minyak zaitun ini mengandung vitamin E yang bisa menjaga tekstur kulit kepala tetap sehat. Aplikasikan ramuan ini ke permukaan kulit kepala sambil dipijit lembut. Diamkan beberapa menit lalu bilas hingga bersih. Lakukan dua hari sekali untuk mendapat hasil maksimalnya.

7. Inversion Method

Saat sudah dipotong kemudian menyesal dan ingin rambutnya cepat panjang. Well, menunggu rambut panjang secara alami memang lama. Tapi jangan khawatir karena kita akan coba hadirkan satu cara mudah untuk membuat rambut Anda lebih cepat panjang.

Cara ini disebut juga dengan inversion method. Metode ini dikatakan mampu membantu rambut tumbuh 1 inci atau sekitar 2,5 cm dalam satu minggu saja. Bagaimana cara merawat rambut seperti itu?

Yang perlu Anda lakukan pertama adalah memijat kulit kepala dengan minyak. Setelah itu putar kepala ke atas dan ke bawah selama 4 menit. Metode ini rupanya meningkatkan sirkulasi darah, merangsang otak dan meningkatkan fungsi sistem kelenjar, mengurangi tekanan pada perut pada saat yang bersamaan.

Sirkulasi darah yang meningkat saat Anda menggerakkan kepala ke atas dan ke bawah ini akan membantu menumbuhkan rambut dengan lebih cepat. Lakukan treatment ini setiap hari selama seminggu untuk hasil yang maksimal. Setelah itu beri jeda setidaknya 3 minggu agar tak mengganggu fungsi tubuh yang lain.

Sayangnya metode ini tak bisa dilakukan oleh semua orang. Penderita tekanan darah rendah atau tinggi, masalah retina, infeksi telinga, penyakit jantung, ibu hamil, osteoporosis, obesitas, dan stroke dilarang untuk melakukannya karena berbahaya untuk kesehatan.

 

Dengan bahan alami ini, Anda bisa mendapatkan rambut yang kuat. Hasilnya memang tak instan, tapi akan memberi dampak jangka panjang yang positif untuk kecantikan rambut Anda. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *